cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran" : 6 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MIND MAPPING Kasmansyah, Kasmansyah; Ratnawati, Latifah; Masri, Ali
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Peningkatan Kemampuan Menulis Esai dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Kelas MPK Kampus Inderalaya Menggunakan Mind Mapping” ini bertujuan meningkatkan kualitas proses  dan hasil perkuliahan bahasa Indonesia di Kelas MPK Kampus Inderalaya. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan pendekatan Mind Mapping. Data diperoleh  melalui  tes, wawancara, dan observasi kepada mahasiswa MPK Kampus Inderalaya  Universitas Sriwijaya. Bentuk data berupa tulisan esai. Penelitian tindakan kelas ini  dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh rata-rata nilai mahasiswa adalah 67,6 dan pada siklus kedua hasilnya adalah 77,4. Penelitian ini berakhir pada siklus kedua mengingat 86,6% siswa mendapatkan nilai di atas 70 yang merupakan patokan nilai keberhasilan penelitian ini. Selain itu terjadi pula, peningkatan aktivitas mahasiswa dalam proses perkuliahan. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis esai.
POLA PRODUKTIVITAS PENGARANG DAN PENYEBARAN ARTIKEL DALAM JURNAL BIDANG SASTRA INDONESIA TAHUN 2003 – 2012 Ratna, Ellya; Nelisa, Malta
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanpola produktivitas pengarang dan penyebaran artikel  dalam jurnal-jurnal ilmiah bidang sastra di Indonesia tahun 2003 –2012. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis bibliometrika.Data penelitian dikumpulkan dengan mengidentifikasi artikel-artikel ilmiah di bidang sastra Indonesia yang terdapat dalam jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia dari tahun 2003-2012 melalui Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) PDII-LIPI.Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Perkembangan jumlah artikel cenderung meningkat setiap tahunnya, terutama periode lima tahun terakhir dari 2008-2012 walaupun bersifat fluktuatif dan perkembangan jumlah pengarang artikel bidang sastra Indonesia juga cenderung meningkat setiap tahun, kecuali terjadi penurunan di tahun 2012. (2) Pola produktivitas pengarang artikel bidang sastra Indonesia tahun 2003-2012 berdasarkan Hukum Lotka terdapat kesesuaian teori, dimana lebih banyak pengarang yang berkontribusi untuk satu artikel dan sedikit pengarang yang  berkontribusi untuk lebih dari satu artikel. (4) Distribusi artikel dalam jurnal berdasarkan Hukum Bradford menunjukkan terdapat 4 jurnal inti, yaitu Metasastra, Atavisme, Kandai, dan Aksara.
UNSUR INTRINSIK NOVEL TEMBANG ILALANG KARYA MD. AMINUDDIN:SUATU ANALISIS STRUKTURALIS Tressyalina, Tressyalina
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat di dalam novel Tembang Ilalang karya MD. Aminuddin. Unsur tersebut meliputi penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya berbahasa, tema, dan amanat.Data diperoleh berdasarkan teknik dokumentasi dengan prosedur penelitian teknik analisis isi denganpendekatan objektif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa unsur intrinsik berperan penting sebagai dasar penganalisisan karya sastra. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa unsur seperti penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa berperan dalam membangun unsur teman dan amanat. Kemudian, keseluruhan unsur interinsik tersebut digunakan untuk memaknai sesuatu yang lain di luar karya sastra. Dengan demikian, direkomendasikan bahwa karya sastra dapat diberdayakan untuk menggambarkan berbagai fenomena yang ada di lingkungan masyarakat.
REKONSTRUKSI REALITAS BERITA EKONOMI DALAM DETIKCOM DAN VIVA.CO.ID EDISI APRIL-MEI 2015 Afriansyah, Afriansyah; Ernalida, Ernalida; Heryana, Nandang
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara rekonstruksi realitas pada berita ekonomi dalam Detikcom dan Viva.co.id edisi April—Mei 2015 ke dalam wacana berita dilihat dari struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan metode linguistik deskriptif dengan menggunakan pendekatan konstruksionis dan dianalisis menggunakan analisis framing Pan dan Kosicki, serta digunakan triangulasi data untuk menguji keabsahannya. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu dua puluh berita ekonomi dari masing-masing media massa dalam jaringan yang diterbitkan April—Mei 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari dua puluh berita ekonomi dalam Detikcom, terdapat sepuluh berita pro terhadap pemerintah, satu berita kontra pemerintah, satu berita kontra masyarakat, dua berita pro pemilik modal, dan enam berita dituliskan secara objektif. Sementara itu, Viva.co.id menuliskan delapan berita pro terhadap pemerintah, dua berita kontra pemerintah, tiga berita berpihak kepada pemilik modal, dan tujuh berita dituliskan secara objektif. Keberpihakan tersebut, dilakukan wartawan dengan cara memanfaatkan perangkat framing, yaitu melalui struktur sintaksis, struktur skrip, dan struktur retoris. Detikcom memberikan pencitraan positif terhadap Jokowi, namun bukan pelegitimasian yang menjatuhkan lawannya. Sementara Viva.co.id merekonstruksikan realitas ekonomi yang sama dengan kuantitas keberpihakan yang hampir sama seperti Detikcom, hanya saja Viva.co.id lebih memilih untuk menggunakan bahasa yang tidak menimbulkan pencitraan pada Jokowi.
REPRESENTASI POLEMIK KPK DAN POLRI DALAM EDITORIAL HARIAN MEDIA INDONESIA EDISI JANUARI—FEBRUARI 2015 Fermana, Wendy; Kasmansyah, Kasmansyah; Ansori, Ansori
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas representasi polemik KPK dan Polri yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi polemik KPK dan Polri dilihat dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, serta mendeskripsikan ideologi yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, paradigma kritis, dan analisis wacana kritis model Teun A. van Dijk yang disederhanakan oleh Eriyanto. Sumber data dalam penelitian ini adalah Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015 sebanyak 22 teks editorial. Hasil penelitian menunjukkan Editorial harian Media Indonesia melakukan representasi Budi Gunawan secara positif, sedangkan pihak-pihak lain yang menolak Budi Gunawan sebagai Kapolri ditampilkan secara negatif. Editorial melakukan representasi secara dominan melalui elemen topik, judul, lead, story, latar, detail, maksud, praanggapan, pengingkaran, kata ganti, leksikon, dan metafora. Ideologi yang terdapat dalam Editorial harian Media Indonesia edisi Januari—Februari 2015 adalah ideologi pragmatisme. Ideologi ini tidak dapat dilepaskan dari pengaruh pemilik media dan konstelasi politik Indonesia. Ideologi pragmatisme membuat Editorial tidak menghiraukan amanat konstitusi tentang etika kehidupan berbangsa dan bernegara, bahkan mengenyampingkan prinsip “Jujur Bersuara” yang selama ini diusung harian Media Indonesia, demi kepentingan tertentu, yaitu mendukung segala putusan Presiden Joko Widodo.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK CD INTERAKTIF MATERI PEMBELAJARAN BERITA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN Nuzula, Khalidatun; Ernalida, Ernalida; Kasmansyah, Kasmansyah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar yang digunakan guru dan siswa, mendesain bahan ajar sesuai dengan kebutuhan, mengetahui validitas bahan ajar sesuai dengan validasi yang dilakukan oleh ahli, serta mengetahui praktikalitas bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan bahan ajar berbentuk CD interaktif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa, pengembangan bahan ajar dengan memanfaatkan media elektronik sangat dibutuhkan terkait dengan materi memahami siaran berita. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini telah melalui proses validasi yang dilakukan oleh ahli pada masing-masing bidang antara lain, ahli kelayakan isi/materi, ahli bahasa, ahli kegrafikaan dan ahli penyajian. Berdasarkan hasil validasi ahli isi/materi, bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan skor 21 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan sangat baik, berdasarkan validasi ahli bahasa bahan ajar mendapatkan skor 20 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik, berdasarkan validasi ahli kegrafikaan bahan ajar mendapatkan skor 25 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan sangat baik, dan berdasarkan validasi ahli bahasa bahan ajar mendapatkan skor 23 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut, maka bahan ajar berbentuk CD interaktif ini dikategorikan valid. Revisi bahan ajar hasil validasi ahli tersebut kemudian diuji kepraktisannya melalui evaluasi orang per orang (one to one) dan evaluasi kelompok kecil (small group) kepada siswa SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Berdasarkan hasil evaluasi orang per orang (one to one), bahan ajar berbentuk CD interaktif ini mendapatkan skor 41, 41, dan 36 sehingga bahan ajar ini dinyatakan praktis. Pada evaluasi kelompok kacil (small group), masing-masing skor evaluasi adalah 43, 43, 45, 43, 47, 39, 46, 42, 48, dan 44 sehingga bahan ajar ini dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, maka bahan ajar ini dinyatakan praktis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue