cover
Contact Name
Hadi Kurnia Saputra
Contact Email
hadiksaputra@ft.unp.ac
Phone
+62751-444614
Journal Mail Official
voteteknika@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNP Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika)
ISSN : 23023295     EISSN : 27163989     DOI : -
Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika (VoteTEKNIKA) is a peer-reviewed, scientifc journal published by Department of Electronics Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Padang, Indonesia. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of Vocational Education, Electronics Engineering and Informatics. Jurnal Vocational Elektronika dan Informatika (VoteTEKNIKA) is published twice in one year in March and September with the scopes and focus of the research, but it is not limited to : Vocational Education, Electronics, Telecommunication, Robotic Instrumentation, Control Systems, Artificial Intelligence , Internet of Things, Information Systems, Data Mining, Expert Systems, Mobile Technology & Applications, Web Technology, Computer Network, Network Management and Security, Computer & Embedded System, IT Governance, Enterprise Resource Planning, Software Testing, Modeling and Simulation
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022" : 8 Documents clear
Implementasi Framework Codeigniter pada Sistem Informasi Penjualan Teh Herbal Mak Yon Rosmiani Rosmiani; Geovanne Farell
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.116503

Abstract

Implementasi framework Codeigniter pada sistem informasi penjualan teh herbal mak yon  dirancang  untuk memberikan kemudahan dalam mengelola proses penjualan dan pembelian, maka dirancanglah toko Online yang bertujuan untuk memudahkan pembeli atau pelanggan untuk melakukan proses pencarian produk, memudahkan penjual membuat laporan penjualan, pemesanan teh herbal mak yon dan transaksi secara online. Sistem informasi ini menggunakan teknik MVC( Model, View, Controller) dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter, dan Database Management System yang digunakan adalah MySQL. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan waterfall dengan beberapa tahapan diantaranya perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan.  Sistem informasi ini akan Menghasilkan toko online teh herbal mak yon dan menginformasikan terkait nama, jenis, harga dan obat-obatan yang dijual di toko teh herbal mak yon, menghasilkan sistem penjualan yang bisa malakukan transaksi secara online dengan metode pembayaran dilakukan melalui transfer rekening.Kata kunci : Toko Online,Website, MVC,Codeigniter. Implementation of the Codeigniter framework on the sales information system of mak yon herbal tea is designed to provide convenience in managing the sales and purchasing process, so an online store is designed that aims to make it easier for buyers or customers to carry out the product search process, make it easier for sellers to make sales reports, order mak yon herbal teas. and online transactions. This information system uses the MVC technique (Model, View, Controller) which was developed with the PHP programming language, the codeigniter framework, and the Database Management System used is MySQL. The method used is the waterfall development method with several stages including planning, analysis, design, implementation, and maintenance. This information system will store online mak yon bitter tea and information related to names, types, prices and medicines sold at mak yon herbal tea shops, resulting in a sales system that can be done online transactions with payment methods made via account transfer.Keywords: Online Store, Website, MVC, Codeigniter.
Rancang Bangun Sistem Informasi Magang Mahasiswa di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI Wilayah X) Ayu Vanesa; Elfi Tasrif
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.115873

Abstract

Proses pendaftaran dan pengelolaan mahasiswa magang di LLDikti Wilayah X masih menggunakan cara manual dengan menggunakan media kertas yang mengakibatkan sering terjadi kesalahan dalam pencatatan informasi surat, pencarian surat dan penyimpanan surat. Penelitian ini bertujuan memberikan kemudahan LLDikti dalam proses penerimaan mahasiswa magang, pengelolaan data mahasiswa, penilaian magang, pengelolaan kehadiran mahasiswa dan pemberian sertifikat magang. Sistem informasi magang mahasiswa menggunakan bahasa PHP, MySQL, dan Framework Codeigniter. Perancangan sistem ini menggunakan metode prototype, dimana proses awal yang dilakukan sebelum aplikasi dibuat adalah melakukan analisis kebutuhan sistem, membuat prototype atau rancangan sementara, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, pengujian sistem dan evaluasi perangkat lunak sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, sehingga sistem dilakukan pengujian untuk dapat digunakan. Sistem informasi magang mahasiswa ini dapat mengubah sistem manual menjadi sistem digital yang dapat mengirimkan surat secara daring, melakukan penerimaan mahasiswa magang secara online, dan sistem dapat membantu dalam pengelolaan mahasiswa magang. Hasil dari pengujian terhadap rancangan menunjukan aplikasi ini dapat digunakan sesuai tujuan.Kata kunci : Perancangan, Pengelolaan, Sistem Informasi, CodeIgniter. The process of registering and managing internship students at LLDikti Region X still uses the manual method using paper media which results in frequent errors in recording letter information, searching for letters and storing letters. This study aims to provide convenience for research in the process of admitting internship students, managing student data, assessing internships, managing student attendance and granting internship certificates. The student internship information system uses PHP, MySQL, and the CodeIgniter Framework. The design of this system uses the prototype method, where the initial process carried out before the application is made is to analyze system requirements, make prototypes or temporary designs, evaluate prototypes, code systems, test systems and evaluate software as expected or not, so the system is carried out. testing for usability. This student internship information system can change the manual system into a digital system that can send letters online, accept online student internships, and the system can assist in managing student internships. The results of testing the design show that this application can be used according to its purpose.Keywords: Design, Management, Information Systems, CodeIgniter.
Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Mobile Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas Sepuluh (X) Sekolah Menengah Kejuruan Aditya Dwiansyah; Thamrin Thamrin
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.116533

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE, (2) mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis teknologi mobile virtual reality pada mata pelajaran DLE. Metode pembuatan produk mengadopsi model pengembangan sistem waterfall. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam menggunakan model pengembangan ini yaitu melakukan analisis, desain, coding, dan pengujian. Hasil penilaian validasi materi menurut para ahli materi mendapatkan persentase nilai sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi media menurut ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh siswa mendapatkan persentase nilai sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Virtual Reality, Dasar Listrik dan Elektronika, Waterfall. The aims of this research are: (1) to produce interactive learning media based on mobile virtual reality technology in DLE, (2) to determine the level of validity and practicality of interactive learning media based on mobile virtual reality technology in DLE. The method of making the product is the application of the waterfall system development model. There are four stages carried out in using this development model, namely analyzing, designing, coding, and testing. The results of the material validation assessment according to material experts get a percentage value of 97.8% with a very valid category. The results of the media assessment according to media experts get a value of 97.3% with a very valid category. The results of the practicality assessment by students get a percentage of 95% with a very practical category.Keywords: Interactive Learning Media, Virtual Reality, Basic Electricity and Electronics, Waterfall. 
Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Larutan Gula Menggunakan Radiasi Gelombang Mikro Ismail Ismail; Khairi Budayawan
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.116436

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat, sehingga tercipta begitu banyak alat yang menggunakan teknologi yang canggih. Gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik super tinggi yang berada dalam rentang 3GHz-300GHz. Kelebihan gelombang mikro adalah perambatannya relatif cepat dikarenakan gelombangnya yang pendek. Salah satu pemanfaatan radiasi gelombang mikro ialah digunakan untuk alat ukur. Alat ukur tersebut digunakan untuk mengukur kadar larutan gula radiasi gelombang mikro yang akan digunakan sebagai alat ukur didapatkan dari antena mikrostrip yang akan memancarkan frekuensi sebesar 2,4GHz. Untuk mendapatkan hasil pengujian kadar larutan gula, digunakan metode pengukuran dengan menggunakan Power Detector dan Vector Network Analyzer (VNA). Nilai yang diukur adalah nilai S21(dB) dan nilai Phase(º).Hasil pengujian kadar larutan gula pada Power Detector menunjukkan bahwa semakin banyak kadar gula yang terdapat didalam larutan, maka nilai output dari Power Detector akan semakin tinggi.Kata kunci :Alat Ukur, Gelombang Mikro, Power Detector, Vector Network Analyzer (VNA) The development of technology at this time is very rapid, so that there are so many tools that use sophisticated technology. Microwaves are super high electromagnetic waves that are in the 3GHz-300GHz range. The advantage of microwaves is that they are relatively fast because of their short wavelengths. One of the uses of microwave radiation is to use it as a measuring instrument. The measuring instrument is used to measure the concentration of the sugar solution of microwave radiation which will be used as a measuring instrument obtained from a microstrip antenna which will emit a frequency of 2.4 GHz. To get the test results of the sugar solution content, the measurement method is used using a Power Detector and Vector Network Analyzer (VNA). The measured value is the value of S21(dB) and the value of Phase(º). The results of testing the sugar solution level on the Power Detector show that the more sugar content there is in the solution, the higher the output value of the Power Detector will be.Keywords: Measuring Instrument,Microwave, Power Detector, Vector Network Analyzer (VNA)
Rancang Bangun Alat Deteksi Nominal Uang Kertas Penyandang Tuna Netra Berbasis Arduino Uno Muhamad Alfaraz; Ilmiyati Rahmy Jasril
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.116455

Abstract

Perancangan perangkat ini bertujuan untuk membuat sebuah alat yang bisa mendeteksi nominal uang menggunakan sensor warna dengan mendeteksi nominal uang kertas yang berbasis Arduino Uno untuk memudahkan penyandang tuna netra dalam bertransaksi jual beli barang dan jasa. Alat pendeteksi nominal uang untuk tuna netra, menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 yang berfungsi mendeteksi jarak pengguna atau penyandang tuna netra. Ketika tuna netra terdeteksi oleh sensor maka motor servo pertama akan tertutup dan memanggil suara yang tersimpan pada DF Mini Player. Ketika uang kertas dimasukan kedalam alat,  motor servo pertama akan menutup jalur uang keluar, sehingga sensor warna TCS 3200 dapat mengambil data frekuensi warna uang. Frekuensi warna uang yang di dapat dikonversikan menjadi data berupa nilai RGB (Red Green Blue).  Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat bekerja dengan baik, seperti dapat mengidentifikasi nilai nominal uang kertas 100.000; 50.000; 20.000; 10.000  dan dapat menyusun uang kertas sesuai dengan nilai yang telah terdeteksi.   Uang yang sudah dimasukan akan dibaca sensor TCS3200 dan keluaran suara akan di proses oleh DF Mni Player.Kata kunci : Sensor warna, DF Mini Player, Arduino Uno, Tuna netra, Uang Kertas. The design of this device aims to create a tool that can detect nominal money using a color sensor by detecting the nominal value of banknotes based on Arduino Uno to make it easier for blind people in buying and selling goods and services. A nominal money detector tool for the blind, using the ultrasonic sensor HC-SR04 which functions to detect the distance of users or people with visual impairments. When the visually impaired is detected by the sensor, servo 1 will close and call the voice stored on the DF Mini Player. When banknotes are inserted into the device, the first servo motor will close the way for the money to come out, so that the TCS 3200 color sensor can retrieve the color frequency data of the money. The frequency of the color of the money that can be converted into data in the form of RGB values. The test results show that the tool works well, such as being able to identify the nominal value of the 100,000 banknote; 50,000; 20,000; 10,000 and can arrange banknotes according to the detected value. The money that has been entered will be read by the TCS3200 sensor and the sound output will be processed by the DF Mni Player.Keywords: Color sensor, DF Mini Player, Arduino Uno, Blind, Banknote.
Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Arif Kurniawan; Muhammad Anwar
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.111772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dan mengetahui tingkat kelayakan (validitas) media pembelajaran interaktif sebagai media pembelajaran mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap, 1) Analisis; 2) Desain/Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi/Penerapan; dan 5) Evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan (validitas) media pembelajaran interaktif. Pengujian validitas media melibatkan tiga orang dosen Teknik Elektronika Universitas Negeri Padang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai Aspek Isi dan Konstruksi sebesar 0,83 dengan kategori valid, Aspek Teknis 0,78 dengan kategori valid, dan Aspek Instruksional 0,76 dengan kategori valid. Rata-rata keseluruhan validitas media pembelajaran interaktif adalah 0,79 dengan kategori valid. Hasil pengujian kesepakatan antar pakar menggunakan Intraclass Correlations Coefficient/ICC diperoleh nilai reliabilitas cukup memuaskan rxx= 0,751 yang diestimasi menggunakan Koefisien Alpha. Rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 0,751 dan untuk satu orang rater konsistensinya adalah 0,502.Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash, Analisis Tingkat Kelayakan, Intraclass Correlations Coefficient/ICC. This study aims to produce interactive learning media based on macromedia flash and determine the level of feasibility (validity) of interactive learning media as learning media for Basic Electrical and Electronics subjects for Class X Mechatronics Engineering at SMK Negeri 1 West Sumatra. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE model. The ADDIE model consists of five stages, 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; and 5) Evaluation. The research instrument in the form of a questionnaire was used to obtain data on the feasibility level (validity) of interactive learning media. The media validity test involved three lecturers of Electronic Engineering, Padang State University. Data analysis used descriptive analysis. The results of the study obtained the value of Content and Construction Aspects of 0.83 with valid categories, Technical Aspects of 0.78 with valid categories, and Instructional Aspects of 0.76 with valid categories. The overall average validity of interactive learning media is 0.79 with a valid category. The results of testing agreement between experts using the Intraclass Correlations Coefficient/ICC obtained a satisfactory reliability value of rxx = 0.751 which was estimated using the Alpha Coefficient. The average agreement between raters is 0.751 and for one rater the consistency is 0.502.Keywords : Interactive Learning Media, Macromedia Flash, Feasibility Level Analysis, Intraclass Correlations Coefficient / ICC.
Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Very Small Aperture Terminal (VSAT) Monyca Rama Sari; Hadi Kurnia Saputra
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.116480

Abstract

Jaringan VSAT merupakan jaringan komputer yang menggunakan satelit sebagai media komunikasi untuk menerima dan mengirimkan data. Koneksi jaringan VSAT memiliki beberapa kelemahan yaitu delay propagasi yang signifikan dan  sangat rentan terhadap gangguan cuaca. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kualitas layanan jaringan VSAT. Penelitian yang dilakukan pada 5 titik (BAKTI Puskesmas Koto Tinggi, BAKTI Puskesmas Suliki, BAKTI Puskesmas Halaban, BAKTI Puskesmas Mungka dan BAKTI Puskesmas Muaro Paiti) di kabupaten Lima Puluh Kota yang menggunakan jaringan VSAT. Analisis kualitas jaringan VSAT  menekankan proses pemantauan dan pengukuran parameter kualitas jaringan yaitu delay, packet loss dan throughput dengan menggunakan Axence Nettols dengan metode penelitian analisis deskriptif. Dari hasil penelitian didapat nilai delay berdasarkan standar TIPHON digolongkan jelek dan dari keseluruhan pengukuran maka nilai delay yang paling jelek yaitu pada TP5 dengan nilai 776.5 ms. Nilai packet loss berdasarkan standar TIPHON digolongkan jelek dan dari keseluruhan pengukuran maka nilai packet loss yang paling jelek yaitu pada TP2 dengan nilai 43.2 % dan didapat nilai throughput berdasarkan standar TIPHON digolongkan jelek dan dari keseluruhan pengukuran maka nilai throughput yang paling jelek yaitu pada TP1 dengan nilai 0.48%% dari bandwidth yang tersedia. Berdasarkan analisis yang didapatkan, layanan jaringan VSAT tidak maksimal.Kata kunci :VSAT, Delay, Packet Loss, Throughput, Axence Nettols VSAT network is a computer network that uses satellites as a communication medium to receive and transmit data. The VSAT network connection has several weaknesses, namely significant propagation delay and is very vulnerable to weather disturbances. Therefore, it is necessary to conduct research to determine the quality of VSAT network services. The research was conducted at 5 points (BAKTI Puskesmas Koto Tinggi, BAKTI Puskesmas Suliki, BAKTI Puskesmas Halaban, BAKTI Puskesmas Mungka and BAKTI Puskesmas Muaro Paiti) in the Lima Puluh Kota district using the VSAT network. VSAT network quality analysis emphasizes the process of monitoring and measuring network quality parameters, namely delay, packet loss and throughput using Axence Nettols with descriptive analysis research methods. From the research results obtained the maximum average delay value of 776.5 ms. The maximum average packet loss value is 50.6% and the throughput value is 0.45 – 0.48% of the available bandwidth. Based on the analysis obtained, VSAT network services are not optimal.Keywords: VSAT, Delay, Packet Loss, Throughput, Axence Nettols
Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK 2 Kota Solok Azzah Fadhilah; Legiman Slamet
Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) Vol 10, No 1 (2022): Vol. 10, No 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/voteteknika.v10i1.114074

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMK 2 Kota Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan pendekatan kuantitatif dengan memberikan angket validasi. Jenis data yang  yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrument  penelitian berupa angket untuk memperoleh data tingkat validitas media pembelajaran. Instrument validitas dianalisis menggunakan rumus Cohen kappa (k). hasil analisis materi mendapat nilai sebesar 0,86 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk kategori sangat valid. Hasil analisis media mendapat nilai sebesar 0,77 dari nilai maksimal 1, nilai tersebut termasuk kategori valid. Media pembelajaran ini memudahkan guru menyajikan informasi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dan media ini dapat dijadikan inovasi baru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.Kata kunci : Perancangan Media, Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika, SMK 2 Kota Solok. The purpose of this research is to produce Video-Based Learning Media on Basic Electrical and Electronics Subjects at SMK 2 Solok City. The method used in this study is the ADDIE model with a quantitative approach by providing a validation questionnaire. The type of data used in this research is quantitative data. The research instrument was in the form of a questionnaire to obtain data on the level of validity of the learning media. Instrument validity was analyzed using the Cohen kappa (k) formula. the results of material analysis got a value of 0.86 from a maximum value of 1, this value was included in the very valid category. The results of the media analysis got a value of 0.77 from a maximum value of 1, this value was included in the valid category. This learning media makes it easier for teachers to present learning information that will be given to students and this media can be used as new innovations to increase students' interest in learning.Keywords: Media Design, Basic Electricity and Electronics Learning, SMK 2 Solok City. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022