cover
Contact Name
Afried Lazuardi
Contact Email
lazuardi@uinjkt.ac.id
Phone
+6281311258250
Journal Mail Official
jurnalzhafir@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya H. Usa Ciseeng Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking
ISSN : 26858851     EISSN : 27148017     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking is a Peer Reviewed, Open Access International Journal. Notably, it is a Referred, Highly Indexed, Monthly, Online International Journal with High Impact. Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking is published as a Monthly Journal with 2 issues per year. We also assist International and National Conference to publish their conference papers. Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking covers all disciplines including Islamic Study. Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking always strives to be a platform for Academicians, new Researchers, Authors, Engineers and Technocrats and Engineering Scholars. Since inception, Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking is continuously publishing original and best quality research articles.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking" : 5 Documents clear
Revitalisasi Keuangan Inklusif Dalam Sistem Perbankan Syariah di Era Financial Technology Sadari, Sadari; Hakim, Abdurrahman
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/zhafir.v1i1.126

Abstract

Peran keuangan inklusif di era fintech dalam sistem perbankan syariah, pada akhirnya akan meningkatkan kualitas manajamen keuangan inklusif pada perbankan syariah. Saat ini, perkembangan teknologi keuangan mulai masuk ke ranah digitalisasi lembaga keuangan guna menyongsong Indonesia sebagai salah satu negara ekonomi digital terbesar tahun 2024, pemerintah sebagai regulator ekonomi syariah Indonesia, dituntut mampu memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia yang unbanked, yakni daerah terpencil di seluruh pelosok negeri agar turut merasakan dampak positif dari berkembangnya teknologi keuangan keuangan di masa yang akan datang. Hubungan teknologi keuangan berkaitan erat dengan keberadaan internet sebagai akses utama. Adanya fintech membantu meningkatkan kualitas manajemen keuangan pada perbankan syariah, karena fintech adalah istilah inovasi dalam bidang jasa keuangan untuk mendukung program keuangan inklusif. Perkembangan teknologi keuangan digital, termasuk dalam industri keuangan syariah, sudah tidak bisa dihalangi, seiring kemajuan teknologi keuangan dalam memberdayakan lembaga perbankan syariah dan masyarakat unbanked. Melalui teknologi keuangan (financial technology), segala bentuk transaksi menjadi cepat, mudah, murah, mudah dan efisien, tanpa perlu tatap muka dan membuka kantor cabang (branchless banking). Kemunculan program keuangan inklusif (financial inclusion) di era fintech tidak terlepas dari inovasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya akses perbankan atau lembaga keuangan dalam mendukung pemberdayaan masyarakat unbanked dan meningkat kualitas lembaga keuangan syariah.
Analisis Perbedaan Rasio Profitabilitas Perbankan (Roa) Sebelum dan Sesudah Mengadposi Internet Banking Terhadap Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rusdiono, Rusdiono
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/zhafir.v1i1.127

Abstract

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki peran yang sangat penting dan memiliki pengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. dari adopsi e – banking di Indonesia merupakan salah satu adopsi teknologi yang berada pada tahap permulaan dengan potensi pengembangan yang menjanjikan. Hal ini diperkuat dengan peningkatan penggunaan internet yang didukung oleh semakin murahnya tarif internet. Untuk mengetahui adopsi internet banking, dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan tahunan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah menggunakan internet banking. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Uji T (T-Test) ROA memiliki nilai significance sebesar 0,545 yang lebih besar daripada 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak mengalami perbedaan yang signifkan antara sebelum dan sesudah adopsi internet banking. Ini dikarenakan kenaikan total asset tidak diimbangi dengan kenaikan total laba bersih yang diperoleh.
Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perbankan Syariah terhadap Market Share Aset Perbankan Syariah di Indonesia Siregar, Erwin Saputra
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/zhafir.v1i1.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal perbankan syariah terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia. Data yang digunakan adalah data time series periode Januari 2012 – September 2016, yang bersumber dari Statistik Perbankan Indonesia dan Statistik Perbankan Syariah. Untuk menganalisis, penulis menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inflasi dan non performing financing (NPF) berpengaruh signifikan negatif, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) dan jumlah kantor berpengaruh signifikan positif secara parsial terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia. Ditemukan dengan nilai Adjusted R Square 85,26%, sedangkan sisanya 15,74 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Secara simultan, dengan nilai signifikan sebesar 0,000000 maka keseluruhan variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap market share aset perbankan syariah di Indonesia.
Model Pengambilan Keputusan Garbage Can dan Dana Talangan Haji Adiakarti Farid, Muhammad Rifa’at
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/zhafir.v1i1.129

Abstract

Hajj Bailout Funds is a consumpetive financing aimed at customers to fulfill the initial deposit costs of the Hajj Implementation Costs (BPIH) determined by the Indonesian Ministry of Religion through the Integrated Hajj Computerized System (SISKOHAT), to obtain the seat number for the pilgrimage using the Qard contract and Ijarah. The Government's basis for issuing financing products for the Hajj Bailout Fund is based on the fatwa of the National Sharia Council (DSN) MUI No.29 / DSN-MUI / VI / 2002 dated June 26, 2002 concerning Financing of Hajj Arrangements by LKS (Islamic Financial Institutions). This study found that the garbage can method used only solves various problems that are on the surface, not solving a variety of other more complex problems. Among them is the problem of the pilgrimage interest which is increasing every year not accompanied by the improvement of Hajj supporting facilities; lodging, catering, passport and visa management which are often hampered by poor bureaucracy, separation of operators and regulators in carrying out hajj and the like. Overall the process of organizing the pilgrimage from year to year increasingly shows significant changes.
Konvergensi Dakwah dan Marketing dalam Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru Ciampea Bogor Nurhidayat, Nurhidayat
Zhafir | Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking Vol 1 No 1 (2019): Zhafir | Journal of Islamic, Economics, Finance, and Banking
Publisher : Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51275/zhafir.v1i1.130

Abstract

Tulisan ini menggambarkan bagaimana konvergensi dakwah dan marketing yang diterapkan dalam Pengembang Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru Bogor. Pengembangan Bisnis Lokal Tegal Waru melalui pendekatan dakwah dan marketing jelas terlihat dari dari seluruh guide perempuan menggunakan hijab dan pakain sopan menutup aurat. Semua kalangan masyarakat yang ikut mengembangkan bisnis ini merupakan masyarakat muslim. Selain itu ketika waktu sholat semua wirausahawan wajib mengambil waktu istirahat untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim yang ta’at beribadah kepada Allah Swt. Bisnis lokal Tegal Waru ini pun menjadi salah satu upaya yang menjadikan masyarakat lokal memiliki kegiatan yang bermanfaat, yaitu salah satunya menghasilkan pendapatan, membantu ekonomi keluarga terutama bagi remaja yang tidak memiliki pendidikan tinggi agar tidak terkontaminasi dengan pergaulan yang negative. Konvergensi dakwah dan marketing memiliki pengaruh dalam pengembangan Bisnis Wisata Lokal Tegal Waru. Sistem marketing yang dilakukan selalu mengalami inovasi sesuai dengan perkembangan dan tuntan bisnis. Sistem dakwah yang dilakukan selalu meningkat agar terciptanya wirausahawan yang selalu ta’at dan patuh pada agamanya. Dakwah dan marketing memiliki nilai-nilai persamaan baik secara konseptual maupun aplikasi pada bisnis, dakawah secara bahasa mengajak, marketing juga diartikan memengaruhi orang. Konvergensi dakwah dan mareking sangat cocok pada pengembangan bisnis apapun apalagi kalau hal tersebut diterapkan pada bisnis yang produknya berbasis syariah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5