cover
Contact Name
Rahmat Hidayat
Contact Email
arjuna1214@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
civitas@stimsukmamedan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen
ISSN : -     EISSN : 2685631X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen adalah jurnal yang memuat hasil penelitian mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma di bidang Manajemen SDM dan Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan topik-topik ilmu manajemen lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020" : 11 Documents clear
Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Usaha Oleh PT. Bank Perkreditan Rakyat Nusantara Bona Posogit 33 Batang Kuis Linda Puspita; Yuni Asri Ningratri
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur kelayakan pemberian kredit usaha sesuai dengan prosedur pada PT. BPR NBP 33 Batang Kuis. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif. Yaitu dengan cara mengumpulkan dan menganalisa data yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. Dimana prosedur kelayakan pemberian kredit pada PT. BPR NBP 33 Batang Kuis dikategorikan kurang baik. Karena dari 5 prosedur pemberian kredit hanya 4 poin yang berdasarkan pertimbangan prinsip 5C. Dimana 4 poin yang berdasarkan analisis prinsip 5C adalah Character, Capacity, capital dan colleteral. Sedangkan prinsip 5C dengan poin condition kurang di analisis. Bagaimana condition of economi sebuah usaha dimasa yang akan datang. Sedangkan pertumbuhan ekonomi yang menurun berdampak pada cara debitur membayar angsuran kreditnya. Sehingga PT. BPR NBP 33 Batang Kuis perlu lebih memperhatikan menganalisis Prinsip 5C pada poin Condition of economi. Lebih menganalisis kondisi kelangsungan ekonomi di masa yang akan datang. Sehingga Bank dapat meminimalisir dan menurunkan tingkat NPL pada PT. BPR NBP 33 Batang kuis Yang semakin meningkat.
Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirtanadi IPA Limau Manis Muharmansyah Muharmansyah; Handri Agus Sukendro
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi IPA Limau manis. Sampel penelitian ini adalah 43 orang karyawan tahun 2018, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t) , sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel disiplin kerja mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada Kinerja karyawan, selain itu secara pasial variabel disiplin kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi IPA Limau manis.
Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi Iin Manisna Nainggolan; Wardayani Wardayani
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan tata kelola dan tanggung jawab sosial sebagai variabel yang memoderasi.. Analisis data menggunakan uji regresi berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji f), dan uji parsial (uji t), sedangkan pengolah data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROE, GCG dan CSR mampu menjelaskan variasi yang ada pada nilai perusahaan, secara simultan kinerja keuangan dengan variabel moderasi GCG dan CSR tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, secara parsial kinerja keuangan juga tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel moderasi GCG memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya GCG mampu memoderasi hubungan antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahan, sementara CSR tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. BPR KBU Tanjung Morawa Ririn Selvia Purba; Husni Mubarak
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. BPR KBU Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel yang dipilih merupakan pelanggan aktif periode bulan juni 2018 sebanyak 187 orang, pengambilan sampel menggunakan Random Sampling yaitu tehnik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada anggota yang ada dalam suatu populasi untuk dijadikan sampel. Analisis menggunakan uji Regresi linier sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2) dan Uji Persial (uji t), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang terdiri dari keandalan, bukti fisik, ketanggapan, jaminan, perhatian mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BPR KBU Tanjung Morawa. Hal ini tersebut dapat memberikan masukan bagi manajemen untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan yang cepat, kemampuan dalam menanggapi keluhan pelanggan serta membuat produk yang inovatif sesuai dengan harapan pelanggan.
Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Insentif terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil BPBD Kota Medan Ester Magdalena Sihombing; Nurlinda Nurlinda
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin dan insentif terhadap kinerja pegawai negeri sipil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap kinerja pegawai negeri sipil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan namun insentif tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai negeri sipil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan serta secara simultan motivasi, disiplin dan insentif berpengaruh terhadap kinerja pegawai negeri sipil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan.
Pelayanan terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan pada Taman Margasatwa Medan Ria Natalia Tamba; Riandani Rezki Prana
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelayanan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan pada Taman Margasatwa Medan. Sampel penelitian ini adalah 200 orang pengunjung. Pengambilan sampel mengunakan random samplingyaitu penentuan sampel yang memberikan kesempatan yang sama pada setiap anggota populasi untuk dijadiakan sampel. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji Parsial (Uji t) dan uji simultan (uji f), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan mampu menjelaskan keberadaanya terhadap variabel peningkatan kunjungan , selain itu secara parsial pelayanan juga berpengaruh positif terhada peningkatan kunjungan, secar simultan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kunjungan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah Ayu Herdilla Putri; Husnaini Husnaini
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang menerima bantuan raskin pada Kantor Desa Medan Sinembah, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), sedangkan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah.
Analisis Sistem Pembiayaan Murabahah Pada KSPPS BMT Amanah Ray Pita Sari; Rusdiono Rusdiono
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembiyaan Murabahah pada KSPPS BMT Amanah Ray Medan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data dokumentasi, yang dilakukan dengan mengumpulkan data dengan mencari informasi berdasarkan dokumen-dokumen perusahaan yang berkaitan dengan penelitian, dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, artinya menggunakan data yang diperoleh melalui informasi yang dapat menggambarkan analisis sistem pembiyaan Murabahah pada KSPPS BMT Amanah Ray. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh bahwa pada sistem pembiyaan Murabahahpada KSPPS BMT Amanah Ray telah menerapkan analisis 5C yaitu, Character, Capacity, Capital, Colleteral, Condition. Pada KSPPS BMT Amanah Ray bahwa terdapat manajemen proses pembiyaan, sistem perhitungan pembiyaan Murabahah, dan transaksi pembiyaan Murabahah pada KSPPS BMT Amanah Ray. Dari hasil penelitian dan pembahasan penulis dapat menyimpulkan bahwa analisis pemberian pembiyaan Murabahah dapat menggunakan analisis 5C.
Pengaruh Kepemipinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Amtek Engineering Batam Evi Jernita Manurung; Riandani Reski Prana
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan dan Komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Amtek Engineering Batam. Sampel penelitian ini adalah 96 orang karyawan PT. AmtekĀ  di Departemen Oral Health Care. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel. Analisis data menggunakan uji Regresi Berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), sedangkan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan komunikasi mampu menjelaskan keberadaanya terhadap variabel kinerja karyawan, selain itu secara parsial kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sementara komunikasi berpengaruh negatif dan bersignifikan terhadap kinerja karyawan, secara simultan kepemimpinan dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Tingkat Kesehatan Perusahaan dengan Metode RGEC pada Perbankan Swasta Nasional yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia (Study Kasus pada Bank CIMB Niaga Tbk) Miswanto Miswanto; Wardayani Wardayani
CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen Vol 2, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menilai tingkat Kesehatan berdasarkan Metode RGEC pada Bank CIMB Niaga selama tahun 2013-2017 berdasarkan data yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah PT. Bank CIMB Niaga, Tbk periode 2013-2017 yang data laporan keuangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tingkat kesehatan bank ditinjau dari aspek RGEC (Riskc Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif rasio. Variabel Risk Profile diukur menggunakan rasio NPL dan LDR, Good Corporate Governance diukur dengan penilaian self assessment dari perusahaan, Earning diukur menggunakan rasio ROA dan NIM, serta Capital diukur menggunakan rasio CAR. Hasil penelitian menunjukkan kesehatan bank CIMB Niaga sesuai standar yang ditetapkan Bank Indonesia, untuk periode 2013 disimpulkan Bank CIMB Niaga berperingkat komposit sangat sehat, periode 2014 peringkat komposit Sehat, periode 2015 peringkat komposit Sehat, periode 2016 peringkat komposit Sehat, dan periode 2017 peringkat komposit Sangat Sehat. Nilai NPL dan LDR yang terus membaik membuktikan bahwa faktor NPL dan LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan perusahaan akibat ditutupnya beberapa kantor pada tahun 2017. Faktor GCG menunjukan telah terlaksananya tata kelola perusahaan dengan baik. Perhitungan ROA dan NIM menunjukan kemampuan bank dalam mencapai laba tidak terlalu tinggi, dapat dilihat dari nilai ROA dan NIM yang selalu berfluktuasi. Serta aspek rasio CAR menunjukan CIMB Niaga memiliki faktor permodalan yang baik yang selalu berada diatas batas minimum Bank Indonesia dan mampu mengelola permodalannya dengan baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11