cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
ISSN : 08534470     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021)" : 10 Documents clear
Penggunaan Media Online untuk Meningkatkan Fundraising Sedekah di Makassar Ani Purwantini; Muh. Akbar; Muh. Iqbal Sultan
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.129

Abstract

Kehadiran lembaga Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) bisa membantu beban pemerintah mengurangi angka kemiskinan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini mendeskripsikan strategi komunikasi PPPA Daarul Qur’an Makassar dalam meningkatkan fundraising sedekah. Teori yang digunakan adalah komunikasi persuasif dan teori pemasaran sosial. PPPA Daarul Qur’an meggunakan media online untuk menyebar infomasi dan sosialisasi program unggulan melalui Instagram, facebook, whatsapp dan sedekahonline.com. Temuan penelitian adalah, strategi Daarul Qur’an Makassar menggunakan beberapa tahapan untuk menyebarluaskan keberadaan Daarul Qur’an Makassar dan program yang dijalankannya. Daarul Qur’an Makassar memberi edukasi kepada khalayak melalui video ceramah, kata motivasi, atau do’a tentang sedekah, serta mengangkat cerita atau testimoni dari donatur mengenai dahsyatnya sedekah. Selanjutnya, Daarul Qur’an Makassar memberikan laporan secara transparan tentang penggunaan dana donatur.
Pola Komunikasi Politik Pemerintah dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Indah Laila Rahma; Megandaru Widhi Kawuryan
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.137

Abstract

Untuk mewujudkan partisipasi pembangunan, peran komunikasi politik sangat penting. Semua aktivitas pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dan pemangku kepetingan tidak dapat dipisahkan dari komunikasi politik, namun permasalahannya tidak seluruh individu, kelompok dan masyarakat, paham dengan pola komunikasi yang dilakukan dalam suatu komunitas tertentu, apa lagi di wilayah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi politik pemerintah dalam upaya peningkatan pertisipasi pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Ngrandah, Kecamatan Toroh,  Kabupaten Grobogan. Pendekatan riset ini adalah kualitatif. Metode risetnya adalah metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tahap observasi, wawancara mendalam, triangulasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui enam langkah: (1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis; (2) membaca keseluruhan data; (3) menganalisis secara lebih detail melalui coding; (4) membuat tema berdasarkan hasil kategorisasi sesuai tujuan penelitian; (5) menyajikan laporan dalam bentuk deskripsi/narasi kualitatif; (6) menginterpretasikan atau memaknai data yang sudah tersedia. Temuan penelitian adalah, pola komunikasi politik berlangsung dua arah, yaitu top down dan bottom up. Peran dari Kepala Desa cukup dominan. Kepala Desa memilih komunikasi dalam bentuk diskusi (dialog) dengan masyarakat secara transaksional, namun sayangnya partisipasi masyarakat desa Ngrandah dalam program dana bantuan BSPS masih rendah.
Fanatisme Budaya Hypebeast di Kalangan Anak Muda Jakarta Andre Ikhsano; Febri Irawan; Yolanda Stellarosa
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.124

Abstract

Perkembangan globalisasi yang massif menyebabkan maraknya budaya populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Budaya Populer merupakan salah satu tahapan dari globalisasi. Perkembangan teknologi budaya yang sudah ada turun termurun, sekarang mulai bergeser karena adanya budaya populer berupa hypebeast di kalangan anak muda; sehingga sangat kental dengan consumer society ala Jean Baudrillard berupa mengangungan simbol, status, prestige dari penampilan anak muda ketimbang nilai guna dari barang tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif dan dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan empat narasumber sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan, anak muda Jakarta lebih mengkonsumsi tanda atau simbol pada citra suatu brand dan juga lebih mementingkan status sosial daripada nilai guna suatu barang yang sangat relevan dengan pemikiran Jean Baudrillard. Namun, sebagai bentuk novelty, peneliti menemukan bahwa ada unsur investasi yang muncul pada proses konsumsi tanda tersebut, walaupun nilai investasi ini masih kalah dengan kepentingan status.
Pembingkaian Berita Rancangan Undang Undang Omnibuslaw Cipta Kerja di Harian Kompas Irvan Habibi; Tuti Widiastuti; Poppy Ruliana
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.126

Abstract

Pemberitaan di media massa mengenai Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja menuai polemik pro dan kontra di tengah masyarakat. Kesimpang siuran informasi mengenai draft Rancangan UU ini, menambah kekisruhan, karena proses penyusunan awal draft RUU dilakukan pemerintah secara tertutup. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis pembingkaian berita Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja di Surat Kabar Kompas pada 13 Februari sampai 22 Februari 2020. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk menganalisis teks berita adalah kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif, dan menggunakan teori analisis framing Robert Entman. Hasil analisis pembingkaian menunjukkan, Harian Kompas memuat berita lebih detail tentang Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Harian Kompas dalam membingkai berita memiliki ideologi kritis dan membingkai realitas yang dikonstruksi menjadi berita. Koran Kompas melakukan peliputan untuk mempengaruhi publik agar khalayak memiliki sudut pandang yang sama dengan berita yang disajikan. Berita ini harus dilihat oleh pemerintah sebagai saluran komunikasi, dan juga harus dilihat sebagai laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, penting dan menarik untuk dievaluasi karena berita yang disajikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.
Perilaku Konsumtif Bandwagon Effect Followers Instagram Shopee pada Event Flash Sale Lidya Wati Evelina; Dania Elisyia Pebrianti
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.127

Abstract

Fenomena Flash sale semakin marak di berbagai e-commerce karena orang sudah mulai percaya bahwa belanja online lebih aman dan nyaman. E-commerce membuat berbagai promosi pada program flash sale untuk menarik sebanyak mungkin potensi pembeli. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku konsumtif Bandwagon Effect followers di Instagram Shopee dalam berbelanja online di E-commerce Shopee. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian Studi Kasus. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara follower Instagram @Shopee_id sebagai data primer dilengkapi observasi media sosial dan studi Pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian trianggulasi data menggunakan Trianggulasi sumber ahli dan teori. Hasil yang dicapai adalah Promo Flash Sale di Shopee dapat menimbulkan konasi dari promo flash sale di shopee melalui interaksi di Instagram. Temuan dalam penelitian ini yaitu jenis-jenis promosi yang ada pada program flash sale Shopee serta bentuk konten dan komen yang persuasive yang menimbulkan respon Bandwagon Effect.
MNC Group’s Digital Media Business Expansion in the Perspective of Media Political Economy Dwinanto Kurniawan; Udi Rusadi
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.132

Abstract

The purpose of this study is to empirically photograph the development of the digital media industry in Indonesia. In particular, this study describes the form of media spatialization carried out by MNC Group using the approach of Vincent Mosco's Media Political Economy Theory. The research approach used is descriptive qualitative with documentation study method to observe and analyse how MNC Group has expanded. The technique of data collection is through documents such as annual reports, publications and other library sources. The results showed that the spatialization carried out strengthened the company's position in the media industry and was able to dominate the market. However, the development of the media industry is not only influenced by technology but also economic and political factors. The power of media on the one hand has a positive impact, but it is also necessary to anticipate impacts that can harm the society when putting economic and political interests above public and social functions. Digital media have a very important role at this time so it needs the involvement of various parties such as the government through regulations to prevent a total media monopoly. In addition, it is also necessary to pay attention to the rights of the community being ignored if the public character is no longer owned by the media.
Nikmat Kopi dan Budaya Konsumerisme dalam Status Sosial Masyarakat Kota Haresti Asysy Amrihani; Rajab Ritonga
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.133

Abstract

Keberadaan kedai kopi (coffe shop) di Indonesia dalam tiga tahun terakhir terus meningkat hingga mencapai 3000 outlet pada 2019. Perubahan perilaku seseorang dalam mengonsumsi kopi terjadi tidak terlepas dari pengaruh iklan di media massa. Hal ini membuat perilaku seseorang menjadi konsumtif, terutama di kota-kota besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumsi gaya hidup dan budaya masyarakat di Jakarta dalam mengkonsumsi kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan pola konsumsi konsumen pengunjung kedai kopi di Jakarta melalui suatu studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan, perilaku konsumsi masyarakat peminum kopi di Jakarta bukan sekedar menikmati seduhan kopi, tetapi juga memamerkan eksistensi diri pada dimensi gengsi sosial, status sosial, eksklusifitas yang dibalut dalam gaya hidup metropolitan modern.
Hubungan Keyakinan dan Sikap Individu terhadap Perilaku Menyebarkan Misinformasi Covid-19 Kholifatul Mafiroh; Kunto Adi Wibowo
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.131

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital menyebabkan individu secara tidak sadar sering berinteraksi secara online di media sosial dengan informasi yang tidak benar. Akibatnya penyebaran misinformasi Covid-19 banyak beredar di masyarakat. Penelitian ini mengukur hubungan dari keyakinan dan sikap individu dalam menilai kebenaran sebuah informasi terhadap perilaku menyebarkan misinformasi. Dengan mengimplementasikan Theory of reasoned action (TRA) pada penelitian sebelumnya, elemen yang digunakan pada studi ini hanya meliputi beliefs, attitudes, and behavior, dan tidak menyertakan seluruh komponen TRA. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini menetapkan populasi seluruh siswa sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pangandaran dengan sampel 103 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik non-probability, yaitu teknik convenience sampling: siapapun siswa MAN 1 Pangandaran dapat mengisinya secara sukarela. Sejumlah 14 item pernyataan diukur menggunakan skala likert 5 poin dari 1 “Sangat tidak setuju” hingga 5 “Sangat setuju”. Hasil penelitian diujikan melalui analisis statistik pearson dan spearman dan menunjukkan adanya hubungan antara keyakinan berlebih dalam menilai keakuratan informasi terhadap perilaku menyebarkan misinformasi serta tidak terdapat hubungan antara sikap memverifikasi informasi terhadap perilaku menyebarkan misinformasi.
Dampak Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Learning Outcome Program Studi Ilmu Komunikasi Husen Mony; Hayu Lusianawati; Aska Leonardi
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.135

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah terkait dengan kesesuaian antara tujuan dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan leaning outcome (LO). Ada empat kompetensi lulusan program studi S-1 Ilmu Komunikasi: aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memahami ekses implementasi kebijakan MBKM pada LO prodi S-1 Ilmu Komunikasi; (2) memahami pandangan dosen terkait kebijakan MBKM. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui FGD dengan menghadirkan Sembilan dosen tetap prodi sebagai narasumber. Analisis data menggunakan pendekatan Creswell berupa enam tahap analisis. Temuan penelitian: Program MBKM mendukung learning outcme Prodi, jika diimplementasikan secara tepat. Dari aspek sikap, pada proyek kemanusiaan, mahasiswa dididik berempati dan peka atas realitas sosial melalui kegiatan-kegiatan sosial. Melalui program pertukaran pelajar-mahasiswa dapat memperoleh ilmu, sesuai Prodi atau di luar Prodi-nya. Program riset dan magang juga memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang permasalahan sosial. Keterampilan umum dapat diperoleh mahasiswa dari magang industri serta praktek kerja di bidang jurnalistik, humas, dan komunikasi pemasaran. Program magang juga dapat meningkatkan keterampilan seperti fotografi, kameramen, membuat press release, copywriting, digital PR, dan lainnya. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) program MBKM memiliki dampak yang baik dalam mendukung terwujudnya learning aoutcome Prodi; (2) Dosen Prodi Ilmu Komunikasi mendukung penerapan MBKM namun mereka belum memahami posisi dan peran mereka karena minimnya informasi yang diterima terkait kebijakan ini.
Komodifikasi "Akal Sehat" sebagai Industri Kampanye Politik di Indonesia Mirzal Martnasti; Martani Huseini
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 4, No 2 (2021)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v4i2.136

Abstract

Penelitian ini berfokus pada fenomena media dan industri kampanye politik di Indonesia dengan melihat komodifikasi politik akal sehat Rocky Gerung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis komodifikasi politik akal sehat Rocky Gerung dalam industri kampanye politik. Untuk mendapatkan hasil yang komprehensif, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang datanya dikumpulkan melalui studi pustaka dan analisis isi media. Hasil Penelitian menemukan, Pertama, Rocky Gerung menyempitkan pengertian akal sehat dengan mengesampingkan obyektivitas. Kedua, kampanye akal sehat Rocky Gerung lebih dekat kepada retorika politis daripada suatu konsepsi filosofis. Dengan demikian akal sehat tidak lebih dari komodifikasi politik yang penggunaannya disesuaikan dengan keinginan dan kepentingan subyektifnya yang lekat dengan industri kampanye politik. Ketiga, pendalaman demokrasi Indonesia saat ini terancam oleh munculnya partai-partai yang semakin berorientasi pasar dalam lingkungan media massa dan media sosial yang dikendalikan oleh kepentingan ekonomi politik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10