cover
Contact Name
Hafidh 'Aziz
Contact Email
hafid.aziz@uin-suka.ac.id
Phone
+6285233036695
Journal Mail Official
jurnal.goldenage@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ruang 210 Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 25023519     DOI : https://doi.org/10.14421/jga
Core Subject : Education, Social,
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (JGA) Online ISSN: 2502-3519 is a periodically scientific journal published by the Study Program of Islamic Education for Early Childhood the Faculty of Tarbiyah and Education Science State Islamic Universty Sunan Kalijaga Yogyakarta. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Early Childhood education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal. This Journal is published every June and December annually.
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 4 (2018)" : 5 Documents clear
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta Kurniati, Rya; Zubaedah, Siti
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.217 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.259-268

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teknik menguji mengkaji lebih mendalam mengenai upaya yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kinerja guru di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul belum sepenuhnya baik, masih terdapat beberapa guru yang kinerja nya belum maksimal dan masih perlu bimbingan dan dorongan dari kepala sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara meningkatkan spiritual agama guru, meningkatkan kedisiplinan, mengadakan pelatihan dan seminar, rapat evaluasi akhir pekan, pemberian motivasi, dan kekeluargaan. Factor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: factor pendukung antara lain dukungan dari yayasan, factor semangat guru, orangtua murid dan diri sendiri, factor penghambat antara lain waktu yang terbatas dan SDM atau guru baru.
Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Al Hakim, Roby Maulana; Rahmah, Lailatu
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.878 KB)

Abstract

Salah satu  kegiatan  yang  dapat  mengembangkan  kemampuan  fisik  motorik  anak  adalah  kegiatan  gerak  tari. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  mengetahui  apakah  kegiatan  gerak  tari dapat  mengembangkan  fisik  motorik  pada  kelompok  B  RA  DWP  UIN  Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak dalam kegiatan gerak tari.Penelitian   ini   merupakan   penelitian   kualitatif   yang   bertujuan   untuk menggambarkan  tentang  keadaan  di  tempat  penelitian  dengan  menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelompok B RA DWP UIN  Sunan  Kalijaga  Yogyakarta. Metode  pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancrara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil  dari  penelitian menunjukkan  bahwa  dalam  perkembangan  fisik motorik  melalui  gerak  tari  di  kelompok  B  RA  DWP  UIN  Sunan  Kalijaga Yogyakarta dapat  mengembangkan  fisik motorik anak, hal tersebut terbukti dari upaya guru dalam mengasah fisikmotorik anak,  memberikan  contoh,  membimbing,  mengarahkan  anak  serta  cara  guru memberikan  kata-kata  motivasi  yang  membangun. Faktor pendukung  dalam  pengembangan  fisik  motorik  yaitu sarana  dan  prasarana,  guru memberi    contoh,    musik,    peran    orang    tua, sedangkan faktor    penghambat    dalam pengembangan  fisik  motorik  anak  yaitu  kondisi  anak  yang  tidak  sehat  atau  tidak baik, dan berbarengan dengan kegiatan lainnya.
Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara Cahyani, Ratih; Suyadi, Suyadi
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.196 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.219-230

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pokok-pokok pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pemikiran tokoh yang berdasarkan dari buku-buku tulisan Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis–deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan: Dalam beberapa buku yang ditulis oleh Ki Hadjar Dewantara, terdapat tiga konsep, yaitu: pendidikan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai usia tujuh tahun mendidik anak dengan cara yang sesuai dengan tabiatnya umur kanak-kanak, dan pendidikan kanak-kanak yang menekankan pada kebudayaan bangsanya sendiri, dengan memasukkan permainan kanak-kanak yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastera dan cerita.
Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini Rochimi, Isnaenti Fat; Suismanto, Suismanto
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.403 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.231-246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Umma Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala TK Nurul Ummah, guru kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verification/conclusi drawing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta cukup baik terbukti dengan guru dan anak-anak membuat peraturan sendiri dalam kelompok.TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menerapkan disiplin untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan menggunakan: 1) Keteladanan, 2) Pembiasaan, 3) Hadiah/reward, 4). Pendekatan individual. Faktor-faktor yang menghambat guru adalah guru itu sendiri yang kurang konsisten dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, yang kedua adalah perbedaan karakter anak. sedangkan, faktor pendukung guru adalah peran orang tua, usia anak, dan peraturan.
Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini Asiah, Asiah; Nadlifah, Nadlifah
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 3 No 4 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.645 KB) | DOI: 10.14421/jga.2018.247-258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak kelompok A1 di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 serta faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas A1, guru pendamping dan siswa kelompok A1 RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu menggunakan pedomen observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu sumber dan teknik. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yang berkaitan dengan Implementasi Sistem Full day School dalam Mengembangkan Empati Anak Kelompok A1 di RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yaitu Implementasi sistem full day school dalam mengembangkan empati anak berkembang sesuai dengan harapan, hal ini terlihat anak-anak sudah mampu untuk peduli dengan teman yang mengalami kesulitan, saling tolong menolong, berbagi, peka terhadap lingkungan sekitar.  Faktor pendukung dan penghambat sistem full day school dalam mengembangkan empati anak kelompok A RA Mu’adz Bin Jabbal 2 Ketandan Banguntapan Bantul yaitu faktor pendukung diantaranya, faktor internal (guru dan komponen yang ada di sekolah) dan eksternal (orang tua, masyarakat sekitar sekolah dan media). Faktor penghambat diantaranya tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda, teman di sekolah dan pendidikan rumah yang tidak mendukung dengan pendidikan di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5