cover
Contact Name
Syamsir Firdaus Manggar Wanrantoniara, SH
Contact Email
daus_mbol@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmumsb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Menara Ilmu
ISSN : 16932617     EISSN : 25287613     DOI : -
MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk publikasi di jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 43 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017" : 43 Documents clear
HUBUNGAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA Damayanti, Ika Putri
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.426

Abstract

Diare merupakan kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan yang ditandaidengan buang air besar dengan bentuk tinja yang encer atau cair. Angka kesakitan karenadiare pada Balita sekitar 200-400 kejadian di antara 1000 penduduk setiap tahunnya. Terjadipeningkatan pada tahun 2013 sebanyak 481 anak yang menderita diare. Berdasarkan uraianatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan KetersediaanAir Bersih dengan Kejadian Diare pada Anak Balita di Puskesmas Rumbai Pesisir tahun2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kejadian diare pada balita di PuskesmasRumbai Pesisir Tahun 2015.Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif.Pengambilansampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukanpada tanggal 25 Januari sampai 30 Maret 2015, pengumpulan data melalui kuisioner yangdilakukan terhadap ibu yang memiliki balita yang berkunjung Oktober, November danDesember 2014 maka data yang diperoleh diolah dan disajikan dalam bentuk distribusifrekuensi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 90 responden didapat hasilbahwa mayoritas responden yang terkena diare 45 Orang (50%), bahwa mayoritas ketersediaanair bersih responden yang tidak memenuhi syarat berjumlah 58 Orang (64,4%).mayoritasresponden yang mengalami kejadian diare memiliki ketersediaan air bersih yang tidakmemenuhi syarat sebanyak 37 orang (63,8 %) dan responden yang tidak mengalami diarememiliki ketersediaan air bersih yang memenuhi syarat sebanyak 24 orang (75,0 %).Disimpulkan bahwa Adanya hubungan Ketersediaan air bersih dengan kejadian diare padabalita di wilayah kerja Puskesmas Rumbai Pesisir Tahun 2015.Kata Kunci : Ketersediaan Air Bersih, Diare, Balita, Puskesmas Rumbai Pesisir
SENI ARSITEKTUR MASJID DI LUHAK AGAM (Dalam Tinjauan Estetis-Filosofis) Husni, Muhammad
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.443

Abstract

Luhak agam pernah menjadi pusat penyebaran dan pembaharuan Islam di Minangkabau.Sejumlah masjid berdiri pada nagari-nagarinya dari masa ke masa dengan corak seni arsitektur yang memiliki nilai estetis-filosofis.Penelitian ini mengkaji secara spesifik seni arsitektur masjid dalam tinjauan estetis-filosofis di luhak Agam dari masa ke masa.Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan sumber data yang berasal dari hasil survey lapangan dan survey kepustakaan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi sampel diambil berdasarkan dari corak masjid yang ada di luhak agam dari masa ke masa.Hasil yang dicapai dalam penelitian ini telah menemukan corak arsitektur masjid diluhak agam pada zaman klasik ciri utamanya beratap tumpang, pada zaman pertengahan dengan atap berkubah empat yang kemudian pada zaman modern berkembang menjadi masjid dengan lima kubah. Masing-masing corak tersebut memberikan unsur estetis yang mengandung nilai filosofis tersendiri.Kata kunci:Seni Arsitektur, Masjid, Luhak Agam
ANALISIS DESAIN FORMULIR KARTU RAWAT JALAN BERDASARKAN METODE PERFORMANCE INFORMATION ECONOMIC CONTROL EFFICIENCY SERVICE (PIECES) DI PUSKESMAS RAWANG PADANG TAHUN 2017 Aini Nadia, Devid Leonard
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.421

Abstract

Latar Belakang : Kartu rawat jalan yaitu lembaran yang berisi informasi mengenai identitaspasien, diagnosis dan tindakan yang dilakukan terhadap pasien seperti anamnesa, terapi danmerupakan salah satu formulir rekam medis yang harus didokumentasikan sehingga materialdan data harus lengkap. Berdasarkan survey awal kartu rawat jalan tidak sesuai dengankebutuhan pengguna dan Depkes RI.Tujuan Penelitian : dari penelitian ini adalah untuk menganalisis desain kartu rawat jalan diPuskesmas Rawang padang Tahun 2017.Metode Penelitian : Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Rawang Padang yang dilaksanakanpada Tanggal 20 Mei- 24 Mei 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif denganpendekatan studi kasus, di analisa dengan metode PIECES. Teknik pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling, informa berjumlah 9 orang. Pengumpulan data dengancara wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara, perekam suara dan kameraserta observasi terhadap kartu rawat jalan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah transkripsi, reduksi, kategorisasi dan penyajian data.Hasil : Penelitian menggunakan analisa PIECES, didapatkan dari Performance segi aspek fisikbahwa untuk material sudah sesuai, dari segi anatomis bahwa kolom tidak sesuai dengankebutuhan pengguna. Analisa Information item isian formulir memerlukan data nomor telepon,alergi, cara bayar, berat badan dan tekanan darah. Analisa economic biaya penerapan formulirsudah sesuai. Analisa control pengisian alamat, berat badan, agama, keterangan tidak lengkap.Analisa efficiency belum adanya sosialisasi pengisian formulir, singkatan dan kekuranganpetugas rekam medis. Analisa service pelayanan pasien sudah sesuai standar.Kesimpulan: Puskesmas perlu mempunyai standar operasional prosedur, membakukansingkatan yang digunakan, menganalisa beban kerja petugas dan merancang kembali formulirkartu rawat jalan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna di puskesmas.Kata Kunci: Kartu Rawat Jalan, PIECES, Puskesmas Rawang Padang
PERANAN KOMUNIKASI INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN TAMBUSAI TENGAH KABUPATEN ROKAN HULU S.Sos, M.Si, Rosmala
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peranan komunikasiInformasi Manajemen Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Pegawai Kantor KelurahanTambusai Tengah Kabupaten Rokan Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruhpegawai kantor Lurah Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu denganmenggunakan metode sensus yaitu sebanyak 30 (tiga puluh) orang pegawai. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh secara signifikan antara komunikasi informasimanajemen berbasis komputer terhadap kinerja pegawai kantor kelurahan Tambusai Tengah(Nilai t hitung < t tabel = -0,649<2,04227), hipotesis awal yang menyatakan bahwa adapengaruh yang signifikan antara sistem informasi manajemen berbasis komputer berpengaruhterhadap kinerja pegawai pada kantor kelurahan Tambusai Tengah ditolak dan tidak terbuktikebenarannya. Kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sisteminformasi manajemen berbasis komputer terhadap kinerja pegawai kantor Kelurahan TambusaiTengah Kabupaten Rokan Hulu.Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kinerja Pegawai
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI SISWA DI SDN 010 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN 2017 Diana Mustika, Putri Wulandini S
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.432

Abstract

Prestasi belajar yang baik menjadi salah satu indikator kualitas sumber daya manusia dibidang pendidikan. Dalam pendidikan, hasil dan prestasi belajar di sekolah merupakan bentukpenilaian kemampuan siswa selama melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar dipengaruhioleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal tesebut salah satunya adalah kesehatan. Gizimerupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kesehatan individu dan pada anak sekolah.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi siswa diSDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2017. Jenis penelitian korelasidengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN 010 PangkalanKerinci Kabupaten Pelalawan pada tanggal 16 – 25 Februari 2017. Populasi penelitian adalahseluruh siswa/i kelas III – V SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan sebanyak 229orang. Sampel 70 orang diambil dengan tehnik sampling Stratified Random Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kepada siswa untuk status giziyaitu dengan indikator Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) dan dokumentasi untukmenentukan nilai siswa, yaitu dengan menganalisa hasil rapor siswa kemudian diolah denganmenggunakan chi square selanjutnya dianalisa secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasilpenelitian yang didapatkan status gizi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah normalsebanyak 55 orang (78,6%). Prestasi siswa di SDN 010 Pangkalan Kerinci adalah baiksebanyak 42 orang (60%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Pvalue = 0,017, makadapat disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan prestasi siswa di SDN 010Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan tahun 2017. Diharapkan kepada para tenaga pengajardi SDN 010 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan agar dapat melakukan sosialisasi danpendidikan kesehatan secara kontinue kepada siswa tentang pentingnya status gizi untukmeningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Status Gizi, Prestasi Siswa
FENOMENA PERILAKU PENYIMPANGAN SEKSUAL OLEH LESBIAN, GAY, BISEKSUAL DAN TRANSGENDER (LGBT) DI KOTA PEKNABARU Yulrina Ardhiyanti, Syukaisih, Kiki Megasari
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.427

Abstract

Perilaku penyimpangan seksual yang muncul di kalangan masyarakat adalah salah satudari sekian banyak masalah seksual yang sedang marak saat ini yang dikenal dengan istilahLesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Konsekuensi logis dari perilakupenyimpangan seksual adalah munculnya berbagai penyakit kelamin (Veneral Diseases/VD),atau penyakit akibat hubungan seksual (Sexually Transmitted Diseases/STD). Dampak negatiffenomena LGBT tidak hanya ditinjau dari sisi kesehatan namun juga mengikis dan menggugatkeharmonisan hidup bermasyarakat. Dari sudut agama dan sosiologi, LGBT akanmenyebabkan peningkatan gejala penyimpangan sosial dan kemaksiatan hingga tidak dapatdikendalikan. Dilihat dari sisi psikologi, dapat mempengaruhi kejiwaan dan memberi efekyang sangat kuat pada syaraf. Pelaku LGBT setiap tahun cenderung meningkat bukan hanya dikota besar saja tetapi juga merambah ke pelosok desa dengan kejadian fenomena gunung estermasuk di Kota Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Predisposisi, Faktor Pemungkin danFaktor Pendorong perubahan perilaku penyimpangan seksual oleh LGBT di Kota Pekanbaru.Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan wawancara mendalam danobservasi terbatas.Informan pada penelitian ini adalah mereka yang memiliki perilaku penyimpanganseksual LGBT yang berdomisili di pekanbaru yang dapat diajak berkomunikasi sesuai dengantujuan penelitian dan sebagai informan kunci adalah teman dekat dari informan utama.Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Kualitatif Isi(content analisys).Hasil dalam penelitian ini adalah mengungkapkan bahwa masih kurangnyapengetahuan mereka terutama tentang dampak dari perilaku menyimpangan seksual olehLGBT; Mereka menginginkan keberadaan mereka dihargai; Motivasi mereka menjadi LGBTadalah mencari sensasi kasih sayang yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya; Merekaberanggapan bahwa inilah jalan hidup mereka yang telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esadan tidak berdosa jika perilaku LGBT ini terus dijalani karena mereka beranggapan bahwaperilaku ini tidak akan bisa berubah menjadi normal; Media massa, Tempat hiburan malam,Peran orang tua, peran teman sebaya dan lingkungan serta peran guru dalam mendidik siswasangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku mereka. Dengan demikian diharapkankerjasama berbagai pihak untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, danketakwaan mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga akhirnya mereka dapat hidupnormal meninggalkan perilaku penyimpangan seksual yang selama ini mereka lakukan.Kata Kunci : Perilaku, Penyimpangan Seksual, LGBTKepustakaan : 20 (2006-2013)
KELAYAKAN TARUSAN KAMANG SEBAGAI DESA WISATA DI KABUPATEN AGAM (ANALISA ASPEK PASAR DAN PEMASARAN) SE. MM, Dewi Anggraini.
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.422

Abstract

Tarusan Kamang as one of the newly developed tourist villages is an example of theempowerment of local communities to introduce west sumatera culture to tourists and toimprove their standard of living as a by-product. The purpose of this study is to analyse thefeasibility of developing a Tourism tarusan kamng by analysing aspects of markets andmarketing, legal, technical and operational, human resources, economic and financial.Through analysis of the three competitors it can be seen that tasusan kamng has anindependent website . Marketing strategies undertaken include: determination of the locationstrategy, pricing Strategy with the method of cost plus pricing, and product growth strategiesin which the services of a quality product better or different from other tourist , promotionthrough the website, the offensive strategy is a strategy which is focused on change efforts toachieve a better level and training of human resources.Key words: tourism potential, strategies, feasibility analysis
STRATEGI PELAYANANROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN OCCUPANCY HOTEL PUSAKO BUKITTINGGI S.STPar, MM, ROZI YULIANI,
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.438

Abstract

Hotel PusakoBukittinggi is a 4-star hotel (****) which are on the road Soekarno-Hatta7 Bukittinggi.As the development of the tourism sector, making someone wants to travel bothdomestically and abroad. This would make someone want to get a comfortable resting place inaccordance with their wishes. Therefore, the hotel will be competing to provide the bestservice for the guests such as Pusako Bukittinggi hotel. The success can be seen from a hotelroom occupancy rate and this could be a good image for the hotel. This study aims todetermine the service strategy room attendant to room occupancy levels in accordance withthe expectations of guests.This research uses descriptive qualitative research. The population or sample of thestudy include housekeeping manager, supervisor and room attendant located at the hotelPusako Bukittinggi, totaling 13 respondents.The results showed that the occupancy rate of hotel rooms inPusakoBukittinggi belowthe expected target for what is offered to guests not in accordance with what you got guests.Inaddition, services provided by the room attendant unfavorable, such as discipline accesoriesroom attendant who wore a necklace when working, rooms were still dusty and guest suppliesare not equipped in the room. And also the current strategy needs to be socialized by thehousekeeping manager to subordinate to the increase in hotel occupancy PusakoBukittinggi.Based on the research results it can be suggested that the management of the hotelPusakoBukittinggi provides trainning periodically for all employees especially the roomattendant to improve services in order to achieve occupancy that is targeted by the hotel,minimize complaints from guests and hoped that room attendant can perform their duties andresponsibilities as good as possible.Keyword: Strategy, Room Attendant, Occupancy
PERAN BP4 SEBAGAI LEMBAGA PENYULUHAN DALAM MENGENDALIKAN PERCERAIAN (STUDI KASUS KECAMATAN KOTO TANGAH) Desminar, Desminar
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.1207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan masyarakat, keberadaandan peran BP4 dalam membina keluarga di Indonesia, terutama di Kecamatn koto TangahKota Padang. Hasil penelitian ini akan berguna bagi penyusunan kebijakan DepartemenAgama dalam bidang pembinaan keluarga, khususnya bagi peningkatan kinerja BP4.Dalam tilikan Covey, pada era informatika aspek pengetahuan yang bermutu memangbegitu berharga, sehingga kalau bisa mendayagunakan potensinya dengan baik akanmemberi kesempatan untuk memnciptakan nilai. Kerja pengetahuan mampu mendongkraksemua investasi lain yang sudah dilakukan oleh organiusasi atau keluarga. Padakenyataannya, para pekerja pengetahuan adalah penghubung ke semua investasi lain yangdilakukan oleh organisasi. Mereka memberi fokus, kreativitas, dan pendongkrak dalampemanfaatan semua investasi itu agar dapat dengan lebih baik mencapai berbagai sasaranorganisasi.Berhubungan dengan proses perubahan sosial tersebut, dalam paradigma teorisistem, skala perubahan tersebut dapat terjadi dalam tiga tingkat sosial: makro, mezo ataumenegah, dan mikro. Pada tingkat makro, yaitu keseluruhan masyarakat dunia(kemanusiaan), seperti sistem internasional, bangsa, dan negara. Pada tingkat mezo, yakninegara bangsa (nation-state) dan kesatuan politik regional atau aliansi militer, sepertiperusahaan, paratai politik, gerakan keagamaan, dan asosiasi besar. Sedangkan padalevel mikro, merupakan perubahan yang terjadi pada komunitas lokal, seperti keluarga,komunitas, kelompok pekerjaan, dan lingkungan pertemanan. Jadi dimensi perubahantersebut meliputi spektrum yang sangat luas, mulai dari skala yang paling kecil hinggayang paling besar.
PENGGUNAAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM ANALISA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SMKN 2 PADANG) W, Mitta Natalia
Menara Ilmu Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v11i78.448

Abstract

In the current era of globalization, any information can be easily and quickly obtained, eitherfrom a credible source or not. This information is of course due to a bridging technology, thistechnology is often referred to as Information and Communication Technology or ICT. Rightnow with ICT not only exchange information that is easy to do but has already become themedium of electronic transaction between sellers and buyers, or between firms. So it is withlearning, the learning process can be done trough electronic media, called e-learning. SMKN2 Padang will implement e-learning learning system as a means of supporting learning inorder to improve the quality of the learning process is good. The purpose of learning activitieswill determine the media used, either stand alone or a combination of various media. Onemethod that can be used as a decision making process in determining which media will beused is by using the Analytic Hierarchy Process, known as the Analytical Hierarchy Process(AHP). Tests carried out using the software Superdecision 1.6 was used to compute theproblem solving with AHP.Kata Kunci: E – learning, Analytical Hierarchy Process (AHP).

Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024 Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 APRIL 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 JANUARI 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JULI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JANUARI 2023 Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO. 1 JULI 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO.2 JULI 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 OKTOBER 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 APRIL 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JULI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 OKTOBER 2021 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JANUARI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 APRIL 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020 Vol 14, No 1 (2020): Vol. XIV No. 1 Januari 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 APRIL 2020 Vol 13, No 11 (2019): Vol. XIII No. 11 Oktober 2019 Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019 Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 2 (2018): Vol. XII No. 2 Januari 2018 Vol 12, No 2 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 2 Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1 Vol 12, No 1 (2018): Vol. XII No. 1 Januari 2018 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P More Issue