cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka, Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
ISSN : 23023341     EISSN : 26226774     DOI : Prefix 10.24036/cived
Core Subject : Engineering,
Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat di bidang teknik sipil termasuk struktur, manajemen konstruksi, manajemen sumber daya air, transportasi, geoteknik, rekayasa lingkungan dan pembelajarannya.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2021): September 2021" : 17 Documents clear
Evaluasi Fondasi Sumuran pada Proyek Pembangunan Gedung RSUD Kabupaten Padang Pariaman Urmila Yulinar; Azwar Inra
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.113938

Abstract

RSUD Padang Pariaman melengkapi fasilitas kesehatan untuk peningkatan kualitas pelayanan dengan membangun Gedung NICU, PICU dan HCU. Gedung RSUD Kabupaten Padang Pariaman menggunakan fondasi sumuran. Fondasi sumuran yang digunakan ada empat (4) tipe dengan diameter 1 meter dan kedalaman yang bervariasi. Jenis tanah pada lahan pembangunan ini ialah jenis tanah lempung, yang dari data boring diketahui bahwa lapisan tanah keras (NSPT≥ 40) tidak ditemukan sampai kedalaman -30 meter. Penelitian ini dilakukan  untuk mengevaluasi daya dukung fondasi sumuran terhadap variasi kedalaman fondasi sumuran akibat beban vertikal dan horizontal bangunan Gedung RSUD Kabupaten Padang Pariaman. Hasil perhitungan daya dukung ijin dari 3 tipe fondasi sumuran menggunakan Metode Reese dan O’Neill (1989) dan Metode Meyerhof (1963) hanya satu fondasi yaitu tipe PC yang mampu menahan beban dari bangunan Gedung RSUD Kabupaten Padang Pariaman. Daya dukung ultimit ijin fondasi sumuran metode Reese dan O’Neill (1989) pada tipe P1 sebesar   kN;  , tipe P3 sebesar  170,11 kN;  257,29 kN, dan tipe PC sebesar  1227,96 kN;  1742,967 kN dan pada Metode Meyerhof didapatkan nilai daya dukung ijin fondasi sumuran tipe P1 sebesar 151,831kN, tipe P3 sebesar 72,29 kN, dan tipe PC sebesar 447,854 kN.
Kajian Penerapan Jalur Khusus Sepeda sebagai Transportasi Berwawasan Lingkungan pada Kawasan Kota Palembang dengan Metode BLOS M. Ade Surya Pratama; Efrilia Rahmadona; Sudarmadji Sudarmadji; Norca Praditya
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.114014

Abstract

Pemerintah Kota Palembang telah meresmikan  jalur khusus sepeda pada tahun 2020 lalu oleh Walikota Palembang, ada tiga rute resmi jalur khusus sepeda tersebut. Tiga jalur khusus pengguna sepeda ini dibuat pemerintah untuk menertibkan arus lalu lintas dan memfasilitasi para pengguna sepeda di Kota Palembang. Pada penerapannya, jalur sepeda di Kota Palembang masih mengalami kendala. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah lalu lintas kendaraan umum dan pribadi, ditambah pula dengan minimnya pengguna sepeda. Selain itu, tujuan dari pesepada masih hanya sebatas untuk olahraga, bukan sebagai alat transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas jalur sepeda di Kota Palembang dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode analisis melalui teknik BLOS (Bicycle Level Of Service). Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan survei lapangan dan penyebaran kuesioner kepada pengguna sepeda. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode BLOS yang didapat pada hari Senin pada waktu pagi (06.00-08.00 wib) dan sore hari (16.00-18.00 wib) dan  Minggu sore (16.00-18.00  wib), didapat nilai BLOS berada pada ranking “F” yaitu lebih dari 5,5 ini berarti rute ketiga tidak aman untuk pengguna sepeda. Sedangkan pada siang hari (11.00-13.00 wib) di hari Senin dan hari Minggu pagi pada (06.00-08.00 wib) serta pada sore hari (16.00-18.00 wib), didapat nilai BLOS berada pada ranking “E” artinya pada rute ketiga sangat kurang mendukung untuk sepeda.
Analisis Kualitas Udara Karbonmonoksida (Co) di Kota Padang Akibat Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Metode AQMS Andi Irawan; Vina Lestari Riyandini; Nini Widyastuti
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.115699

Abstract

Pada akhir 2019 penyebaran Corona Virus Disease 19 atau lebih dikenal dengan virus corona  menular ke manusia dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara termasuk Indonesia hanya dalam waktu beberapa bulan. menyebabkan negara-negara didunia melakukan kebijakan lockdown dengan pengisolasian suatu kawasan untuk mencegah penularan virus yang menyebabkan berkurangnya aktivitas luar ruangan sehingga mempengaruhi konsentrasi kadar karbonmonoksida (CO) diudara. Dari hasil penelitian didapatkan selama PSBB tanggal 22 April s/d 05 Mei 2020 didapatkan rata-rata nilai CO tertinggi pada tanggal 22 April 2020 sebesar 292.33 µg/m. Sedangkan pada kondisi pada 22 April s/d 05 Maret 2019 didapatkan nilai tertinggi pada 01 Mei 2019 sebesar 305.46 µg/m³. Dan dari hasil uji stratistik perbedaan konsentrasi dari kedua kondisi tersebut didapatkan nilai regresi sebesar 0,228 sehingga hal ini menunjukkan  tidak ada perbedaan secara signifikan terhadap penurunan karbonmonoksida sebelum dan setelah psbb. Penerapan PSBB secara garis besar tidak berpengaruh terhadap kualitas udara.
Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kabupaten Agam Rizky Indra Utama; Momon Momon
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.116194

Abstract

Salah satu elemen dari sistem transportasi yang memegang peranan penting bagi kemajuan suatu daerah baik di kota maupun di desa adalah angkutan umum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat dan mengevaluasi kinerja dari angkutan umum yang berada di wilayah Kabupaten Agam. Adapun langkah atau metode survei yang dilakukan adalah survei statis di ruas jalan, untuk mengetahui kuantitas dan kualitas pelayanan angkutan umum selama beroperasi pada masing masing trayek yang disurvei. Pengolahan dan analisis data dilakukan untuk melihat hasil dari kinerja pelayanan angkutan umum di wilayah Kabupaten Agam. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi kendaraan tertinggi diperoleh sebesar 20 kend/jam dengan hasil tidak memenuhi standar, headway tertinggi diperoleh sebesar 38,17 menit dengan hasil tidak memenuhi standar dan faktor muat (Load Factor) kendaraan diperoleh sebesar 71 % dengan hasilnya memenuhi standar.
Pengaruh Penggunaan Biji Karet (Hevea Brasiliensis-Muell.Arg) Sebagai Agregat Kasar pada Beton Ringan Muthma Innah; Prima Yane Putri
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.113954

Abstract

Indonesia adalah wilayah yang memiliki resiko terjadinya gempa bumi. Oleh karena itu perlunya sistem struktur yang mempunyaii berat struktur yang lebih kecil/ringan. Dengan digunakan beton ringan dapat mendukung struktur di daerah rawan gempa. Dengan melihat perkembangan yang terjadi sekarang, diperlukan bahan beton yang ramah lingkungan, oleh karena itu diperlukan bahan pembuat beton yang berasal dari alam tapi tetap memenuhi syarat uji kekuatan beton. Salah satu cara yaitu mengganti agregat kasar dengan biji karet. Tujuan dari penelitiann yaitu untuk memperoleh nilai kuat tekan, kuat tarik, dan berat beton dengan penggunaan biji karet. Keutamaan dari penelitian ini adalah untuk membuat beton ringan yang ramah lingkungan dimana beton ringan memiliki berat jenis yang lebih kecil dan dapat mengurangi berat sendiri elemen struktur. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dengan variasi bijikaret yang digunakan 5%, 10%, 15%, 20%. Hasil pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semakin banyak penggunaan biji karet yang digunakan beton semakin ringan. Penggunaan biji karet sebagai pengganti agregat kasar untuk beton ringan tidak disarankan sebagai campuran beton karena dapat menurunkan mutu nilai kuat tekan dan kuat belah beton
Perencanaan Sistem Plambing Air Hujan Pengembangan Hotel Grand Zuri Kota Padang Puti Sri Komala; Yuda Maisuara
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.115791

Abstract

Salah satu sistem perpipaan yang harus disediakan pada bangunan tempat tinggal adalah sistem drainase air hujan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan sistem drainase air hujan untuk pengembangan Hotel Grand Zuri Kota Padang. Gedung pengembangan Hotel Grand Zuri Kota Padang merupakan gedung hunian usaha yang terdiri dari dua belas lantai dan dua lantai parkir. Perancangan sistem plambing didasarkan pada SNI 8153:2015. Perancangan sistem penyaluran air hujan menggunakan data curah hujan Kota Padang selama lima tahun terakhir yang berdekatan dengan lokasi pembangunan gedung yaitu stasiun pengukuran Alai untuk menentukan luas daerah tangkapan air hujan. Sistem penyaluran air hujan memanfaatkan pipa horizontal dan pipa tegak, air hujan diarahkan hingga ke lantai dasar, kemudian dialirkan ke saluran drainase keliling gedung menuju riol kota. Pipa yang dipakai adalah jenis pipa PVC karena sifatnya tidak mudah korosi dan biayanya pun lebih murah dibandingkan jenis pipa lainnya. pipa tegak air hujan menggunakan pipa ukuran 2 – 3 inci. Ukuran drainase keliling gedung yaitu panjang 292,78 meter, lebar 0,25 meter dan tinggi 0,4 meter.
Analisis Efektivitas Jalur Evakuasi Daerah Sektor 6 Peta Evakuasi Kota Padang Fitra Rifwan; Abiyyu Rizqullah
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.113858

Abstract

Pemerintah Kota Padang bekerja sama dengan BPBD Kota Padang membuat peta evakuasi Kota Padang yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada warga tentang arah dan posisi jalur untuk proses evakuasi, peta tersebut membagi Kota Padang menjadi 6 sektor. Sektor 6 memiliki daerah yang umumnya penduduknya cukup padat dan pada sektor 6 terdapat pula Pasar Raya dan Plaza Andalas yang merupakan tempat masyarakat melakukan transaksi jual beli yang tergolong ramai pengunjung. Analisis ini dilakukan untuk memaksimalkan jalur evakuasi pada zona merah sektor 6 menuju zona aman yang ditinjau dari peta evakuasi Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yang berbentuk deskriptif dengan metode survei menggunakan instrumenn penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut terlebih dahulu di validasi Expert Judgement dan dilakukan uji coba kuesioner. Indikator yang dibahas pada kuesioner yaitu tentang kajian kapasitas, kajian waktu evakuasi, kajian teknis jalur evakuasi dan prinsip peta evakuasi. Sampel yang mengisi kuesioner harus memiliki kriteria yaitu pernah melakukan evakuasi bencana. Kesimpulan dari tugas akhir ini bahwa jalur evakuasi yang berada di zona merah sektor 6 peta evakuasi Kota Padang tidak efektif.
Analisis Mutu Beton Bertulang Pekerjaan Retaining Wall Jalan Tol pada Proyek Z Germanus Tirta Tambing; Nunung Martina; Muhammad Fathur Rouf Hasan
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.114209

Abstract

Pelaksanaan pembangunan konstruksi yang tidak menggunakan aspek pengendalian dapat menyebabkan terjadinya kegagalan konstruksi, sehingga penetapan standar kualitas terhadap hasil pekerjaan konstruksi melalui pengendalian mutu sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis mutu beton bertulang pekerjaan dinding penahan tanah ‘Proyek Z’. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data lapangan terhadap pekerjaan dinding penahan tanah yang berupa data pengujian baja tulangan dan data pengujian kuat tekan beton kemudian dilakukan perhitungan bobot mutu sesuai standar yang sudah ditetapkan. Hasil dari analisis dan pembahasan penelitian ini diperoleh nilai kuat leleh rata-rata baja tulangan kelas BjTS 420B untuk ukuran D13 yaitu 474,74 MPa, ukuran D16 yaitu 455,62 MPa, dan ukuran D19 yaitu 487,68 MPa serta nilai kuat tarik baja tulangan kelas BjTS 420B yang diperoleh untuk ukuran D13 yaitu 579,03 MPa, ukuran D16 yaitu 592,03 MPa, dan ukuran D19 yaitu 625,08 MPa kemudian berdasarkan pengujian benda uji beton kelas C-1 dengan mutu rencana f’c 20 MPa diperoleh nilai kuat tekan karakteristik beton yaitu 22,209 Mpa. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, dapat dikatakan bahwa bobot mutu beton bertulang pekerjaan dinding penahan tanah pada ‘Proyek Z’ sudah sesuai dengan persyaratan yang ada dan memenuhi standar mutu rencana.
Kajian Kinerja Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Solok dan Kota Solok Berbasis Buku Kinerja Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Agustina Nasution; Denny Helard; Shinta Indah
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.115792

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang lebih komprehensif mengenai kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Solok dan Kota Solok Sumatera Barat pada kurun waktu 2017-2019. Kajian dilakukan dengan mengidentifikasi dan evaluasi kondisi eksisting, menganalisis permasalahan teknis dan kinerja yang meliputi aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan aspek sumber daya manusia, serta melakukan penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja SPAM di wilayah studi menunjukkan nilai dan status kinerja PDAM Kabupaten Solok berada pada kisaran 2.270 – 2.340 dalam kategori tidak sehat, sedangkan PDAM di Kota Solok berada pada kisaran 2.920 – 3.100 untuk kategori tidak sehat hingga sehat. Indikator yang berhasil dipenuhi SPAM wilayah studi pada tahun 2019 adalah indikator solvabilitas, tingkat penyelesaian keluhan, rasio jumlah karyawan per 1.000 nasabah. Rekomendasi yang diusulkan secara umum meliputi upaya peningkatan minat pelanggan dalam mengkonsumsi air PDAM; mengefektifkan operasional produksi dan distribusi; meningkatkan kualitas pelayanan; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengalokasian anggaran.
Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Struktur Beton Tiara Afrilliana Ulfiah; Prima Zola
CIVED Vol 8, No 3 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/cived.v8i3.113843

Abstract

Umat manusia sedang dilanda musibah pandemi  Covid-19 yang  menyebabkan  tantangan bagi pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan secara daring sehingga membutuhkan media pembelajaran interaktif  untuk menunjang pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pada pada mata kuliah Struktur Beton belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android. Penelitian ini menggunakan tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian  media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Struktur Beton oleh ahli media memperoleh skor 4,3 pada aspek kemudahan, audio, kemudahan penggunaan dan navigasi serta interaktivitas masuk kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli materi 1 diperoleh skor 4 masuk dalam kategori baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 diperoleh skor 4,5 masuk dalam kategori sangat baik pada aspek kemudahan, kesesuaian, kualitas isi dan tujuan serta kualitas instruksional. Penilaian dari 20 mahasiswa memperoleh persentase 82,95% masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, maka media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik. 

Page 1 of 2 | Total Record : 17