cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA KARYAWAN FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG Rozie, Mulyati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan oleh karyawan yang meliputi maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam dan teknik catat. Analisis data yang digunakan adalah analisis proses pemaknaan. Data yang didapatkan melalui proses observasi, perekaman dan catat kemudian dianalisis dengan menggunakan metode padan pragmatik dan metode agih. Adapun hasil temuan dan analisis kesantunan berbahasa karyawan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang diperoleh 20 data tuturan yang terdiri atas 3 tuturan maksim kearifan, 2 tuturan maksim kedermawanan, 3 tuturan maksim pujian, 3 tuturan maksim kerendahan hati, 5 tuturan maksim kesepakatan,dan 4 tuturan yang terkandung maksim simpati serta dalam berkomunikasi antarkaryawan kesantunan berbahasa sangat penting untuk diterapkan. This study aims to describe the language politeness principles used by employees which include wisdom maxim, generosity maxim, praise maxim, humility maxim, agreement maxim, and sympathy maxim in the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University, Palembang. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques in this study are the recording technique and the note taking technique. Analysis of the data used is the analysis of the meaning process. Data obtained through the process of observation, recording and recording are then analyzed using the pragmatic equivalent method and the aggregate method. The findings and analysis of the politeness of the employees' language at the Faculty of Teacher Training and Education Muhammadiyah University of Palembang obtained 20 speech data consisting of 3 utterances of wisdom maxim, 3 utterance of maxim of generosity, 3 utterances of praise maxim, 3 utterances of humility maxim, 5 utterances of maxim of agreement, and 4 utterances contained maxim of sympathy as well as in communicating between employees politeness language is very important to apply.
KONTEKSTUALISASI TRADISI Yuliatin, Riyana Rizki; Satrya, Dharma
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.88

Abstract

Teater Putih dan Teater Embrio, sama-sama berusaha mengeksplorasi teater kontemporer dengan menjadikan tradisi sebagai sumber penciptaan lakon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  estetika Teater Putih dan Teater Embrio melalui  naskah Memaling Anak Umat dan Satu Lawan Satu. Untuk memperoleh kecenderungan estetika garapan Teater Putih dan Teater Embrio, penelitian ini melakukan penelusuran dokumentasi naskah pertunjukan. Pertujukan Memaling Anak Umat dan Satu Lawan Satu merupakan pertunjukan yang masih belum sepenuhnya menerapkan konsep garapan teater kontemporer sepenuhnya. Kedua pertunjukan menjadikan tradisi hanya sebagai konten, sementara bentuk garapan pertunjukannya cenderung dipengaruhi oleh spirit modern, karena memposisikan tradisi sebagai sesuatu yang buruk (pada Memaling Anak Umat) dan perlu dikontekstualisasikan dengan tuntutan kehidupan modern (pada Satu Lawan Satu).
MENJADIKAN LEGENDA PUTRI PINANG MASAK SEBAGAI IDENTITAS DESTINASI WISATA SUSILASTRI, DIAN DIAN
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.193

Abstract

The world of folklore in South Sumatra is rich with princess as female heroes (heroine). Most of them become mighty not by physical strength, but precisely by their gentleness as women. The people of South Sumatra can be proud of their presence, as evidenced by the perpetuation of their name for tourism destinations in the region as regional identity. These princesses, for example Putri Pinang Masak, who is famous for her beauty oaths in the tombs of Senuro Village, Lake/Teluk Gelam, which is told from Putri Gelam, or the story of Putri Buwok Handak, who is famous for her curses and her determination in Kayuagung region, and Putri Dayang Merindu who is cursed by Si Pahit Lidah in the Gua Putri, Baturaja. However, can the tourism destination represent the character of the story that becomes a collective memory of the community owner?             This paper will discuss one of the legends of South Sumatra with princess figure (heroine) as the identity of stories related to tourism destinations. This discussion will focus on the facts of the story of the legend of the princess to show the character of the story as an identity for the development of tourism destinations. Story facts will be analyzed using the text structure analysis method. The design of developing cultural tourism destination is analyzed using the SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threats) analysis method to see the possibility of forming the destination character in accordance with the identity of the story. The identity of the story influences the factors of amenities, facilities and infrastructure, connectivity, etc. that would become assets in the cultural tourism attraction. Keywords: legend, cultural potency, tourism destination
PERBANDINGAN CITRA LAKI-LAKI DALAM NOVEL BUKAN RUMAHKU KARYA TITIS BASINO DAN NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Guslinda, Aranti; alwi, zahra; heryana, nandang
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.203

Abstract

Perbandingan citra laki-laki dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino dan novel Kartini karya Abidah El Khalieqy membahas citra laki-laki dalam hubungannya dengan Tuhan, alam, masyarakat, manusia lain, dan dirinya sendiri dengan menggunakan teori Oemarjati, dkk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan berupa persamaan dan perbedaan citra laki-laki dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino dan novel Kartini karya Abidah El Khalieqy serta mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dan pendekatan objektif. Citra laki-laki yang muncul dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino seimbang antara citra laki-laki baik dan citra laki-laki buruk, yaitu 4 citra laki-laki baik dan 4 citra laki-laki buruk. Namun, dari segi karakter yang paling dominan adalah karakter baik. Citra laki-laki yang muncul dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy lebih dominan citra laki-laki baik, yaitu tujuh citra laki-laki baik.
Pengembangan Buku Teks Sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja Awalludin, Awalludin; Subadiyono, Subadiyono; Nurhayati, Nurhayati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Metode penelitian ini adalah Research and Development. Subjek penelitian ini berjumlah 26 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik statistic uji t. Data uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil tes pada tes sintaksis dan ruang lingkupnya mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 53,46 menjadi 71,27 (selisih 17,81). Hasil tes kata sebagai satuan sintaksis menunjukkan nilai 52,81 menjadi 71,81 (selisih 19,00). Hasil tes frasa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 52,08 menjadi 69,00 (selisih 16,92). Hasil Tes klausa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 52,31 menjadi 70,27 (selisih 17,96). Selanjutnya, hasil tes kalimat menunjukkan nilai rata-rata 56,23 menjadi 73,88 (selisih 17,65). Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan adanya pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah sintaksis bahasa Indonesia.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROSES DI KELAS V SEKOLAH DASAR Sumarwati, Sumarwati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.206

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di mana setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan prosesyang terdiri dari lima tahap kegiatan menulis mampu meningkatkan kualitas proses serta hasil pembelajaran menulis siswa sekolah dasar. Lima tahap tersebut adalah pramenulis, menulis, merevisi isi, mengedit bahasa, dan berbagi tulisan. Peningkatan ini ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah siswa yang termotivasi dan memiliki partisipasi yang sangat baik selama proses penulisan kreatif. Selain itu, peningkatan juga terlihat dengan semakin banyaknya siswa yang mencapai prestasi belajar menulis yang baik. Cara penerapan  pendekatan proses yang efektif adalah(1) tahap prapenulisan melalui pemilihan dan pembatasan pedoman topik esai serta pedoman dalam penyusunan sketsa esai, (2) tahap penulisan dengan panduan untuk mengembangkan topik dalam sketsa esai menjadi paragraf untuk menghasilkan draft esai, (3) tahap revisi dan tahap penyuntingan dengan memberikan umpan balik tentang kesalahan pada konten esai dan kesalahan dalam tata bahasa serta dengan memberikan panduan tentang bagaimana meningkatkan konten dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, dan (4) ) tahap publikasi yang dicapai dengan memajang karya siswa di papan informasi.
PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMP KOTA PAGARALAM Alwi, Zahra; SUPRIYADI, SUPRIYADI; MUKMIN, SUHARDI; Ansori, Ansori
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.207

Abstract

The community service activities undertaken are aimed at helping teachers to be able to design, implement, and report classroom action research (CAR) so that they can improve the ability of teachers to write and facilitate their promotion, as well as to improve the quality of the process and learning outcomes. The method of implementing this service is training with a variety of methods, including: lectures, questions and answers, discussions, models, and group assignments, which are carried out integrally. The material presented includes the concept of CAR, procedures, benefits, systematic proposal accompanied by examples, systematic reports, and sample papers of CAR results. The target audience is 23 teachers who are members of the MGMP, the activity is carried out at SMAN 1 Kota Pagar Alam, 19-21 October 2019. The design of the evaluation uses pretest and posttest. The results of the posttest (71.40) are greater than the pretest (47.82), showing that the ability of the participants has improved after receiving training, the participants are very active and enthusiastic, they also succeeded in making a CAR proposal which will be followed up in their respective schools, resulting in reports that can be made papers or articles (on going). Participants and the Ministry of Education hope that similar activities can continue and in the future there needs to be cooperation with the FKIP Unsri.  
ANALISIS KEBUTUHAN BUKU TEKS SEJARAH SASTRA BERDASARKAN PENDEKATAN GENRE Oktarina, Santi; Suhendi, didi; Subadiyono, Subadiyono
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.208

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan  buku teks Sejarah Sastra berbasis  pendekatan genre yang efektif. Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori Jolly dan Bollitho, Richard,  dan teori Borg and Gall.  Teknik pengumpulan data dalam analisis kebutuhan ini adalah  angket, telaah pustaka, wawancara,  dan focus group discussion.   Lokasi penelitian ini dilakukan di FKIP Unsri kampus Palembang dan kampus Inderalaya, pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data dari kuesioner dan tes, sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara, observasi, diskusi kelompok terpupun, dan dokumen.  Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kampus Palembang dan mahasiswa kampus Inderalaya, dosen pengampu mata kuliah sejarah sastra, dan dokumen yang berkaitan dengan Mata Kuliah Sejarah Sastra.  Hasil penelitian menunjukkan Buku teks Sejarah Sastra yang dbutuhkan mahasiswa dan dosen  adalah buku teks yang mampu memberikan informasi tentang teori sejarah sastra yang maksimal, contoh-contoh karya sastra setiap periode, dan contoh analisis karya sastra secara langsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue