cover
Contact Name
Hafidh 'Aziz
Contact Email
hafid.aziz@uin-suka.ac.id
Phone
+6285233036695
Journal Mail Official
jurnal.goldenage@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ruang 210 Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 25023519     DOI : https://doi.org/10.14421/jga
Core Subject : Education, Social,
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (JGA) Online ISSN: 2502-3519 is a periodically scientific journal published by the Study Program of Islamic Education for Early Childhood the Faculty of Tarbiyah and Education Science State Islamic Universty Sunan Kalijaga Yogyakarta. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Early Childhood education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of Islamic education to publish their researches in our Journal. This Journal is published every June and December annually.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019)" : 16 Documents clear
Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak Hasanah, Fitria Fauziah; Munastiwi, Erni
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.664 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.35-46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi  Hasil penelitian pengelolaan pendidikan karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisaisan, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan diantaranya adalah : Pertama, membaca iqra sebelum masuk kelas di pagi hari,; Kedua, membaca doa sebelum belajar,  Ketiga, membaca shalawat bani hasyim, Keempat, membaca doa setalah belajar. Faktor Pendukung  dalam pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya diantaranya adalah adanya kerjasama antar pendidik, adanya kerjasama antara pendidik dengan orangtua, kondisi lokasi TK yang mendukung, sarana dan prasarana yang memadai, adanya semangat belajar dari anak, terdapat peran dari masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu kondisi pekerjaan orangtua, kondisi kepala sekolah yang kurang sehat, dan sumber daya manusia yang belum memenuhi standar kelulusan pendidikan.
Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak Rohmah, Lailatu; Akromah, Jumrotul
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.298 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.47-56

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak diusianya anak usia dini masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan bawaan sifat peserta didik yang masih egosentris dan dalam melakukan tindakan masih dalam tuntutan orang dewasa dan  pendidik. Dewasa ini anak pada usai 4-5 tahun dalam merumuskan gagsan berfikir secara logis dan berfikir memecahkan masalah masih dalam taraf  ingin tahu lebih mengenai kegiatan pembelajaran. Adanya strategi proses pembelajaran pendekatan saintifik menjadi angin segar dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Meskipun dalam proses yang  masih banyak ditemukan beberapa teknik pengajaran pendidik yang masih menumpang dalam kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi  implementasi pendekatan saintifik dalam megembangkan kognitif anak dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung adanya penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Jenis penelitian ini  mengguakan penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitan TK Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan validitas data yang diperoleh melalui  Triangulasi  teknik dan sumber.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendektan sanitifk dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK nurul Ummah sudah berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pesera didik yang aktif bertanya, pengaadaaan mediaa yang kreatif dan hasil karya yang terselesaikan dengan baik oleh peserta didik. Faktor pengambat dan pendukung yaitu faktor pendukung; kepala sekolah yang antusias baikanya dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas  sekolahan , Pendidik yang berkompeten dalam menyampaikan proses pembelajaran pendektan saintifik,  Peserta didik yang aktif bertanya, Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat; Bahan media yang sulit deedapatkan, waktu pembelajaran yang kurang efektif.
Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Mu’mala, Khuri Abad; Nadlifah, Nadlifah
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.006 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.57-68

Abstract

Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Pada masa ini anak harus distimulasi sebaik mungkin agar kemampuan yang dimiliki anak dapat berkembang secara maksimal. Salah satu penyebab perkembangan motorik kasar tidak berkembang secara optimal adalah kegiatan  pengembangan kemampuan motorik kasar tubuh anak yang masih jarang dilaksanakan, sehingga anak kurang terstimulasi dalam mengembangkan kemampuan motorik kasarnya. Banyak sekali kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, salah satunya melalui permainan tradisional lompat tali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini Kelompok B2 di TK LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, wali Muri dan peserta didik Hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru, wali murid, dan peserta didik kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini kelompok B2 di TL LKMD Pancasakti Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta yaitu, sudah berjalan dengan cukup baik, karena dapat mengembangkan koordinasi mata, tangan, kaki, dan menyenangkan hati anak) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini Kelompok B2 di TK LKMD Pancasakti  Balong Kidul Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta yaitu, faktor pendukung, yaitu organ fisik yang lengkap, kematangan perkembangan, dan faktor pada apa yang dimakan oleh anak. Faktor penghambat, yaitu kondisi lingkungan di sekitar, dan pola asuh orang tua terhadap anak.
Pengembangan Buku Panduan Outboundkids Kelompok Usia 5-6 Tahun Sa’ul Afiyah, Aulya Fitriyani; Purnama, Sigit
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.248 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.1-12

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengetahui, pengembangan buku panduan outboundkids kelompok usia 5-6 tahu ndengan menggunakan model Borg dan Gall, (2) mengetahui kualitas buku panduan outbound kids berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik anak usia dini, dan instruktur outbound. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 langkah, tetapi peneliti hanya terbatas hingga 5 tahap, antaralain (1) Penelitian dan pengembangan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan produk awal. (4) uji coba lapangan awal. (5) Revisi hasil uji lapangan awal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Berdasarkan penilaian ahli materi, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 51 dari 55 dan persentase keidealan 92.72%. (2) Menurut penilaian ahli media, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 54 dari 55 dan persentase keidealan sebesar 98%. (3) Sedangkan menurut penilaian pendidik anak usia dini menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dari 115 dan persentase keidealan sebesar 81.44% (4) Dan menurut instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 64.5 dari 80 dan persentase keidealan sebesar 76%.
Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Khasanah, Yuli Nur; Ichsan, Ichsan
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.575 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.69-84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar kreativitas anak sebelum diadakannya kolase, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan kolase, (3) mengetahui seberapa besar perubahan kreativitas anak setelah diadakannya kegiatan kolase. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Obyek yang diteliti adalah kreativitas anak. pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung persentase hasil kreativitas anak mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II lalu mendeskripsikan dalam bentuk narasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan seteah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase menggunakan bahan kertas, bahan alam, dan warna yang cocok, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai dengan kebutuhan anak. peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kreativitas anak kelompok B sebesar 35,71%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,14%, dengan menggunakan bahan kertas dan bahan alam, dan meningkat pada siklus II menjadi 78,57% dengan ditambah bahan menggunakan bahan kertas, bahan alam dan bahan buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di RA Al-Iman Sleman.
Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Anggraini, Dian; Suyadi, Suyadi
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.392 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.13-24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi dan mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian  ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik KB-TK Alazhar 38 Bantul. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik, dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urutan proses kegiatan. Selain itu, guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Penerapan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran  sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan berpengaruh juga terhadap perkembangan peserta didik.
Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak Safitri, Latifah Nurul; ‘Aziz, Hafidh
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.814 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.85-96

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum dilakukan metode bercerita.  (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral. (3) Untuk mengetahui bagai mana perkembangan aspek nilai agama dan moral anak setelah dilakukan metode bercerita. Jenis Penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data obeservasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: (1) nilai agama dan moral pada anak kelompok B2 RA Riyadhus Shalihin Moyudan sebelum tindakan sebesar 12,50% anak yang memiliki perkembangan nilai agama dan moral kategori tinggi dalam perkembangannya. Dengan menggunakan metode bercerita maka perkembangannya sangat efektif  dan meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak. (3) setelah diterapkan menggunakan metode bercerita, terjadi peningkatan nilai agama dan moral anak, pada siklus I sebesar 45,83% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 66,67% (kategori tinggi dan sangat tinggi).
Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis pada Anak Malikhah, Fatikhatul; Rohinah, Rohinah
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.45 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.25-34

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar penerapan metode gerakan untuk menghafal hadiś di RA Tiara Chandra Yogyakarta dengan fokus pada kegiatan menghafal hadiś pada anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan menghafal hadiś yang sering dilakukan oleh sekolah maupun guru menggunakan metode ceramah dan menugaskan siswa untuk menghafal Ḥadiś. Sehingga anak terlihat pasif dan suasana belajar menjadi tidak kondusif. Saat apersepsi pada pelajaran berikutnya anak sudah banyak yang lupa, hanya beberapa anak yang masih mampu mengingat Ḥadiś yang sudah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś pada anak kelompok B di RA Tiara Chandra Yogyakarta tidak terlepas dari RPPH. Kedua, pelaksanaan kegiatan menghafal Ḥadiś pada awalnya dilakukan dirumah tanpa gerakan dan dilakukan disekolah dengan gerakan simbol tangan dengan kegiatan  klasikal, ketiga evaluasi kegiatan menghafal Ḥadiś yang berupa tingkat pencapaian dan tindak lanjut yang akan dilaporkan kepada orangtua saat pertemuan dua akhir tema. Faktor pendukung dalam penerapan metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś pada kelompok B RA Tiara Chandra antara lain : handout untuk orangtua, minat anak, rasa percaya diri, susasana kelas yang kondusif, dan buku pedoman metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś. Faktor penghambat dalam kegiatan menghafal Ḥadiś dengan metode gerakan yaitu : gaya belajar anak, daya ingat anak, kemampuan guru dan belum adanya pelatihan kepada orangtua mengenai metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś, gambar tidak full collor, dan Ḥadiś tidak dilengkapi dengan asbabul wurud.
Pengembangan Buku Panduan Outboundkids Kelompok Usia 5-6 Tahun Aulya Fitriyani Sa’ul Afiyah; Sigit Purnama
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.248 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.41-01

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengetahui, pengembangan buku panduan outboundkids kelompok usia 5-6 tahu ndengan menggunakan model Borg dan Gall, (2) mengetahui kualitas buku panduan outbound kids berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik anak usia dini, dan instruktur outbound. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 langkah, tetapi peneliti hanya terbatas hingga 5 tahap, antaralain (1) Penelitian dan pengembangan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan produk awal. (4) uji coba lapangan awal. (5) Revisi hasil uji lapangan awal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Berdasarkan penilaian ahli materi, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 51 dari 55 dan persentase keidealan 92.72%. (2) Menurut penilaian ahli media, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 54 dari 55 dan persentase keidealan sebesar 98%. (3) Sedangkan menurut penilaian pendidik anak usia dini menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dari 115 dan persentase keidealan sebesar 81.44% (4) Dan menurut instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 64.5 dari 80 dan persentase keidealan sebesar 76%.
Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dian Anggraini; Suyadi Suyadi
Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Vol 4 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.392 KB) | DOI: 10.14421/jga.2019.41-02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi dan mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik KB-TK Alazhar 38 Bantul. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik, dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urutan proses kegiatan. Selain itu, guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Penerapan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan berpengaruh juga terhadap perkembangan peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16