cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017)" : 10 Documents clear
Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA melalui NHT Kelas IV SD Negeri 3 Linggasari Wulandari, Mey Prihandani; Rahayu, Sudi
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.161 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah mengikuti metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran melalui metode Cooperative Learning model NHT dapat: (1) meningkatkan kualitas proses belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek kerjasama siswa (siklus I: 2 kelompok, siklus II: 9 kelompok) dan pada aspek frekuensi bertanya (siklus I: 12 siswa, siklus II: 32 siswa). (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek prestasi ketuntasan belajar (siklus I: 14 siswa, siklus II: 36 siswa), pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran (siklus I: 16 siswa, siklus II: 36 siswa puas), pada aspek rasa ingin tahu tinggi (siklus I: 12 siswa, siklus II: 36 siswa)
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI CERITA ISLAMI DI KELAS III MI MAARIF NU 01 TRITIHKULON Al Halim, A.Adibudin
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.303 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kompetensi dasar akhlak terpuji melalui Cerita Islami di kelas III MI Maarif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas III MI Maarif NU 01 Tritihkulon yang dilatarbelakangi masalah rendahnya prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlak terpuji. Rendahnya prestasi belajar peserta didik dikarenakan kurangnya media/metode ketika pembelajaran berlangsung, sehingga peserta didik sulit memahami materi pelajaran akhlak terpuji. Guru hanya mengandalkan buku paket, papan tulis, dan metode ceramah dalam penyampaian materi. Untuk menjawab tuntutan tersebut peneliti menggunakan metode cerita guna mengatasi keterbatasan peserta didik dalam memahami materi akhlak terpuji dengan menerapkan metode cerita Islami pada setiap siklus pembelajaran (2 siklus), sehingga materi pelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Dengan hal tersebut diharapkan prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlk terpuji dapat meningkat.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar akhlak terpuji melalui pengamatan ini menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Sebelum diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (pra siklus) persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai angka 48,39% dengan rata-rata kelas 50,64, pada siklus I meningkat menjadi 51.6% dengan rata-rata kelas 67,48, pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata 80,19 yaitu setelah pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode Cerita Islami.
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Kertas Lipat pada Siswa Kelas IVB MI Ya BAKII Kesugihan 01 Tahun Pelajaran 2013/2014 Munirriyanto, NFN
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.288 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA setelah mengikuti metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Linggasari tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran melalui metode Cooperative Learning model NHT dapat: (1) meningkatkan kualitas proses belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek kerjasama siswa (siklus I: 2 kelompok, siklus II: 9 kelompok) dan pada aspek frekuensi bertanya (siklus I: 12 siswa, siklus II: 32 siswa). (2) meningkatkan kualitas hasil belajar IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya, yaitu pada aspek prestasi ketuntasan belajar (siklus I: 14 siswa, siklus II: 36 siswa), pada aspek rasa kepuasan terhadap pembelajaran (siklus I: 16 siswa, siklus II: 36 siswa puas), pada aspek rasa ingin tahu tinggi (siklus I: 12 siswa, siklus II: 36 siswa)
PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA ORGANISASI DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA Muntaqo, Rifqi; Al Halim, A.Adibudin
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.195 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara jelas tentang peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan budaya organisasi. Peranan budaya organisasi dalam suatu organisasi adalah untuk memperbaiki kinerja, komitmen warga organisasi, serta membuat suasana kekeluargaan, kolaborasi, ketahanan belajar, semangat terus maju, dorongan bekerja keras, dan tidak mudah mengeluh. Hal ini kemudian akan membentuk budaya yang kondusif bagi organisasi, seperti terciptanya budaya profesional, budaya positif, budaya terbuka dan suasana yang menyenangkan diantara warga organisasi. Dengan terciptanya budaya organisasi yang kondusif akan sangat mudah meningkatkan mutu pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan antropologi dan teori organisasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pengujian keabsahan data melalui pengamatan terus menerus dan trianggulasi sumber dan metode. Analisa data menggunakan model interaktif, meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan budaya organisasi di MA Ali Maksum sangat menunjang peningkatan mutu pendidikan. Unsur-unsur budaya organisasinya, yakni: (1) asumsi dasar dimanifestasikan pada sejarah, visi, misi tujuan dan lambang madrasah. (2) nilai-nilai organisasi dimanifestasikan dengan budaya mutu, seperti; pemahaman makna sejarah, visi, misi, tujuan dan lambang, kemudian diteruskan pada pelaksanaan proses, layanan, lingkungan dan SDM yang berorientasi pada mutu. Budaya disiplin yang diterapkan warga madrasah memberikan sumbangsih pada perbaikan karakter warga madrasah untuk taat aturan meskipun masih terdapat 10-15% siswa yang kurang disiplin. Budaya kerja keras yang diterapkan bertujuan agar warga madrasah dapat memberikan kinerja yang maksimal. (3) artefak yang dapat dilihat dari kondisi fisik gedung, lingkungan dan seragam yang digunakan siswa merupakan unsur budaya yang kasat mata. Faktor kepemimpinan kepala madrasah, kondisi fisik dan sarana prasarana, keberadaan peraturan dan tata tertib merupakan faktor pendukung budaya organisasi di MA Ali Maksum, sedangkan kurangnya pemahaman siswa terhadap sejarah, visi, misi dan tujuan madrasah, kurang harmonisnya hubungan antar guru serta pendayagunaan sarana prasarasana yang kurang maksimal serta tersentralisasinya dana pada pihak yayasan merupakan faktor penghambat budaya organisasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ali Maksum.?
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V Triadi, Razak Akbar
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.08 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis narasi.pendekatan yang digunakan adalah Contextual Teaching and Learning(CTL).Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat diambil simpulan bahwa dengan pendekatan CTL siswa dapat berpikir kreatif dan membangun pengetahuan secara mandiri melalui kegiatan memecahkan masalah yang ada di lingkungannya.
Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Cilacap Tahun Ajaran 2015 / 2016 Wibowo, Rakhmat
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.014 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Tritihkulon Cilacap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ma?arif NU 01 Tritihkulon Cilacap sebanyak 216 siswa yang terbagi kedalam 6 kelas. Sampel sebanyak 1 kelas dengan siswa sebanyak 36 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data digunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Analisis butir soal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan daya pembeda. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda.Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan analisis korelasi sederhana dan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,279871 dan thitung sebesar 1,699842 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%, db = 34 yaitu sebesar 1,684. Diperoleh juga persamaan regresi linear 9,53468 + 0,099296X1. Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan analisis korelasi sederhana dan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,28962 dan thitung sebesar 1,764791 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%, db = 34 yaitu sebesar 1,684. Diperoleh juga persamaan regresi linear 9,78494793 + 0,098063916X2. Motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika (Y) dengan analisis korelasi ganda dan uji-F diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,413364 dan Fhitung sebesar 3,400374 sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 5% db: V1 = 2 dan V2 = 33 yaitu sebesar 3,28.melalui persamaan regresi linear ganda 10,33197 + 0,140403X1 + 0,05502X2 dengan koefisien determinasi ganda sebesar 17,087%, ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar matematika sebesar 17,087%.?
Teknik Melanjutkan Cerita dapat Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Kelas IV SD Negeri 1 Tinggarjaya Winandika, Gigih; Sutopo, Kuat
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.897 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata meningkatkan kreativitas dari siklus I yakni 59,03% meningkat pada siklus II menjadi 87,53%. Nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa pada siklus I yaitu 45,95% dan nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa siklus II meningkat menjadi 86,61%
Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Dwiyanti, Aris Naeni
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.094 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa. Media yang digunakan adalah media berbasis kearifan lokal. Gamelan dipilih sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar sebanyak 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, analisis angket dan analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t. hasil analisis angket menunjukkan bahwa 95% siswa merespon positif dengan pembelajaran ipa berbasis kearifan lokal dengan menggunakan media gamelan. Nilai thitung 0,595 lebih kecil dari nilai ttabel 2,00 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Peningkatan Motivasi Siswa dalam Berdiskusi IPA Menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis Komputer Riwanto, Mawan Akhir; Setianingsih, Umi
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.133 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini : 1) meningkatkan motivasi diskusi siswa dalam pembelajaran materi energi alternatif dengan menggunakan media pendamping diskusi yaitu Teka Teki Silang (TTS) yang di sajikan dalam bentuk digital; 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen RPP, lembar observasi, dokumentasi, tes, dan angket balikan siswa.? Data diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian : 1) Motivasi siswa dalam berdiskusi meningkat dengan digunakannya media pendukung berupa Teka Teki Silang (TTS) digital; 2) Capaian hasil belajar siswa meningkat dengan digunakannya media pendukung berupa Teka Teki Silang (TTS) digital
MENANAMKAN JIWA ANTI KORUPSI ANAK BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER Albab, Ulil
PANCAR Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.196 KB)

Abstract

Hampir setiap hari kita melihat dan mendengar berita tentang korupsi baik di media masa maupun elektronik. Anak-anak sampai orang dewasa dapat dengan mudah mengakses berita tersebut. Namun, tanpa disadari hal itu justru akan menimbulkan dampak negatif kepada anak-anak yang cara berfikirnya masih abstrak, terutama pada pengeroposan karakter. Anak bangsa yang notabene merupakan calon penerus dan pemimpin bangsa, jika karakter mereka tidak dibimbing dan diarahkan sejak dini maka ditakutkan nantinya mereka akan terpengaruh oleh lingkungan dan budaya- budaya yang tidak sesuai dengan aturan- aturan dan norma- norma yang berlaku dan diharapkan. Modus korupsi yang dulunya sekadar ?salam tempel? sekarang menjadi semakin canggih dan sistemik mulai dengan rekayasa anggaran, bagi-bagi cek perjalanan, penggunaan kata sandi (password) apel Malang dan apel Washington, pengadaan kredit fiktif, manipulasi proyek, manipulasi data pajak, dan lain-lain modus operandi korupsi. Amanat Undang-Undang No. 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional Indonesia menyebutkan bahwa pengembangan karakter seperti beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab menjadikan fungsi dan tujuan yang harus dicapai dalam proses pembelajaran di sekolah Melihat fenomena korupsi yang semakin marak, membudaya, canggih, bahkan mampu melakukan regenerasi dengan lahirnya koruptor-koruptor muda, memang sudah sangat mendesak untuk adanya penanaman jiwa anti korupsi pada anak bangsa melalui pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Artinya, ada keinginan kuat agar pendidikan (sekolah) mampu memberikan kontribusi output siswa didik yang mempunyai integritas tinggi dan mampu menjadi penggiat anti korupsi di tengah masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10