cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
TELKA - Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol
ISSN : 25021982     EISSN : 25409123     DOI : -
Jurnal TELKA merupakan jurnal yang sepenuhnya diperiksa oleh Redaksi Ahli yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Redaksi menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian, gagasan, dan konsepsi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini terbit 2 kali secara online dan cetak (terbatas) dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal meliputi bidang ilmu Teknik Elektro, maupun studi-studi interdisipliner yang terkait. Bidang-bidang tersebut meliputi, antara lain: Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi, Kontrol, dan Sistem Tenaga.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): TELKA" : 8 Documents clear
Deteksi Plat Nomor Kendaraan dengan Hough Transform dan Harris Corner Menggunakan Akuisisi Melalui Raspberry Pi Noor Akhmad Gilar Romadhon; Koredianto Usman; Raditiana Patmasari
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.93-103

Abstract

Dalam suatu tempat, seperti di mall, tempat parkir kendaraan dapat terdiri dari beberapa lantai di basement atau di bagian atas bangunan. Di samping itu juga banyak sektor yang berubah fungsi menjadi tempat parkir. Dalam situasi ini, diperlukan sistem monitoring kendaraan yang fleksibel. Pada penelitian ini dibuat sistem yang dapat mengenali jenis kendaraan berdasarkan warna dasar pada plat nomor apakah kendaraan tersebut merupakan kendaraan pribadi, umum, atau pemerintah. Data berupa citra diambil dengan menggunakan webcam melalui akuisisi Raspberry Pi. Sistem dirancang dengan menggunakan deteksi tepi dan morfologi serta menggunakan metode Hough Transform untuk memperbaiki garis tepi dan Harris Corner untuk mendeteksi sudut pada citra. Selanjutnya dilakukan proses cropping plat. Deteksi warna dasar plat nomor dilakukan dengan menggunakan ruang warna YcbC. Selain itu, dilakukan perhitungan waktu proses akuisisi dan waktu proses keseluruhan ketika Raspberry Pi dan laptop melakukan proses deteksi. Berdasarkan hasil pengujian, sistem mendapatkan hasil terbaik sebesar 100% saat deteksi plat nomor kendaaraan pribadi dan hasil terburuk sebesar 70% saat deteksi plat nomor kendaraan umum. Rata-rata akurasi yang didapatkan pada sistem ini sebesar 88,9%. Akurasi tersebut diperoleh dengan 90 data uji. Rata-rata waktu komputasi adalah 0,99 detik, yang artinya proses pendeteksian dilakukan cukup cepat. In some place, such as in a mall, a vehicle parking lot can consist of several floors in the basement or at the top of a building. In addition, many sectors have also been turned into parking lots. In this situation, a flexible vehicle monitoring system is needed to detect the type of vehicle ownership through the base color on the license plate connected to the Raspberry Pi, which is expected to be able to mitigate this problem. This research develop a system that can recognize the type of vehicle based on the color of the plate number whether the vehicle is a private, public, or government vehicle. The data consists of images taken using a webcam through the acquisition of Raspberry Pi. The system was designed by using edge detection, morphology, the Hough Transform method to correct the edge, and Harris Corner to detect angles in the image, after which the plate cropping process is carried out. The license plate base color is detected using the YCbCr color space, and the system will also measure the quality of the network between the Raspberry Pi and the laptop used during the detection process. The system gets the best results at 100% when detecting private vehicle license plates and the worst results at 70% when detecting public vehicle license plates. The average accuracy obtained in this system is 88,9% that used 90 test data. The average computation time is 0,99 seconds, which means that the detection process is quite fast.
Pengendali PID pada Motor DC dan Tuning Menggunakan Metode Differential Evolution (DE) Siti Fatimah Anggraini; Alfian Ma'arif; Riky Dwi Puriyanto
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.147-159

Abstract

Penggunaan PID controller pada sistem industri sangat umum digunakan dalam menentukan kepresisian suatu feedback yang diberikan dengan keluaran sesuai dengan keinginan pengguna. Namun pada umumnya optimalisasi masih menggunakan cara manual yaitu trial dan error pada tuning gain terhadap nilai Kp, Ki, dan Kd. Kendala tersebut dapat diatasi dengan melakukan pendekatan fungsi dan mengaplikasikan nilai tuning dengan metode Diferensial Evolusi. Penggunaaan tuning PID pada implementasinya menggunakan motor DC untuk menentukan kecepatan putar motor dengan keluaran yang stabil. Hasil yang didapatkan berupa sinyal keluaran atau respon sistem terhadap putaran motor DC dengan menampilkan nilai risetime, settlingtime, dan overshoot. Pengoptimalan nilai dilakukan dengan pencarian nilai terbaik pada setiap iterasi dan diaplikasikan sebagai tuning Kp, Ki, dan Kd tanpa harus melakukan cara manual. Hasil pengujian parameter Diferensial Evolusi menunjukkan efesiensi pengoptimalan tuning dan memberikan hasil keluaran yang baik dengan implementasinya terhadap plan hardware motor DC. The use of PID in industrial systems is very commonly used in determining the optimal accuracy of the output. However, several studies still uses manual methods for the optimization, namely trial and error on tuning gain with values of Kp, Ki, and Kd. This problem could be overcome applying the tuning value with the Evolution Differential method. The use of PID tuning in its implementation in this study uses a DC motor to determine the rotational speed of the motor with a stable output. Based on the results, we can see the value of rise time, settling time, and overshoot based on an output signals. The optimization was done by finding the best value in iteration and applying it as Kp, Ki, and Kd tuning without having to do the manual method. The results of testing the Differential Evolution parameters show the efficiency of tuning optimization and provide good output with the implementation of the DC motor hardware plan.
Rancang Bangun Penstabil Drone S2GA Berbasis Metode Fuzzy Logic Menggunakan Arduino Wahyu Pambudi; Yudhi Darmawan; Priska Choirina
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.104-112

Abstract

UAV merupakan wahana teknologi canggih yang sering digunakan di bidang militer untuk misi pengintaian. UAV terdiri dari beragam jenis, salah satunya yaitu quadcopter. Quadcopter yang digunakan dalam misi militer biasanya mempunyai masalah ketidakstabilan ketika quadcopter tersebut terbang membawa senjata. Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah sistem untuk mengatur kestabilan dari percepatan motor quadcopter. Pada paper ini dipaparkan sebuah desain system dari stabilizer drone dengan metode logika fuzzy menggunakan 3 derajat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfigurasikan kontrol kestabilan quadcopter yang optimal setelah diterapkan metode fuzzy logic inferensi Tsukamoto. Input dari system ini adalah percepatan dan perubahan percepatan. Sedangkan output yang dihasilkan berupa kecepatan motor. Untuk mengetahui error dilakukan pengujian ketepatan posisi 5 kali pada ketinggian 1-3 meter. Sedangkan untuk mendapatkan waktu quadcopter untuk kembali ke posisi semula dapat menggunakan stopwatch. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfigurasikan kontrol kestabilan quadcopter yang optimal setelah diterapkan metode fuzzy logic inferensi Tsukamoto. Hasil penelitian dengan logika fuzzy untuk kestabilan menunjukan nilai rise time sebesar 0,7 detik, settling time 2,55 detik, overshoot sebesar 15 % ketika menerima gangguan sebesar 45cm, dan nilai steady-state 69,55 cm dengan simpangan baku sebesar ± 1,775 cm. Hasil tersebut memberikan akurasi dalam menentukan kestabilan yang lebih baik pada quadcopter. UAV is one of the advanced technology that used in the military for reconnaissance missions. UAV consists of various types, one of them is a quadcopter. Since the quadcopter in military missions has an instability problem when they fly with a weapon, they needed to stabilize the acceleration of a quadcopter motor. This paper presents a design system of drone stabilizer using fuzzy logic method based on 3 degrees of freedom to improve stability. Fuzzy logic that used to configure optimal quadcopter stability control is Tsukamoto's inference fuzzy logic method. The input of this system are acceleration and acceleration change. While, the output of this system is the speed of motor. We did 5 times experiment to find out the accuracy of this system at an altitude of 1-3 meters. Furthermore, to get the quadcopter time from return to its original position we used a stopwatch. Based on the experiments, we obtained a rise time value of 0.7 seconds, settling time of 2.55 seconds, overshoot of 15% when receiving interference of 45cm, and a steady-state value of 69.55 cm with a standard deviation of ± 1.775 cm. These result show that fuzzy logic provide a better accuracy in determining stability on quadcopter.
Impedance Matching Simulation for Microstrip Antenna on Frequency 3.4-3.7 GHz Using Double Stub Helfy Susilawati; Ahmad Fauzi; Akhmad Hasyim
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.113-123

Abstract

Impedance matching is an attempt to adjust the antenna impedance with the characteristic impedance of the transmission line. Impedance matching has functions to avoid reflected power from the antenna so that power cannot be received by the receiver. In this study, impedance matching was used double stub. The voltage standing wave ratio (VSWR) indicates how well the impedance matching is made. Simulation of this impedance matching will use to microstrip antenna on frequency 3.4 – 3.7 GHz. CST Studio Suite is used to simulating the antenna microstrip with double stub. Based on the result, this research shows that VSWR and return loss in single and double rectangular microstrip antenna have a better value if use impedance matching than without using impedance matching.
Rancang Bangun Quadcopter untuk Terbang Mengikuti Dinding Menggunakan Sensor Jarak Ultrasonik HC-SR04 Indra Maulidin; Muliady Muliady; Yohana Susanthi
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.75-84

Abstract

Makalah ini memaparkan perancangan dan realisasi sebuah quadcopter menggunakan sensor jarak ultrasonic HC-SR04 agar dapat terbang mengikuti dinding. Algoritma yang digunakan pada realisasi quadcopter adalah algoritma Wall Follower. Fokus pembahasan sistem tersebut adalah mengimplementasikan algoritma Wall Follower pada quadcopter agar dapat terbang navigasi dalam ruang dengan cara mengikuti dinding. Kontrol pergerakan roll menggunakan mode pengontrol ON-OFF Hysteresis sedangkan pada pergerakan yaw digunakan mode pengontrol open-loop. Nilai batas bawah dan batas atas yang digunakan pada kontrol ON-OFF Hysteresis adalah 70 cm dan 100 cm. Hasil pengujian menunjukkan quadcopter berhasil terbang mengikuti dinding sejauh 10,2 m dengan ketinggian maksimum 2,14 m. This paper explained the design and realization of a quadcopter using the HC-SR04 ultrasonic distance sensor so that it can fly following the wall. The algorithm used in the quadcopter design is the Wall Follower algorithm. The focus of the discussion of the system is implementing a Wall Follower algorithm to the quadcopter so that it can navigate following the wall. The roll movement control was using Hysteresis ON-OFF control and the yaw movement control was using open-loop control. The lower and upper limit values that were used in the Hysteresis ON-OFF control are 70 cm and 100 cm. The test results show the quadcopter can fly following the wall as far as 10.2 m and reaches a maximum height of 2,14 m.
Rancang Bangun Sistem Monitoring PH dan Suhu Air pada Akuaponik Berbasis Internet of Thing (IoT) Dini Megawati; Kholidiyah Masykuroh; Danny Kurnianto
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.124-137

Abstract

Akuaponik yang menyatukan sistem budidaya tanaman hidroponik dengan ternak ikan sangat pesat belakangan ini karena menghemat lahan yang digunakan. Sistem akuaponik yang dibahas pada paper ini menggunakan ikan lele dan tanaman kangkung sebagai kombinasi akualtur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik mutualisme. Pada pembudidayaan sistem akuaponik ini dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap air, karena air menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ikan dan tanaman pada akuaponik. Hal yang perlu diperhatikan yaitu kadar keasaman dan suhu air. Selama ini para pemilik akuaponik masih menggunakan cara manual dalam memonitoring kadar air. Pada penelitian ini penulis membuat solusi suatu kontrol kondisi air menggunakan sensor pH dan suhu berbasis Internet of Things yang menggunakan Arduino Uno sebagai pengontrol mikropengendali, sensor pH digunakan untuk mendeteksi kadar keasaman air, sensor suhu untuk pembacaan suhu menggunakan DS18b20, dan Wemos D1 Mini sebagai interface wifi untuk mengirim data ke firebase. Aplikasi MIT App Inventor digunakan untuk menampilkan data di smartphone pengguna. Dari hasil pengujian akurasi sensor pH air asam didapatkan rata-rata erorr sebesar 7,77%, air murni rata-rata erorr sebesar 6,97%, dan air basa rata-rata erorr sebesar 2,59%. Hasil pengujian akurasi sensor suhu air panas didapatkan rata-rata erorr sebesar 1,59%, air normal rata rata erorr 1,40%, dan suhu air panas didapatkan rata-rata erorr 1,02%. Aquaponics, which combines hydroponic cultivation systems with fish farming, is swift recently because it saves land. In this aquaponics system, catfish and kale are used to combine accumulation and hydroponics in a symbiotic mutualism environment. This aquaponics cultivation system requires more attention, such as water and temperature conditions. Water is an essential factor in the growth of fish and plants in aquaponics. Things that need to be considered are the acidity and the temperature of the water. Mostly, aquaponics owners still use manual methods to monitor water levels. In this paper, we controlled the water condition using a pH and temperature sensor. This system is based on the Internet of Things that using Arduino Uno as a microcontroller controller, a pH sensor used to detect water acidity, and a temperature sensor (DS18b20) for temperature reading, and Wemos D1 Mini as a wifi interface for sending data to Firebase, and the MIT App Inventor application as an application for display on the user's smartphone. Based on the results, the accuracy of the pH sensor for acidic water is 7.77% of error, pure water had an average error of 6.97%, and alkaline water had an average error 2.59%. The results of testing the accuracy of the hot water temperature sensor obtained an average error of 1.59%, normal water had an average error of 1.40%, and the temperature of hot water obtained an average error of 1.02%.
Perancangan Sistem Kendali Temperature Suhu dan Level Oil Pada Prototype Transformator Tenaga Fajar Ramadhan Pratama; Peby Wahyu Purnawan
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.85-92

Abstract

Dalam beberapa transformator yang terdapat di unit gardu induk PLN sering terjadi peningkatan temperatur suhu oil secara drastis dikarenakan kurang efektif dalam metode sistem pendinginan. Selain itu sering terjadi kebocoran kecil pada penutup atau sambungan tangki transformator yang mengakibatkan menurunnya level oil pada transformator yang dapat membuat kerusakan pada transformator tersebut. Makalah ini membahas rancangan sebuah prototype sistem kendali suhu oil (dimana oil di ganti dengan air keran) yang dapat mengendalikan temperatur suhu oil pada tangki transformator agar tidak terjadi overheat dengan mengatur kecepatan putaran kipas dan kendali level oil yang dapat menjaga level oil dalam kondisi selalu full. Sistem yang dirancang terdiri dari mikrokontroler Arduino Nano, sensor DS18B20, sensor DHT22, kipas pendingin, sensor level 1, sensor level 2, pompa pengisian, LCD (Liquid Cyrstal Display). Dalam sistem kendali suhu oil dengan metode fuzzy terdapat 2 inputan yaitu suhu oil dan suhu udara yang difuzzyfikasi menjadi 5 membership function dengan output nilai kecepatan untuk mengatur putaran kipas. Metode Defuzzyfikasi yang digunakan adalah WAA (Weighted Average Area). Hasil yang didapatkan suhu oil transformator stabil pada suhu 40°C - 41°C sehingga peralatan transformator tidak akan cepat rusak dan pembebanan akan lebih efektif. Sementara itu, hasil kendali level oil selalu dalam kondisi Full sehingga transformator tidak akan padam dikarenakan level oil kurang. Sometimes, the transformers in the PLN Substation Unit has common problem such as the increases of oil temperature since ineffective method in cooling system. As well as frequent small leaks in the cover or connection of the transformer tank resulting in a decrease in the oil level in the transformer which can cause damage to the transformer. This paper describe a design of system prototype for an oil temperature control system which can control the temperature of the oil temperature in the transformer tank so that there is no overheating. The controlling is by adjusting the fan speed and control the oil level which can keep the oil level in full condition. The system designed consists of an Arduino Nano microcontroller, DS18B20 sensor, DHT22 sensor, cooling fan, level 1 sensor, level 2 sensor, filling pump, LCD (Liquid Cyrstal Display). We used a fuzzy logic method in oil temperature control. There are 2 inputs, namely the oil temperature and air temperature which are fuzzyfied into 5 membership functions with the output speed values to regulate fan rotation. We used Weighted Average Area (WAA) for defuzzyfication process. Based on the results, we obtained that the transformer oil temperature is stable at a temperature of 40° C - 41° C so that the transformer equipment will not be damaged quickly and the loading will be more effective. Furthermore, the results of the oil level control are always in full condition so that the transformer will not go out because the oil level is not enough.
Desain Sistem Charger untuk Baterai berkapasitas 650 mAh Menggunakan Sel Surya Rahmi Mudia Alti; Fiqri Wijaya Kusuma; R Evi Sovia
TELKA - Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol Vol 6, No 2 (2020): TELKA
Publisher : Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/telka.v6n2.138-146

Abstract

Alat charger untuk baterai berkapasitas 650 mAh menggunakan sel surya merupakan uji coba alat yang digunakan untuk charger baterai berkapasitas 650 mAh menggunakan energi matahari. Baterai 650 mAh ini digunakan pada drone. Alat charger menggunakan sel surya ini digunakan sebagai alternatif pengisian energi pada baterai. Alat ini dirancang dengan menggunakan resistor, kapasitor, dioda, saklar, baterai 650 mAh, LED, sel surya, IC lm317, dan trimpot. Perangkat berupa sistem analog yang menggunakan voltage drop dan memanfaatkan step up step down serta LED sebagai indikasi pengisian. Hasil uji fungsi dilakukan dengan cara mengukur intensitas cahaya menggunakan alat lux meter, baik pada saat beroperasi maupun tidak untuk mengetahui nilai intensitas cahaya. Masing-masing panel menghasilkan keluaran tegangan rata-rata 6 Volt DC dengan arus 200mA. Untuk memenuhi kekurangan tegangan, keluaran panel surya dimasukan terlebih dahulu ke modul DC-DC Step Up. Dari modul Step Up tersebut dihasilkan tegangan keluaran sebesar 12 VDC yang kemudian dipakai oleh modul charger untuk melakukan pengisian baterai Lithium-ion Polymer (LIPO). Waktu yang efektif untuk proses pengisian baterai menggunakan sel surya adalah pada waktu siang hari sekitar pukul 11.00 sampai pukul 13.00. Dari hasil uji fungsi yang dilakukan, alat bekerja dengan baik yang ditandai dengan LED berwarna merah yang mengindikasikan sedang terjadinya proses charging. Dengan demikian, alat ini bisa dimanfaatkan sebagai pengisian energi alternatif pada drone yang menggunakan LIPO yang memiliki keterbatasan waktu terbang. The charger for a battery with a capacity of 650 mAh using solar cells is one of tools used for a battery charger with a capacity of 650 mAh using solar energy that commonly used in drones. This solar cell is as an alternative charging energy for the battery. This charger is designed using resistors, capacitors, diodes, switches, 650 mAh battery, LEDs, solar cells, IC LM317, and trimpot. An analog system based on a voltage drop and utilizes step up step down and LEDs was used as an indication of charging. The testing was carried out by measuring the light intensity using a lux meter, both during operation and not to determine the value of light intensity. Each panel produces an average voltage output of 6volt DC with a current of 200mA. To meet the shortage of voltage, the output of the solar panel is first entered into the DC-DC Step Up module. From the Step Up module, an output voltage of 12 VDC is generated which is then used by the charger module to charge the Lithium-ion Polymer (LIPO) battery. The effective time for the battery charging process using solar cells is during the daytime around 11.00 to 13.00. From the results of the function test carried out, the tool works well which is marked by a red LED which indicates the charging process is occurring. Thus, this tool can be used as alternative energy charging for drones that use LIPO which has limited flight time.

Page 1 of 1 | Total Record : 8