cover
Contact Name
Hadiyanto
Contact Email
hadiyanto@fip.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hadiyanto@fip.unp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 14114585     EISSN : 25496743     DOI : -
Core Subject : Education,
The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus consistis: (a) evaluation reports and research findings; (b) problem solving, conceptual and methodological, and / or; (c) the text concerning consideration of the implications for action, and / or (d) an extensive review of the book (extensive book reviews) of the intended field.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan" : 9 Documents clear
Pelaksanaan Bina Bicara Melalui Pembelajaran Individual bagi Anak Tuna Rungu di SLB Karya Tabing Padang Yarmis Hasan
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.185 KB) | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.221.000-000

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran individual di SLB Karya Tabing Padang yang dilakukan oleh guru yang teacher center dalam arti guru lebih dominan sebagai pemberi stimulasi visual : dalam memberikan bina bicara pada seorang anak yang mempunyai hambatan pendengaran atau tunarungu. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran bina bicara yang dilaksanakan oleh guru kelas dalam tiga kegiatan, pertama perancangan kedua pelaksanaan dan ketiga evaluasi. Sasaran penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah wawancara, pengamatan, dan telaah dan komunikasi. Hasil penelaah menunjukkan guru sudah merancang pembelajaran, sudah melakukan dengan konvensional guru sebagai pemberi ilmu stimulasi bicara dalam pengelolaan proses pembelajaran guru melaksanakan program pembelajaran individual. Berdasarkan hasil asesmen mengamati tentang mengenal anggota tubuh bagian atas. Dari hasil pembelajaran dilakukan evaluasi tes secara lisan dan tulisan. Keberhasilan pelaksanaan bina bicara terdapat faktor kendala keterbatasan ruangan namun ada faktor pendukung yang memperlancar proses pelaksanaan pembelajaran seperti Kepala Sekolah, guru dan yayasan, sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran sudah tergambar evaluasi diasumsikan guru meningkat proses pembelajaran dengan mempertahankan kekompakan bagi layanan anak tunarungu dengan memanfaatkan siswa pendengaran melalui bina komunikasi persepsi bunyi dan irama.
An Analysis Students’ Motivation in Reading Procedure Text at the First Grade of SMA Ekasakti Elda Martha Suri
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.692 KB) | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.225.000-000

Abstract

This research discussed about students motivation in reading procedure text at the first grade of SMA Ekasakti University. This research is important to conducted because with analysis students motivasion can preapared steps to increasing students reading skill.t The technique of analyzing the data the researcher was descriptive qualitative. Questionnaire was used to collect the data. The finding showed that there was any significant analysis students’ motivation. It could be showed that from 21 students in reading procedure text, there were10 students (60-79%) in good, 4 students (50-59%) and in poor,and 7 students (0-49) very poor category.
STRATEGI PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER BAGI MAHASISWA JURUSAN KTP FIP UNP Meldi Ade Kurnia Yusri, S.T., M.Pd.T.
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/pedagogi.v17i1.76

Abstract

The term "computer" in the modern era as it is today is not a new thing anymore. If people ask someone who has a background that is not the field of Information and Communication Technology (ICT), of course the answer will be general and not deep. However, if the person questioned about the term "computer" has an ICT background, of course the answer given will be more in depth and understand what are the supporting components of the computer. Just as if someone asked the students of the Department of Education and Curriculum of FIP UNP about the term "computer", the student should be able to expain in more depth. This study uses a qualitative approach, in which the authors try to express and understand the reality that exist in the field of learning strategy of basic computer knowledge for students of Curriculum and Education Technology FIP UNP. Based on the results of the observations that the authors obtain in the field, in terms of preparation, lecturers have prepared lecture contracts, learning tools in the form of syllabus, SAP and teaching materials, preparation of facilities and learning infrastructure. In the process of learning strategy of basic computer knowledge for students of Curriculum and Technology Education Department of FIP UNP, the lecturer gives an assessment with the principle of justice and objectivity.
PROGRAM BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ismaniar ismaniar ismaniar
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/pedagogi.v17i1.224

Abstract

The present study is aimed at developing effective guidance program for increasing student’s learning motivation. The present study applies quantitative research approach with nonequivalent pre-posttest control group quasi-experimental design, and nonrandom-purposive sampling technique. The data were collected using inventory, interview, and documentary study. The study comes up with the main finding that the tested guidance program is proven to be effective for increasing learning motivation students of 11th grade at SMA Kartika XIX-2 Bandung.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PADANG Mubarak, Hudan
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/pedagogi.v17i1.58

Abstract

Penelitian ini didasari hasil belajar TIK pada SMP 16 Padang yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan melihat Pengaruh Penerapan Metode Tutor sebaya Berbantuan Media Leaflet terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII.4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.7 (kelas kontrol). Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar TIK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal.Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode tutor sebaya berbantuan media leafletyaitu 81,92 lebihtinggidari yang menerapkan pembelajaran konvensionalyaitu73,57. Sedangkandariperhitungan t-tesdiperoleh thitung >ttabel, yaitu 5,56 > 1,66 padataraf signifikan α 0,05.Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan media leaflet berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Padang.
Analisis Pelaksanaan Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 2 V Koto Timur Padang Alai Pariaman Handri Adi
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.215.000-000

Abstract

This research was designed and analyzed by qualitative descriptive. The data analyzed by comparative analysis. Based on the research can be concluded that implementation MBS of SMPN 2 V Koto Timur Padang Alai by several steps, there are: determine of the work program, socialization, increasing the partnerships or relation, applying the of good governance principles, improving the capacity, authority distribution and responsibility, participation community, openness and accountability, cooperation, oriented to the graduates and the availability of infrastructure.
Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada Mata Kuliah Pelayanan Keluarga Berencana Rini Febrianti
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.220.000-000

Abstract

Untuk mencapai kompetensi dasar pada materi pelayanan KB, mahasiswa dituntut untuk lebih aktif didalam proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan agar mahasiswa lebih aktif didalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan aktifitas belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS di Tingkat II Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action recearch). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Tingkat II Prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang. Subjek penelitian berjumlah 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai Juli Tahun 2017. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai, data yang dikumpulkan pada waktu observasi dianalisis dengan mengunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) pada materi pokok pelayanan KB, untuk menyelesaikan soal cerita mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, presentase keaktifan mahasiswa 68,1%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,2%. Model pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi pokok pelayanan KB. Pembelajaran kooperatif model Think Pair And Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar maka, dalam kegiatan pembelajaran pada penyelesaian soal cerita khususnya pada materi pelayanan KB disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian ini cara dan metode yang berbeda di jurusan kebidanan pada mata kuliah yang lain sehingga dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di masa mendatang.
Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Semangat Kerja Dosen di Universitas Eka Sakti Padang Susi Yulias Tanty
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.227.000-000

Abstract

Semangat kerja merupakan suatu kondisi yang harus terbina di dalam organisasi atau perguruan tinggi, semangat kerja yang tinggi menyebabkan sesama dosen saling memahami dan saling pengertian, namun kenyataan yang ada hasil observasi yang dilaksanakan bahwa ada beberapa orang dosen yang mempunyai semangat kerja yang rendah, hal ini ditandai dengan dosen ke kampus hanya pergi mengajar setelah itu pulang, dan terkadang dosen juga jarang masuk kelas, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah lemahnya budaya organisasi yang ada. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap semangat kerja dosen di Unes Padang. Jenis penelitian ini korelasi sederhana, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, teknik analisis data menggunakan uji r dengan menggunakan SPSS Versi 20
Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Siswa MTSN Kuranji Padang Azvi Rahmi
Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/fip.100.v17i1.228.000-000

Abstract

Based on field observations, it is observed that student achievement in MTsN Kuranji Padang is still low. Researchers suspect that principal leadership and teacher performance affect student achievement in MTsN Kuranji Padang, therefore a research is conducted to test the truth. This study aims to reveal the contribution of principal leadership and teacher performance to student achievement discipline in MTsN Kuranji Padang. The hypothesis proposed in this research are: 1) principal leadership contributes to student achievement; 2) teachers' performance contributes to student preservation; 3) the principal's leadership and teacher performance contribute jointly to student achievement The population in this research is all students of MTsN Kuranji Padang. Sampling was done using Stratified Proportional Random Sampling technique. Selected samples were 76 people. Data were collected by questionnaire with Likert scale that has been tested for validity and reliability. Data were analyzed by correlation and regression technique. The results of the data analysis show that: 1) the principal's leadership contributes to student achievement of 14. 4%; 2) teacher performance contributes to student achievement of 14.2% and 3) principal's leadership and teacher performance together contributes to student achievement 19 4%. Based on descriptive analysis revealed that principal leadership, teacher performance and student achievement are both in fairly good category of ideal score

Page 1 of 1 | Total Record : 9