cover
Contact Name
Nugroho
Contact Email
iqro.web.id@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.dokusid@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. merangin,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Fokus : Jurnal Kependidikan STKIP YPM Bangko
ISSN : 20852843     EISSN : -     DOI : -
Ruang lingkup jurnal FOkus adalah Manajemen Pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan, Sastra, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Fokus terbit dua kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018" : 7 Documents clear
Kemampuan Metakognisi Menulis Mahasiswa Semester II STKIP YPM Bangko S.Pd, Agus Satrian; M.Pd., Elfa Eriyani
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kemampuan metakognisi menulis mahasiswa semester baru STKIP YPM Bangko. Disain survey kuantitatif digunakan dengan melibatkan 71 sampel mahasiswa semester II STKIP YPM Bangko, yang berasal dari enam program studi. Data kemampuan metakognisi mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket skala Likert dengan empat skala. Dengan menggunakan analisis  statistik deskriptif sederhana ditemukan bahwa kemampuan metakognisi menulis mahasiswa termasuk kategori Baik. Kemampuan metakognisi tertinggi ternyata pada aspek aspek evaluasi sesudah menulis, dan aspek terendah yaitu aspek pengetahuan tugas menulis.
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII SMPN Satu Atap 11 Merangin Tahun Pelajaran 2015/2016 Melina, Angra -
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by low student learning outcomes in integrated IPS lesson. Based on the background of the problem, conducted research on improving learning results of integrated IPS using guided inquiry method of students of class VIII SMPN One Roof 11 Merangin 2015/2016 school year. The purpose of this study to determine the use of guided inquiry method is expected to improve the results of learning IPS integrated class VIII SMPN One Atap 11 Merangin. This type of research is a classroom action research (PTK). This study consisted of 2 cycles. Based on the results of this study can be concluded that the use of guided inquiry method can improve student learning outcomes. For that the authors suggest to the integrated IPS teachers to use guided methods of inkuri in the learning process so that student learning outcomes can increase.
Akhlak Islami Tokoh Novel “Ketika Cinta Bertasbih” Karya Habiburahman El Shirazy aryanti, puji tri
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akhlak Islami tokoh novel “Ketika Cinta Bertasbih (KCB)” karya Habiburahman El Shirazy yang.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode content analysis. Data penelitian berupa kata, kalimat dan paragraf yang bermuatan akhlak Islami tokoh pada novel dwilogi KCB 1 dan novel KCB 2  Karya Habiburahman El Shirazy, yang diterbitkan di Jakarta oleh Penerbit Republika pada tahun 2007. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan struktural serta tahapan analisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan akhlak Islami tokoh novel KCB berupa: (1) Akhlak kepada Allah Swt., (2)nakhlak terhadap Al Quran, (3) akhlak terhadap orang tua, (4)akhlak terhadap diri sendiri berupa: Iffah, muhassabah,  mujahadah dan (5) akhlak terhadap sesama muslim berupa menjalin silaturrahim, memenuhi janji atas undangan saudara dan memberikan bantuan harta atau kebutuhan sesama muslim.Kata Kunci: akhlak islami, novel KCB, Habiburahman El Shirazy  
Pengembangan Handout dan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terintegrasi Termoregulasi Tubuh Manusia pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Merangin wulandari, eko; M.Pd, Nurmaliati; M.Pd, Eko Wulandari
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving terintegrasi termoregulasi tubuh manusia pada materi suhu dan kalor yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini diharapkan mampu membuat siswa memahami materi fisika khususnya materi suhu dan kalor.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development).  Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate).
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Merangin u, sri
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Merangin.  Pelaksanaan penelitian direncanakan pada semester Ganjil (semester I) tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII C SMP Negeri 1 Merangin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi dengan 3 kali evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah esay sebanyak 5 soal, sedangkan teknik analisis datanya yaitu dengan statistik sederhana yaitu persentase dan rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I di dapat rata-rata persentase secara keseluruhan aktivitas dalam belajar siswa adalah 73,19% sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa di dapat rata-rata persentasenya adalah 85,716%. Untuk hasil belajar siswa di dapat pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,25, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 81,07. Hal ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 9,82 artinya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP NEGERI 1 Merangin.
Gambaran Aktifitas Pelatihaan Pembuatan Batako Pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Klas II B Bangko Utami, Sri UtamiGambaran Aktifitas Pelatihaan Pembu
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Lapas Klas II B bangko telah berhasil menjalankan program-program life Skill . Salah satunya program kerjanya yaitu pelatihan keterampilan pembuatan batako yang diadakan di  lapas kelas II B Bangko. Tujuan penelitian ini adalah menemukan gambaran aktifitas kegiatan pelatihaan pembuatan batako pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Klas II B Bangko.Berdasarkan analisis data yang diperoleh ditemukan bahwa aktifitas verbal, non verbal dan mental dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan batako sudah dapat dikatakan terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari peserta didik menjawab selalu dan sering pada kuisioner yang dibagikan. Saran yang dapat dikemukakan adalah diharapkan kepada warga binaan untuk dapat meningkatkan aktivitas belajarnya agar menghasilkan penguasaan keterampilan bagus dan berkuliatas dan juga bagi  penyelenggara dan instruktrur pelatihan keterampilan pembuatan batako supaya selalu menarik perhatian belajar pelatihan, dengan cara menggunakan mediamedia, metode dan strategi pembelajaran yang akan membangkitkan perhatian peserta pelatihan sehingga peserta aktif dalam mengikuti segala kegiatan pelatihan keterampilan pembuatan batako.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing Pada Siswa Kelas XB MAN 2 Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2017/2018 Nengsih, Rodiantifitri
FOKUS Vol 5, No 1: JURNAL FOKUS : November 2018
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IPA terbentuk dan berkembang melalui suatu proses ilmiah, yang juga harus dikembangkan pada peserta didik sebagai pengalaman bermakna yang dapat digunakan sebagai bekal perkembangan diri selanjutnya Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses sains digunakan agar mereka menjelajahi dan memahami alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiry terbimbing. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan 4 (empat) tahap dalam PTK yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pelaksanaan Tindakan dilakukan sebanyak 2 (dua) Siklus, setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan proses pembelajaran 1 (satu) pertemuan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi sebanyak 17,57% begitupun hasil bejar siswa menunjukkan peningkatan sebanyak 28,67%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiry terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belaja siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7