cover
Contact Name
Riawan Yudi Purwoko
Contact Email
riawanyudi@umpwr.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@umpwr.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
ISSN : 2477829X     EISSN : 25414070     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)" : 10 Documents clear
Potensi Reresik Sumur Pitu Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada Pembelajaran Biologi Fajar Adinugraha
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1121.275 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6490

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk deskripsi Reresik Sumur Pitu Kajian Kearifan Lokal dan Budaya Reresik Sumur Pitu dan Potensi Reresik Sumur Pitu sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada Pelajaran Biologi. Metode penelitian menggunakan kajian literatur dan observasi lapangan di Kelurahan Cangkrep Kidul, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Reresik Sumur Pitu merupakan acara untuk mengajak membersihkan sumur (sumber mata air) yang disebut juga Sumur Kemloko. Pembahasan yang dilakukan, meliputi deskripsi Reresik Sumur Pitu, Kajian etnobiologi, Kajian etnopedagogi, dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Kajian secara etnobiologi dan etnopedagogi yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa Reresik Sumur Pitu berpotensi sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada pelajaran Biologi. Topik yang bisa diintegrasikan dengan Reresik Sumur Pitu antara lain Biologi sebagai Ilmu Pengetahuan, Keanekaragaman Hayati, Kingdom Plantae, Kingdom Animalia, Ekosistem dan Isu Lingkungan. Reresik Sumur Pitu berpotensi sebagai sumber belajar karena memuat kompetensi yang disarankan oleh Kurikulum 2013, yaitu kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Selain menambah pengetahuan, pendekatan kearifan lokal dan budaya berpotensi sebagai penumbuh rasa nasionalisme dan bangga akan potensi daerahnya.
Penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (Magic) Dalam Model Pembelajaran Mind Mapping Lailatul Istikomah; Mei Fita Untari; Asep Ardiyanto
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.877 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6493

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik disekitar lereng gunung merapi  akan materi mitigasi bencana alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (MAGIC) dalam model pembelajaran Mind Mapping  pada peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Experimental Designs (nondesigns) dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data melaui tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji ketuntasan belajar dan uji-t. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan diperoleh Ha diterima sehingga Penerapan Media Digital Mitigasi Bencana Alam (MAGIC) dalam model pembelajaran mind mapping efektif pada peserta didik kelas V SD N Kaliurang 02 Kabupaten Magelang
Cerita Panji, Memory of The World, dan Pembelajaran Vocabulary di Perguruan Tinggi Junaedi Setiyono; Ismawati Ike Nugraheni
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.51 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6497

Abstract

Cerita Panji adalah satu-satunya karya sastra asli Indonesia yang telah tersebar dan terkenal di seluruh Asia Tenggara sejak abad ke-15. Pada 30 Oktober 2017 cerita ini ditetapkan sebagai Memory of the World oleh UNESCO. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan teks-teks berbahasa Inggris apa saja yang muncul diseputar diusulkan dan ditetapkannya Cerita Panji sebagai Memory of the World dan bagaimana memanfaatkanya sebagai pembelajaran vocabulary di Perguruan Tinggi. Dari penelitian ini diketahui bahwa teks-teks berbahasa Inggris yang muncul berasal dari laman UNESCO, dari surat kabar Jakarta Post, dari laman University of Leiden, dan dari Southeast Studies. Cara pembelajarannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Task-Based Language Teaching.
Pengaruh Model Diskursus Multy Representasy (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dewi Azizah; Farida Eka Handayani
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.912 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6494

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control design. Instrumen pada artikel ini menggunakan tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah siswa materi kubus dan balok. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui posttest. Analisis data diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan analisis data diperoleh thitung (3,113) > ttabel (1,960), maka dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model DMR dan model Direct instruction terdapat perbedaan, serta kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model DMR lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model Direct Instruction.
Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK RR KP Rahayuningsih
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.67 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas XII AKL–3 SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument angket, dan lembar observasi. Motivasi siswa dilihat dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari setiap siklus, analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,86% dengan kategori tinggi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya siswa yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I sebesar 64,5% atau sebanyak 20 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II  terjadi peningkatan siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 80,65% atau sebanyak 25 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran  Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas XII AKL–3 SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2019/2020
Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Dwi Jatmoko; Mahfudz Faizun
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.774 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6495

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mencermati persepsi mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif terhadap pelayanan pembelajaran online pada masa pandemi corona atau covid-19 di Universitas Muhammadiyah Purworejo.  Desain penelitian yang dilakukan dengan penelitian deskriptif kuantitatif  dengan model pengambilan data jenis quesioner online (google form) terhadap mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan  Universitas Muhammadiyah Purworejo angkatan 2018 yang dipilih secara acak; dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% mahasiswa mengetahui dan mampu menggunakan pembelajaran online, 72% mahasiswa mendukung pelaksanaan pembelajaran online, dan 67% mahasiswa menyatakan puas dengan pembelajaran online. Hasil data secara general, menghasilkan analisia bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif terhadap pembelajaran online dimasa covid 19 menyatakan berguna, dan dapat meningkatkan motivasi, memudahkan dan mengambil materi pembelajaran, serta dapat membantu kesiapan dalam pembelajaran online. Berdasarkan analisis yang peneliti lakukan mengambil maksud bahwa dalam penjelasan mahasiswa memiliki komitmen tinggi dalam hal pembelajaran jarak jauh atau online dimasa pandemi Covid-19  yaitu sebesar 88%. Penilaian terhadap persepsi mahasiswa terhadap pelayanan pembelajaran online dengan memberikan peran yang besar dalam pelaksanaan pembelajaran online, yang dapat dilakukan dengan layanan google classroom dan zoom meeting sebagai platform pembelajaran.
Pengaruh Media Cetak dan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa MTs Bergaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Khabib Sholeh; Edi Sunjayanto; Bagiya Bagiya; Frida Nur Aini; Main Sufanti
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.656 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6491

Abstract

Hasil pembelajaran menulis berita siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur, Banjar Negara sangat rendah. Dari 53 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 21,88% (12 siswa) dengan nilai rata-rata 70,83. Untuk itu, perlu dicarikan solusi berdasarkan kondisi dan teori yang ada dengan mengubah pendekatan pembelajaran dan penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pengaruh penggunaan media cetak dan audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media cetak terhadap kemampuan menulis teks berita dengan t hitung -4.916 dan sig .000 dengan taraf signifikan  5%, sehingga 0,000 < 0,05 maka data berpengaruh signifikan;  terdapat pengaruh penggunaan media audio visual  terhadap kemampuan menulis teks berita dengan hasil t hitung -10,495 dan sig .000 (2-tailed) dengan  taraf signifikansi 5%, terdapat perbedaan pengaruh media cetakan dan audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita dengan hasil penghitungan bahwa hasil kemampuan menulis teks berita dilihat berdasarkan nilai postes pada siswa dengan media cetak rata-rata sebesar 74,51, sedangkan nilai rata-rata siswa dengan media audio visual sebesar 79,92, media audio visual lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan media cetak;  dan terdapat perbedaan gaya kognitif yang mempengaruhi kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur, Banjarnegara. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan total nilai yang diperoleh  siswa FD memiliki total rata-rata 78,57 (kelas audio visual), sedangkan rata-rata siswa FI sebesar 77,90 (kelas media cetak)
Struktur Berpikir Kombinatorik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dion Rapanca; Teguh Wibowo; Mujiyem Sapti
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.97 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6496

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur berpikir kombinatorik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII SMA Negeri 5 Purworejo tahun ajaran 2019/2020 yang sudah menerima materi kaidah pencacahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik dalam pengambilan subjek menggunakan teknik purposive dengan subjek yang terpilih sebanyak dua siswa. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu berupa lembar soal yang terdiri dari satu soal yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, pedoman wawancara, dan alat bantu rekam. Diberikan satu permasalahan kombinatorik, yaitu masalah yang memuat kombinasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan think aloud. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut. Struktur berpikir kombinatorik dalam menyelesaikan masalah matematika yakni mendapatkan rumus dari suatu masalah formulas/ekspressions (ungkapan/rumus). Kemudian melakukan perhitungan dari rumus yang sudah didapatkan counting processes (proses perhitungan). Set of Outcomes (seperangkat hasil) digunakan untuk proses perhitungan yang digunakan. Set of Outcomes (seperangkat hasil) dapat dilakukan karena soal yang diberikan masih sederhana
Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Erni Puji Astuti; Supriyono Supriyono
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.643 KB) | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6492

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah hendaknya harus memperhatikan perkembangan intelektual siswa. Menurut teori perkembangan intelektual, siswa sekolah menengah pertama berada pada tahap operasional konkrit akhir dan mulai memasuki tahap operasional formal. Sehingga dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan pengalaman budaya dari kehidupan sehari-hari siswa baik dalam aktivitasnya maupun lingkungannya (etnomatematika). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan adalah telaah literatur. Adapun hasil desain karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika untuk siswa sekolah menengah pertama yaitu: 1) Pendahuluan, pemberian apersepsi berupa tinjauan kritis terhadap budaya siswa yang relevan dengan materi matematika yang akan dipelajari serta menyampaikan kegunaan dan pengaplikasian materi ajar dalam kehidupan sehari-hari siswa sesuai dengan budaya siswa; 2) Inti, mengimplementasikan model, metode, media pembelajaran, pendekatan, dan sumber belajar dengan mengintegrasikan budaya baik budaya lokal maupun budaya non lokal ke dalam pembelajaran matematika yang relevan dengan materi yang dipelajari; dan 3) Penutup, melakukan refleksi dan evaluasi seluruh rangkaian proses pembelajaran berbasis etnomatematika dan hasil-hasil yang diperoleh serta memberikan umpan balik
Daya Tangkap Siswa SD Terhadap Film Animasi Upin dan Ipin Season 6 Episode 12 “Taman Mesra” Terkait Dengan Nilai Karakter Handika Dewi Astuti; Singgih Adhi Prasetyo; Anggun Dwi Setyo Putri
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i1.6547

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pesan moral dan nilai karakter yang ada dalam film animasi Upin dan Ipin season 6 episode 12 “Taman Mesra”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian deskriptif data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar sehingga tidak menekankan pada angka. Subjek penelitian ini adalah wali kelas, wali murid, dan siswa SDN Terteg 01. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan didalam film animasi Upin dan Ipin season 6 episode 12 “Taman Mesra” dalam setiap tayangannya mengandung pesan moral dan nilai karakter yang dapat ditangkap oleh anak. Didalam film animasi Upin dan Ipin season 6 episode 12 “Taman Mesra” terdapat 11 pesan moral dan poin nilai karakter yang dapat ditangkap oleh anak antara lain nilai karakter toleransi, nilai karakter religius, nilai karakter disipin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter peduli lingkungan, nilai karakter tanggung jawab, nilai karakter kreatif, nilai karakter semangat kebangsaan, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter menghargai prestasi, dan nilai karakter bersahabat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10