cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
literasi.almaata@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25024116     EISSN : 25031864     DOI : 10.21927/literasi
Core Subject : Education,
Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and evalution
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016)" : 7 Documents clear
Penerapan Strategi Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Ma’arif NU 01 Sidaurip Binangun Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016 Khanif Maksum
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.39 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).126-135

Abstract

Azka Rahmatika: “The Implementation of example non example strategy to improve students learning outcomes on social science subjects especially the history of hindu, buddhist and islam in Indonesia, in the 5th grade students of MI Maarif NU 01 Sidaurip Binangun Cilacap. Thesis ” Study Program Islamic Elementary School Teacher Education, Islamic School of The University of Alma Ata, Yogyakarta, 2016. This report aims to review the example non example strategy and to know the students study results on Social Science Subject of the the 5th grade students of MI Maarif NU 01 Sidaurip Binangun Cilacap. This is classroom action research (CAR ). There are the 5th grade students of MI Maarif NU 01 Sidaurip Binangun as the research population which are 27 students ( 16 male and 11 female). The data are collected by observation , interview , tests , and documentation. The data analysis is a qualitative descriptive through several phases namely the data analysis of the learning process, an analysis of the student learning outcome, and making conclusion. The results of this classroom action research shows that the implementation of example non example strategy can improve students learning outcomes in social science subjects especially the history of hindu, buddhist and islam in Indonesia, in the 5th grade students of MI Maarif NU 01 Sidaurip Binangun Cilacap. The Minimum Completeness Criteria (KKM) is 70 and the result was increased. Before the class action implemented (pretest) in the first cycle of the percentage of completeness was 18.5% by number of 5 students and it was increased after class action (post-test) on 55.5% of completeness or 15 students. In the second cycle obtained the pretest percentage of completeness was 44.4% or 12 students and post-test percentage of completeness was 92.6% or 25 students.
Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V MI Tanwirul Huda Majenang Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016 Lusi Hidayati; Sukati Sukati
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.743 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).112-117

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dimungkinkan karena kurangnya minat belajar dan motivasi belajar. Pembelajaran belum menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran kooperatif make a match Kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dan mengetahui peningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dengan menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif make a match. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2015 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Tanwirul Huda dengan sejumlah 27 siswa: laki-laki 14 dan perempuan 13. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Tehnik pengambilan data dilakukan lembar observasi dan test yaitu pretest dan posttest. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika 80% hasil belajar siswa mengalami ketuntasan KKM yaitu 70.Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, penerapan strategi pembelajaran kooperatifmake a matchdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelas VMI Tanwirul Huda Majenang.Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu sebesar 67,14 dengan nilai tertinggi 90 dan presentase ketuntasan sebesar 70,37%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,28 dengan nilai tertinggi 100 dan persentase ketuntasan sebesar 92,59%.
Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013 Rino Richardo
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.011 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran ethnomatmatika dalam penerapan matematika dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi studi pustaka (library research). Data tersebut dikumpulkan dan dianalisis data sekunder seperti hasil penelitian sebagai buku ilmiah membaca, jurnal ilmiah, laporan penelitian, website dan lainnya yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, pertama, mengatur, mensintesis dan mengidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ethnomatematika memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengkonstruksi konsep matematika dengan pengetahuan bahwa mereka sudah tahu karena melalui lingkungan siswa sendiri, (2) Ethnomatematika menyediakan lingkungan belajar yang menciptakan motivasi yang baik dan menyenangkan serta bebas dari gagasan bahwa matematika itu menakutkan, (3) Ethnomatematika mampu memberikan kompetensi afektif dalam bentuk rasa hormat, nasionalisme dan kebanggaan dalam warisan tradisi, seni dan budaya bangsa dan (4) Ethnomatematika mendukung kemampuan siswa dengan harapan pelaksanaan pendekatan ilmiah.
Pemikiran Pendidikan al-Ghazali Muhammad Jafar Sodiq
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.076 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).136-152

Abstract

There are many controversial views in assessing Al-Ghazali thought. For example, there is an opinion that the reason of Islam deterioration is caused by his categorisation of fard 'ain for Religious Studies, and fard kifayah for others. Abdulloh Mas'ud said that the dichotomy in education today can be traced to his categorisation. On the other hand, there are many defenders declared that al Ghazali is not responsible for this dichotomy, but he is the true defender of Islam. Even al-Zubaidi, he said that If there is a prophet after Muhammad, he would be al - Ghazali. Based on these controversies, this article will describe al-Ghazali's ideas about education in his two books, Ihya Ulumuddin and Ayyuhal Walad. This article concluded that al-Ghazali's ideas can not be separated from its socio-cultural context. With this perspective we can get a whole picture of al-Ghazali. He lived in a period of the emersion of various sects and schools (mazhab) in Islam, the deterioration of the Abbasid dynasty, and the golden age of the dynasty Saljuk until its collapse. Al-Ghazali's educational thought is an integral part of this dynamics Islamic civilization in general. Thus, Islamic education also should not be alienated from the economic, political and social conditions that affect and determine the direction and the shape of Islamic civilization.
Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Arif Rahman
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.272 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).75-88

Abstract

Perjalanan panjang pendidikan Islam telah mewarnai hiruk-pikuk model pendidikan Islam di berbagai wilayah, terutama di Indonesia sendiri pendidikan Islam turut mengambil momentum gejolak dan pembaharuan di berbagai belahan wilayah Islam lainnya. Pengaruh tersebut telah memberikan dampak yang cukup signifikan untuk menyebutnya terjadi perubahan, baik dalam ranah ideologis maupun praktis. Tentu gejolak demikian telah mewarnai proses reformasi dan menentukan arah pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia, sehingga disisi lain kadangkala terjadi resistensi yang menggambarkan betapa dinamisnya perjalanan pendidikan Islam di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari beragamnya model pendidikan Islam yang telah mengakar bertahun-ahun lamanya, bahkan disinyalir benih-benih lembaga pendidikan Islam telah tumbuh subur beberapa abad silam.
Pembinaan Agama Islam di Pesantren Muntasirul Ulum MAN Yogyakarta III Hamruni Hamruni; Umu Salamah
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.136 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).89-101

Abstract

Pesantren Muntasyirul Ulum pesantren adalah sebuah asrama bagi siswa MAN Yogyakarta III. Materi pembinaan terintegrasi dengan pelajaran yang diberikan di MAN Yogyakarta III antara lain berkenaan dengan pendidikan agama dan pembentukan karakter kreatif serta beragama secara mandiri. Pesantren Muntasyirul ulum adalah bentuk upaya serius yang diwujudkan dengan memberikan bimbingan, baik secara individu maupun kelompok. Pembinaan individu atau konseling ditujukan untuk membimbing siswa untuk beranjak melalui masa remaja yang penuh gejolak. Kondisi remaja yang tidak sedikit menui konflik sosial dan ekonomi. Jadi pembinaan yang diarahkan agar siswa dapat melaksanakan tugasnya sebagai siswa, memiliki pribadi mandiri dan mengaktualisasikan bakat dalam bentuk kemampuan pribadi yang tangguh dalam menghadapi kesulitan. Membekali mahasiswa untuk memiliki pribadi dengan semangat iman. Dengan mengilhami metode dialog asrama berusaha untuk mendidik dan membekali mereka dengan sifat kemanusiaan, toleransi dan pluralisme. Hal ini sejalan dengan agama, bahwa humanistik tidak berhenti pada aktualisasi materi tetapi juga realitas wahyu.
Rethinking Pengelolaan Pesantren di Indonesia Afga Sidiq Rifai
LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Alma Ata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.789 KB) | DOI: 10.21927/literasi.2016.7(2).102-111

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bersifat nonformal harus mengadakan perubahan dan pembaharuan guna menghasilkan generasi-generasi yang tangguh, generasi yang berpengetahuan luas dengan kekuatan jiwa pesantren dan keteguhan mengembangkan pengetahuan yang tetap bersumber pada al-qur’an dan hadis. Dalam perkembangan zaman, pesantren saat ini berhadapan dengan arus globalisasi dan modernisasi yang ditandai dengan cepatnya laju informasi dan teknologi. “Karena itu, pesantren harus melakukan perubahan format, bentuk, orientasi dan metode pendidikan dengan catatan tidak sampai merubah visi, misi dan orientasi pesantren itu, akan tetapi perubahan tersebut hanya pada sisi luarnya saja, sementara pada sisi dalam masih tetap dipertahankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7