cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017)" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKAITAN KECAMATAN PEKAITAN KABUPATEN ROKAN HILIR Suriyah -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan. Permasalahan yang muncul di SMP Negeri 2 Pekaitan adalah Pengaturan ruangan belajar di kelas guru belum begitu baik, kurang akrabnya guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, terkait dengan kegiatan pembelajaran, masih ditemukan perilaku siswa yang kurang kooperatif terhadap pembelajaran, sekolah belum bisa menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagian besar guru juga memang kurang sungguh-sungguh melakukan manajemen kelas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Pekaitan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan, dengan indikator yakni merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan dan evaluasi pada pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan Faktor dari luar (Eksternal), meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental seperti; kurikulum, program/ bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, serta faktor guru itu sendiri Faktor dari dalam (Internal), meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa berupa minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa.
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PENDIDIKAN TINGGI Iin Asikin
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.62

Abstract

Perguruan Tinggi harus sadar tentang kualitas dan keunggulan, tidak hanya, itu agar kualitas menjadi efektif mereka harus bekerja sama dan membina hubungan baik dengan siswa, guru, sistem, dan pemangku kepentingan. Di banyak negara dan banyak budaya isu manajemen mutu telah tegas dimasukkan dalam agenda institusi pendidikan tinggi  untuk beberapa waktu. Meningkatkan kinerja institusi pendidikan tinggi merupakan masalah global di semua negara di dunia. Di antara karakteristik yang paling penting yang membedakan komunitas yang satu dari komunitas lain, adalah kemampuannya untuk mengelola lembaga dan program penting, tidak hanya efektif, tapi cukup inovatif. Setiap keberhasilan pendirinya adalah sukses dalam pengelolaannya, maka pentingnya komitmen manajemen untuk lembaga pendidikan tinggi untuk meningkatkan filosofi perbaikan terus-menerus melalui TQM di universitas yang membutuhkan partisipasi semua untuk menjamin kelangsungan hidup dan kelangsungan perguruan tinggi.
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Sarmadhan Lubis
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.58

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk meraih prestasi belajar yang baik, banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan, karena di dalam dunia pendidikan tidak sedikit siswa yang mengalami kegagalan. Kadang ada siswa yang memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan kesempatan untuk meningkatkan prestasi, tapi dalam kenyataannya prestasi yang dihasilkan di bawah kemampuannya. Kedua, Individu yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik, dapat menjadi lebih terampil dalam menenangkan dirinya dengan cepat, jarang tertular penyakit, lebih terampil dalam memusatkan perhatian, lebih baik dalam berhubungan dengan orang lain, lebih cakap dalam memahami orang lain dan untuk kerja akademis di sekolah lebih baik. Ketiga, Beberapa pendapat menunjukkan menghilangkan atau paling kurang menurunkan depresi pada anak, antara lain dapat dilakukan dengan mengajarkan cara melihat dan memahami kesulitan itu sendiri, melatih untuk terampil menjalin persahabatan, bergaul lebih baik dengan orang tua, dan melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial yang diminati. Dan yang lebih penting lagi adalah mengubah pikiran-pikiran yang menekan, yang oleh seseorang pakar depresi (Kovacs) disebut vaksinasi psikologi.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X C SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR Ahmad Zamhuri
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.64

Abstract

Fakta yag terjadi dikelas X C di SMA Negeri  I  XIII koto Kampar kabupaten Kampar terlihat rendah pengusaan siswanya terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu; pada tes formatif siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal  (KKM) 16 orang (42,10%). Pada ujian mid semester siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 16 orang (42,10%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnaya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X C SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kemauan siswa, kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu orang tua kurang memberikan dorogan dan perhatian kepada anaknya, siswa tidak memiliki buku paket Penidikan Agama Islam, siswa jarang membaca buku Pendidikan Agama Islam. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X C SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar adalah siswa jarang membaca buku Pendidikan Agama Islam sebelum megikuti pembelajaran.
KREATIVITAS DALAM PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN Ririn Muthiatun Nisa
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.59

Abstract

Kreativitas adalah suatu gaya hidup, suatu cara dalam mempersepsi dunia. Salah satu konsep yang sangat penting dalam bidang kreativitas adalah hubungan antara kreativitas dan aktualisasi diri. Menurut psikolog humanistik aktualisasi diri ialah apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang ia mampu menjadi. Pribadi yang dapat mengaktualisasi dirinya adalah seseorang yang sehat mental, dapat menerima dirinya, selalu tumbuh, berfungsi sepenuhnya, berpikiran demokratis, dan sebagainya. Teori ini sangat tepat dalam dunia pendidikan kita mengingat tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian peserta didik diharapkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakatnya dan tumbuh menjadi manusia yang cerdas dan kreatif.
KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM Bashori Bashori
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.54

Abstract

Tujuan kepenulisan kajian ini adalah untuk mengetahui konsep kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Persoalan kontroversial pada masa-masa awal setelah wafatnya Rasulullah SAW adalah persoalan politik atau yang biasa disebut persoalan al-Imamah atau kepemimpinan. Kepemimpinan menjadi salah satu persoalan yang sangat urgen dalam kajian berbagai literatur. Ungkapan Ki Hajar Dewantara yang menandaskan bahwa pemimpin yang baik haruslah menjalankan fungsi yaitu: “Ing Ngarso Sung Tulodo” (berarti di depan memberi teladan); “Ing Madyo Mangun Karso” (berarti di tengah menciptakan peluang berkarya); “Tut Wuri Handayani” (berarti dari belakang memberikan dorongan dan arahan). Dari ungkapan tersebut sejatinya sejalan dengan konsep kepemimpinan yang diimpikan di berbagai aspek kehidupan. Termasuk kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam.
KETERLAMBATAN BICARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Ulfatun Azizah
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.60

Abstract

Gangguan keterlambatan bicara adalah istilah yang dipergunakan untuk mendeskripsikan adanya hambatan pada kemampuan bicara dan perkembangan bahasa pada anak-anak. Gangguan ini adalah bentuk gangguan relasi (berinteraksi) dan komunikasi yang akhir–akhir ini terus meningkat. Keterlambatan bicara dapat diketahui dari ketepatan penggunaan kata, yang mengakibatkan lawan bicara sulit memahami kata–kata yang diucapkan.  Keterlambatan bicara ini nantinya akan mempengaruhi penyesuaian diri anak. Tahab bicara harus diperhatikan sedini mungkin, karena dapat dijadikan parameter ada atau tidaknya gangguan perkembangan pada anak. Parameter ini tentunya juga memperhatikan tahap–tahap perkembangan lain, seperti motorik kasar/halus dan sosialisasi/interaksi.  Ada beberapa faktor keterlambatan perkembangan bicara antara lain Gangguan pendengaran, gangguan pada otot bicara, keterbatasan kemampuan kognitif, mengalami gangguan pervasif, kurangnya komunikasi serta interaksi dengan orang tua dan lingkungannya. Jenis gangguan bicara antara lain gangguan mekanisme berbicara yang berimplikasi pada gangguan organik, gangguan multi faktor, gangguan bicara psikogenik.
PENERAPAN ANALISIS SWOC DALAM RENCANA STRATEGIS PENDIDIKAN Hardianto -; Liliwidya Dewi Asda
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.55

Abstract

Analisis SWOC merupakan salah satu langkah yang bisa diambil dalam membuat sebuah rencana strategis pendidikan. Analisis ini dilakukan untuk melihat secara mendalam situasi internal dan eksternal organisasi. Situasi internal yang dilihat adalah kekuatan (Strenghts) dan kelemahan (Weaknesses) organisasi pendidikan. Situasi eksternal berupa peluang (Opportinities) dan tantangan (Challenges). Untuk membuat sebuah rencana strategis yang baik dapat dilakukan dengan menganalisis setiap kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Teknik kartu salju (snow card) bisa digunakan dalam melakukan analisis SWOC. Hasil analisis tersebut nantinya akan melahirkan kombinasi strategi kekuatan-peluang, kekuatan-tantangan, kelemahan-peluang dan kelemahan-tantangan.
APLIKASI TIK DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Edi Setyanto; Naely Rasyidah; Muhammad Sulhan
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.61

Abstract

Saat ini kemajuan  TIK di Negara Indonesia berkembang sangat pesat. Melalui pemanfatan TIK. Saat ini semua pihak dapat meningkatkan mutu dan efisiensi waktu. Tekologi Informasi Komunikasi berkembang sejalan dengan perkembangan  teori dan komunikasi teknologi yang menunjang terhadap praktik kegiatan pembelajaran.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah  sebagian dari ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Aplikasi Teknologi Informasi komunikasi dengan definisi tersebut meliputi semua perangkat keras, perangkat lunak, infratruktur computer dan komunikasi. TIK dalam manajemen pendidikan sangat diperlukan guna dalam menyediakan informasi untuk menunjang dan mempermudah proses. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan sekaligus penghematan dan  kini telah menjadi salah satu standar mutu pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Sistem Informasi Manajemen  pendidikan menyediakan output dari sistem manajemen informasi berupa rencana dan anggaran, laporan yang terjadwal, laporan khusus, analisis situasi masalah, keputusan untuk penelaahan, dan merupakan jawaban atas rumitnya suatu proses panjang pada manajemen pendidikan dasar dan menengah, sistem informasi manajemen pada pendidikan dasar dan menengah merupakan sarana untuk memberikan kemudahan kepada stakeholder, masyarakat  dan para pihak yang berkepentingan

Page 1 of 1 | Total Record : 9