cover
Contact Name
indah dwi sartika
Contact Email
indahdwisartika@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
raudhatulathfal@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812793     EISSN : 25812793     DOI : -
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Strategy to Overcome the Problem of Children Who Like to Show Off Daviq Chairilsyah
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4276

Abstract

Abstrak Pamer adalah menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk menyombongkan diri. Anak yang suka pamer ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain dan merasa bahwa dirinya hebat dan layak dikagumi. Perilaku pamer ini juga dapat terjadi pada anak usia dini, hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sosialnya. Metode penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai definisi, faktor penyebab, dampak serta strategi yang dapat dilakukan orang tua dan guru dalam mengatasi perilaku suka pamer pada anak usia dini. Diharapkan agar orangtua dan guru dapat memberikan contoh yang baik kepada anak, tetap memberikan apresiasi kepada anak apapun itu yang dilakukannya, selalu mengajari anak agar dapat menerima kelemahan dan peduli kepada orang lain, melatih anak agar dapat memuji orang lain dan memberikan motivasi kepada anak agar dapat berperilaku sebagaimana mestinya serta mengarahkan anak untuk selalu bersikap yang baik kepada semua orang dengan menjalin komunikasi yang baik. Kata Kunci: Strategi, Anak, Suka Pamer. Abstract Showing off is showing something that is owned by someone with intention of showing strength or excellence to brag. A showy child wants to get recognition from others and feels that he is great and deserves admiration. This showing off behavior can also occur in early childhood, this will certainly be a problem for himself and others in his social environment atmosphere. The method of writing this article used a literature review approach. In this article explained the definition, causes, effects and strategies that can be done by parents and teachers in overcoming show-off behavior in early childhood. It is hoped that parents and teachers can set good examples for children, still give appreciation to whatever children do, always teach children to accept weaknesses and care for others, train children to be able to praise others and provide motivation to children to be able to behave as they should and direct the child to always be kind to everyone by establishing good communication. Keyword: Strategy, Child, Showing off.
Peran Ayah Dalam Mengatasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Speech Delay) sulastri LC
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4363

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ayah dalam perkembangan Bahasa anak (studi kasus pada anak speech delay) di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi pendukung untuk memperkuat kebenaran data. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan di lapangan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa teori perkembangan bahasa anak terbagi menjadi tujuh tahapan dan peran ayah disetiap tahapan tersebut dibagi menjadi empat macam yaitu 1. Membangun kebersamaan dengan anak, 2. Kehadiran ayah untuk anak, 3. Memberi nasehat dan keteladanan kepada Anak, 4. Bertanggung jawab terhadap Anak. Caranya ayah harus melatih anak berbicara,mengajak anak bernyanyi atau mendengarkan musik, mengajak bermain, mengajak anak berjalan-jalan ke tempat-tempat umum,membacakan cerita bergambar atau dongeng, memperkenalkan nama-nama benda sekitar, dan memberikan respon dengan cepat ketika anak berbicara.
Kegiatan Mewarnai Dan Perkembangan Anak Usia Dini nani Husnaini; Jumrah Jumrah
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak usia dini. kegiatan mewarnai dapat menjadi media berekspresi anak, dengan memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginannya yang mungkin akan berbeda dengan pilihan temannya yang lain. Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai juga dapat dijadikan sebagai media untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini, salah satunya aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram, serta manfaatnya terhadap stimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Hasil Penelitian ini memaparkan bawha pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram terdiri dari bentuk-bentuk kegiatan, tahapan kegiatan dan alat/media yang digunakan. Sedangkan pada perkembangan kognitif, beberapa aspek yang dapat distimulasi antara lain adalah mengenal benda berdasarkan fungsi, konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, pengenalan warna, dan konsep berfikir logis.
Konsep Dasar Butir Instrumen Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Eka Damayanti
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4495

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar dari tiap butir yang terdapat dalam Instrument Penilaian Akreditasi (IPA) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tulisan ini merupakan hasil penelusuran dari berbagai sumber terpercaya atau dapat disebut sebagai studi pustaka. Data-data yang didigunakan dalam penelitian ini ialah data data yang berupa karya-karya ilmiah tertulis seperti jurnal, artikel, buku dan karya tertulis lainnya. Fokus tulisan ini memuat dasar konseptual tiap butir penilaian yang kehadirannya dalam mengukur performa satuan PAUD yang digunakan assessor pada saat visitasi. Butir tersebut terdiri dari delapan standar: (1) Standar pencapaian perkembangan anak; (2) Standar isi; (3) Standar proses; (4) Standar kompetensi pendidik; (5) Standar sarana dan prasarana; (6) Standar pengelolaan; (7) Standar pembiayaan; (8) Standar penilaian pendidikan. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif, sehingga membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil penelusuran pustaka menunjukkan bahwa setiap butir yang ada dalam instrument penilaian akreditasi PAUD telah sesuai dengan dasar teori yang ada.
Pengembangan Media Pop-Up Book pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan Syamsuardi Saodi; Hajerah Hajerah; Nur Alim Amri
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4566

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi anak sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajarnya. Kegiatan ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan terhadap guru taman kanak-kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan cara interview dan observasi, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan guru-guru terhadap teori dan praktek pengembangan media pembelajaran pop-up book. Hasil interview dan observasi tersebut ditemukan bahwa guru belum memiliki pengetahuan, cara mengembangkan, dan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pop-up book di kelas. Hasil yang diperoleh dari kemampuan guru telah diberikan perlakuan adalah guru sudah mengetahui bentuk-bentuk media pop-up book, mengembangkan dan menggunakannya dalam proses pembelajaran. Antusiasme guru saat pemberian perlakuan sangat tinggi baik dan memberikan respon yang sangat baik.
Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di Paud Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir ulfa hani fitriyanti; Leny Marlina; fahmi fahmi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4796

Abstract

Metode bermain peran merupakan salah satu cara yang digunakan dalam proses pembelajaran di lembaga PAUD, dimana dalam metode ini anak akan bermain menirukan atau memerankan tokoh-tokoh dan benda-benda sekitar anak sehingga memancing daya imajinasi dan kreativitas anak serta anak lebih memahami peran-peran terhadap m asyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Di PAUD Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitan ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B dengan jumlah sampel 30 anak, teknik pengupulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. setelah dilakukan teknik analisis data, maka diperoleh thitung = 11,21 > ttabel = 1,671, artinya terdapat pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak di PAUD Kalempok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Page 1 of 1 | Total Record : 6