cover
Contact Name
Arimurti Kriswibowo
Contact Email
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Gedung Adi Krita, FISIP. UPN Veteran Jawa Timur. Jl.Raya Rungkut Madya, Gununganyar. Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
ISSN : 23030089     EISSN : 26569949     DOI : https://doi.org/10.33005
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan Pemberdayaan Masyarakat serta relasi sektor privat terhadap publik yang bersifat terbuka terhadap pendekatan multi dan interdisipliner. JDG terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance" : 9 Documents clear
Desa Wisata: Sebuah Upaya Mengembangkan Potensi Desa Dan Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Pada Desa Wisata Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul) Ma’ruf, Muhammad Farid; Kurniawan, Badrudin; Pangestu, Rizky Purna Aji Galih
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.109 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1209

Abstract

Salah satu potensi yang dapat ditingkatkan menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes) desa-desa di Indonesia adalah sektor pariwisata. Berwisata di desa, dewasa ini telah menjadi pilihan tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan menggemari tempat wisata di desa tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja tetapi juga berinteraksi dengan masyarakat lokal. Oleh karena itu, berkembanglah alternatif pariwisata pada minat khusus dan lokasi tertentu yang disebut dengan desa wisata dalam menggali dan mengembangkan potensi wisata desa adalah Kabupaten Gunungkidul propinsi Yogyakarta. Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pelitian deskriptif kualitatif dimana lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Bejiharjo, Kecamatan karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian. Hasil pnelelitian pemerintah desa telah bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menata ulang dan menggali obyek-obyek wisata yang sebelumnya belum ada sehingga dapat dikunjungi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Bejo bekerjasama dengan masyarakat telah menyediakan prasarana wisata yang dibutuhkan wisatawan berupa empat sampah, mushola, kamar mandi, warung makan dan sebagainya, sedangkan prasarana wisata yang masih belum disediakan adalah fasilitas kesehatan seperti klinik dan Apotek. Klinik Kesehatan atau Apotek perlu disediakan bagi wisatawan karena jika wisatawan mendadak sakit bisa tidak jauh-jauh untuk membeli obat. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Bejo bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menyediakan sarana wisata bagi wisatawan berupa alat transportasi yaitu pick up dan untuk menginap sudah disediakan home stay. Sarana wisata di Desa Wisata Bejiharjo ini masih belum lengkap karena belum disediakan gazebo dan rumah makan. Pemerintah desa telah membuat surat keputusan (SK) penetapan kelompok wisata (Pokdarwias) Dewa Bejo, namun masih terdapat beberapa kelompok pengelola wisata yang belum memilki SK penetapan sebagai pengelola wisata dari pemerintah desa. Kata Kunci: Desa Wisata Bejiharjo DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1209
Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011 (Studi Pada Kawasan Terbatas Merokok Di Terminal I Bandara Internasional Juanda) Williyanto, Puspita Kusumasari; Wibawani, Sri
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1204

Abstract

Banyaknya perokok yang masih merokok disembarangan tempat sehingga pemerintah memberlakukan peraturan tentang kawasan terbatas merokok, salah satunya adalah Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011. Namun upaya pemerintah tersebut terdapat berbagai kendala salah satunya adalah kurangnya kepatuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dan untuk mengetahui pengaruh masing-masing dari faktor terhadap kepatuhan masyarakat akan Perda Kabupaten Sidoarjo No 4 Tahun 2011 (Studi Kawasan Terbatas Merokok Terminal I Bandara Internasional Juanda).Tujuan dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah para pengunjung/ masyarakat yang berada di sekitar Terminal I Bandara Internasional Juanda. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simple Purpose. Jumlah responden ditentukan sebanyak 300 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode kuisioner/angket. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Koefisien Jaspen’s, Koefisien Theta dan Koefisien Gamma.Hasil penelitian yaitu: (1) Tingkat kepatuhan masyarakat yang berada di Terminal I Bandara Internasional Juanda menunjukkan sikap sangat patuh. Namun sikap sangat patuh tersebut masih pada interval batas bawah. (2) Tujuh  faktor sebagai variabel X yang diteliti terdapat 4 faktor yang secara signifikan mempengaruhi tingkat kepatuhan masyarakat yaitu variabel X3 yaitu tingkat pendidikan  sebesar  0,3047%, variabel X4 yaitu tingkat pengetahuan  sebesar 0,3712%, variabel X5 yaitu perilaku merokok sebesar 0,4567% dan variabel X6 kualitas sarana merokok (smoking area) sebesar 0,5214 %. (3) Faktor yang paling tinggi tingkat pengaruhnya adalah faktor kualitas sarana merokok (smoking area) atau variabel X6. DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1204
Penggunaan Media Sosial Dalam Membangun Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) Even Organizer Di Surabaya Zuhri, Saifuddin
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1206

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada data yang ada di komunitas bisnis tangan di atas yang ada di Surabaya. Penelitian ini mengulas terkait keefektifan penggunaan media sosial dalam membangun omunitas bisnis serta membantu dalam pemasaran Seminar dan lainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tipe metode dalam penelitian ini menggunakan metode partisipatoris, dimana peneliti berpartisipasi terlibat pada objek penelitian dengan membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian apa yang dilihat oleh peneliti. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Media sosial merupakan wadah yang efektif dalam pembentukan komunitas bisnis. Mengingat kebutuhan masyarakat yang sangat kompleks namun menginginkan hal yang praktis, cepat, namun tetap terpercaya. Selain itu, banyak keuntungan yang dirasakan.yang bergabung dalam komunitas bisnis yang terbentuk Tangan di Atas. Mereka jadi bisa mempelajari kompetitor, dapat bertukar informasi., saling membantu apabila ada masalah terkait event melakukan evaluasi bersama, memperluas jariangan bisnis dan lain sebagainya.   Kata Kunci     : Media Sosial, Komunitas Bisnis Tangan di Atas DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1206
Meretas Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Computer Based Test Hertati, Diana
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.278 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1208

Abstract

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer memiliki banyak keunggulan, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kelemahan, diantaranya adalah adanya beberapa fenomena  yang sangat signifikan dalam transisi pelaksanaan ujian nasional di tahun pertama. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Metode dalam penulisan ini adalah deskriptif dengan pendekatan metode kepustakaan dengan melakukan analisis dari beberapa karya ilmiah dan referensi terkait, sehingga dapat ditarik suatu simpulan. Hasil dan pembahasan  menunjukkan bahwa ujian nasional berbasis komputer secara kontinyu dilakukan sekalipun masih perlu perbaikan, sebab   ujian   nasional  berbasis komputer adalah   merupakan standar ukuran kualitas pendidikan Indonesia Kata Kunci: Kebijakan, implementasi, ujian nasional berbasis computer DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1208
Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas Kriswibowo, Arimurti; Harsanto, Bambang Tri; Kurniasih, Denok
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.091 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1205

Abstract

Human resource management becomes a challenge in the process of organizing the public organization. The successful of human resources management can be impactful on the achievement of public organizations goals. Bad administration  of human resources can have further influence on the performance of the organization. Espesially in Banyumas, 8 job departements still have low achievements, below 90% of RKPD targets. Two of them are in SKPD of Library Office and Regional Archive of Banyumas Regency This research aims to determine the performance of the Public Library and Archive Office and find several factors that can improve performance in public organizations. This research was conducted in the Banyumas Public Library and Archive Office, and the respondents of all office employees. This research use deductive model and using data analysis method of correlation kendall tau and ordinal regression The results showed that the performance of employees at the Public Library and Archive Office is good but not optimal. This study also found the relationship and influence where the work discipline affect the performance of 20.3%, while the employee's ability to affect the performance of 24.4%, and employee perceptions of the work environment affect the performance of 32.2%. Keyword: Human Resources, Employees Performance, Library Management, Disipline, Ability, Work Environment DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1205
Model Alternatif Pengukuran Kinerja Aparatur Di Era Otonomi Daerah Hardjati, Susi
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.424 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1210

Abstract

Strategi penilaian kinerja yang akomodatif diperlukan untuk mengevaluasi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sistem penilaian kinerja PNS pusat dan daerah yang didasarkan pada DP3 selama ini tidak efektif. Dalam implementasinya, penilaian kinerja melalui DP3 belum mencerminkan sebagai alat untuk mengukur keberhasilan kinerja pegawai, karena metode evaluasi yang digunakan belum sepenuhnya mengakomodasi ketentuan yang berlaku. Artikel ini mencoba mendiskusikan beberapa malpraktik dan bias dalam proses penilaian kinerja untuk pegawai pemerintah daerah, dan memberikan metode alternatif dalam memfokuskan penilaian kinerja atau kedudukan pegawai pemerintah daerah. Kata kunci : kinerja, evaluasi kinerja aparatur DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1210
Efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) Di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo Jayusman, Tria Adhinta Indra; Widiyarta, Agus
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.287 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1207

Abstract

Posbindu PTM merupakan program kesehatan yang kegiatannya yaitu untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular.  Posbindu PTM di Desa Anggaswangi dilakukan rutin sebulan sekali. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara. Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Informan penelitian yaitu Petugas Kesehatan Posbindu, Kader Posbindu serta Pasien Posbindu. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif, yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa: Efektivitas Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Pnyakit Tidak Menular (PTM) di Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono Sidoarjo sudah sesuai dan efektif karena sudah melakukan delapan kegiatan pemeriksaan dalam program posbindu PTM yaitu antara lain sebagai berikut : wawancara terarah, Pengukuran Berat Badan. Pengukuran Tinggi Badan, Pengukuran Lingkar Perut, Pengukuran Indeks Massa Tubuh, Pemeriksaan Tekanan darah serta konseling, Pemeriksaan Gula Darah serta Pemeriksaan Kolesterol Total.   Kata Kunci : Efektivitas, Posbindu PTM DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1207
Analisis Akuntabilitas Pemberian Informasi Yang Berkualitas Bagi Masyarakat Dalam Pelayanan e-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Batu Sasmito, Cahyo
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1202

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2017 sampai dengan Maret 2017, metode penelitian dengan pendekatan dekriptif kualitatif,  Pelayanan e-KTP merupakan pelayanan dasar bagi semua warga Negara Indonesia khususnya yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam implementasinya pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu masih dijumpai keluhan-keluhan masyarakat pada saat membutuhkan jasa pelayanan e-KTP, khususnya setelah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471/1767/SJ Tentang Persyaratan Pembuatan e-KTP, tidak perlu pengantar RT, RW. Tetapi staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu yang bertugas masih meminta pengantar RT dan RW, untuk masyarakat yang mengajukan perpanjanagan e-KTP, waktu pencetakan KTP yang lama, seringnya bermasalah pada server ketika pengambilan data baik scan retina mata, pengambilan sidik jari, tanda tanggan, dan photo. Kata kunci: informasi, pelayanan dan kualitas DOI  https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1202
Tingkat Kepatuhan UPN “Veteran” Jawa Timur Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (Studi tentang Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) Tukiman, Tukiman; Nawangsari, Ertien Rining; Prabowo, Budi
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v7i2.1203

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kebijakan UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai perguruan tinggi negeri terhadap pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik nomor 16 tahun 2014 tanggal 2 Mei 2014  terdiri dari : 1.Persyaratan pelayanan 2.Prosedur pelayanan 3.Kepastian waktu pelayanan,  4.Kepastian biaya  pelayanan, 5.Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, 6.Kompetensi petugas pelayanan, 7. Perilaku Pelaksana 8.Maklumat  Pelayanan, 9.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, 10.Kecepatan pelayanan, 11.Keadilan mendapatkan pelayanan, 12.Kedisiplinan petugas pelayanan, 13.Keamanan pelayanan. 14. Kenyamanan lingkungan. Dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana menurut Bungin, Burhan, 2011, metode diskriptif diartikan sebagai prosedur dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu  kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang, dengan tujuan untuk membuat diskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan pengolahan data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Untuk menggali lebih dalam makna-makna yang dihasilkan dari kuestioner yang diperoleh dari mahasiswa UPN “Veteran” Jatim. Hasil penelitian dari keempat belas unsur yang dinilai nilai rata-rata interval IKM (kualitas pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UPN “Veteran” Jatim terhadap mahasiswa) : 2,54 mempunyai kualitas pelayanan Baik,  dan nilai interval korversi IKM ( Kepuasan pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UPN “Veteran” Jatim terhadap mahasiswa) :  63,50 mempunyai kepuasan pelayanan puas. Dari keempat belas unsur yang dinilai, unsur keamanan pelayanan mempunyai skor tertinggi, dan  unsur kesesuaian biaya pelayanan dalam mendapatkan pelayanan  mempunyai skor terendah. Keywords : Kepatuhan, UU No. 25 tahun 2009, kualitas Pelayanan administrasi dan akademik, UPN “Veteran” Jawa Timur DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1203

Page 1 of 1 | Total Record : 9