cover
Contact Name
Ika Devy Pramudiana
Contact Email
jimpks6@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jimpks6@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
ISSN : 25811231     EISSN : 25977334     DOI : -
Core Subject : Social,
editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been published in journals or other scientific media either in Indonesia or abroad.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021)" : 6 Documents clear
Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sungai Brantas Kota Surabaya Pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Jarot Prianggoro; Agus Subianto; Sri Umiyati; Lunariana Lubis
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3213

Abstract

Objek penelitian adalah implementasi kebijakan pengelolaan sungai pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, khususnya Sungai Brantas yang mengalir melalui Kota Surabaya. Kebijakan Pengelolaan Sungai telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2016 yang mencakup konservasi, pemanfaatan dan pengendalian kerusakan air. Kondisi sungai Brantas telah tercemar oleh aktivitas masyarakat, oleh karena itu diperlukan pengawasan dan pencegahan pencemaran sungai dalam konservasi sungai yang mana standar kualitas air sungai menjadi syarat untuk kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis implementasi kebijakan pengelolaan sungai di Kantor Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur; dan (2) menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan. Teori Merillee S. Grindle yang digunakan dalam penelitian ini dalam mendefinisikan keberhasilan implementasi kebijakan adalah Isi Kebijakan dan Konteks Implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus dalam pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan dikembangkan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa implementasi kebijakan pengelolaan sungai Brantas di hilir Kota Surabaya yang meliputi pencegahan pencemaran akibat pembuangan sampah dan air limbah belum optimal sehingga perlu adanya keterpaduan sinergi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder dalam rangka mencapai tujuan implementasi kebijakan.
Analisis Konsep Kebijakan Publik (Studi Kasus Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) Sri Devi Monica
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3396

Abstract

This study describes an analysis of the public policy of the BOS Fund program. The purpose of this research is to know the concept of implementation and aspects that influence the public policy of Dana BOS program. This study uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques with observations and documents - documents adapted to the research. The concept of implementing public policies, especially the BOS Fund, is to independently finance school operations. The BOS policy on the one hand helps public/private schools in operational financing. The BOS funds also help parents pay for school fees. There are several things that become obstacles in the implementation of policies 1) Communication, 2) Resources, 3) Disposition, 4) Bureaucratic Structure.
Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19 Ardhana Januar Mahardhani
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3522

Abstract

Pandemi Covid-19 juga merubah tata laksana pemerintah dari berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan perubahan terjadi sangat signifikan, hal ini dikarenakan proses belajar mengajar menjadi berbasis online atau melalui hybrid learning. Tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar, banyak layanan dalam bidang pendidikan yang harus diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Tulisan ini disusun menggunakan metode kepustakaan dengan menggunakan berbagai sumber diantaranya penelaahan terhadap buku, artikel, catatan, serta berbagai laporan. Dari hasil penelusuran diketahui bahwa pemerintah memberikan lima layanan dalam bidang pendidikan diantaranya relaksasi Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), platform guru berbagi, penyediaan kuota internet, kurikulum darurat, dan fasilitas pembelajaran.
Implementasi Program Naval Base Open Day (NBOD) Di Komando Armada II Indra Dwi Cahyanto
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.3810

Abstract

Salah satu metode komunikasi sosial TNI adalah dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI termasuk pada program NBOD ini, dimana masyarakat dilibatkan baik sebagai peserta lomba, bagian dari pelaksana, maupun hanya sebagai pengunjung. Sehingga dalam program ini terdapat kebersamaan sipil - militer saja seeara fisik, tetapi juga emosional karena dalam kegiatan yang sama. Namun setelah bertahun-tahun, pelaksanaan program NBOD ini, perlu dilakukan pengembangan kegiatan sehingga dapat memebrikan manfaat yang lebih lagi masyarakat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan dan mendiskripsikan: (i) implentasi program NBOD, (ii) faktor - faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut, dan (iii) Strategi pengembangan program NBOD di Koarmada IIkedepan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanasi dengan menggunakan teori implementasi George Edaward III. Hasil penelitian menunjukkan: vaiabel: komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi memberikan dukungan yang positif, sehingga program dapat terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan. Faktor - faktor pendukungProgram ini adalah dukungan kebijakan, anggaran, semangat / disiplin implementor, fasilitas dan materi Koarmatim serta dukungan masyarakat baik sebagai kelompok sasaran program maupun sebagai bagian dari implementor.Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggaran pemerintah dan kepadatan lalu lintas selama pelaksanaan program NBOD.Strategi pengembangan program NBOD kedepan di Koarmada II adalah penambahan kegiatan - kegiatan berupa: Bhakti TNI, Bintahwil (Pembinaan Ketahanan Wilayah), Joy Sailing , Sailing Pass , lomba - lomba berbasis kemaritiman, seminar dan pelatihan praktis pemberdayaan masyarakat pesisir dan peningkatan kolaborasi Koarmatim dengan badan usaha dalam pelaksanaan program NBOD.
Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Sebagai Langkah Taktis Penanganan Dan Pencegahan Covid-19 Gading Gamaputra; Agus Prasetyawan; Prasetyo Isbandodo; Yuni Lestari; Alvionita Fitria Putri; M Syarif Hidayatullah; Noviyanti Noviyanti
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.4384

Abstract

Abstract The Tuban Regency Government issued a Regent Decree No. 440/1592/414.103/2020 concerning Increased Awareness of Covid-19 in Tuban Regency. All villages in Tuban Regency are required to carry out a program of handling and preventing Covid-19 activities. Covid-19 handling and prevention The Kesamben Village Government is experiencing problems, including the public's distrust of the dangers of Covid-19 due to lack of accurate data, information and low public trust regarding the handling of COVID-19 in Indonesia. To overcome this problem, the Kesamben Village Government carried out a communication strategy to the community so that the implementation and handling of Covid-19 activities were carried out properly and became a pilot village for handling COVID-19 in Tuban Regency. The research used in this research is descriptive qualitative by focusing on the first, the tactical steps of the Kesamben Village Government in the Prevention and Handling of Covid-19. Second, the communication strategy for the prevention and handling of Covid- 19 Keywords: Corona Virus Disease 2019 (covid-19), Village Government Communication Strategy.
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Kepada Masyarakat Pembuat Akte Kelahiran di UPT Dispendukcapil Kecamatan Purwosari M Daimul Abror; Lu'lu'ul Hidayah
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 5 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v5i2.4396

Abstract

In the implementation of public services, the state civil apparatus is responsible for providing excellent service in order to realize the welfare of the community, especially in the field of population administration, one of which is a birth certificate. This research is motivated by the problem of not yet optimal quality of service for making child birth certificates at the UPT Dispendukcapil Purwosari District seen from the lack of understanding of service procedures, inadequate facilities and infrastructure and community assumptions about the timeliness of the promised not appropriate.The purpose of this study is to describe, analyze, and interpret the quality of service in making child birth certificates and the obstacles that occur in the issuance of birth certificates for children out of wedlock at UPT Dispendukcapil Purwosari District. The research method used is a qualitative method with data sources obtained from interviews, observations and documentation.The results showed that the quality of service for making birth certificates at the UPT Dispendukcapil Purwosari District was quite good but there were several indicators that were still not fulfilled and there were obstacles found such as inadequate infrastructure which had implications for the slow service process and understanding of the community who did not understand. the procedure for making a child's birth certificate so that people think it is slow in terms of timeliness of issuance

Page 1 of 1 | Total Record : 6