cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 5 Documents clear
Pengaruh Faktor Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dalam Mengimplementasikan Operasi Lalu Lintas Penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali I Ketut Muderana
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.247 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.767

Abstract

Keberhasilan perusahaan penerbangan dalam memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan akan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya yaitu karyawan yang profesional, trampil, disiplin dan mau bekerja keras, sehingga besar kemungkinan perusahaan dapat mencapai tujuan sesuai tujuan yang telah ditetapkan yaitu keuntungan pada tingkat yang maksimal dan disertai dengan perkembangan perusahaan secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam operasi lalu lintas penerbangan di PT Angkasa Pura I (persero) Ngurah Rai Tuban Bali. Survey dengan kuesioner secara sensus digunakan dalam pengumpulan data. Jumlah responden sebanyak 75 orang karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali pada Divisi Operasional Lalu Lintas Penerbangan. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 15.0. Uji validitas dan reliabilitas, analisis deskrptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dilakukan. Hasil uji menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat dan signifikan dari faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam implementasi operasi lalu lintas penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali baik secara simultan maupun secara parsial. Kata kunci: Sumber daya manusia, komunikasi, kepemimpinan, kinerja karyawan.
Potret Pemanfaatan Kredit oleh Usaha Kecil dalam Upaya Pengembangan Usaha di Balikpapan Hasto Finanto; Ida Suriana; Nur Vita Opu
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.001 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.816

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kemampuan dan penggunaan kredit pada usaha kecil bidang kuliner di Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 70 usaha kecil bidang kuliner yang ada di Balikpapan. Aspek permodalan menjadi penting untuk mengembangkan usaha. Penelitian ini dimaksud untuk: (1) Untuk mendapatkan gambaran jumlah modal awal yang digunakan dalam memulai usaha; (2) Untuk mengetahui kemampuan usaha kecil mengambil kredit; (3) Untuk mengatahui alasan usaha kecil dalam mengambil kredit atau tidak mengambil kredit; dan (4) Untuk mengetahui apakah kredit yang diguakan benar-benar bertujuan untuk menambah modal usaha. Dari hasil survei yang dilakukan, usaha kecil yang meminjam modal menggunakannya untuk mengembangkan usaha yang sudah dijalankan.
Hubungan Green Image dengan Green Loyalty yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Satisfaction (Studi pada Wapa di Ume Resort & Spa Ubud, Gianyar, Bali) I Ketut Yasa
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.564 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.814

Abstract

Green hotel sudah menjadi branding serta strategi dalam memenangkan persaingan bisnis. Jika menggunakan energi ramah lingkungan, maka penyelamatan lingkungan bisa jauh lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan green image dengan green trust, green image dengan green satisfaction, green trust dengan green loyalty, green satisfaction dengan green loyalty, green image dengan green loyalty, serta untuk menjelaskan peran green trust dan green satisfaction dalam memediasi hubungan green image dengan green loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang telah menginap di Wapa di Ume Resort & Spa (minimal sudah pernah menginap 2 kali dalam periode tahun 2013-2017) dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menemukan bahwa green image memiliki hubungan positif dengan green trust, green satisfaction, serta green loyalty. Green trust dan green satisfaction memiliki hubungan positif dengan green loyalty. Green trust dan green satisfaction mampu memediasi secara parsial serta memiliki hubungan positif dengan green loyalty.
Strategi Pelayanan pada PT Astra Internasional, Tbk – Honda Sales Office Cokroaminoto Ni Putu Krisna Ayu Widyasari; I Gusti Ketut Gede; Ni Luh Putu Inten Rumini
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.736 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pelayanan pada PT Astra Internasional,Tbk – Honda Sales Office Cokroaminoto. Penelitian dilakukan selama 3 bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan bulan maret 2017 pada divisi Sales Office PT Astra Internasional, Tbk – Honda Cabang Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT dengan matrik IFAS (Internal Factors Analysis Summary ) , Matrik EFAS (External Factors Analysis Summary) dan matrik IE (Internal External).Hasil analisis dari matriks IFAS menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi kekuatan utama pada perusahaan adalah kemudahan menemukan lokasi AHASS dengan skor 0,292 dan kualitas hasil servis dengan skor 0,292. Sedangkan strategis internal yang menjadi kelemahan utama perusahaan adalah waktu menunggu servis dengan skor 0,146. Secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,043 yang menunjukan bahwa posisi internal perusahaan kuat. Hasil analisis matriks EFAS menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi peluang utama perusahaan adalah pemberian diskon servis dan hadiah pada hari-hari tertentu dengan skor 0,424 dan yang menjadi ancaman utama adalah inovasi dari pesaing dengan skor 0,164. Dari hasil perhitungan matriks IFAS secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 2,788 yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal. Hasil pemetaan pada matriks IE memperlihatkan bahwaDivisi Sales Office dalam hal peningkatan pelayanan dan membina membangun pelanggan menempati posisi sel IV. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada posisi grow and build (tumbuh dan berkembang). Implikasi bagi perusahaan dapat mengetahui strategi yang dapat dipertahankan dan dikembangkan, sedangkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahwa strategi diterapkan dengan baik akan mempermudahkan tercapainya tujuan perusahaan.
Penganggaran dan Analisis Anggaran Penjualan I Made Agus Putrayasa
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.561 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v14i1.736

Abstract

Anggaran Penjualan juga disebut sebagai anggaran utama dalam proses penganggaran, karena anggaran penjualan merupakan dasar penyusunan jenis anggaran lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan penganggaran dan untuk menentukan penyebab dari varians antara anggaran penjualan dan penjualan aktual pada CV. Sumberjaya pada tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Studi ini menyimpulkan bahwa perusahaan menggunakan pendekatan top-down dalam proses penyusunan anggaran. Kemudian analisis varians penjualan menunjukkan bahwa varians kuantitas penjualan yang tidak menguntungkan terjadi di semua lima area penjualan. Setelah itu, perhitungan varians harga jual menunjukkan hanya satu area (Ubud) yang memiliki varian yang tidak menguntungkan dan kedua daerah (Kuta dan Mengwi) mencapai varian yang menguntungkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5