cover
Contact Name
Putri Hana Pebriana
Contact Email
putripebriana99@gmail.com
Phone
+6285321149444
Journal Mail Official
konselingjpdk@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : ISSN2685     EISSN : 2685936X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Articles 1,557 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling" : 1,557 Documents clear
Implementasi Konstruktivisme dalam Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling Lilis Lilis; Awaluddin Tjalla; Yuevelyn Devina R; Ardiani Febriana
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8075

Abstract

Teori konstruktivisme menyatakan bahwa manusia adalah pembuat makna dalam hidupnya dan membangun realitasnya sendiri. Dalam berbagai pendekatan konseling yang berada di bawah payung filsafat konstruktivisme, konseli dipandang sebagai partisipan aktif yang menciptakan dan menentukan jalan hidupnya sendiri. Bimbingan konseling dalam prespektif konstruktivisme tidak berfokus pada hal yang salah dengan konseli, tetapi memperhatikan kekuatan seesorang, seperti potensi, tujuan, harapan, dan impian konseli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan memberikan gambaran mengenai bagaimana implementasi teori konstruktivisme dalam praktik bimbingan konseling di MTs Al-Hakim Caringin Kabupaten Sukabumi. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pendekatan kontruktivisme dalam layanan bimbingan konseling di MTs Al-Hakim Caringin Kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan mempraktikkan beberapa pendekatan konseling konstruktivisme yaitu Solution Focused Brief Therapy, Emotional Focused Therapy dan therapy Naratif. Pendekatan-pendekatan tersebut dilaksanakan guru Bimbingan Konseling dengan berfokus pada Kekuatan atau potensi yang dimiliki oleh konseli dan berfokus pada masa depan dan optimis terhadap kemampuan konseli dalam membuat perubahan yang positif dan lebih baik ke depannya.
Problematika Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAK Masa Pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo Rinaldus Tanduklangi
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika penerapan pendekatan saintifik versi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAK pada masa pandemi di SDN 256 Inpres Sangpolo. Masa pandemi adalah masa di mana aktivitas pembelajaran berlangsung dari jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Kesulitan pembelajaran di masa pandemi sangat terasa dan berdampak pada implementasi kurikulum yang sedang berlaku. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional yang mengusung pendekatan pembelajaran saintifik menjadi sulit diterapkan. Akses dan infrastruktur pembelajaran sangat terbatas dan tidak mendukung pendekatan saintifik diterapkan dengan maksimal. Dari hasil kajian yang telah dilakukan ditemukan bahwa problematika penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAK di masa pandemi cukup beragam, mulai dari faktor model pembelajaran, infrastruktur pembelajaran, kemampuan guru mengolah pembelajaran, kesiapan siswa dalam belajar sampai pada strategi pembelajaran yang diterapkan. Problematika tersebut sangat sulit diatasi sehingga selama pembelajaran daring berlangsung, pendekatan saintifik tidak lagi menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. 
Efektivitas Program Bina Keluarga Remaja (BKR) di Gampong Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat Siti Rahmah Muzdalifah; Nodi Marefanda
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8110

Abstract

Program Bina Keluarga Remaja (BKR) dianggap sebagai kegiatan yang strategis dalam mengusahakan agar terwujudnya sumber daya manusia potensial melalui beberapa upaya dalam meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan keluarga dengan memperhatikan peran orang tua dalam memperhatikan, mengasuh dan membina setiap tumbuh kembang remaja di dalam sebuah keluarga. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Bina Keluarga Remaja (BKR) di Gampong Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat khususnya pada kenakalan remaja. Untuk melihat hal tersebut maka digunakan acuan teori dari Budiani yang berpendapat bahwa ada beberapa hal yang menjadi tolok ukur efektivitas, maka untuk melihat efektivitas suatu program jika telah memenuhi beberapa hal tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan para informan penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program BKR dengan melakukan pembinaan terhadap orangtua dan remaja sudah sepenuhnya berjalan dengan efektif.
Rancangan Program Pelayanan BK Berbasis Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Negeri 2 Bukittinggi (Studi pada Kelas XI Tata Boga) Shonya Syifani; Fuaddillah Putra; Joni Adison
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8111

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rasa malas dan juga tidak ada dukungan dari orang tua yang menyebabkan peserta didik sering menunda dalam membuat tugas dan pada akhirnya bisa berdampak pada prestasi belajar peserta didik menurun. Prokrastinasi yang dilakukan oleh peserta didik ini akan berdampak pada tidak tercapainya hasil belajar yang maksimal dan memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik dan membuat rancangan program layanan konseling tentang faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini peserta didik di SMK Negeri 2 Bukittinggi sebanyak 102 peserta didik. Sampel pada penelitian sebanyak 59 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian tentang faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik peserta didik berada pada kriteria banyak dan berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi untuk Guru BK agar dapat mempergunakan rancangan program pelayanan BK yang telah peneliti rancang untuk kelas XI SMK Negeri 2 Bukittinggi.
Pengaruh Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Anisa sirait; Minar T. Lumbantobing; Lasma Siagian
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control group design yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v dan sampel yang digunakan adalah 52 orang siswa pada sd negeri 091528 Siligason dan sd negeri 091498 Tanah jawa. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa metode diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t paired sample t test dengan bantuan program spss versi 21, berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan membandingkan t_hitung > t_tabel dengan df = (n-1) yaitu nilai t_hitung = 9,078 > t_tabel = 2,008. Dapat disimpulkan Ada Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV.
Pengaruh Bermain Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 121308 Pematangsiantar Niken Sylvia Clara Siagian; Minar T. Lumbantobing; Esti Marlina Sirait
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan/intensitas pengaruh bermain game online terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis survey. Penelitian ini sering menggunakan teknik wawancara, angket atau observasi langsung terhadap objek yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD 121308 dan sampel yang digunakan adalah kelas VI yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling purposive dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat (x) berupa bermain game online , serta variabel bebas (y) berupa Bermain hasil belajar . Teknik pengumpulan data yaitu pemberian angket dan wawancara. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t variable independen dengan bantuan program spss versi 22, Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan didapat data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain game online dengan hasil belajar siswa di SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Hal ini didapat dari nilai thitung -11,184 ? ttabel 2,045, sehingga thitung ? ttabel maka Ha diterima dan kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh negative signifikan terhadap bermain game online (X) terhadap hasil belajar siswa (Y).
Optimization Of The “Karimaca” Community Reading Park As An Alternative Place Of Learning During The Covid-19 Pandemic Dadang Ahmad; Heni Heryani; Deni Herdiana
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8114

Abstract

Taman Bacaan Umum hadir di tengah Masyarakat sebagai tempat alternatif belajar siswa selain sekolah. Sebagai salah satu pendidikan nonformal taman baca Masyarakat dinilai sangat strategis sebagai ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Apalagi pada situasi pandemi Covid-19, Taman Bacaan Publik bisa dijadikan sarana belajar siswa ketika siswa tidak bisa mengikuti proses pembelajaran seperti biasa di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pengelolaan, kendala dan solusi yang ada di TBM Karimaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan studi menunjukkan bahwa Taman Bacaan Umum sangat bermanfaat bagi siswa sebagai sarana belajar selama pandemi Covid-19.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Subtema 3 Kelas V SD Swasta HKBP Tomuan Diana Falentina Simamora; Christa Voni Sinaga; Emelda Thesalonika
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 3 Kelas V Sd Swasta Hkbp Tomuan T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Bentuk desain penelitiannya adalah Pre-eksperimental Designs dengan tipe one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta HKBP Tomuan T.A 2022/2023 sebanyak 36 siswa. Sedangkan teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat (x) berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas (y) berupa Model Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil penelitian terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini diukur dari hasil nilai rata-rata siswa yang semula 69,56 dan setelah diberlakukan model pembelajaran kooperatif tipe make a match naik menjadi 82,22. Hasil perhitungan dengan dilakukan Uji Paired Samples T-Test dengan taraf signifikansi yang diperoleh 0,00 < 0,05. Maka kesimpulannya adalah Ha diterima yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Siswa Kelas V SD Swasta HKBP Tomuan.
Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar Mikael Kisandra Nainggolan; Juni Agus Simaremare; Partohap Saut Raja Sihombing
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8116

Abstract

Untuk dapat melihat tingkat keberhasilan model pembelajaran TGT berbantu media gambar tersebut, dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. berdasarkan pada hasil observasi, proses pembelajaran di kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar masih belum sesuai harapan. Kebanyakan hasil belajar peserta didik masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan-permasalahan yang muncul yaitu kurangnya penggunaan model-model pembelajaran yang variatif dan penggunaan media pada proses pembelajaran di kelas. Sehingga menyebabkan kurangnya rasa kerjasama dan tanggung jawab siswa, terutama pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis Pre-Exsperimental designs (nondesigns). Dengan desain rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dikarenakan hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan tanpa adanya kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di sekolah UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar pada tanggal 03 Oktober 2022. Setelah dilakukan penelitian dilakukan dapat dilihat hasil penelitian digunakan uji Hipotesis dihitung dibantu dengan menggunakan SPSS versi 21, dapat kita lihat t¬hitung 14,977¬ > t¬tabel 1,696 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 penemu dan Manfaatnya di kelas VI.
Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4 Kebersamaan dalam Keluarga di SD Swasta GKPS 1 Rambung MerahPengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Kreativitas Siswa Kelas I pada Pembelajaran Subtema 4 Ronauli Paulina Simbolon; Minar Lumbantobing; Canni Loren Sianturi
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v4i6.8117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media visual berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas 1 pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga di SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah atau tidak. Hipotesis dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kreativitas siswa (Ha), dan tidak terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kreativitas siswa (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SD Swasta GKPS 1 Rambung Merah yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 butir. Untuk melihat pengaruh dari media visual terhadap kreativitas siswa kelas 1 pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga, maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan taraf siginifkan 0,05 atau t tabel = 1,699. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh t hitung = 9,635, ini berarti t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media visual terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keluarga di SD swasta GKPS 1 Rambung Merah, Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Page 1 of 156 | Total Record : 1557