cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 10 Documents clear
Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur Muhammad Hasan; Aisyah Dzakiyyah; Diah Ayu Kumalasari; Nabela Safira; Sri Nur Aini
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2529

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan kebiasaan masyarakat mengalami perubahan. Semua aktivitas dilakukan dengan menggunakan internet. Hal ini menuntut pelaku UMKM untuk dapat bertransformasi dari tradisional menjadi digital agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selain memberikan kemudahan dan keuntungan kepada pelaku UMKM, manfaat transformasi digital juga dirasakan oleh konsumen. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena transformasi digital pada UMKM sektor kuliner secara mendalam, melalui eksplorasi dan elaborasi kedua kasus yang terdapat pada UMKM yang berlokasi di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur, sehingga berdasarkan eksplorasi dan elaborasi tersebut, dapat diidentifikasi tahapan transformasi digital pada UMKM sektor kuliner. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode multi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara pemilik usaha Warung Nasi Bebek Mbak Tia dan Warung Jamu Air Mancur yang berlokasi di Kelurahan Jatinegara, Jakararta Timur. Hasil kajian ini mendeskripsikan tahapan transformasi digital pada UMKM yang dibagi ke dalam 6 (enam) tahap, diantaranya (1) memahami literasi digital; (2) merencanakan sumber daya yang dibutuhkan dan menganalisis kebutuhan konsumen digital; (3) mendesain ulang; (4) mempersiapkan anggaran; (5) melakukan kemitraan; dan (6) implementasi, sehingga melalui tahapan tersebut, UMKM sektor kuliner yang telah bertransformasi digital mendapatkan keuntungan.
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Era Kebiasaan Baru Pada Hotel Berbintang Lima Di Surabaya Vido Iskandar; Endo Wijaya Kartika; David Kristianto
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2575

Abstract

Cleanliness, hygiene, sanitation dan environment merupakan program dari pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait protokol kesehatan yang digunakan pada era kebiasaan baru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penerapan Cleanliness, hygiene, sanitation dan environment sebagai faktor pembentuk kualitas layanan kepada kepuasan konsumen pada era kebiasaan baru pada hotel berbintang 5 di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dari karyawan hotel yang diukur dengan 5 aspek yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Penelitian ini melibatkan 69 responden masyarakat Surabaya yang pernah menginap di hotel bintang 5 pada era kebiasaan baru. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek kualitas layanan yang berdampak positif signifikan kepada kepuasan konsumen adalah tangible, empathy dan assurance. Sedangkan responsiveness dan reliability berdampak positif tidak signifikan kepada kepuasan konsumen para era kebiasaan baru pada hotel berbintang 5 di Surabaya. Implikasi manajerial pada penelitian ini diharapkan pihak hotel dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta menyesuaikan Standard Operational Procedure menjadi contactless. Penelitian ini juga menunjukkan perubahan persepsi konsumen yang tidak terlalu memperhatikan aspek layanan terkait interaksi secara langsung antara karyawan dan konsumen seperti reliability dan responsiveness, tetapi lebih memperhatikan aspek lain seperti tangible, empathy dan assurance terkait dengan protokol kesehatan.
Membangun Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kedai Kopi “MM” Di Kota Ambon) Andi Ismail Marasabessy
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2338

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi bahwa covid-19 tidak hanya memberikan dampak negatif terhadap sektor usaha tetapi juga memberikan dampak positif. Penelitian ini dilakukan karena pada masa pandemi namun ada usaha yang dapat dimulai bahkan berkembang selama masa pandemi covid-19. Penelitian di lakukan di kota Ambon dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kedai kopi yang bernama MM Coffee di mana hasil penelitian menunjukkan kedai ini dibangun di masa pandemi covid-19 dan menunjukkan tren perkembangan selama pandemi covid-19. Hasil lain menunjukkan bahwa usaha kedai kopi ini dijalankan karena keadaan diri dari pemilik yang merupakan pecinta kopi dan belum menemukan cita rasa kopi yang sesuai dengan keinginannya pada kedai kopi atau café lain yang sudah ada sebelumnya. Kami menemukan bahwa pemilik pasar menjalankan strategi awal yaitu analisa demografi untuk mengetahui pekerjaan masyarakat di kota Ambon agar dapat menentukan target pasar. Selain itu, relasi yang dimiliki oleh pelaku usaha memberikan dampak yang sangat baik terhadap usaha kedai kopi MM.
Analisis Kinerja PDAM Di Sumatera Utara Ditinjau Dari Aspek Keuangan Djuli Sjafei Purba; Vitryani Tarigan; Wico J Tarigan
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aspek keuangan yang terdiri dari return on equity, ratio operasi, ratio kas, efektivitas penagihan dan solvabilitas terhadap kinerja. Perusahaan daerah Air Minum yang ada di Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan jumlah populasi sebanyak 18 PDAM dan menggunakan data 2016, 2017 dan 2018. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis regressi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 20. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah uji simultan (F) statistik dan uji partial (t) statistik. Sebelum uji simultan (F) statistic dan uji partial (t) statitik terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa return on equity, ratio operasi, ratio kas, efektivitas penagihan dan solvabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan uji partial (t) return on equity berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja, ratio operasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja; ratio kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, efektivitas penagihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, solvabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja.
Impact of Organizational Climate on Knowledge-Sharing Behavior: An Empirical Study in Minimarkets Sri Raharso
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2357

Abstract

This empirical research aims to identify the relationship between organizational climate and knowledge sharing behavior. Also, this study uses knowledge sharing intentions as a mediator between these two variables. The survey was conducted incidentally on 403 minimarket employees in eight districts/cities in West Java. Factor analysis was employed to purify research variables. To evaluate the research model, multiple regression analysis was used. The results of the factor analysis on organizational climate resulted in two factors, fairness and affiliation. Fairness and affiliation constructs have a positive and significant effect on knowledge sharing intention. Knowledge sharing intention also has a positive and significant effect on knowledge sharing behavior.
Efektivitas Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bali Dalam Mengkomunikasikan CSR Putu Ambaryani Putri; Kadek Dwi Cahaya Putra; I Made Widiantara; Nyoman Indah Kusuma Dewi
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2610

Abstract

Hubungan Masyarakat (Humas) berperan sangat penting dalam suatu perusahaan untuk menciptakan hubungan baik dengan stakeholders khususnya melalui program CSR. Keberhasilan CSR perlu didukung oleh strategi komunikasi yang efektif dan efisien sebagai tanggung jawab dari Humas. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan CSR, PT Angkasa Pura I Bali berusaha memaksimalkan fungsi dan tugas Humas dalam mengkomunikasikan CSR kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas humas dalam mengkomunikasikan CSR dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan metode deskriptif kualitatif dan statistika deskriptif dimana efektifitas humas diukur dengan komponen 7C (Credibility, Content, Context, Clarity, Continuity and Consistency, Channel, dan Capability). Data dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur dan kuesioner yang disebarkan ke 30 pelaku UMKM penerima CSR perusahaan di kota Denpasar dan kabupaten Badung. Penelitian menunjukkan bahwa humas perusahaan telah efektif dalam mengkomunikasikan CSR namun masih memerlukan improvisasi pada komponen Channel dan Continuity and Consistency.
Analisis Liability of Smallness Pada Usaha Enting–Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo Salatiga Destya Ardi Wijayanti; Ika Kristianti
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2369

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis liability of smallness pada usaha enting–enting gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo.Liability of smallness memiliki tiga indikator yaitu keterbatasan keuangan / modal, keterbatasan sumber daya manusia yang berkompeten dan keterbatasan operasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Objek penelitian ini dilakukan di UKM Kota Salatiga, Jawa Tengah.yaitu usaha Enting-Enting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo. Data primer diambil dari hasil wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha tersebut secara umum tidak mengalami liability of smallness. Penelitian yang dilakukan memperlihatkan bahwa keterbatasan keuangan atau modal dan keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten merupakan keterbatasan yang tidak dialami oleh usaha tersebut. Sedangkan untuk keterbatasan operasional adalah keterbatasan yang dialami oleh usaha entung-enting gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo. Walaupun aliran kas pada usaha tersebut sudah memadai.
Persepsi Pengguna E-Money pada Usaha Rintisan di Kota Madiun Kristin Juniarti; Isharijadi Isharijadi; Elana Era Yusdita
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui persepsi pengguna e-money pada usaha rintisan di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kepada konsumen, kasir, dan pemilik usaha pada 3 tempat yang bereda. Hasilnya dianalisis dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan sistem e-money yang menyatakan merasakan manfaat, kemudahan, dan kepercayaan, sedangkan pada persepsi risiko tidak terlalu dirasakan para pengguna e-money pada beberapa usaha kopi rintisan. E-money ternyata tidak hanya berfungsi sebagai otomatisasi perhitungan, pencatatan, dan pelaporan akuntansi, namun juga berkaitan dengan promosi usaha rintisan, yang berperan besar untuk perkembangan usaha yang baru dirintis.
Peran Ambideksteritas Pembelajaran Sebagai Pemediasi Pada Hubungan Kapabilitas Berpikir Desain Terhadap Kapabilitas Inovasi: Studi Pada Perusahaan Startup Muhammad Nur Fietroh; Ika Fitriyani
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapabilitas berpikir desain terhadap ambideksteritas pembelajaran, kemudian menguji pengaruh ambideksteritas pembelajaran terhadap kapabilitas inovasi perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh ambideksteritas pembelajaran pada kapabilitas berpikir desain dan kapabilitas inovasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada 164 perusahaan start-up di Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kota lainnya. Hasil temuan penelitian mengkonfirmasi teori pandangan berbasis pengetahuan dan teori pembelajaran organisasi. Secara empiris menunjukkan bahwa kapabilitas berpikir desain berpengaruh positif signifikan pada ambideksteritas pembelajaran, ambideksteritas pembelajaran berpengaruh positif signifikan pada kapabilitas inovasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan juga bahwa ambideksteritas pembelajaran memiliki pengaruh mediasi parsial pada kapabilitas berpikir desain dan kapabilitas inovasi perusahaan.
Pengaruh Brand Trust dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mubdi Mulya Isfahami; Ratih Hurriyati; Puspo Dewi Dirgantari
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 2 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i2.2571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan celebrity endorse terhadap keputusan pembelian dari konsumen. Saat ini banyak bisnis yang mencoba menerapkan strategi viral marketing, tetapi masih banyak yang tidak mendukung tujuan penerapan strategi itu sendiri. Strategi viral marketing yaitu: trust brand dan celebrity endorsment. bisnis yang membuat strategi viral marketing sebagai cara untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya adalah Zhofira. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Viral marketing, keputusan pembelian, kepercayaan merek, dan celebrity endorsement sebagai peneliti untuk melakukan penelitian, untuk membuktikan pengaruh (X1) kepercayaan merek, (X2) celebrity endorsement terhadap (Y) keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari populasi sebanyak 384 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi sampel. Penulis melakukan analisis regresi berganda dan menguji asumsi klasik sebelum melakukan analisis regresi berganda. Pada hasil analisis regresi berganda menunjukkan hasil “R Square” 0,515 atau 51,5%, yang dapat diartikan sebagai variabel (X1) dan (X2) mempunyai pengaruh terhadap (Y) sebesar 51,5%. Sedangkan sisanya 48,5% ada faktor lain. Hal ini dapat dinyatakan tidak relevan lagi karena nilai faktor lebih besar dari (X1) dan (X2).

Page 1 of 1 | Total Record : 10