cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016)" : 28 Documents clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA SMK BERDIKARI JEMBER Syahier, Syahier; Supeni, Retno Endah; Rozzaid, Yusron
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.501 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Objek penelitian ini adalah smk berdikari jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi dengan populasi 40 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan populasi (sensus) yaitu dengan meneliti seluruh populasi, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil penelitian kuisioner dan wawancara. Sumber data skunder berasal dari artikel, jurnal dan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Serta metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa : 1. Terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 0,447 dan tingkat signifikan 0,035. Sedangkan secara parsial iklim organisasi  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 0,460 dan tingkat signifikan 0,025; 2. Terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien beta sebesar 25,617 dan tingkat signifikan 0,000. Variabel yang paling dominan adalah variabel iklim organisasi dengan nilai koefisien beta sebesar 0,460 dan tingkat signifikan 0,025.
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DEPOT MIE PANGSIT JEMBER Iriyanti, Emik; Qomariah, Nurul; Suharto, Akhmad
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.318 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.1211

Abstract

ABSTRAKTingginya persaingan antar dunia usaha khususnya kuliner sehingga pelaku usaha dituntut untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kemudian setelah mencapai kepuasan akan memberikan dampak yang positif terhadap tingkat loyalitas. Untuk itu perlu di perhatikan faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan agar para pelaku usaha bisa memenuhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat loyalitas pelanggan. Populasinya adalah konsumen Depot Mie Pangsit Jember. Sampel yang di gunakan berjumlah 78 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis datanya menggunakan path analisis dimana Y1 variabel kepuasan sebagai variabel intervening,Y2 variabel loyalitas pelanggan, X1 variabel harga,X2 variabel kualitas produk,X3 variabel lokasi. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening.Kata Kunci : harga, kualitas produk,lokasi, kepuasan dan loyalitas pelanggan ABSTRACTThe high competition among the business community in particular that the culinary business operators are required to provide satisfaction to the customers. Then after reaching satisfaction will have a positive impact on the level of loyalty. It is necessary to note the factors - what are the factors that affect the level of customer satisfaction that business people can meet customer satisfaction. This study aims to determine the extent to which the level of customer loyalty. Its population is consumer Depot Mie Pangsit Jember. Samples were in use amounted to 78 people. Data collection is done by distributing questionnaires to the respondents. Analysis of the data using path analysis where the variable Y1 satisfaction as an intervening variable, customer loyalty variable Y2, X1 variable pricing, product quality variables X2, X3 variable location. The results of this study are positive and significant relationship between price, quality of product and the location of the customer loyalty through satisfaction as an intervening variable.Keywords: price, quality of product, location, customer satisfaction and loyalty
PENGARUH REWARD, PUNISHMENT DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PTPN XII (Persero) KEBUN JATIRONO KALIBARU BANYUWANGI Solikah, Ita; Setyowati, Trias; Sanosra, Abadi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.969 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.1217

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward, punishment, dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Objek penelitian ini adalah PTPN XII (persero) Kebun Jatirono Kalibaru Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel menggunakan populasi sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka dan alat analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien variabel reward, punishment, dan motivasi kerja dengan arah positif dan hal ini menunjukkan bahwa reward, punishment dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan secara parsial. reward, punishment, dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PTPN XII (persero) Kebun Jatirono Kalibaru Banyuwangi secara simultan, serta variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah reward dan hal ini tidak sesuai dengan hipotesis yang di bangun bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah motivasi kerja.Kata Kunci : Reward, Punishment, Motivasi kerja, dan produktivitas kerja karyawan.ABSTRACTThis study aims to determine the effect of reward, punishment, and work motivation on employee productivity. The object of this study was PTPN XII (Persero) Jatirono Gardens Kalibaru Banyuwangi. The sampling technique using census population. The technique of collecting data using interviews, questionnaires and literature study and data analysis tools using multiple linear regression. Based on the results obtained by the variable coefficient value of reward, punishment, and work motivation with positive direction and it shows that the reward, punishment and motivation significant positive effect on labor productivity partially. reward, punishment, and motivation significant positive effect on labor productivity in PTPN XII (Persero) Gardens Jatirono Kalibaru Banyuwangi simultaneously, as well as the variable most dominant influence is the reward and it is not consistent with the hypothesis that in the wake that the most dominant variable influence is the work motivation.Keywords: Reward, Punishment, Motivation, and Employee Productivity.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN BINTANG MULIA HOTEL & RESTO JEMBER anggraeni, anggela eka; Herlambang, Toni; nursaidah, nursaidah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.882 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi kerja, kompensasi finansial dan kompensasi non finansial secara parsial dan secara simultan terhadap prestasi kerja. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan. Sampel yang diambil dengan menggunakan explanatory (sampel jenuh) atau penelitian sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja, kompensasi finansial dan kompensasi non finansial secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada perusahaan Bintang Mulia Hotel & Resto Jember.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Dinan, Fira; Azhad, M Naely; Fatimah, Fety
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.855 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.1212

Abstract

ABSTRAKFaktor sosial, pribadi, harga produk dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oriflame pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember.. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen yang sudah pernah membeli produk kosmetik Oriflame dan sudah menjadi member Oriflame. Penelitian ini menggunakan data pimer  berupa kuisioner yang disebarkan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan penelitian purposive random sampling. Hasil dari data kuisioner dianalisis dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis (uji f dan uji t) dengan taraf signifikan α = 5% dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi, harga produk, dan kualitas produk  berpengaruh signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Hasil analisis statistik uji t diperoleh faktor sosial  (X1) dengan nilai signifikan 0.000 pribadi (X2) nilai signifikan 0.000, harga produk (X3) nilai signifikan 0.000, dan kualitas produk (X4) nilai signifikan 0.000. Penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Kata kunci : Keputusan Pembelian, Faktor Sosial, Pribadi, Harga Produk, Kualitas ProdukABSTRACTFactor of social, personal, product pricing, and product quality influence on purchase decisions Oriflame cosmetics products on student of University Muhammadiyah Jember . Population in this study is student of the faculty of economics management who use cosmetics products oriflame and become a member oriflame. This  research uses primary data in the form of questionnaires distributed. Sample taken 100 respondents using purposive random sampling. The result of the questionnaries were analyzed by using classical assumption test, multiple linier regression and hypotehesis testing ( f test dan t test) with significant level α = 5% with SPSS version 21. The result of this study show that social factors, personal, product pricing, and product quality significant effect partially or simultaneous on product purchasing decisions cosmetics oriflame. Statistical analysis of the result obtained by t test social factors (X1) with significant value 0.000, personal (X2) with significant value 0.000, product pricing (X3) with significant value 0.000, and product quality (X4) with significant value 0.000. This study is valid and reliable variable.Keywords: social factors, personal, product, product pricing, product quality
ANALISIS KOMPOSISI STRUKTUR MODAL OPTIMUM PADA PT. XL AXIATA TBK Hafidzi, Achmad Hasan
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.484 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.1218

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komposisi struktur modal yang menguntungkan pada periode yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan data sekunder, dimana penelitian didasarkan pada data yang diambil dan dikutip dari data yang sudah ada pada objek penelitian. Metode pengumpulan data adalah pencatatan, yaitu mencatat data laporan keuangan perusahaan yang selanjutnya ditabulasikan. Variabel operasional yang digunakan adalah EPS, EPS merupakan laba bersih perlembar saham yang didapat dengan membandingkan laba bersih (sesudah dibayarkan bunga dan deviden) dengan jumlah lembar saham biasa yang beredar.Kata kunci: struktur modal, EPS ABSTRACT This study aims todeterminethe composition of thecapital structurethat isfavorablein the periodto come.This research is anempiricalstudywithsecondary data, in whichthe studyis based ondata takenandquotedfromthe datathat already existson the objectof research. Methods of data collectionis the recording, the recorded datathe company's financialstatementsweresubsequentlytabulated. Operationalvariablesused areEPS, EPSis earningper shareareobtainedby comparing thenet profit(after interestanddividendspaid) by the number ofordinary sharesoutstanding.Keywords: Capital structure, EPS
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DEPOT MIE PANGSIT JEMBER Iriyanti, Emik; Qomariah, Nurul; Suharto, Akhmad
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.221 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.59

Abstract

Tingginya persaingan antar dunia usaha khususnya kuliner sehingga pelaku usaha dituntut untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kemudian setelah mencapai kepuasan akan memberikan dampak yang positif terhadap tingkat loyalitas. Untuk itu perlu di perhatikan faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan agar para pelaku usaha bisa memenuhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat loyalitas pelanggan. Populasinya adalah konsumen Depot Mie Pangsit Jember. Sampel yang di gunakan berjumlah 78 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis datanya menggunakan path analisis dimana Y1 variabel kepuasan sebagai variabel intervening,Y2 variabel loyalitas pelanggan, X1 variabel harga,X2 variabel kualitas produk,X3 variabel lokasi. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening.
PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus: Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cab. Jember) Ariyanto, Moh Noval; Sumowo, Seno; Setianingsih, Wahyu Eko
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.855 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.1214

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh store atmosphere yang terdiri dari (exterior, general interior, store layout, interior display) dan atribut produk terhadap minat beli konsumen di rumah makan Wong Solo Cabang Jember. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel terikat (depedent) yaitu  exterior, general interior, store layout, interior display dan atribut produk, dan variabel bebas (independent) yaitu minat beli. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rumah Makan Wong Solo Cabang Jember. Jumlah sample yang digunakan adalah 60 responden. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan variabel  exterior terhadap minat beli konsumen. variabel general interior berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, variabel store layout berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, variabel interior display berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dan variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t variabel independent yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli pada rumah makan Ayam bakar Wong Solo Cab Jember adalah store layout karena thitung elemen store layout lebih besar dibandingkan thitung  variabel independent yang lain yaitu exterior, general interior, interior display, dan atribut produk.Kata Kunci : store atmosphere, exterior, general interior, store layout, interior display, atribut produk, minat beli konsumen. ABSTRACTThis study was conducted to examine the effect of store atmosphere consisting of (exterior, interior general, store layout, interior display) and product attributes on consumer buying interest at home eating Wong Solo Branch Jember. In this study using two variables: the dependent variable that is exterior, general interior, store layout, display interior and product attributes, and the independent variables. namely buying interest. Populations that are objects of this study are all consumers of Restaurant Wong Solo Branch Jember. The number of samples is 60 respondents. Samples were taken by purposive sampling with certain criteria. The method used in this research is by using multiple linear regression analysis to test the hypothesis that the t test and f test. Before using multiple regression analysis, performed classical assumption beforehand. From the results of partial hypothesis test (t test) Hypothesis testing results have shown a significant influence exterior variables on consumer buying interest. general variable interior significant effect on consumer buying interest, variable store layout significant effect on consumer buying interest, variable interior display significant effect on consumer buying interest, and variable product attributes have a significant effect on consumer buying interest. From the analysis using T test independent variables are the most dominant in influencing buying interest at home eating grilled chicken Wong Solo Cab Jember is the store layout as thitung elements of store layout is greater than thitung independent variables that others, namely exterior, general interior, interior displays, and product attributes.Keywords : store atmosphere, exterior, general interior, store layout, interior displays, product attributes, consumer buying interest.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Dinan, Fira; Azhad, M. Naely; Fatimah, Feti
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.042 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.60

Abstract

Faktor sosial, pribadi, harga produk dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oriflame pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember.. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen yang sudah pernah membeli produk kosmetik Oriflame dan sudah menjadi member Oriflame. Penelitian ini menggunakan data pimer  berupa kuisioner yang disebarkan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan penelitian purposive random sampling. Hasil dari data kuisioner dianalisis dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis (uji f dan uji t) dengan taraf signifikan α = 5% dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi, harga produk, dan kualitas produk  berpengaruh signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Hasil analisis statistik uji t diperoleh faktor sosial  (X1) dengan nilai signifikan 0.000 pribadi (X2) nilai signifikan 0.000, harga produk (X3) nilai signifikan 0.000, dan kualitas produk (X4) nilai signifikan 0.000. Penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.
ANALISIS KOMPOSISI STRUKTUR MODAL OPTIMUM PADA PT. XL AXIATA TBK hafidzi, achmad hasan
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.295 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v2i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komposisi struktur modal yang menguntungkan pada periode yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan data sekunder, dimana penelitian didasarkan pada data yang diambil dan dikutip dari data yang sudah ada pada objek penelitian. Metode pengumpulan data adalah pencatatan, yaitu mencatat data laporan keuangan perusahaan yang selanjutnya ditabulasikan. Variabel operasional yang digunakan adalah EPS, EPS merupakan laba bersih perlembar saham yang didapat dengan membandingkan laba bersih (sesudah dibayarkan bunga dan deviden) dengan jumlah lembar saham biasa yang beredar.

Page 1 of 3 | Total Record : 28