cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 43 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 43 Documents clear
Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Pengukuran Firdaus Firdaus; Haerul Pathoni; Alrizal Alrizal
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran yang diperlukan pada materi pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang telah mempelajari materi pengukuran. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari pengisian lembar observasi awal dan angket analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi pengukuran masih belum dapat menjelaskan konten pembelajaran secara rinci, baik dari segi materi maupun visualisasi, dan media yang digunakan masih belum mampu meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Hasil analisis angket kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep, menjelaskan konten pembelajaran secara rinci dan dilengkapi dengan konten yang menarik.
Analisis Hukum Termodinamika pada Pembuatan Batu Bata di Magelang, Jawa Tengah Intan Zahrani Mufidah; Eli Trisnowati; Keisya Meifiyanti Salsabila; Choirul Muniroh; Fitri Dea Mawa Risqi; Rizki Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1053

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena memiliki alasan utama untuk mengetahui peran pengusaha batu bata dalam kegiatan pengembangan SDM di daerah Magelang Jawa Tengah, dimana usaha batu bata yang dijalankan memiliki peran penting dalam distribusi dan pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mengidentifikasikan hukum termodinamika pada proses pembuatan batu bata. Penelitian ini dilakukan di pabrik batu bata sederhana yang terletak di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan study literatur yang berhubungan dengan termodinamika yang terdapat dalam proses pembuatan batu bata. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pada proses pembuatannya menggunakan konsep hukum II termodinamika pada pembakarannya yaitu proses perpindahan kalor secara radiasi dan konduksi. Selain konsep termodinamika terdapat unsur STEM dalam pembuatan dan pembakaran batu bata yaitu secara manual dan mesin. Kalor juga berpengaruh dalam pembakaran batu bata dalam pengembangan usaha daerah, semakin banyak kalor yang dihasilkan maka waktu yang digunakan untuk pembuatan batu bata menjadi semakin cepat, sebaliknya apabila kalor yang dihasilkan sedikit maka waktu pembuatan batu bata menjadi semakin lama. Penelitian ini signifikan sebab dapat menambah wawasan para pembaca terutama pada materi termodinamika dan meningkatkan proses pembuatan batu bata ini supaya dapat berkembang lagi seiring meningkatnya zaman yang sudah modern ini.
Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Virtual Laboratory Tema Bagaimana Tumbuhanku Bisa Hidup terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Muhammad Ridwan; Liska Berlian; Adi Nestiadi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1087

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, sangat diperlukan kegiatan penunjang berupa praktikum maupun eksperimen di laboratorium. Pandemi Covid-19 menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran yang membuat minat belajar siswa menurun. Pembelajaran dilakukan secara Hybrid yang mengakkibatkan tidak terlaksananya praktikum dikarenakan keterbatasan waktu dan alat penunjang praktikum yang sult didapatkan, terutama pada materi tema bagaimana tumbuhanku bisa hidup. Praktikum IPA sangat penting untuk dilaksanakan, karena dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi IPA. Maka dari itu, perlu diadakannya pengembangan praktikum IPA berbasis virtual laboratory yang bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, dan mendeskripsikan tingkat efisiensi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan 4D. Praktikum IPA berbasis virtual laboratory tema bagaimana tumbuhanku bisa hidup terhadap minat belajar siswa kelas VIII mencapai kategori “sangat valid” dengan rata – rata persentase nilai keseluruhan adalah 89,31% yang didapat dari seluruh validator, validasi ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 77,28% dengan kategori “Valid’, validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 93,27% dengan kategori “Sangat Valid” dan validasi guru IPA SMP memperoleh nilai sebesar 97,39% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil tingkat efisiensi dari praktikum ipa berbasis virtual laboratory memperoleh nilai persentase sebesar 89,14% dengan kategori “Sangat Efisien”.
Penilaian dan Evaluasi Media Flipbook Digital Berbasis Pendekatan STEAM dengan Instruksional ADDIE pada Materi Keseimbangan Ekosistem Ririn Novelina; Herlinda Herlinda; Rian Vebrianto; Aramudin Aramudin; Mery Berlian
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1099

Abstract

Era abad 21 seperti saat ini kian berkembang membuat media semakin berinovasi sesuai saat ini industri 4.0. perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang wajib untuk diterapkan, agar siswa mampu berkembang sesuai dengan kompetensi abad 21. Maka penelitian ini menilai dan mengevaluasi media flipbook digital berbasis pendekatan STEAM dengan instruksional ADDIE pada materi keseimbangan Ekosistem. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini melibatkan 5 pakar memvalidasi media tersebut menggunakan instrumen validasi media. Menilai praktikalitas menggunakan instrumen praktikalitas media, untuk melihat keefektifan media tersebut dengan melibatkan 30 orang siswa dan 15 guru sesuai dengan keilmuan data. Pengumpulan data dengan pertemuan langsung. Data dianalisis menggunakan spss secara deskriptif untuk mengembarkan hasil dari penilaian media tersebut. Hasil dari penelitian validasi media diketahui 4,15 dengan kategori baik, sedangkan untuk isntrumen praktikalitas guru diketahui 4,23 dengan kategori sangat baik dan siswa 4,13 kategori baik. diharapkan media flipbook digital berbasis pendekatan STEAM dengan instruksional ADDIE media flipbook layak untuk dijadikan referensi oleh guru tingkat sekolah dasar dalam pembelajaran IPA terutama pada materi keseimbangan ekosistem, untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dan keterampilan kreatifitas siswa.
Pengembangan E-Module Berbasis Inkuiri Terstruktur untuk Melatih Keterampilan Argumentasi Siswa SMP/MTs Selpi Susilawati; Sistiana Windyariani; Gina Nuranti
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1107

Abstract

Tantangan pembelajaran abad ke-21 untuk meraih keenam kecakapan dengan istilah 6C, yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Salah satu di antara keterampilan tersebut adalah keterampilan berkomunikasi yang efektif. kualitas keterampilan argumentasi peserta didik di Kabupaten Sukabumi masih rendah, mayoritas siswa masih berada pada level 1 dengan presentase tertinggi yaitu 38%, sehingga perlu di kembangkan lebih lanjut Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-module berbasis inkuiri terstruktur untuk melatih keterampilan argumentasi pada materi sistem pernapasan manusia. Metode pada penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, Evaluation). Subjek yang diambil adalah 21 peserta didik kelas VIII MTs Tunas Harapan Bangsa nyalindung. Instrumen yang digunakan diantaranya validasi materi, media, dan bahasa, soal pretest dan postest. Lembar skala sikap, serta lembar tanggapan peserta didik. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan meliputi (1) validasi ahli materi, media dan bahasa menunjukan kategori sangat valid 89,5%, (2) uji efektivitas pada perhitungan N-gain menunjukan nilai 0,59 pada kategori sedang, (3) lembar skala sikap menunjukan bahwa siswa sudah memiliki keterampilan argumentasi yang sangat baik berada pada persentase 89,2%, dan (4) uji tanggapan yang dilakukan pada peserta didik menunjukan bahwa e-module sangat valid digunakan berada pada kategori 81,88%. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan e-module berbasis inkuiri terstruktur menggunakan model ADDIE dapat melatih keterampilan argumentasi dan layak digunakan pada proses pembelajaran serta menjadi penting dilakukan hal ini berkaitan dengan melatih keterampilan argumentasi dan meningkatkan pemanfaatan teknologi serta daya tarik peserta didik.
Analisis Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Kemagnetan dan Pemanfaataannya Rahmadini Istiqomah Alwahdah; Supardi US
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1111

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan pada mata pelajaran IPA di SMPI Binakheir yaitu 72, dari data base peserta didik diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih dalam kategori rendah dengan jumlah peserta didik yang mencapai KKM hanya 59%. Materi kemagnetan dan pemanfataanya pada kelas IX SMP merupakan salah satu materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tetapi hasil belajar peserta didik pada materi ini masih dalam kategori rendah. Pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu melatih peserta didik untuk memiliki pengetahuan yang baik mengenai materi tersebut, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berakar pada pemenuhan kebutuhan peserta didik baik dari segi kesiapan belajar, minat, atau profil belajar peserta didik dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik IX di SMP Islam Binakheir yang berjumlah 36 peserta didik. Tempat pelaksanaan penelitian di SMP Islam Binakheir, dan penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2023 – 31 Januari 2023. Satu siklus membutuhkan satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 70 menit (2 x 35 menit). Instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian di lapangan yaitu tes tertulis. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari ketuntasan belajar pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya di tes awal jumlah peserta didik yang tuntas hanya 28%, pada siklus I meningkat menjadi 44% pada kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 86%.
Analisis Argumentasi Ilmiah Toulmin dalam Media Animasi Audio Visual Anime Moyashimon pada Materi Bioteknologi Dliya Yustika Mardani; Aa Juhanda; Gina Nuranti
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1113

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan keterampilan yang perlu dibekalkan kepada peserta didik. Melatihkan keterampilan argumentasi ilmiah dapat dibantu dengan memanfaatkan media animasi berbasis audio visual. Namun demikan analisis media penting dilakukan sebelum media animasi digunakan untuk mengetahui apakah media yang tayangkan mengandung kompone-komponen argumentasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan komponen argumentasi ilmiah dalam media audio visual anime Moyashimon sesi 1 episode 2, 3, dan 5 pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen yang memuat informasi seperti cuplikan cuplikan, deskripsi, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis model Toulmin dalam bentuk persentase. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakkan data primer berupa anime Moyashimon sesi 1 dan data sekunder yaitu literatur yang mendukung data primer tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam anime Moyashimon sesi 1 episode 2, 3, dan 5 terdapat cuplikan yang menunjukkan kesesuaian dengan kurikulum berdasarkan Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Analisis konsep bersumber pada studi literatur yang mendukung. Kemudian pada analisis komponen argumentasi ilmiah dalam media audio visual anime Moyashimon sesi 1 pada materi bioteknologi menunjukkan persentase frekuensi kemunculan cuplikan komponen Claim sejumlah 25%, Warrant sebesar 30%, Data 25% dan Backing 20%.
Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Putri Nur Solichah; Dhita Ayu Permata Sari
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1117

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang memiliki bobot yang relatif lebih besar dibandingkan tiga kecakapan yang menjadi fokus pendidikan abad ke-21. Sementara, hasil survei PISA tahun 2018 oleh OECD menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Padahal kemampuan ini diperlukan untuk memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan respons siswa terhadap model learning cycle 5E. Aspek kemampuan berpikir kritis yang diteliti, yakni interpretasi, inferensi, analisis, eksplanasi, evaluasi dan regulasi diri. Rancangan pada penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design, dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa SMPN 1 Mojowarno. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan ditandai dengan hasil perhitungan rata-rata N- gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Rata-rata respons siswa terhadap pembelajaran yang termasuk kategori sangat setuju sebesar 86%, yang berarti bahwa siswa memberikan respons positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII pada materi getaran dan gelombang. Karena penelitian ini hanya berfokus pada materi getaran dan gelombang, disarankan penelitian selanjutnya menggunakan materi lain.
Kemampuan Literasi Sains Berbasis Gender Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul pada Konsep Ekosistem Siti Nurrachmatia Azizah; Aa Juhanda; Sistiana Windyariani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1120

Abstract

Salah satu kemampuan literasi abad 21 adalah literasi sains. Literasi sains siswa Indonesia dari tahun 2000 hingga 2018 masih di bawah rata-rata, menurut PISA 2018. Ini karena literasi, yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, tetapi kurang mendapat prioritas di ruang kelas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil ujian literasi sains siswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain tipe one-group pre-test post-test design. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja anak laki-laki dan perempuan berbeda dalam tes literasi sains. Pada kategori sangat baik, nilai literasi sains siswa laki-laki sebesar 69, sedangkan pertumbuhan literasi sains siswa putri sebesar 83 juga sangat baik. Berdasarkan perbedaan tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa perempuan mendapatkan lebih banyak meningkat daripada siswa laki-laki dalam hal literasi sainsnya.
Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Ro’fatul Izzah; Dhita Ayu Permata Sari
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 3 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i3.1123

Abstract

Hasil riset PISA tahun 2018 menujukkan kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Padahal kemampuan ini penting di abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model discovery learning. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-expermental design dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest postttest design. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-H SMPN 1 Mojowarno yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kritis meningkat dengan hasil uji t-berpasangan diperoleh sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan mengindikasikan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah pembelajaran discovery learning, Perhitungan Effect Size sebesar 0,98 dengan kategori ukuran signifikansi perbedaan yang sangat besar. Kesimpulannya yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Mojowarno pada materi sifat-sifat cahaya. Siswa memberikan respon positif yang baik terhadap pembelajaran dan keterlaksanaan pembelajaran berjalan efektif. Karena penelitian hanya berfokus pada materi sifat-sifat cahaya, disarankan penelitian selanjutnya menggunakan materi lain.