cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
BERBAHASA DAN BERKARATER: SUATU UPAYA PENDIDIKAN Saripudin, Agus
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter adalah bagian yang sangat penting dari pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pendidikan bahasa dan sastra pada hakikatnya adalah upaya penumbuhkembangan sikap dan perilaku positif ketika sedang berbahasa atau bersastra. Penyimak dan pembaca berkarakter  menghargai pembicara atau penulis karena komunikasi yang efektif menjadi tujuan utama dari kegiatan berbahasa mereka.  Pembicara dan penulis berkarater  bersikap santun, tegas, kritis, berempati, toleran, terbuka, dan jujur. Bahasa Indonesia menjadi suatu kebanggaan, yang ditunjukkan melalui pemakaian nyata yang baik dan benar, serta melalui pengutamaan bahasa tersebut di tempat-tempat umum. Sebagai saran, pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa harus bersifat ajeg dan berkelanjutan hingga karakter positif yang diharapkan itu terbentuk.
KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI KOTA PALEMBANG Alwi, Zahra; Sumarni, Sri; Oktarina, Santi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul, “Kesantunan berbahasa sebagai implementasi pendidikan berbasis karakter pada Anak Usia Dini (PAUD) di kota Palembang” ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa anak PAUD di kota Palembang yang sudah berbasis pendidikan karakter dan yang belum, serta mendeskripsikan daftar pemakaian bahasa anak PAUD yang berbasis pendidikan karakter. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa lembar pengamatan, angket, dan wawancara, dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian menggunakan delapan strategi kesantunan berbahasa: ketidaklangsungan tuturan, penggunaan kata sapaan, penggunaan basa-basi, pengunaan eufemisme, pilihan jawaban, alasan, pemagaran ujaran, dan penggunaan bahasa nonverbal.  Strategi yang dominan adalah bahasa nonverbal; yang tidak dominan pemakaian basa-basi dan eufemisme. Dalam penggunaanya, subjek penelitian memakai satu atau lebih strategi kesantunan berbahasa.
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PENCAPAIAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI Indrawati, Sri; Ayob, Adenan
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menerapkan teori  pendekatan kontekstual yang diadaptasi dari Crawford (2001) terhadap pembelajaran menulis eksposisi untuk siswa kelas sepuluh sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual terhadap pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini  menggunakan metode  kuasi eksperimen dengan bentuk  nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah pelajar  kelas  X  jurusan sain SMAN 18 Palembang. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis eksposisi. Teknik penganalisisan data menggunakan SPSS 20. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan siswa mengembangkan pernyataan tesis, argumen, dan pernyataan ulang di dalam menulis eksposisi meningkat. Dari hasil perhitungan uji t  ternyata  t hitung (3,6669) dengan sigma 0,000 lebih besar daripada t tabel (1,993). Dengan demikian,  pembelajaran  menulis  eksposisi  dengan menggunakan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan  pendekatan  tradisional.
STRATEGI PEMADANAN PENERJEMAHAN PADA KUMPULAN CERITA ANAK THE STORY OF DAYS KARYA ARLEEN A. Tressyalina, Tressyalina
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemadanan penerjemahan pada kumpulan cerita anak The Story of Days karya Arleen A. dengan menggunakan pendekatan deskriltif kualitatif. Data diperoleh berdasarkan studi kepustakaan dan dianalisis berdasarkan teori strategi pemadanan penerjemahan Vinay-Darbelnet dengan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerjemah menggunakan enam dari tujuh strategi yang meliputi peminjaman, penerjemahan harfiah, transposisi, modulasi, kesetaraan, dan adaptasi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa strategi penerjemahan yang digunakan Arleen A secara dominan adalah strategi transposisi. Dengan demikian, direkomendasikan bahwa sebagai penerjemah harus tepat memilih strategi pemadanan penerjemahan suatu teks karena hal tersebut tidak terlepas dari konteks budaya dari bahasa sasaran.
PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GURU-GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN Ratnawati, Latifah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan penyusunan perangkat penilaian pembelajaran berbasis pendidikan karakter bagi guru-guru SD Negeri se-kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyu Asin, telah dilakukan oleh tim 4 dosen dari FKIP Unsri, diikuti oleh 43 peserta(dalam proposal diajukan 25 peserta, antusias guru dan pengawas tinggi). Hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dijumpai kesalahan penyusunan butir soal yang tidak bersesuaian dengan indikator pencapaian hasil belajar dan atau tujuan pembelajaran. Hal ini menyebabkan adanya kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan dinilai dalam bentuk kompetensi pengetahuan. Selain itu, rubrik penilaiannya pun tidak sebagaimana mestinya. 2) dijumpai ketidaklengkapan rumusan soal. Kasus kesalahan serupa ini terutama sekali dijumpai pada soal yang seharusnya menyertakan gambar, atau sejumlah gambar, format tabel, dan format peta konsep. Sebagai akibatnya soal menjadi tidak jelas karena tidak lengkap. 3)  dijumpai ketidaktepatan kunci jawaban. Kasus ini terutama sekali dijumpai pada soal yang berkaitan dengan daur hidup tumbuhan dan hewan. Saran disampaikan oleh kepala UPTD dan para peserta agar selalu diadakan pelatihan serupa oleh pihak Unsri.
KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI CERMINAN IDENTITAS BUDAYA MELAYU DALAM CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN LEGENDA TEPIAN MUSI Ernalida, Ernalida
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa menunjukkan bangsa. Pepatah ini sangat tepat untuk mengungkap bahwa penggunaan bahasa oleh seorang penutur akan mencerminkan identitasnya. Identitas budaya merupakan salah satu hal yang penting dalam pembangunan manusia. Kesantunan berbahasa merupakan salah satu bentuk identitas penutur bahasa Melayu. Kesantunan berbahasa ini dapat tercermin dalam berbagai aktivitas dan hasil karya misalnya karya sastra. Melalui karya sastra kita dapat menganalisis bagaimana suatu masyarakat berbahasa khususnya kesantunan berbahasa. Kesantunan berbahasa dapat menunnjukkan identitas penuturnya. Di mana pun ia berada, ia dapat menunjukkan bahwa ia adalah orang Melayu yang memiliki identitas yang dapat dibanggakan yang berbeda dengan masyarakat lainnya. Untuk menemukan identitas budaya Melayu, salah satunya bisa dikaji melalui karya sastra yaitu Legenda Tepian Musi. Legenda ini merupakan salah satu sastra lisan masyarakat Sumatera Selatan yang selalu dihubungkan dengan aktivitas (budaya) masyarakat  di sungai, sastra lisan ini memotret riverine culture masyarakat Sumatera Selatan khususnya budaya Melayu orang Palembang.
VARIASI BAHASA JEPANG DALAM BENTUK IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI MEDAN Pujiono, Mhd
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Medan merupakan kota Metropolitan ketiga di Indonesia, selain sebagai daerah tujuan wisata dari berbagai negara, juga menjadi daerah pusat perdagangan. Masyarakat kota Medan banyak mengkonsumsi produk-produk yang diimpor dari luar negeri, baik itu makanan, minuman, pakaian dan lain-lain, salah satunya adalah makanan dan minuman  produk Jepang. Tujuan penelitian ini  untuk mendeskripsikan variasi bahasa Jepang dalam iklan produk makanan dan minuman Jepang, yang halal atau haram serta komposisi yang terdapat pada produk makanan dan minuman Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif modul deduksi dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini didapati variasi bahasa Jepang  pada produk makanan dan minuman yang tidak hanya menggunakan bahasa Jepang saja, tetapi menggunakan bahasa serapan (bahasa asing yang dijepangkan) seperti bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Sehingga produk makanan dan minuman Jepang menjadi sangat menarik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue