cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)" : 6 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI Avy Anggraeni
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.611 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan penelitian dan mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VI materi Pemanfaatan Kondisi Geografis di Asia Tenggara yang terdapat pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi dari model pengembangan Brog & Gall yang meliputi 10 langkah pengembangan yakni penelitian & pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk pendahuluan, uji coba lapangan awal, revisi terhadap produk awal, uji coba utama didasaran pada hasil uji coba pendahuluan, revisi produk operasional, uji coba perasional, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase 77,08% dengan kriteria sangat layak digunakan, ahli media mendapatkan rata-rata persentase 75% dengan kriteria layak digunakan, ahli bahasa mendapatkan rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian kelayakan produk oleh guru mendapatkan rata-rata persentase 98,44% dengan kriteria sangat layak digunakan, dan siswa mendapatkan rata-rata persentase 94,83% dengan kriteria sangat layak digunakan. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah 88,07% menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VI yang dikembangkan peneliti layak digunakan sebagai alat bantu atau media pembelajaran bagi guru dalam mengajar materi tersebut berdasarkan hasil validasi ahli serta penilaian kelayakan produk oleh guru dan siswa.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membaca Pemahaman Materi Ekstenofik Kelas V Sekolah Dasar Ulfah Rustiawanti
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.786 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mengunakan Powerpoint, menguji kelayakan media pembelajaran oleh para ahli, guru, dan siswa, serta untuk menguji keefektifan media. Model penelitian menggunakan ADDIE Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi produk dari ahli media sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 75% dengan kriteria layak. Pengujian kelayakan media dilakukan di SD N Kalisabuk 01 dengan jumlah 27 siswa memperoleh nilai sebesar 94,6 dengan kriteria sangat layak dan 1 guru kelas memperoleh nilai 97,5% dengan kriteria sangat layak. Pengujian keefektifan produk pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Pretest Posttest Group Design yang dilakukan dengan uji-t (T Test). Hasil yang diperoleh pada nilai signifikan 2-tailed adalah 0,00 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan membaca pemahaman kelas V Sekolah Dasar.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Gaya dan Gerak menggunakan Model Inkuiri, Intellectualy, Stick Radiansyah; Eka Oktaviani
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.17 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV semester genap SDN 1 Padang Luas Tanah Laut Kalimantan Selatan tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik 13 orang yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidik mengajar menggunakan model Inkuiri, Intellectualy, Stick mengalami perbaikan di setiap pertemuan dan memperoleh kriteria sangat baik. Perbaikan kualitas pendidik dalam mengajar berdampak baik pada peningkatan aktivitas peserta didik yang memperlihatkan peningkatan dari pertemuan I yang memperoleh kriteria kurang aktif, meningkat sehingga pada pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas peserta didik berdampak pula pada hasil belajar, sehingga hasil belajar peserta didik secara klasikal mulai pertemuan I memperoleh 31%, kemudian meningkat pada setiap pertemuan sehingga pada pertemuan IV mencapai 100%.
Motipdyta Sebagai Alternatif Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Daerah Terkendala Jaringan Hasan Triyakfi
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.176 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan memberikan gambaran mengenai alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di daerah terkendala jaringan. Secara lebih mendalam juga memberikan gambaran mengenai efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis tutor sebaya dan penggunaan Handy Talky (HT), atau disingkat dengan Motipdyta (Modified Think Pair Share using Handy Talky). Model analisis pada penelitian ini dilakukan dengan mengikuti empat langkah kajian literatur yaitu pemilihan topik, mencari dan memilah literatur yang sesuai dengan topik, menganalisis dan mensintesis literatur, dan mengorganisasikan tulisan. Hasil dari kajian pustaka menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dimodifikasi dengan lebih menekankan pada pembelajaran tutor sebaya dapat menjadi alternatif solusi dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar jarak jauh. Selain itu juga dapat membentuk karakter kolaboratif dan keterampilan komunikasi siswa. Sementara itu penggunaan Handy Talky (HT) dapat digunakan untuk mengatasi masalah jaringan, baik telekomunikasi maupun internet yang tidak mendukung di daerah terkendala jaringan.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cilibur 04 Pada Materi Sumber Energi Melalui Metode Inquiry Ikaha Nila Sari
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.683 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.185

Abstract

Upaya Meningkatkan Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sumber Energi Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IV SDN Cilibur 04 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020”Hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti tentang sumber energi rendah. Rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajran, penggunaan metode yang kurang tepat Sehinga peniliti merencanakan perbaikan.pembelajaran melalui PTK yang dilaksankan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode inquiyi. Dalam melaksanakan PTK peneliti melakukan beberapa prosedur yakni melalui tahapan, perencanaan, tindakan, mengamati, dan refleksi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar meningkat. Mendapatkan hasil deskripsi secara objektif tentang gejala-gejala dan guru memperbaiki kinerjanya. Dari hasil data yang diperoleh peneliti setelah mengadakan penelitian pada siklus I, keaktifaan siswa mencapai 55,5 % Dan pada siklus II mencapai 88,88% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 55,5%. dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 88% . Perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan melalui II siklus menghasilkan hasil belajar yang optimal. Yang berarti bahwa dengan menggunakan metode inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Bangun Datar Silviana Nur Faizah; Lailatul Munadzifah; Ummu Khairiyah
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.533 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i2.202

Abstract

Pengembangan media Pop-Up Book pada materi bangun datar di MI Falakhiyah Glagah disusun berdasarkan beberapa masalah diantaranya: (1) siswa masih mengalami kesulitan membedakan bentuk datar; (2) belum terdapat media yang mampu menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik; (3) sejauh ini, guru hanya menggunakan lembar kerja dan pertanyaan praktik. Model 4D digunakan untuk pengembangan ini dengan uji coba produk pada siswa kelas IV MI Falakhiyah Glagah, SDN Sugehrejo II, dan MI Asy-Syafi'iyah Sudangan. Prosedur untuk mengembangkan penelitian ini adalah: menemukan permasalahan, merencanakan produk, mengembangkan produk, memvalidasi media, uji coba individu, uji coba kelompok kecil, uji coba besar dan revisi produk. Media Pop-Up Book yang dihasilkan telah divalidasi oleh para ahli material mendapat skor 96,2% (sangat baik), validasi oleh para ahli desain/media mendapat skor 92,2% (sangat baik), validasi ahli bahasa dengan skor 91,6% (sangat bagus), validasi ahli belajar mendapat skor 95,8%, (sangat bagus). Selain media yang dikembangkan, uji coba lapangan juga dilakukan untuk menentukan daya tarik media yang dikembangkan, mendapatkan skor 97,4% (sangat baik). Sehingga disimpulkan media ini layak digunakan pada pembelajaran materi bangun datar di kelas IV.

Page 1 of 1 | Total Record : 6