cover
Contact Name
Mila Karmila
Contact Email
jisora@uniga.ac.id
Phone
+6282219291520
Journal Mail Official
jisora@uniga.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut Jl. Cimanuk No. 285A Garut, Jawa Barat, 44151 e-mail: jisora@uniga.ac.id
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora)
Published by Universitas Garut
ISSN : 26543583     EISSN : 26543338     DOI : https://doi.org/10.36624/jisora
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) is a multidisciplinary open access journal on a national scale with a combination of Social, Political and Humanities studies. All articles published go through a rigorous and fast review process to meet journal quality standards. In particular, JISORA discusses more topics on Human Resources, Community Studies, Community Services, and Social Economics. whether it is a theory-oriented article, it is also practically questionable to improve research in the social, political and humanities fields. JISORA also regulates the relevance of eligibility and the text to be published.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora" : 10 Documents clear
Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia Sumrahadi Sumrahadi; Elvira Azis; Nadya Pradipta Respati; Ikeu Kania; Alya Rahmadhanty
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.271 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.23

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional, stres kerja, kepuasan kerja, dan turnover intention pada organisasi yang bergerak di bidang konsultansi. Tingkat perputaran karyawan yang terlalu cepat dan sering dapat merugikan perusahaan karena harus menyiapkan sumberdaya manusia yang baru serta melatihnya. Berbagai cari dilakukan organisasi agar karyawan khususnya yang berprestasi tidak berencana untuk mengundurkan diri. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengevaluasi kebijakan terkait pengelolaan sumberdaya manusia dalam upaya meminimalkan niat karyawan untuk mundur. Responden untuk penelitian ini sebanyak 75 orang karyawan yang terdiri dari manajer, supervisor dan pelaksana. Analisis korelasi dengan program SPSS digunakan untuk mengukur seberapa kuat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki korelasi positif yang kuat dengan tingkat kepuasan kerja dan stres kerja juga berkorelasi positif dengan niat untuk mengundurkan diri. Hasil ini sesuai dengan karya ilmiah sebelumnya. Untuk meningkatkan kepuasan kerja, organisasi dapat menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang diakui memiliki banyak manfaat positif. Sebagian kecil dari niat karyawan untuk mundur disebabkan tingkat stres kerja yang dialami. Dengan demikian organisasi perlu memperbaiki kondisi yang menyebabkan stres agar niat karyawan untuk mundur berkurang. Temuan lain dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja dengan niat untuk mengundurkan diri. Niat karyawan untuk didorog oleh faktor lain misalnya adanya tawaran yang menarik atau kesempatan yang ebih baik. Hal ini menjadi masukan agar organisasi senantiasa memperhatikan kondisi eksternal dan melakukan penyesuaian terhadap kondisi internal jika dinilai sudah kurang memadai.
Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum (Studi Voter Turn-Out dalam Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres Kabupaten Garut Tahun 2009 dan 2014) Lia Juliasih
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.835 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.24

Abstract

Penelitian ini fokus pada partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum legislatif dan presiden khususnya melihat voter turn-out di Kabupaten Garut dalam rentang tahun 2009 ke tahun 2014. Partisipasi penting untuk diteliti mengingat keberhasilan dari sebuah pemilu dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori partisipasi politik dan teori pilihan rasional. Terdapat tiga rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, bagaimana peta kenaikan angka partisipasi pemilu legislatif dari tahun 2009 ke 2014 di Kabupaten Garut? Bagaimana peta penurunan angka partisipasi pemilu presiden dari tahun 2009 ke tahun 2014 di Kabupaten Garut? dan apa penyebab kenaikan angka partisipasi pemilu legislatif dan penurunan angka partisipasi pemilu presiden dari tahun 2009 ke 2014 di Kabupaten Garut? Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, peta partisipasi pemilih dalam pileg dan pilpres di Kabupaten Garut mengalami kenaikan dan penurunan. Kedua, upaya sosialisasi partisipasi politik yang merupakan bagian paling penting dalam sebuah pemilihan umum. Friedmen dan Hechter melihat adanya pengaruh lembaga sosial dalam partisipasi politik. Dalam temuan peneliti terdapat lembaga sosial yang turut berpengaruh dalam menaik-turunkan partisipasi politik masyarakat, yakni: Kepala Desa, Calon legislatif, PPS, dan tokoh agama. Ketiga, kedekatan emosional calon pileg dan pilpres turut mempengaruhi partisipasi dan persepsi politik masyarakat. Keempat, rasionalitas masyarakat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam menentukan partisipasi politik. Pertimbangan ekonomi dan politik uang menjadi salah satu motivasi dalam partisipasi politik. Namun, kedekatan calon dengan pemilih menjadi kunci signifikan dalam pengaruhnya terhadap partisipasi politik masyarakat.
Pengaruh Entrepreneurial Marketing Terhadap Kinerja Umkm Sentra Kulit Garut Sukaregang Azmi Azizah Al Mushowwiru; Sisca Eka Fitria
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.042 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.26

Abstract

The development of Garut Sukaregang leather center raised significantly. The leather products have been recognized and become one of the best leather products in the world and also become a superior product in West Java. However in its implementation, this creative industry faces many problems, one of them is marketing. Therefore, Sukaregang leather center needs the right marketing strategy to develop this creative industry. One of the approaches that is used by micro small and medium enterprises is entrepreneurial marketing. Through this research, there will be a judgment of perfomance business towards entrepreneurial marketing variable with sub variable proactiveness, innovativeness, calculated risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leverage, and value creation. Other than that, author will indicate the impact of sub variable proactiveness, innovativeness, calculated risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leverage, and value creation towards Garut Sukaregang leather center’s perfomance. This research used quantitative method. The research was conducted by distributing questionnaires to 70 respondens of Garut Sukaregang leather center’s owner. The data of questionnaires was tested using validation and reability. Data was analyzed using SEM PLS 3.0. The result of this research showed that the assesment of innovativeness, customer intensity, and value creation have a significant and positive impact on SMEs perfomance while partial subvariable proactiveness, calculated risk taking, opportunity focus, dan resource leveraging have not significant impact on MSMEs perfomance. In this research we can conclude that entrepreneurial marketing has a postive and significant impact towards Garut Sukaregang leather center MSMEs perfomance 56.8%.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan PT Bank X Bandung Hilman Rismanto
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.522 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisa seberapa besar pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah tabungan PT X Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan dengan jumlah dengan sampel 88 orang, Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Nonprobability sampling, Analisis data menggunakan sofware SPSS 2.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan dipersepsikan baik oleh nasabah. Kualitas produk memiliki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Artinya menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang terbentuk maka, ada kecenderungan pula semakin meningkatnya kepuasan dari para nasabahnya. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama- sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, artinya semakin baiknya kinerja kualitas produk dan kualitas pelayanan, maka hal tersebut akan meningkatnya kepuasan. Dari hasil analisis skripsi ini dapat disimpulkan bahwa jika variabel itu berdiri sendiri maka tidak setiap varibel akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan, tetapi bila variabel itu bersama-sama dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah.
The Impact of Entrepreneurial Marketing toward Work Perfromance at the Centre of Garut Specialty Food Tasya Kahfia Abshariena; Sisca Eka Fitria
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (Jisora) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.191 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.28

Abstract

The MSMEs is a sector that has a very large role in increasing the economic growth of the Indonesta state. Garut Regency of West Java utilizing the wealth and potential they have by making MSMEs as employment. One factor that has a very umportant role in the development of MSMEs is precisely the Dodol Industry itself is marketing but there are still many who use traditional marketing. This study aims to analyze the influence of Entrepreneurial Marketing on business performance at dodol centers in Garut Regency. This study aims to determine the effect of Opportunity Focus, Proactiveness, Customer Intensity, Innovation, Risk Taking, Resource Leveraging, and Value Creation on Business Performance. The population in this study were business actors in the dodol center of Garut Regency, which amounted to 156 business actors with a sample of 70 respondents. This study uses a non-probability sampling technique that is Purposive sampling. The data analysis technique in this study is descriptive with data analysis of Structural Equation Model-Partial Least Square by performing data processing using SMART-PLS 3.0. The results of this study are that Customer Intensity, Innovation, Risk Taking, Resource Leveraging, and Value Creation have a significant effect on Business Performance, while Opportunity Focus and Proactiveness have no significant effect on Business Performance. From the r-square results that the seven independent variables witch is Entrepreneurial Marketing simultaneously contribute influence of 60.1%, which has moderate value.
Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia Sumrahadi Sumrahadi; Elvira Azis; Ikeu Kania; Nadya Pradipta Respati; Alya Rahmadhanty
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.271 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.16

Abstract

Penelitian ini menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional, stres kerja, kepuasan kerja, dan turnover intention pada organisasi yang bergerak di bidang konsultansi. Tingkat perputaran karyawan yang terlalu cepat dan sering dapat merugikan perusahaan karena harus menyiapkan sumberdaya manusia yang baru serta melatihnya. Berbagai cari dilakukan organisasi agar karyawan khususnya yang berprestasi tidak berencana untuk mengundurkan diri. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengevaluasi kebijakan terkait pengelolaan sumberdaya manusia dalam upaya meminimalkan niat karyawan untuk mundur. Responden untuk penelitian ini sebanyak 75 orang karyawan yang terdiri dari manajer, supervisor dan pelaksana. Analisis korelasi dengan program SPSS digunakan untuk mengukur seberapa kuat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki korelasi positif yang kuat dengan tingkat kepuasan kerja dan stres kerja juga berkorelasi positif dengan niat untuk mengundurkan diri. Hasil ini sesuai dengan karya ilmiah sebelumnya. Untuk meningkatkan kepuasan kerja, organisasi dapat menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang diakui memiliki banyak manfaat positif. Sebagian kecil dari niat karyawan untuk mundur disebabkan tingkat stres kerja yang dialami. Dengan demikian organisasi perlu memperbaiki kondisi yang menyebabkan stres agar niat karyawan untuk mundur berkurang. Temuan lain dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi antara gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja dengan niat untuk mengundurkan diri. Niat karyawan untuk didorog oleh faktor lain misalnya adanya tawaran yang menarik atau kesempatan yang ebih baik. Hal ini menjadi masukan agar organisasi senantiasa memperhatikan kondisi eksternal dan melakukan penyesuaian terhadap kondisi internal jika dinilai sudah kurang memadai.
Pengaruh Entrepreneurial Marketing Terhadap Kinerja Umkm Sentra Kulit Garut Sukaregang Azmi Azizah Al Mushowwiru; Sisca Eka Fitria
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.042 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.17

Abstract

The development of Garut Sukaregang leather center raised significantly. The leather products have been recognized and become one of the best leather products in the world and also become a superior product in West Java. However in its implementation, this creative industry faces many problems, one of them is marketing. Therefore, Sukaregang leather center needs the right marketing strategy to develop this creative industry. One of the approaches that is used by micro small and medium enterprises is entrepreneurial marketing. Through this research, there will be a judgment of perfomance business towards entrepreneurial marketing variable with sub variable proactiveness, innovativeness, calculated risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leverage, and value creation. Other than that, author will indicate the impact of sub variable proactiveness, innovativeness, calculated risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leverage, and value creation towards Garut Sukaregang leather center’s perfomance. This research used quantitative method. The research was conducted by distributing questionnaires to 70 respondens of Garut Sukaregang leather center’s owner. The data of questionnaires was tested using validation and reability. Data was analyzed using SEM PLS 3.0. The result of this research showed that the assesment of innovativeness, customer intensity, and value creation have a significant and positive impact on SMEs perfomance while partial subvariable proactiveness, calculated risk taking, opportunity focus, dan resource leveraging have not significant impact on MSMEs perfomance. In this research we can conclude that entrepreneurial marketing has a postive and significant impact towards Garut Sukaregang leather center MSMEs perfomance 56.8%.
Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum (Studi Voter Turn-Out dalam Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres Kabupaten Garut Tahun 2009 dan 2014) Lia Juliasih
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.835 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.18

Abstract

Penelitian ini fokus pada partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum legislatif dan presiden khususnya melihat voter turn-out di Kabupaten Garut dalam rentang tahun 2009 ke tahun 2014. Partisipasi penting untuk diteliti mengingat keberhasilan dari sebuah pemilu dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori partisipasi politik dan teori pilihan rasional. Terdapat tiga rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, bagaimana peta kenaikan angka partisipasi pemilu legislatif dari tahun 2009 ke 2014 di Kabupaten Garut? Bagaimana peta penurunan angka partisipasi pemilu presiden dari tahun 2009 ke tahun 2014 di Kabupaten Garut? dan apa penyebab kenaikan angka partisipasi pemilu legislatif dan penurunan angka partisipasi pemilu presiden dari tahun 2009 ke 2014 di Kabupaten Garut? Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, peta partisipasi pemilih dalam pileg dan pilpres di Kabupaten Garut mengalami kenaikan dan penurunan. Kedua, upaya sosialisasi partisipasi politik yang merupakan bagian paling penting dalam sebuah pemilihan umum. Friedmen dan Hechter melihat adanya pengaruh lembaga sosial dalam partisipasi politik. Dalam temuan peneliti terdapat lembaga sosial yang turut berpengaruh dalam menaik-turunkan partisipasi politik masyarakat, yakni: Kepala Desa, Calon legislatif, PPS, dan tokoh agama. Ketiga, kedekatan emosional calon pileg dan pilpres turut mempengaruhi partisipasi dan persepsi politik masyarakat. Keempat, rasionalitas masyarakat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam menentukan partisipasi politik. Pertimbangan ekonomi dan politik uang menjadi salah satu motivasi dalam partisipasi politik. Namun, kedekatan calon dengan pemilih menjadi kunci signifikan dalam pengaruhnya terhadap partisipasi politik masyarakat.
The Impact of Entrepreneurial Marketing toward Work Perfromance at the Centre of Garut Specialty Food Tasya Kahfia Abshariena; Sisca Eka Fitria
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.191 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.19

Abstract

The MSMEs is a sector that has a very large role in increasing the economic growth of the Indonesta state. Garut Regency of West Java utilizing the wealth and potential they have by making MSMEs as employment. One factor that has a very umportant role in the development of MSMEs is precisely the Dodol Industry itself is marketing but there are still many who use traditional marketing. This study aims to analyze the influence of Entrepreneurial Marketing on business performance at dodol centers in Garut Regency. This study aims to determine the effect of Opportunity Focus, Proactiveness, Customer Intensity, Innovation, Risk Taking, Resource Leveraging, and Value Creation on Business Performance. The population in this study were business actors in the dodol center of Garut Regency, which amounted to 156 business actors with a sample of 70 respondents. This study uses a non-probability sampling technique that is Purposive sampling. The data analysis technique in this study is descriptive with data analysis of Structural Equation Model-Partial Least Square by performing data processing using SMART-PLS 3.0. The results of this study are that Customer Intensity, Innovation, Risk Taking, Resource Leveraging, and Value Creation have a significant effect on Business Performance, while Opportunity Focus and Proactiveness have no significant effect on Business Performance. From the r-square results that the seven independent variables witch is Entrepreneurial Marketing simultaneously contribute influence of 60.1%, which has moderate value.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan PT Bank X Bandung Hilman Rismanto
Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora (JISORA) Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Sosial Politik dan Humaniora
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.522 KB) | DOI: 10.36624/jisora.v2i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisa seberapa besar pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah tabungan PT X Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan dengan jumlah dengan sampel 88 orang, Pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Nonprobability sampling, Analisis data menggunakan sofware SPSS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan dipersepsikan baik oleh nasabah. Kualitas produk memiliki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Artinya menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang terbentuk maka, ada kecenderungan pula semakin meningkatnya kepuasan dari para nasabahnya. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama- sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan, artinya semakin baiknya kinerja kualitas produk dan kualitas pelayanan, maka hal tersebut akan meningkatnya kepuasan. Dari hasil analisis skripsi ini dapat disimpulkan bahwa jika variabel itu berdiri sendiri maka tidak setiap varibel akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan, tetapi bila variabel itu bersama-sama dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10