cover
Contact Name
Sri Hastutik
Contact Email
srihastutik@wisnuwardhana.ac.id
Phone
+6285784448848
Journal Mail Official
ekbis_unisla@ac.id
Editorial Address
Jurnal Ekbis : Jurnal Prediksi,Analisis dan Informasi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan is licenced under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan ekbis_unisla@ac.id +6208155554780/+6285784448848
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKSBIS
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekbis : Jurnal Analisis,Prediksi dan Informasi Universitas Islam Lamongan dengan nomor terdaftar ISSN 1979-746X (cetak) dan ISSN 2621-4210 (online) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh Litbang Pemas - Universitas Islam Lamongan. Jurnal Ekbis bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang analisis,prediksi dan informasi seperti manajemen, akuntansi dan ekonomi. Jurnal Ekbis mencakup beragam topik analisis,prediksi dan informasi : manajemen pemasaran, manajemen keuangan,manajemen sumber daya manusia, akuntansi biaya, akuntansi pajak, kewirausahaan, ekonomi mikro dan makro. Jurnal Ekbis diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit (maret dan september )
Articles 117 Documents
ANALISIS PELAYANAN CS ( CUSTOMER SERVICE ) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK DANAMON DI SUKODADI LAMONGAN Yunni Rusmawati; Bhiaztika Ristyanadi
JURNAL EKBIS Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.321 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v19i1.141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, resposivines, tangible, assurance, emphaty, terhadap kepuasan nasabah, secara simultan maupun parsial dan untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Bank Danamon Sukodadi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jumlah sampel 98 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan signifikasi 5% secara simultan dimensi pelayanan CS berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi 0,000 dan F hitung sebesar 194,656. Secara parsial indikator reliabilithy berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,000 dan thitung11,821, responsiviness berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,000 dan t hitung 15,018,tangiable berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,000 dan thitung 6,608,assurance berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,002 dan t hitung3,147,empathy berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,000 dan thitung 4,533. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa semua dimensi pelayanan CS berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah di Bank Danamon Sukodadi Lamongan, adapun dimensi pelayanan CS yang paling dominan berpengaruh adalah Responsiviness. Kata kunci : Pelayanan Customer Service, Kualitas Pelayanan Customer Service, dan Kepuasan Nasabah
KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI MOTOR PENGERAK PEREKONOMIAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TIMUR Abid Muhtarom
JURNAL EKBIS Vol 14, No 2 (2015): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.201 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v14i2.123

Abstract

Berdasarkan kontradiksi pendapat pertumbuhan ekonomi yang berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Pada tahun 2009 pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur sebesar 5,01% sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,55%, dan pada tahun 2010 pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur sebesar 6,68% dan nasional sebesar 6,10%. Kualitas dan kuantitas tenaga kerja merupakan suatu faktor yang mempengaruhi output suatu daerah. Jumlah penduduk yang besar, khususnya penduduk dengan usia produktif, akan meningkatkan jumlah angkatan kerja yang tersedia. Jumlah tenaga kerja yang besar disertai dengan kualitas pendidikan yang Tantangan utama pendidikan di Jawa Timur adalah bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas. Sekitar 55 persen dari tenaga kerja di Jawa Timur hanya mengecap pendidikan Sekolah Dasar. Hal ini juga ditunjukkan oleh angka partisipasi murni (APM) sekolah yang semakin menurun pada tingkat SMP dan SMA.Hasil Survei Angkatan Kerja Nasional yang dilaksanakan pada Agustus 2009 diketahui bahwa pekerja di Jawa Timur mengalami peningkatan sebesar 442,8 ribu orang dibandingkan Agustus 2008. Sejalan dengan peningkatan jumlah pekerja tersebut, maka jumlah pengangguran mengalami penurunan sebesar 262,8 ribu orang (25,43 persen). Penyerapan tenaga kerja perempuan selama Agustus 2008 – Agustus 2009, lebih besar dibandingkan dengan laki-laki, yaitu masing-masing jumlah pekerja perempuan meningkat 228,6 ribu orang dan pekerja laki-laki meningkat sebesar 194,2 ribu orang. Namun demikian, dominasi peningkatan penduduk perempuan yang bekerja umumnya hanya sebagai pekerja keluarga., sehingga peningkatan jumlah tenaga kerja tidak selalu memberikan implikasi yang positif terhadap peningkatan pendapatan pekerja, karena penambahan jumlah tenaga kerja hanya terserap sebagai pekerja keluarga atau membantu  rumahtangga/suami dalam melakukan kegiatan ekonomi yang sifatnya informal. Lebih lanjut, jika melihat status pekerjaan berdasarkan klasifikasi formal dan informal, maka pada Agustus 2009 sekitar 73,12 persen tenaga kerja bekerja pada kegiatan informal (Pemprov jatim, 2010).Keywords: kualitas pendidikan , motor penggerak perekomian ,pertumbuhan ekonomi
PENGARUH ALOKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN JEMBER Laily Chodariyanti
JURNAL EKBIS Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.025 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v15i1.16

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alokasi pendapatan Anggaran dan Kabupaten Belanja (APBD) terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Jember. Metodologi yang digunakan adalah berdasarkan data sekunder dari berbagai sumber resmi sedangkan sampel yang digunakan adalah untuk periode 2004-2013. alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode \ analisis trend dan korelasi bivariat. Hasil analisis jawaban yang diperoleh bahwa penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Jember akan meningkat sementara korelasi antara Pemerintah Kabupaten Jember menghabiskan dengan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Jember sangat kuat dan langsung.Keywords : tenaga kerja, alokasi pendapatan Anggaran dan Belanja Kabupaten (APBD), jember
PERANAN AKUNTANSI PENJUALAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENINGKATKAN INFORMASI PENJUALAN PADA AGEN LPG Ahmad Faishol
JURNAL EKBIS Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.408 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v13i1.114

Abstract

Bahwa perusahaan sistem akuntansi  penjualan yang diterapkan oleh perusahaan masih kurang baik dan masih kurang menjamin, adanya sistem pengendalian intern yang baik pula dan dengan adanya perangkapan tugas/jabatan oleh karyawan bagian keuangan yang juga sebagai petugas administrasi dan skretaris maka hal ini sudah merupakan suatu penyimpangan terhadap sistem pengendalian intern yang berlaku dan hal ini akan mendorong adanya suatu perbuatan yang dapat merugikan perusahaan, misalnya : penyelewengan dan akan terjadi kekeliruan dalam melakukan tugasnya.Dan berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa perusahaan harus menyempurnakan struktur organisasi agar dapat diketahui secara jelas fungsi, wewenang dan tanggung jawab masing-masing bagian serta memperbaiki sistem akuntansi penjualan yang diterapkan oleh perusahaan dengan sistem akuntansi penjualan yang baik serta didukung adanya pengendalian intern yang memadai.Keywords: Akuntansi penjualan, dan Informasi Penjualan
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG Evi Yulia; Edie Sugiarto
JURNAL EKBIS Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.28 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v19i2.170

Abstract

Prilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh banyak masyarakat atau perusahaan diseluru dunia, prilaku konsumen sangat menentukan kemajuan perusahaan, dengan mengetahui prilaku konsumen maka perusahaan dapat menentukan strategi dan konsep untuk memuaskan konsumen, ada banyak faktor faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Demi kesuksesan dan kemajuan perusahaan maka Perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakakukan pembelian keripik singkong dan dapat bermanfaat bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, realibitas, regresi liner berganda dan melakukan analisis faktor tehadap ketiga variabel yaitu variabel individual terdiri dari Sembilan belas sub variabel, variabel lingkungan terdiri dariempat belas sub variabel , dan variabel marketing strategy terdiri dari empat belas sub variabel. Selanjutnya empat puluh tujuh sub variabel akan dianalisis menggunakan analisis factor Berdasarkan hasil penelitian faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian keripik singkong adalah individual, lingkungan dan marketing strategy. Dari hasil penelitian Terbentu lima faktor dari Variabel individual yaitu Faktor persepsi merk, Faktor gaya hidup, Faktor demografi konsumen, Faktor personalia dan faktor kebutuhan dan keinginan konsumen. Terbentuk empat faktor dari Variabel Lingkungan yaitu Faktor situasional, Faktor budaya, Faktor grup tatap muka, dan Faktor social. Terbentuk tiga faktor dari variabel Marketing startegy yaitu Faktor promosi, faktor, produk dan faktor distribusi Berdasarkan penelitian menggunakan total nilai varians pada total variance explaine, factor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian keripik singkong adalah faktor promosi dengan nilai varian paling besar dan tertinggi. Ternyata Penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengemabngan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen maka tekhnologi baru akan diciptakan menyesuaikan selera konsumen.
PENGARUH FASILITAS DAN BRAND IMAGETERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN TERMINAL BAKSO DI KEC LAREN LAMONGAN Dian Rahmad Jaya; Akhlis Priya Pambudi
JURNAL EKBIS Vol 18, No 2 (2017): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.698 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v18i2.153

Abstract

Dalam penelitian ini diambil rumusan masalah sebagai berikut : Apakah terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan dari Fasilitas dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen, dan manakah dari variabel (Fasilitas dan Brand Image) yang paling berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi berganda, koefesien determinasi, uji F dan uji t. Dari pengujian regresi linier dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,163 + 0,454 X1 +0,687 X2 + e. Berdasarkan pengujian secara parsial dapat diketahui bahwa variabel independen (Fasilitas dan Brand Image) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dengan nilai t hitung (2,858) dan (2,249), dan nilai t tabel (1,990). Sehingga nilai t hitung>t tabel (1,990). Dari pengujian secara simultan variabel Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen diperoleh hasil F hitung Sebesar (84,992) dan F tabel sebesar (3.11). jadi secara simultan variabel Fasilitas dan Brand Image juga berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Dari hasil diatas dapat ditarik disimpulkan bahwa variabiel Fasilitas dan Brand Image, baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus memperhatikan Fasilitas dan Brand Image agar konsumen puas dan tetap loyal terhadap perusahaan. Kata kunci : Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen.
ANALISIS POTENSI HASIL PERIKANAN LAUT TERHADAP KESEJAHTERAAN PARA NELAYAN DAN MASYARAKAT DI KABUPATEN LAMONGAN Mohammad Yaskun; Edie Sugiarto
JURNAL EKBIS Vol 17, No 1 (2017): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.315 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v17i1.70

Abstract

Sumberdaya ikan yang hidup di wilayah perairan Kabupaten Lamongan dinilai memiliki tingkat keragaman hayati (bio-diversity) paling tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah; (a) Untuk mengetahui potensi hasil perikanan laut terhadap kesejahteraan para nelayan dan masyarakat di Kabupaten Lamongan tahun 2016, (b) Untuk mengetahui Kontribusi hasil perikanan laut terhadap kesejahteraan para nelayan dan masyarakat di Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah nelayan di Kabupaten Lamongan adalah 17.892 orang, yang dibagi dalam dua golongan yaitu nelayan buruh 14.166 orang dan nelayan juragan atau pemilik 3.726 orang. Jumlah armada tangkap 3.263 buah dan 3.726 buah alat tangkap serta lima pusat pendaratan ikan (PPI).Keywords : Potensi, Hasil Laut, Kabupaten Lamongan
DETERMINASI KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Di Cabang PT. Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Gresik) Abid Muhtarom; Dwi Prayitno
JURNAL EKBIS Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.49 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v19i1.137

Abstract

Dunia Usaha saat ini meruapakan bagian dari ekonomi yang tidak bisa di pisahkan. Adanya permasalahan dunia usaha yang semakin kompleks menjadikan tantangan tersendri bagi para peneliti. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan stimulus dan kebijakan yang tepat baik dari pemerintah ataupun para pengusaha supaya bisa bertahan hidup. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, yang berlandasan positivistic (data kongkrit, data penelitian berupa angka-angka yang akan diukur menggunakan statistik sebagai alat uji perhitungan) (Sugiyono,1014:7). Populasi dari penelitian ini adalah Seluruh pelanggan Laku-laki dan Perempuan yang membeli Ban di Cabang PT. Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Gresik berjumlah 311. Jumlah Sampel ditentukan dengan Rumus Slovin berjumlah 75 responden, yang dalam pengambilan anggota sampel menggunakan teknik sampling insidental (sampling kebetulan) sebagaimana yang dikutip (Umar 1013:78). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas (Sugiyono, 1011:89), Uji Reliabilitas (Sugiyono, 1010:185), Uji Regresi Linier Berganda (Draper Smith yang dikutip Sugiyono, 1011:131), Uji Koefisien Determinasi (Suliyanto, 1011:59), Uji t (Sugiyono, 1015:77) dan Uji F (Gudjarati, 1003:53).Hasil Uji F Dapat diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 78.73731> 1,73 dengan signifikasi 0.000 < 0,05, maka H0 ditolak, sehingga dapat diambil keputusan bahwa secara simultan keseluruhan variabel bebas Kualitas Produk (X1), Kepercayaan Merek (X1), Harga (X3), Kualitas Pelayanan (X4) Dan Promosi (X5) Berpengaruh Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Keputusan Pembelian
EFISIENSI ANGKA PENGANGGURAN MELALUI LULUSAN SMK DENGAN SISTEM PENDIDIKAN BERKARAKTER ( Enabler, Builders dan Engineer) DI JAWA TIMUR Titin Titin
JURNAL EKBIS Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.775 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v15i1.21

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu tempat belajar formal yang di anggap mampu mengatasi masalah seperti yang di sebutkan di atas oleh orang tua murid, karena telah banyak orang tua murid yang mempecayakan anaknya untuk masuk di Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama. Selain di suguhi ilmu secara teori, di SMK juga langsung bisa mempraktekkan ilmu yang di dapat. Dengan demikian, dengan bertambah banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan yang bermunculan di Indonesia di harap bisa merubah karakter generasi muda & karakter bangsa supaya lebih baik lagi. Di samping itu juga bagaimana SMK bisa mengurangi angka pengangguran dan memperbaiki pembangunan di Jawa Timur.Mengacu  pada  rumusan  masalah  yang  akan  di urai  melalui  karya  tulis  ini  tidak  lepas  dari  ruang  lingkup  permasalahan  di atas, yaitu Bagaimana  menumbuhkan  &  menyiapkan pendidikan karakter  generasi  muda  dengan  banyaknya  tantangan  di  era  globalisasi, Seberapa besarkah pengaruh & pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan, dan Bagaimana mengatasi pengangguran yang semakin bertambah sehingga memperlambat laju pertumbuhan & pembangunan bangsa melalui lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.Berdasarkan permasalahan yang telah urai di atas, penulis mempunyai beberapa tujuan, salah satunya adalah Menumbuhkan jiwa generasi muda yang berkarakter, Meningkatkan semangat generasi muda melalui pendidikan karakter, Menciptakan lulusan SMK yang siap bersaing di dunia kerja dan tidak menganggur serta mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur dengan adanya pendidikan karakter di SMK.Keywords : Pengangguran, Lulusan SMK, Pendidikan Berkarakter
ANALISIS EFEKTIVITAS PDAM TERHADAP PENINGKATAN PAD KABUPATEN LAMONGAN (EFFECTIVENESS ANALYSIS PDAM TO INCREASE LOCAL REVENUES IN LAMONGAN) Edie Sugiarto
JURNAL EKBIS Vol 14, No 2 (2015): Jurnal Ekbis : Analisis,Prediksi dan Informasi
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.015 KB) | DOI: 10.30736/ekbis.v14i2.119

Abstract

Hasil perusahaan milik daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan. Hasil perusahaan milik daerah merupakan pendapatan daerah dari keuntungan bersih perusahaan daerah yang berupa dana pembangunan daerah dan bagian untuk anggaran belanja daerah yang disetor ke kas daerah, baik perusahaan daerah yang dipisahkan, sesuai dengan motif pendirian dan pengelolaan, maka sifat perusahaan dareah adalah suatu kesatuan produksi yang bersifat menambah pendapatan daerah, memberi jasa, dan memperkembangkan perekonomian daerah. Bagian Laba Penyertaan Modal BUMD adalah bagian dari Pendapatan asli Daerah yang masuk dalam hasil Kekayaan Daerah yang dipisahkan. Dalam Perencanaan dan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah terdapat istilah Target dan Realisasi.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan kontribusi hasil perusahaan milik daerah (pendapatan perusahaan Daerah) dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Lamongan, Untuk mengetahui efektivitas Laba Penyertaan Modal BUMD di kabupaten Lamongan.Keywords: Laba PDAM , Laba Penyertaan Modal BUMD, Pendapatan Asli Daerah

Page 1 of 12 | Total Record : 117