cover
Contact Name
JPPM
Contact Email
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Palembang-Prabumulih, Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557370     EISSN : 26851628     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan nonformal di Indonesia . Masalah yang dibahas meliputi topik, (1) Pendidikan Berbasis Masyarakat: melek huruf, kesetaraan, kursus, pelatihan, keterampilan hidup, konseling komunitas, pemberdayaan masyarakat, pekerjaan sosial; (2) Pendidikan Berbasis Keluarga: pengasuhan anak, pendidikan anak usia dini, kelompok bermain, homeschooling.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)" : 10 Documents clear
EXPLORING STUDENTS’ READING INTEREST DURING COVID-19 PANDEMIC Annisa Aulya Rahimah; Istiqomah Istiqomah; Pika Sulistiorini; Tryana Arianti Putri; Amayra Tannoubi
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.17512

Abstract

The objective of this study, which is being conducted in the middle of the COVID-19 outbreak, was to explore children's interest in reading. The investigation was conducted at the University of Indonesian Antasari in Banjarmasin, more precisely within the English Education Study Program context. The quantitative approach was applied with a survey design, and the participants were made up of 39 students who were enrolled in the second, fourth, and sixth semesters respectively. The items on the questionnaire were used to gather data, which was then subjected to descriptive analysis. The outcomes of this study indicate that the vast majority of respondents like reading when they are doing their academics at home. The kind of reading that is often regarded as being the most delightful is one in which the reader engages in the process of reading fiction using traditional reading tools. According to the study results that were carried out, the amount of time that students who attended lessons at home spent reading daily varied anywhere from fifteen minutes to more than an hour. According to the findings of this research, professors should present lecture materials so that students will be interested in reading them for certain academics. Additionally, students should make it a habit to read to cultivate their perceptiveness, knowledge, and innovative thinking.
KEBUTUHAN SEKOLAH SUNGAI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DI MASYARAKAT Akhmad Rofiq; Entoh Tohani
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.16589

Abstract

Sekolah Sungai merupakan lembaga pembelajaran yang diinisiasi oleh masyarakat, ternyata masih perlu pengembangan agar mampu memberikan layanan edukasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pengembangan sekolah sungai agar mampu memberikan edukasi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan FGD (Forum Group Discussion). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Sungai Winongo yang berada di Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Jogja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kebutuhan pengembangan yang harus ditindaklanjuti Sekolah Sungai agar mampu meningkatkan kebermanfaatan lembaga. Adapun kebutuhan pengembangan Sekolah Sungai antara lain sebagai berikut: 1) pengembangan program Sekolah Sungai inovatif; 2) Pengembangan metode pembelajaran; 3) peningkatan kualitas sumber daya pengelola Sekolah Sungai; 4) pengadaan sarana dan prasarana; 5) peningkatan kesadaran masyarakat; serta 6) kemitraan. Tanpa ada upaya pengembangan yang dilakukan tentu akan menyebabkan Sekolah Sungai tidak memiliki daya dalam mengedukasi masyarakat terkait pengurangan resiko bencana serta peningkatan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sungai. Maka dari itu, perlu dilakukan langkah tindak lanjut pengembangan sekolah sungai agar dapat mengakomodasi kebutuhan belajar masyarakat.
PROSES PEMBELAJARAN PAKET A DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN MERANGIN Uying Hapid Alatas; M Syukurman; Sri Utami
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.17251

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh proses pembelajaran paket Ayang dilakukan di SKB Merangin pada masa pandemi covid 19. Permasalahan dalam pembelajaran pada umumnya yaitu terletak pada metode yang digunakan, terutama pada program paket A dimana usia warga belajar berbeda-beda dan karakteristik warga belajar yang juga berbeda-beda membuat tutor harus tepat dalam memilih metode pembelajaran. Berdasarkan observasi, kegiatan pembelajaran program Paket A di SKB masih banyak dijumpai peserta didik yang berperilaku kurang disiplin banyaknya peserta didik yang datang terlambat peserta didik yang mengikuti pembelajaran program paket A hanya termotivasi untuk sekedar mendapatkan ijazah. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada situasi pandemi Covid 19, terhadap rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran..Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan beberapa tehnik, yaitu: observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian meliputi kepala dan tenaga pendidik di SKB Merangin..Teknik yang digunakan dalam penjaminan keabsahan data adalah tehnik Triangulasi.. Sedangkan untukkendala dalam proses pembelajaran kejar paket A di SKB Merangin, disebabkan masih kuatnya tradisi melangun yang dilakukan warga terutama suku SAD, kurangnya fasilitas berupa ruang kelas atau bangunan untuk tempat belajar dan kurangnya peralatan tulis atau media pembelajaran yang digunakan. Untuk itu diperlukan pemahaman tutor dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menarik agar tercipta proses pembelajaran yang menarik dan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan alat tulis yang diperlukan warga belajar. 
UTILIZING DEBATE METHOD IN EFL CLASS TO IMPROVE THE ARGUMENTATIVE WRITING ABILITY OF THE STUDENTS Halinda Halinda; Hana Sazida; Luthfia Assyifa; Rofifah Humaira; Sheviana Aisyiah; Izzah Supeni
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.17612

Abstract

Argumentative writing is a crucial part of the language learning process. Nevertheless, many students find writing, especially argumentative, a problematic English skill. Therefore, the researchers want to know the use of the debate method to improve students' argumentative writing ability in Islamic Boarding School. The objective of this research referring to the research problem is to find out the use of the debate method to improve argumentative writing ability. The design of this research is Qualitative and descriptive. The research subject is the ten alumni of modern Islamic Boarding Schools, consisting of 7 women and three men who had learned the debate method in argumentative writing. The data collection techniques used in this study are interviews and documentation. The finding is that improving students' ability to write argumentative paragraphs by applying debate techniques. Students feel facilitated and motivated in the learning process, so students' ability to write argumentative paragraphs increases.
Analisis Kebutuhan Program Pendampingan Belajar Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19 Di Dusun Bandingan Gombong Yudan Hermawan; Muryati Muryati
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.16759

Abstract

Analisis kebutuhan program Pendidikan yang dilaksanakan di Dusun Bandingan Gombong. Pengasuhan merupakan salah satu proses pendidikan yang ditujukan untuk orang tua. Pandemi covid-19 proses belajar apapada anak usia dini dilaksanakan dalam konsep jarak jauh dalam jaringan (berani) atau dilaksanakan di rumah masing-masing. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk; 1) Kebutuhan melalui analisis kebutuhan masyarakat, 2)Mengetahui permasalahan yang terjadi dan menyusun strategi pengembangan program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu orang tua atau wali murid usia dini di Dusun Bandingan Gombong.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis kebutuhan dilakukan dengan teknik analisis SWOT. Hasil menunjukkan keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar anak selama pandemi covid-19. Program parenting yang dilakukan sebagai pendampingan kepada orang tua untuk memberikan pengetahuan dan terkait dengan cara mendidik dan mendampingi anak usia dini dirumah
PEMANFAATAN PLATFORM GOOGLE BISNISKU PADA PEMASARAN JASA MAKE UP ARTIST OMAH RIAS CANTIKA ELOK NOVITA; CHRISTINE ULINA TARIGAN
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.16025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui : cara, dampak, dan kendala pemanfaatan pemanfaatan Google Bisnisku pada pemasaran jasa make up artist Omah Rias Cantika. Metode sampel yang digunakan adalah  purposive sampling dan teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer yang bersumber dari wawancara dan observasi serta data sekunder yang bersumber pada riset kepustakaan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulanJenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan platform Google Bisnisku  sebagai sarana pemasaran jasa Make up artist di Omah Rias Cantika milik Program Studi D4 Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang dilakukan pada bulan April – Agustus 2020. Lokasi yang digunakan untuk menerapkan platform Google Bisnisku  adalah Unit Usaha Kecantikan Omah Rias Cantika milik Program Studi D4 Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit usaha Omah Rias Cantika menggunakan Platform Google Bisnisku bermanfaat sebagai sarana promosi dengan baik. Konten yang dipromosikan berupa informasi dan kegiatan terkait jasa make up artist. Fitur-fitur Google Bisnisku  hampir seluruhnya dimanfaatkan oleh Omah Rias Cantika. Dampak yang diperoleh melalui promosi adalah bertambahnya pengunjung dan kerjasama antara unit usaha Omah Rias Cantika dengan unit usaha berbasiskan kecantikan lainnya, diantaranya: saling mention akun Omah Rias Cantika dengan akun Google Bisnisku lainnya untuk saling mempromosikan dan mention bila terdapat program promo make up. Kendala yang disebabkan wabah COVID 19 adalah Omah Rias Cantika belum mendapatkan konsumen yang valid dan adanya potensi kejahatan elektronik seperti peretas akun.
PENGARUH RUMAH BACA RAMBUTAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DI BANDAR SELAMAT KOTA MEDAN Cristina Asvera Saragih; Felycia Nainggolan; Rouli Agustina Zebua; Vitra Anugrah Siringo-ringo; Karina Suvena; Ayu Listiyana Wahyuni
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.17123

Abstract

Rumah Baca Rambutan dibentuk untuk dapat melayani masyarakat dimulai dari anak anak yang rentan mudah terpengaruh dari lingkungan serta meningkatkan ilmu keagamaan dan kemampuan anak dalam program yang disediakan Rumah Baca Rambutan. Nanda Fauzi Matondang, Pemilik sekaligus pendiri meyakini bahwa kekuatan spiritualitas dapat membuat seseorang terkhususnya anak anak dapat mencegah tingginya penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan bagaimana berdirinya suatu program Rumah Baca Rambutan di saat lingkungannya sedang marak narkoba. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Rumah Baca Rambutan di Desa Bandar Selamat yang dilakukan menimbulkan dampak yang positif serta perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. namun hambatan yang ditemui aadalah pandangan beberapa masyarakat lain akan berdirinya Rumah Baca Rambutan, Serta masih kurangnya relawan dan perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan eksistensi dari Rumah Baca Rambutan.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI seTARA daring PADA PROGRAM PAKET C DI SPNF SKB KOTA METRO Imam Murdo Utomo; Mega Nurrizalia
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.17645

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan media aplikasi seTARA daring pada program pendidikan kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekataan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 9 orang, yaitu 3 tutor dan 6 warga belajar Paket C. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tutor dalam perencanaan pembelajaran menggunakan modul sebagai pedoman untuk menentukan tujuan umum pembelajaran dan sumber belajar. Sementara itu dalam mempersiapkan media pembelajaran tutor melakukan serangkaian proses sesuai dengan buku pedoman penggunaan aplikasi seTARA daring. Tutor merancang metode pembelajaran berdasarkan pada kebutuhan dan latar belakang warga belajar dengan metode belajar yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan mandiri. Aplikasi seTARA daring lebih mudah dipahami cara penggunaannya oleh warga belajar karena terdapat kemiripan fitur dengan google classroom. Fasilitas yang dimiliki oleh tutor dan sebagian warga belajar berupa komputer/laptop, smartphone, dan lokasi tempat tinggal dengan akses internet yang stabil sudah cukup mendukung pembelajaran dengan aplikasi seTARA daring. Sebagian warga belajar lainnya, fasilitas yang dimiliki kurang mendukung seperti kendala kuota internet, perangkat yang hanya sebatas handphone, dan lokasi tempat tinggal yang sulit sinyal. Kata kunci: Perencanaan pembelajaran, Media Pembelajaran, Aplikasi seTARA daring, Program Paket C.Abstract: The purpose of this study is to describe learning planning using the seTARA daring application in the Package C equivalence education program at SPNF SKB Metro City. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. Data collection was done by interview, observation, and documentation. The research subjects amounted to 9 people, namely 3 tutors and 6 residents studying Package C. The results obtained showed that tutors in lesson planning used the module as a guide to determine the general objectives of learning and learning resources. Meanwhile, in preparing learning media, tutors carry out a series of processes according to the guidebook for using the  seTARA daring  application. Tutors design learning methods based on the needs and backgrounds of learning residents with the learning methods used in the form of lectures, questions and answers, and independent assignments. The seTARA daring  application is easier to understand how to use it by learning residents because there are similarities in features with Google Classroom. The facilities owned by tutors and some learning residents in the form of computers/laptops, smartphones, and residential locations with stable internet access are sufficient to support learning with the seTARA daring application. For some other learning residents, the facilities they have are not supportive, such as internet quota constraints, devices that are only limited to cellphones, and locations where signals are difficult to live in. Keywords: Lesson Planing, Instructional Media. seTARA daring Application,  Package C Programe.
FAKTOR KETERTARIKAN ANAK TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL (studi kasus desa Pandan Lagan kecamatan Geragai provinsi Jambi) Muhammad Yusuf Alfayed; Azizah Husin
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.15603

Abstract

: Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor ketertarikan anak terhadap permainan tradisional di dusun Margodadi desa Pandan Lagan. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 anak yang memainkan permainan tradisional dan 3 anak yang tidak memainkan permainan tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional gobak sodor dan engklek mempunyai banyak nilai-nilai yang baik dalam proses perkembangan anak yaitu kerjasama, menyusun strategi, sportivitas dan kedisiplinan anak. Anak tertarik pada permainan tradisional karena permainannya murah, waktu untuk memainkannya fleksibel, lokasi untuk bermain bisa dimana saja, alat permainannya mudah didapatkan, bisa dimainkan orang banyak maupun sedikit, dan permainannya tidak berbahaya. Anak yang tidak ikut bermain permainan tradisional dikarenakan bermain smart phone dan game online dirumah. Permainan tradisional gobak sodor dan engklek jarang lagi dimainkan oleh anak-anak di dusun Margodadi desa Pandan Lagan karena kurangnya ajakan dari teman untuk memainkan permainan tradisional ini.
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI TENGAH PANDEMI, SETELAH 1.5 TAHUN PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH Deti Nudiati
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v9i1.15895

Abstract

Motivasi belajar pada mahasiswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran jarak jauh terutama selama masa pandemic covid 19. Motivasi dapat mendorong mahasiswa untuk semangat belajar dan mencapai prestasi meskipun tanpa paksaaan dari orang lain. Setelah 1.5 tahun berlalu, perlu diketahui kondisi motivasi belajar mahasiswa sebagai pengukuran. Penelitian ini ditujukan untuk secara objektif mendapatkan gambaran bagaimana motivasi belajar pada mahasiswa terutama mahasiswa Pendidikan Masyarakat setelah menjalani pembelajaran jarak jauh selama 1.5 tahun. Penelitian ini menerapkan metode penelitian survey dimana peneliti mengambil sampel dan menggunakan intrumen kuisioner sebagai alat dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menjalani 3 semester pembelajaran jarak jauh, mahasiswa di Bandung masih memiliki motivasi yang tinggi dengan skor rata-rata variabelnya sebesar 71,76%. Angka yang paling signifikan terlihat pada indikator mempertahankan pendapatnya yaitu sebanyak 84.5%, dan paling rendah terdapat pada in dikator tekun menghadapi tugas yaitu sebesar 62.57%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10