cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020" : 9 Documents clear
PENGARUH LAYANAN KUALITAS DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN BEKASI UTARA Kurniawan Prambudi Utomo; Supriyanto Supriyanto
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1428

Abstract

The purpose of this research is to know and explain the service quality of employees and organizational culture toward the effect satisfaction of the people in the East Bekasi Sub-District Office in an effort to be in line with implementing the goal of the Bekasi City Governance. That the effect of service quality variables and organizational culture is positive and significant at the level of work satisfaction, so this study answers that the value of the variables are interrelated and have an impact great for employee performance in serving the people of the city of Bekasi.Keywords: Service Quality; Culture; SatisfactionTujuan penelitian mengetahui dan menjelaskan  kualitas layanan pegawai dan budaya organisasi  terhadap kepuasaan masyarakat di Kecamatan Bekasi Utara dalam upaya sejalan mengimplementasi tujuan Pemerintah Kota Bekasi, dapat diketahui bahwa pengaruh variabel kualitas layanan dan budaya organisasi positif dan signifikan pada tingkat kepuasaan masyarakat, sehingga penelitian ini menjawab bahwa nilai variabel saling terkait dan mempunyai dampak yang besar bagi kinerja pegawai dalam melayani masyarakat kota Bekasi.Kata Kunci : Layanan Kualitas; Budaya; Kepuasan
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Dhea Lorenza; Muh Akob Kadir; Herman Sjahruddin
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1544

Abstract

we sought to analyze the impact of capital structure and company size on the profitability of  automotive companies listed on the Indonesian Stock Exchange over the period 2015-2018. The sample in this study consisted of 14 sampling companies using the method sampling. The analytical tool used is a multiple linear regression analysis aimed at analyzing the relationship between capital structure variables and firm size to profitability using SPSS v.25 software.The results show that the capital structure (DER) has a negative effect and the firm's size has no significant effect on profitability. This study has limitations in the number of data units and only uses automotive sub-companies, thus limiting the research. This research has practical implications for investors and management companies in making financial decisions related to observed variables. Previous research has largely analyzed the profitability of the company, this study shows the results of two factors that are tested with similar (negative) results in the modeling so that they can be used as the originality of this study.Keywords: debt to equity ratio; total assets; return on assetKami mencoba menganalisis pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 14 perusahaan dan penarikan sampel yang dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas dengan menggunakan software SPSS v.25.Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa struktur modal (DER) berpengaruh negatif dan ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah unit data dan hanya menggunakan perusahaan sub-sektor otomotif saja sehingga membatasi penelitian ini. Penelitian ini berimplikasi secara praktis kepada investor dan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan keuangan terkait dengan variabel yang diamati. Penelitian terdahulu sangat banyak yang menganalisis profitabilitas perusahaan, penelitian ini menunjukkan hasil dari kedua kausalitas yang diuji dengan hasil yang serupa (negative) dalam suatu pemodelan sehingga dapat digunakan sebagai orisinalitas penelitian ini.Kata Kunci: debt to equity ratio; total aset; return on asset
ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO Satria Setyanugraha; Reza Rahmadi Hasibuan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1475

Abstract

PT. Laxo Global Akses, better known as LAXO, is an Internet Service Provider (ISP) that has official permission to operate nationally in Indonesia. LAXO is also registered as an active member of APJII (Indonesian Internet Service Providers Association). Internet services provided by LAXO include all internet services such as browsing, e-mail, streaming (video / voice), hotspots, VPN (Virtual Private Network), conference meetings, CCTV (closed circuit television) Online Live, VoIP (Voice offer Internet Protocol). This study aims to determine the level of loyalty of consumer satisfaction in providing internet product services issued by PT. Laxo The sampling technique uses random sampling with a total sample of 75 respondents and uses multiple linear regression data analysis. The results of this study are product quality has a significant and positive effect on customer loyalty, service quality has a significant and positive effect on customer loyalty, product design has a significant and positive effect on customer loyalty, price has a significant and positive effect on customer loyalty.Keywords: loyalty; PT. Laxo; Internet PT. Laxo Global Akses, yang lebih dikenal sebagai LAXO, adalah Internet Service Provider (ISP) yang memiliki izin resmi untuk beroperasi secara nasional di Indonesia. LAXO juga terdaftar sebagai anggota aktif APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Layanan internet yang disediakan oleh LAXO meliputi semua layanan internet seperti browsing, email, streaming (video/voice), hotspot, VPN (Virtual Private Network), conference meeting, CCTV (closed circuit television) Online Live, VoIP (Voice offer InternetProtocol). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas dari kepuasan konsumen pada pemberian layanan produk internet yang dikeluarkan oleh PT. Laxo. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden dan menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, desain produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci: loyalitas; PT. Laxo; internet
Pengantar Redaksi dan Daftar Isi JEM Team
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1740

Abstract

Dewan Redaksi, Pengantar Redaksi, dan Daftar Isi
PENGARUH PERSONAL SELLING DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Allicia Deana Santosa; Indyra Dwi Cahyaningtyas
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1484

Abstract

This study aims to determine the effect of the implementation of personal selling and reference groups on consumer purchasing decisions on Honda cars at Pluit Auto Plaza either partially or simultaneously. The method used in this research is descriptive and verification research survey methods. The population of this research is 180 consumers, and the research technique uses purposive sampling of 100 consumers. The analytical method uses calculations, multiple correlation, coefficient of determination, hypothesis testing. The results of research on the effect of the implementation of personal selling, and reference groups on consumer purchasing decisions show fairly good results. The results of the research analysis show the effect of the implementation of selling conditions and reference groups have a positive and significant impact on consumer purchasing decisions on Honda cars at Pluit Auto Plaza, North Jakarta. Hypothesis test results show a simultaneous effect rather than partially. This means that personal selling and reference groups are able to arouse consumers to make purchasing decisions.Keywords: Personal Selling; Reference Groups; Purchasing DecisionsTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan personal selling dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen khususnya pada mobil honda di Pluit Auto Plaza baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini berjumlah 180 konsumen, dan teknik penelitian menggunakan purposive sampling sebanyak 100 konsumen. Metode analisis menggunakan perhitungan, regresi berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis. Hasil penelitian tentang pengaruh pelaksanaan personal selling, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen menunjukkan hasil cukup baik. Hasil analisis penelitian menunjukkan pengaruh pelaksanaan persondal selling dan kelompok referensi berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada mobil honda di Pluit Auto Plaza, Jakarta Utara. Hasil uji hipotesis menunjukan berpengaruh  secara simultan daripada secara parsial. Hal ini berarti personal selling dan kelompok referensi mampu membangkitkan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.Kata Kunci: Personal Selling; Kelompok Referensi; Keputusan Pembelian
PENGARUH EVENT DAN KESADARAN MASYARAKAT KARAWANG TERHADAP MINAT DONOR DARAH DI PMI KABUPATEN KARAWANG Yulianti, Tati; Komalasari, Iis; Sudrajat, Ajat
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1229

Abstract

This study aims to determine, explain and analyze the event and awareness of the Karawang community towards blood donor interest in the Indonesian Red Cross, Karawang Regency. This research was conducted using descriptive and verification methods, the sample in this study was the Karawang community who had done blood donations in the Indonesian Red Cross district. Karawang as many as 100 donors. data collection by distributing questionnaires (questionnaires) and observations, data analysis is done by regression analysis, path analysis, and analysis of the scale range. the results of the study at a significance level of 10% found that,(1) The event had a positive and significant effect on the interest of blood donors in the Indonesian Red Cross in Karawang district (2) Awareness influences the interest of blood donors in the Indonesian Red Cross in Karawang district (3) Event and awareness together positively and significantly influence the interest of blood donors in the Karawang regency's Indonesian Red Cross. The results of the coefficient of determination in this study shows that the decision of donor interest influenced the event and awareness amounted to 72,26636%, while the remaining 27,73364% represents the contribution of another variable (£) which was not examined in this study.Keywords: Event; Awareness; Donor InterestPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis event dan kesadaran masyarakat Karawang terhadap minat donor darah di PMI Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Karawang yang telah melakukan donor darah di PMI kab. Karawang sebanyak 100 orang pendonor. pengumpulan data dengan cara penyebaran kuisioner (angket) dan observasi, analisis data yang dilakukan dengan analisis regresi, analisis jalur, dan analisis rentang skala. Hasil penelitian dalam taraf signifikansi 10% menemukan bahwa, (1) Event berpengaruh positif dan signifikan pada minat donor darah di PMI kab. Karawang (2) Kesadaran berpengaruh terhadap minat donor darah di PMI kabupaten Karawang (3) Event dan kesadaran bersama sama berpengaruh positif dan signifikan pada minat donor darah di PMI kabupaten Karawang. Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa keputusan minat donor di pengaruhi event dan kesadaran sebesar 72,26636%, sedangkan sisanya sebesar 27,73364% merupakan kontibusi dari variable lain (£) yang tidak di teliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: Event; Kesadaran; Minat Donor
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA DOSEN DAN KARYAWAN Sinollah, Sinollah -; Zarkasih, Kholid; Arsyianto, M Tody
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1494

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of: (1) work motivation on the performance of lecturers and employees, (2) work ability on lecturer and employee performance, (3) career development on lecturer and employee performance, (4) motivation, ability, and career development together on the performance of lecturers and employees. This study uses a quantitative approach with a comparative causal research design and data collection through questionnaires. Where the object of research is located at Universitas Islam Raden Rahmat. While the method of data analysis uses multiple linear regression analysis with t test, F test and R2. The results of this study are partially significant influence: 1) work motivation on the performance of lecturers and staff, (2) work ability on lecturer and employee performance, (3) work career development on lecturer performance and, and (4) motivation, ability, and career development together on the performance of lecturers and employees.Keywords: Motivation; Work Ability; Employee Career Development; Employee PerformanceTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: (1) motivasi kerja terhadap kinerja dosen dan karyawan, (2) kemampuan kerja terhadap kinerja dosen dan karyawan, (3) pengembangan karier terhadap kinerja dosen dan karyawan, (4) motivasi, kemampuan, dan pengembangan karier secara bersama-sama terhadap kinerja dosen dan karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausal komparatif dan pengumpulan data melalui kuesioner. Dimana objek penelitian bertempat di Universitas Islam Raden Rahmat. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan R². Hasil dalam penelitian ini adalah secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan: 1) motivasi kerja terhadap kinerja dosen dan karyawan, (2) kemampuan kerja terhadap kinerja dosen dan karyawan,(3) pengembangan karier kerja terhadap kinerja dosen dan, dan (4) motivasi, kemampuan, dan pengembangan karier secara bersama-sama terhadap kinerja dosen dan karyawan.Kata kunci: Motivasi; Kemampuan Kerja; Pengembangan Karier Karyawan; Kinerja Karyawan
PENGUKURAN SELF-BRAND CONGRUITY PADA INDUSTRI KULINER Andina Eka Mandasari; Mohammad Soleh Soeaidy; Ane Kurniawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1405

Abstract

The dynamics in consumer behaviors that are getting smarter requires companies strive to provide the best deals. Consumers are more selective in choosing a brand that suits their desires. When a brand has a strong personality, it will be easy for consumers to adjust to achieve conformity to the brand. Therefore the self-concept and brand personality can be formed in a concept namely Self-Brand Congruity. The purpose of this study is to analyze the factors that are measurements of Self-Brand Congruity which are adapted from self-concept and brand personality. The development of self-concept is done by focusing on the psychological process of consumers which is the main weakness in previous research. The survey was conducted on 178 consumers of Cafes and Restaurants in Tasikmalaya, who are over 18 years of age and have visited more than once. To determine the measurements of the self-brand congruity variables in Cafes and Restaurants in Tasikmalaya City, Confirmatory Factor Analysis is used. The results of this study indicate that each indicator adapted from Brand Personality and Self-Concept can prove to be a measure of Self-Brand Congruity. Therefore, Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication, Ruggedness, Knowledge, Expectation, and Judgement are the factors to measure Self-Brand Congruity.Keywords: self-concept; brand personality; self-brand congruity.Dinamika dalam perilaku konsumen yang semakin cerdas menuntut perusahaan berusaha keras untuk memberikan penawaran terbaiknya. Konsumen lebih selektif dalam memilih merek produk yang sesuai dengan keinginannya. Ketika sebuah merek memilki kepribadian yang kuat maka akan mudah bagi konsumen untuk menyesuaikan diri dalam mencapai kesesuaian diri dengan merek tersebut. Maka dari itu konsep diri dan kepribadian merek ini dapat terbentuk dalam suatu konsep yaitu Self-Brand Congruity. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang menjadi pengukuran Self-Brand Congruity yang diadaptasi dari konsep diri dan kepribadian merek. Pengembangan konsep diri dilakukan dengan memfokuskan pada proses psikologis konsumen yang menjadi kelemahan utama dalam penelitian sebelumnya. Survey dilakukan kepada 178 orang konsumen Café dan Resto di Kota Tasikmalaya yang berusia di atas 18 tahun dan telah melakukan kunjungan lebih dari 1 kali. Untuk mengetahui pengukuran dari variabel self-brand congruity pada Café dan Resto di Kota Tasikmalaya digunakan alat analisis Confirmatory Factor Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap indikator yang diadaptasi dari Kepribadian Merek dan Konsep Diri terbukti dapat menjadi pengukur Self-Brand Congruity. Oleh karena itu, ketulusan, kegembiraan, kemampuan, kecanggihan, kekerasan, pengetahuan, harapan, dan penilaian  merupakan faktor-faktor untuk mengukur Self-Brand Congruity.Kata Kunci: konsep diri; kepribadian merek; self-brand congruity.
MINAT PENGGUNAAN OVO DI KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY Wendy Suhendry
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v6i1.1542

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the factor of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition have a positive effect on intention to use OVO. The research location is in Pontianak. This research is an explanatory research with research variables consist of independent variables that factor performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition and the dependent variable is intention to use OVO. The sampling technique is accidental sampling method, combined with the snowball sampling method. The collection of data through questionnaires. Methods of data analysis using Multiple Regression Analysis. The results of this study are expected to contribute to the development of science, particularly theories of consumer behavior in intention to use OVO relating to the identification of factors that affect the intention to use OVO. The results showed that the variables of performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating condition simultaneously influence the variable intention to use OVO. This indicates that the four variables influencing factor of intention to use OVO. Keywords: e-wallet; OVO; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah faktor harapan kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), dan kondisi pendukung (facilitating condition) mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat penggunaan OVO. Lokasi penelitian yang dipilih adalah kota Pontianak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory dengan variabel penelitian yang terdiri atas variabel bebas yaitu faktor performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating condition serta variabel terikat yaitu minat penggunaan OVO. Adapun teknik pengambilan sampling adalah metode sampling aksidental yang dipadukan dengan metode snowball sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya teori-teori perilaku konsumen dalam minat penggunaan OVO yang berkaitan dengan pengidentifikasian faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan OVO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating condition secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel minat penggunaan OVO. Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut mempengaruhi faktor minat penggunaan OVO. Kata Kunci: e-wallet; OVO; Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Page 1 of 1 | Total Record : 9