cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain" : 6 Documents clear
SAINS DAN KREATIVITAS: PANDANGAN TERHADAP PEMIKIRAN JOHN HORGAN DALAM “THE END OF SCIENCE” Winny Gunarti Widya Wardani
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.462 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.357

Abstract

John Horgan dalam bukunya ‚The End Of Science? menulis bahwa manusia tengah memasuki batas-batas akhir ilmu pengetahuan. Tidak ada lagi penemuan sains yang mengejutkan. Sains hanyalah pengembangan dari prinsip-prinsip dasar yang telah ada sebelumnya. Sebuah antiklimaks dari pemikiran-pemikiran rasional dan pengetahuan empiris. Pandangan ini menjadi menarik untuk dibahas dari sudut pandang kreativitas seni. Sains mungkin memperlihatkan fakta-fakta dari percobaan yang terukur dengan mengabaikan nilai-nilai estetika. Sedangkan seni membantu penemuan yang terstruktur menjadi lebih luwes dan indah dipandang. Kebenaran dan keindahan adalah dua hal yang berbeda, namun sains dan seni menjadi dua hal yang sulit dipisahkan. Tulisan ini mencoba menemukan relasi sains dengan kreativitas manusia sebagai bagian dari kehidupan alam semesta. 
PRODUKSI DAN SIRKULASI PESAN (MAKNA) DALAM DESAIN Acep Iwan Saidi
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.009 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.342

Abstract

Makalah ini adalah deskripsi dan analisis dari "sejarah pembentukan" sebuah karya desain, sumber kemunculannya, pesan yang terkandung di dalamnya, dan bagaimana hal tersebut berkomunikasi dengan publik sehingga membentuk makna dan nilai di dalamnya. Walaupun penjelasannya cenderung teoritis, analisis dari sebuah karya desain diberikan sebagai contoh. Dalam makalah ini desain disimpulkan sebagai "entitas" yang kompleks, sebagai super struktur dan basis; struktur permukaan dan struktur dalam, felksibel sebagai disiplin, jaringan, dan berdiri sendiri secara tepat justru karena integrasi dengan berbagai disiplin ilmu. Dalam kompleksitas tersebut, sirkulasi pesan (makna) dan nilai-nilai desain terjadi pada masyarakat di mana mereka hidup dan berkembang.
AKULTURASI BUDAYA CINA PADA ARSITEKTUR MASJID KUNO DI JAWA TENGAH Eddy Hadi Waluyo
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.116 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.350

Abstract

Masuknya Budaya Cina ke Indonesia di masa jaya kerajaan Majapahit telah memberi sentuhan perubahan dan kesinambungan di berbagai aktivitas kebudayaan. Pengaruh ini juga dapat ditemukan pada arsitektur masjid kuno di Jawa Tengah, yang semakin mengukuhkan adanya jejak relasi kebudayaan antara Jawa dan Cina sejak abad ke-8. Studi ini di antaranya membahas bentuk banguan masjid yang menyerupai bentuk pagoda, peran sentral bangunan Masjid Demak di wilayah pesisir Utara Jawa, termasuk makna simbolik dari bangunan atap masjid. Analisis kualitatif dengan pendekatan multidisiplin digunakan untuk menjelaskan akulturasi ini.
SEMIOTIKA VISUAL: PENELUSURAN KONSEP DAN PROBLEMATIKA OPERASIONALNYA Wirawan Sukarwo
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.519 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.686

Abstract

Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas merupakan gabungan dari ketiga naskah buku Kris Budiman sebelumnya. Buku ini berisi naskah dari dua buku kecil tentang semiotika milik Kris, yaitu Semiotika Visual (2004), dan Ikonisitas: Semiotika Sastra dan Seni Visual (2005). Pada bagian akhir buku ini, diberikan suplemen berupa Kosa Semiotika, semacam daftar istilah dan nama tokoh terkait hutan belantara semiotika. Kosa semiotika itu sendiri sudah pernah dibukukan pada 1999 oleh Kris Budiman. Dengan kata lain, membaca buku ini artinya membaca tiga buah buku sekaligus.
MEMOPULERKAN PANTUN BETAWI MELALUI PRODUK DISTRO Mega Mega; Nurhablisyah Nurhablisyah
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.671 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.356

Abstract

Distribution Store atau Outlet (Distro) merupakan jenis usaha Industri sandang dengan merek independen dan dikembangkan oleh kalangan anak muda dalam produksi terbatas. Distro telah berkembang di Bandung, Yogyakarta dan Bali. Akan tetapi, sejumlah Distro yang ada di Jakarta belum banyak mengangkat seni budaya Betawi sebagai fokus desainnya. Studi ini merancang produk Distro yang menggunakan pantun Betawi sebagai seni visual. Pantun Betawi melalui produk Distro diharapkan dapat memopulerkan kebudayaan Betawi di kalangan remaja Jakarta dan menjadi ikon produk wisata. Secara diskriptif kualitatif, pembahasan meliputi penciptaan pantun, pemilihan produk Distro dan penerapannya dengan menggunakan elemen-elemen ilustrasi, tipografi dan warna. 
PERANCANGAN AMBIENT MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE MENCUCI TANGAN DI SEKOLAH DASAR Essy Triyanti Irawan; Rina Wahyu Winarni
Jurnal Desain Vol 1, No 01 (2013): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.707 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v1i01.355

Abstract

Kegiatan mencuci tangan merupakan suatu kebiasaan yang perlu ditanamkan pada anak sejak masih di bangku sekolah dasar (SD) untuk meningkatkan gaya hidup sehat. Masih kurangnya kesadaran siswa SD terhadap mencuci tangan, serta fasilitas mencuci tangan di sekolah yang umumnya kurang menarik, menjadi latar studi ini untuk merancang media kampanye yang dapat menarik perhatian anak-anak. Perancangan ambient media berupa wastafel dan floor vision berbentuk permainan tradisional engklek dideskripsikan secara kualitatif dengan menerapkan elemen-elemen desain dan prinsip-prinsip desain untuk media luar ruang. Pesan-pesan di dalam media kampanye ini diharapkan dapat lebih mudah dipahami dan mendorong anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan cara mempraktikan kegiatan mencuci tangan dengan media tersebut, sehingga mendukung program gaya hidup sehat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6