cover
Contact Name
Roma Irawan
Contact Email
romairawan@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
romairawan@fik.unp.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Hamka, Air Tawar, Padang 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Performa Olahraga
ISSN : 25286102     EISSN : 2714660X     DOI : https://doi.org/10.24036/po
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Performa Olahraga adalah publikasi online dan cetak yang berisi artikel ilmiah bidang ilmu kepelatihan, manajemen olahraga, filsafat, pedagogi, fisiologi, biomekanika, psikologi, dan sosiologi olahraga. Terbit dua kali setahun edisi Januari-Juni dan edisi Juli-Desember. Jurnal berisi naskah hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian teori, atau aplikasi Iptek Kepelatihan olahraga.
Articles 135 Documents
KONTRIBUSI STATUS GIZI TERHADAP KESEGARAN JASMANI sepriadi sepriadi; Hendri Neldi
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo9019

Abstract

Penelitian berasal karena masih kurang memuaskannya kesegaran jasmani sebagian besar mahasiswa. Hal ini karena disebabkan berbagai faktor salah satunya adalah gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kontribusi status gizi terhadap tingkat kesegaran jasmani mahasiswa. Penelitian yang diteliti tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional yaitu untuk melihat hubungan antara status gizi dengan kesegaran jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Sedangkan sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu dimana sampel ditarik dengan kriteria tertentu yaitu mahasiswa putera yang mengambil mata kuliah pembinaan kebugaran jasmani yang berjumlah 41 orang. Data kesegaran jasmani diukur dengan lari 2400 meter. Data status gizi di ukur dengan IMT (Indeks Massa Tubuh). Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dan untuk menghitung besarnya kontribusi melalui indeks deskriminasi yaitu: K = r2x100%. Hasil penelitian ini adalah kontribusi antara status gizi terhadap tingkat kesegaran jasmani Mahasiswa adalah sebesar 7.54%.
Dayaledak Otot Tungkai Dan Kelentukan Berkontribusi Terhadap Akurasi Shooting Sepakbola Afrizal S
Performa Vol 3 No 02 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo15019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi dayaledak otot tungkai dan kelentukan terhadap akurasi shooting sepakbola atlet PS UNP. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang aktif dalam mengikuti latihan. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling, ditetapkan untuk dijadikan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melaksanakan tes standing broad jump untuk dayaledak otot tungkai, dengan norma tes menggunakan skala 5 yang sudah baku, tes sit and reach untuk kelentukan, tes sepak sasaran untuk akurasi shooting. Teknik analisis data variabel penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan distribusi frekuensi yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menyatakan bahwa: dayaledak otot tungkai memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi shooting sebesar 0,71, dengan kontribusi sebesar 50,30%. Penambahan pada persamaan regresi regresi linear dan signifikan. Kelentukan pinggang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi shooting sebesar 0,51, dengan kontribusi sebesar 25,97%. Penambahan pada persamaan regresi regresi linear dan signifikan. Dayaledak otot tungkai dan kelentukan pinggang secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi shooting atlet sepakbola PS UNP. Dengan penambahan dalam persamaan regresi ganda linier untuk dua prediktor Y = -27,48 + 0,3 X1 + 5,9 X2 .
Latihan Zig-Zag Run Dan Latihan Shuttle Run Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola John Arwandi; Eddry Ardianda
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo16019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan zig-zag run terhadap kemampuan dribbling, pengaruh latihan shuttle run terhadap kemampuan dribbling, dan perbedaan pengaruh latihan zig-zag run dan latihan shuttle run terhadap kemampuan dribbling Pemain Sekolah Sepakbola Muspan Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemain SSB Muspan Kota Padang yang berjumlah 86 orang atlet. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel berjumlah 24 orang Pemain U-15. Penelitian ini dilakukan selama 4 minggu (18 kali pertemuan), dalam 1 minggu latihan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian ini diperoleh hasil (1) mean pre test (28,46) > mean post test (27,10) atau meningkat (1,36 detik), artinya penerapan latihan zig-zag run dapat meningkatkan kemampuan dribbling, (2) mean pre test (28,42) > mean post test (27,36) atau meningkat (1,06 detik), artinya penerapan latihan shuttle run dapat meningkatkan kemampuan dribbling, (3) thitung (3,25) > ttabel (2,20), artinya penerapan latihan zig-zag run dan latihan shuttle run dapat meningkatkan kemampuan dribbling, dimana latihan zig-zag run menunjukkan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan dribbling.
Validitas Dan Reliabilitas Tes Kondisi Fisik Atlet Sekolah Sepakbola (Ssb) Kota Padang “Battery Test Of Physical Conditioning” M Ridwan; Roma Irawan
Performa Vol 3 No 02 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo17019

Abstract

Kenyataan dilapangan dari latihan fisik yang dilakukan pada atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Kota Padang belum memiliki tes kondisi fisik. Bentuk dari tes tidak ada penemuan atau inovasi baru, peneliti merancang atau memodifikasi beberapa Physical Fitness Test/ Motor Fitness yang diarahkan dan disesuaikan pada atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari masing-masing elemen kondisi fisik atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Kota Padang. Populasi penelitian ini berjumlah 267 orang berusia 14-15 tahun. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan karakteristik tertentu. Maka ditetapkan untuk dijadikan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan melaksanakan tes dari masing-masing rangkaian baterai elemen Tes Kondisi Fisik usia 14-15 tahun, yaitu : (1) Tes Push-Up, (2) Tes Sit-Up, (3) Tes Standing Broad Jump, (4) Tes Arrowhead Agility, (5) Tes lari 30 meter, (6) Tes lari 1.200 meter. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment untuk mencari validitas dan reliabiltas serta analisis penyusunan norma penilaian tes kondisi fisik untuk atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Kota Padang dengan nama “Battery Test of Physical Conditioning” menggunakan rumus skala 5. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ; 1) Validitas tes Push-Up 0,580 (dapat diterima) dan reliabilitas 0,602 (dapat diterima), (2) Validitas tes Sit-Up 0,866 (baik sekali) dan reliabilitas 0,557 (dapat diterima), (3) Validitas tes Standing Broad Jump 0,609 (dapat diterima) dan 0,424 (dapat diterima), (4) Validitas tes Arrowhead Agility 0,415 (jelas berhubungan) dan reliabilitas 0,444 (dapat diterima), (5) Validitas tes lari 30 meter 0,428 (jelas berhubungan) dan reliabilitas 0,864 (dapat diterima), (6) Validitas tes lari 1.200 meter 0,553 (jelas berhubungan) dan reliabilitas 0,874 (dapat diterima).
Metode Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Long Passing Sepakbola Vega Soniawan; Roma Irawan
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo18019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bermain terhadap kemampuan long passing sepakbola atlet SSB Muspan Padang. Penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet SSB Muspan Padang yang berjumlah 74 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik tertentu dan pertimbangan peneliti sendiri dengan sampel berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilakukan selama 6 minggu (18 kali pertemuan), dalam 1 minggu latihan dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang dipakai adalah tes tendangan lambung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalis data dan uji T-Test. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah nilai thitung 6,40 sedangkan ttabel sebesar 2,20 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 12, maka thitung > ttabel (6,40 > 2,20), terdapat pengaruh yang signifikan dari metode bermain terhadap kemampuan long passing sepakbola atlet SSB Muspan Padang. Penerapan metode bermain dalam proses latihan dapat meningkatkan kemampuan long passing sepakbola.
KEPRIBADIAN MAHASISWA KEPELATIHAN: PERSPEKTIF PSIKOLOGI OLAHRAGA Eko Purnomo
Performa Vol 3 No 02 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo27019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepribadian (ekstroven dan introven) mahasiswa kepelatihan olahraga. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa Kepelatihan FIK UNP yang telah menempuh minimal 5 semester dengan jumlah 70 subjek. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik tertentu dan pertimbangan peneliti. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan (Maret 2018), Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil yang didapatkan bahwa, mahasiswa yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung lebih banyak dibandingkan yang introvert. Selanjutnya hasil penelitian ini akan terus berkembang dan mengalami perbaikan.
Pengaruh Latihan Ledder Drill (Agility) terhadap Kemampuan Footwork Bulutangkis Mahasiswa Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negri Padang Muhammad Arnando Nando
Performa Vol 3 No 02 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo29019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan ledder drill terhadap kemampuan footwork bulutangkis. Banyak bentuk latihan yang dapat meningkatkan kemampuan footwork bulutangkis, salah satunya adalah latihan ledder drill. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian dilaksanakan GOR Gajah Berlian kota Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa putera yang aktif mengikuti latihan bulutangkis berjumlah 20 orang. Untuk mengukur kemampuan footwork atlet bulutangkis adalah dengan menggunakan tes footwork 6 arah menggunakan cock. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan memakai statistik deskriptif dan ineferensial dengan rumus Komperatif dependen sampel (Uji t). Sebelum data diolah dengan menggunakan Uji t, maka dilakukan terlebih dahulu syarat analisis data yaitu normalitas dan homogenitas. Dari hasil data yang dianalisis dengan menggunakan statistik maka dapat disimpulkan hasil hipotesis sebagai berikut: latihan ledder drill (egility) mempengaruhi secara signifikan terhadap kemampuan footwork bulutangkis dimana diperoleh thitung = 16,81 dan ttabel (α = 0,05) = 2,09 dan perbedaan rata-rata hitung 0,97. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan ledder drill (egility) terhadap kemampuan footwork bulutangkis Mahasiswa Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negeri Padang.
PERSONAL TRAINER SEBUAH PELUANG KARIR Donie Donie; Heru Syarli Lesmana; Hermanzoni Hermanzoni
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo36019

Abstract

Berkembangnya olahraga menjadi sebuah industri berdampak bahwa orang melirik semua potensi yang ada dalam dunia keolahragaan sebagai sebuah peluang bisnis. Menjadi kebutuhan hidup dunia modern untuk memiliki tingkat kesehatan yang tinggi dan memiliki penampilan yang menarik dengan ukuran tubuh yang proposional menjadi dambaan setiap orang. Peluang bisnis ini menghasilkan bermunculannya klub klub kebugaran yang menawarkan berbagai fasilitas olahraga yang lengkap dengan dibimbing oleh instruktur yang terlatih. Personal Trainer merupakan pelatih atau instruktur yang bertugas memberikan latihan untuk dapat meningkatkan kebugaran seseorang. Kebutuhan akan multifungsi dari olahraga yang beragam menjadikan Kebutuhan akan personal trainer yang profesional semakin meningkat. Perlu dilakukan upaya upaya untuk mensosialisasikan, meningkatkan dan mengembangkan profesi ini menjadi sebuah peluang karir yang menjanjikan bagi pelaku olahraga dimasa depan. Guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dan masyarakat umumnya dan para mahasiswa keolahragaan khususnya maka dirasa perlu untuk memberikan informasi melalui tulisan ini terkait terkait dengan personal trainer dan ruang lingkupnya.
BENTUK LATIHAN PLIOMETRIK, LATIHAN BEBAN KONVENSIONAL MEMBERIKAN PENGARUH TERHADAP KEMAMAMPUAN THREE POINT SHOOT BOLABASKET Irfan Oktavianus; Syahrial Bakhtiar; Bafirman Bafirman
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo38019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bentuk latihan terhadap kemampuan three point shoot. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bolabasket Klub Halilintar Kota Bukittinggi yang berjumlah 28 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu dengan purpossive sampling yaitu sampel diambil sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Kemudian dilakukukan pre-test. Instrumen yang digunakan adalah tes menembak three point shoot. Setelah itu dilakukan pembagian kelompok dengan matching. Masing-masing dibagi menjadi dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 14 orang. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 16 kali pertemuan, dalam setiap pertemuan adalah 120 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan bahwa pemberian bentuk latihan pliometrik dan latihan beban konvensional dapat meningkatkan kemampuan three point shoot atlet.
Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai terhadap Kemampuan Dollyo Chagi Atlet Putera Tae Kwon Do di BTTC Kabupaten Rokan Hulu Yogi Setiawan; Imam Sodikoen; Sayuti Syahara
Performa Vol 3 No 01 (2018): Performa Olahraga
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpo39019

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan, dilihat bahwa atlet putera Tae Kwon Do masih rendahnya kemampuan Dollyo Chagi di Barcelona Taekwondo Training Center (BTTC) Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini ditujukan untuk mengungkap kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan tendangan dollyochagi. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini atlet Tae Kwon Do BTTC Kabupaten Rokan Hulu dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah (a) Tes kekuatan otot tungkai (leg dynamometer test), dan (b) Tes kemampuan tendangan Dollyo Chagi (Depdiknas 2004). Data diolah menggunakan korelasi sederhana dan regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan Dollyo Chagi atlet putera Tae Kwon Do di BTTC Kabupaten Rokan Hulu dengan kontribusi sebesar 40,96 %

Page 1 of 14 | Total Record : 135