cover
Contact Name
Andi Faisal Anwar
Contact Email
faisal.anwar@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285255779975
Journal Mail Official
ecces@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ecces Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar Kampus II Jl. HM Yasin Limpo No.36 Samata-Gowa
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Ecces: Economics, Social, and Development Studies
ISSN : 24076635     EISSN : 25805770     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Ecces specializes in Economics and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: economic development, macroeconomics, microeconomics, monetary economics, public economics, political economics, and digital economics, etc.
Articles 92 Documents
Comparison of Palm Oil Export Determinants between Indonesia and Malaysia Hasanudin Hasanudin; Yanto Yanto
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 8 No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia's foreign trade, especially export activities, covers various economic sectors. One of them is in the agricultural sector. One of the most important economic sectors is the plantation sub-sector, namely oil palm plantations. Currently, palm oil exports are very important given the increasing volume. The novelty of this research is that it tries to explore further the conditions of Indonesian palm oil exports and the factors or determinants that determine the world's palm oil demand. Research on palm oil exports is for identifying trade patterns between Indonesia and Malaysia from the perspective of the factors that influence it. The results showed that the GDP factor both affected the export volume of Indonesian and Malaysian palm oil, but had a different coefficient or slope sign. This means that there is a substitution relationship between Indonesia and Malaysia, that is, the Malaysian market share switches to the Indonesian market share. The GDP similarity index factor that affects the volume of Malaysian palm oil exports shows a negative sign or slope. This may imply that Malaysian palm oil exports have the potential to increase trade that is inter-industry or different in industry. The relative distance factor only affects the volume of Indonesian palm oil exports. This means that distance or transportation costs play an important role in Indonesian trade, especially Indonesian palm oil exports. The implications of this research are, among others, it is important to increase trade cooperation more intensively. For this reason, Indonesia must be able to control the market share that is the destination for CPO exports by continuing to establish and develop cooperation in the potential agricultural sector, for example oil palm plantations, both in the upstream and downstream industries. In addition, Indonesia must be able to carry out a more productive trade process, and build good infrastructure, so that the trade transaction process becomes more effective and efficient, and provides far greater benefits to its partners.Keywords: International Trade; Palm Oil; Exports 
Konsep Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Amiruddin Kadir
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 1 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v1i1.1179

Abstract

Produksi adalah kegiatan yang menimbulkan manfaat atau faedah serta nilai suatu barang dan jasa. Dalam konteks yang lain produksi sebagai usaha untuk menciptakan kekayaan dengan memanfaatkan sumber daya alam oleh manusia. Oleh karena itu Islam memandang bahwa produksi adalah usaha untuk menghasilkan dan mengupayakan sesuatu dalam nuansa kelangsungan hidup manusia di dunia. Nilai universal yang terpancar dalam ekonomi Islam tentang produksi adalah adanya perintah untuk mencari sumber-sumber yang halal dan baik untuk produksi, dan memproduksi serta memanfaatkan output produksi pada jalan kebaikan dan tidak menzalimi pihak lain. Dengan demikian, penentuan input dan output dari produksi haruslah sesuai dengan hukum Islam dan tidak mengarah pada kerusakan. Sesungguhnya segala bentuk produksi, di mana harta kekayaan diperoleh dengan jalan yang salah dan tidak adil diharamkan dalam Islam. Hanya cara-cara yang wajar dan jujur saja yang diperbolehkan. Segala bentuk penawaran tidaklah sah jika di dalam keuntungan seseorang bergantung pada kerugian orang lain, seperti perjudian,lotere.Ringkasnya sistem produksi dalam Islam, harus dikendalikan olehkriteria objektif maupun subjektif. Dalam pengambilan manfaat alam tersebut, hendaklah diperhatikan norma-norma atau etika dan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh syariat.Produksi dalam arti sederhana bukanlah sesuatu yang dicetuskan oleh kaum kapitalis. Produksi telah terjadi semenjak manusia bergelut dengan bumi, karena ia merupakan suatu hal yang primer dalam kehidupan. jika jumlah yang diproduksi tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka semua akan diminta pertanggungjawabnya di akhirat. Dalam hal ini pada prinsipnya, negara harus bertanggung jawab dalam menjamin kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang kebutuhan pokok.
Determinan Keinginan Masyarakat Menjadi Nasabah pada Bank Syariah di Makassar (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Cab. Makassar) Hasbiullah Hasbiullah
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 1 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v1i1.1180

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keinginan menjadi nasabah oleh masyarakat dipengaruhi oleh jenis akad, ajaran Islam yang dianut, lingkungan sosial, dan minat. Variabel-variabel tersebut diestimasi menggunakan metode OLS, dengan minat sebagai variabel dependen dan ketiga variabel lainnya sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, ajaran agama Islam dan lingkungan sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah di Kota Makassar dengan variabel produk sebagai variabel yang dominan.
Perdagangan Intra Industri Indonesia dengan Beberapa Negara Partner Dagang Aulia Rahman Bato
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 1 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v1i1.1181

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan perdagangan intra-industri Indonesia dengan beberapa Negara partner dagang. Studi ini menggunakan studi arus perdagangan yang dilakukan di lima (5) Negara partner dagang yaitu Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Malaysia dan India pada Industri manufaktur SITC Rev. 3 (3 digit). Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data time serias dan cross section dari tahun 1995-12010 yang diperoleh dari UNComtrade, Bank Dunia, UNCTAD, CEPII dan WTO. Metode analisis data menggunakan Indeks Grubel-Lloyd dan pendekatan Gravity Model melalui regresi linear untuk masing-masing Negara partner dagang serta regresi data panel untuk kelompok Negara ASEAN dan Non-ASEAN. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kecenderungan penurunan indeks IIT Indonesia dengan partner dagang kecuali Amerika Serikat dan Malaysia. Hasil regresi IIT memperlihatkan variabel rata-rata GDP, rata-rata GDP/capita dan FDI berhubungan positif terhadap indeks masing-masing SITC, sedangkan perbedaan GDP, perbedaan GDP/capita, tarif dan jarak mempunyai hubungan yang negatif. Hasil regresi data panel memperlihatkan perbedaan yang signifikan antara kelompok Negara ASEAN dan Non-ASEAN, dimana kelompok Negara ASEAN mempunyai pengaruh yang lebih signifikan terhadap kinerja indeks SITC di Indonesia.
Analisis Dampak Utang Luar Negeri Terhadap Kinerja Fiskal Pemerintah Bahrul Rusydi
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 1 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v1i1.1185

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menganalisis pengaruh utang luar negeri terhadap kinerja fiskal pemerintah. Variabel kinerja fiskal yang digunakan adalah pengeluaran pemerintah pusat, pengeluaran investasi, dan penerimaan pajak. Data yang digunakan berupa data runtut waktu dari tahun 1971-2010. Penelitian ini dijalankan dengan metode Vector Autoregression (VAR) dan kemudian dilakukan restriksi menggunakan SUR. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa utang luar negeri meningkatkan pengeluaran pemerintah pusat. Selain itu, utang luar negeri juga mampu meningkatkan pengeluaran investasi dan penerimaan pemerintah pusat.
Kontribusi Usaha Lammang Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto Zulkifli Zulkifli
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 1 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v1i1.1188

Abstract

Kontribusi usaha lammang terhadap pendapatan rumah tangga di kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan usaha lammang terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Model analisis yang digunakan adalah model regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha lammang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan rumah tangga di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.
Pengaruh PDRB, Inflasi, Suku Bunga Bank Indonesia dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank-Bank Umum Di Sulawesi Selatan Abdul Wahab
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v2i1.1131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap penyaluran kredit pada bank-bank umum di Sulawesi Selatan, (2) Pengaruh suku bunga Bank Indonesia terhadap penyaluran kredit pada bank-bank umum di Sulawesi Selatan, (3) Pengaruh inflasi terhadap penyaluran kredit pada bank-bank umum di Sulawesi Selatan, (4) Pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap penyaluran kredit pada bank-bank umum di Sulawesi Selatan Penelitian ini merupakan penelitian ekplanatif (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian diperleh melalui uji simultan (uji-F) variabel PDRB, suku bunga Bank Indonesia, inflasi dan Dana Pihak Ketiga berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit oleh bank-bank umum di Sulawesi Selatan. Selanjutnya melalui uji parsial (uji-t) hanya hanya variabel Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit bank-bank umum di Sulawesi Selatan, hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikan sebesar 0,013 lebih kecil dari 0,05.
Analisis Sektor Basis Dan Pergeseran Struktur Perekonomian Kabupaten Sinjai Riswan Riswan; Hasbiullah Hasbiullah
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v2i1.1140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui sektor basis perekonomian Kabupaten Sinjai dengan alat analisis Location Quotient. (2) Untuk mengetahui perubahan dan pergeseran sektor perekonomian Kabupaten Sinjai dengan alat analisis shift share. Kedua alat analisis tersebut berdasarkan dengan data PDRB dan analisis sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai. Hasil analisis Location Quotient menunjukkan bahwa sektor yang menjadi sektor basis adalah: (1) sektor pertanian dan (2) sektor jasa-jasa. Sektor Basis tersebut merupakan sektor yang mengindikasikan bahwa sektor tersebut mampu memenuhi permintaan masyarakat Kabupaten Sinjai. Hasil analisis shift share menunjukkan bahwa struktur perekonomian Kabupten Sinjai menujukkan bahwa sektor primer dari tahun ketahun mulai bergeser ke sekunder, dan tersier yang dapat terlihat melalui kontribusi sektor dari tahun ketahun. Berdasarkan analisis shift share bahwa sektor yang merupakan sektor kompetitif yaitu: (1) Pertambangan dan (2) Keuangan.
Nilai Maslahat Dalam Sistem Ekonomi Islam Amiruddin K
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v2i1.1143

Abstract

Islam telah meletakkan landasan kehidupan manusia melalui Al-Qur’an dan As-Sunnah, dengan prinsip dinamika kehidupan yang hendaknya konsisten pada 1)Pegangan hidup aqidah dengan tujuan hidup ibadah, 2)Jalan hidup syariah dengan tatacara hidup akhlaq, 3)Pola dan sistem yang berindikasi keadilan dan kebajikan. Tujuan akhir ekonomi Islam adalah sebagaimana tujuan dari syariat Islam Itu sebdiri (maqashid asy syari’ah), yaitu mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat (falah) melalui suatu taat kehidupan yang baik dan terhormat (hayyah thayyibah). Inilah kebahagiaan hakiki yang diinginkan oleh setiap manusia , bukan kebahagiaan semu yang seringkali pada akhirnya justru melahirkan penderitaan dan kesengsaraan. Dalam konteks ekonomi tujuan falah yang ingin capai oleh ekonomi Islam meliputi aspek mikro ataupun makro, mencakup horison waktu dunia ataupun akhirat. Mashlahah harus diwujudkan sesuai dengan cara-cara yang sesuai dengan syariat Islam sehingga akan terbentuk suatu peradaban yang luhur. Peradaban Islam adalah peradaban yang mengedepankan aspek budi pekerti atau akhlak, baik manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia, makhluk lain di alam semesta ini dan hubungannya dengan Tuhan. Upaya pencapaian mashlahah dan keadilan harus dilakukan dengan dasar akhlak Islam sehingga tidak memperuncing konflik sosial. Mashlahah sebagai insentif ekonomi, konsep dan pemahaman mengenai kepemilikan harta membawa implilkasi kepada motivasi dan insentif setiap individu. Ketika seoarang meyakini bahwa harta yang dalam kekuasaannya adalah hak miliknya secara mutlak, maka ia pun akan merasa memiliki kebebasan untuk memanfaatkannya sesuai dengan kehendaknya tanpa perlu memperdulikan nila-nilai yang tidak bersesuaian dengan kepentingannya. Sebaliknya seorang budak, pada masa-masa sebelum Islam, misalnya tidak pernah merasa memiliki harta meskipun raganya sendiri sehingga segala tindakannya lebih didorong untuk memenuhi kehendak pihak lain.
Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Desa Laikang Kecamatan Mangrabombang Kabupaten Takalar Andi Samsir
EcceS (Economics, Social, and Development Studies) Vol 2 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ecc.v2i1.1147

Abstract

ABSTRAK Ketahanan pangan dan kemiskinan menjadi salah satu indikator pembangunan nasional. Oleh karena itu, arah pembangunan hendaknya dimulai dari desa ke kota dan sektor pertanian khususnya menjadi hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi ketahanan pangan di Desa Laikang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan dengan menggunakan metode survei ketahanan pangan rumah tangga petani. Data yang digunakan berupa data cross section dengan besaran sampel sebanyak 79 responden rumah tangga dengan menggunakan teknik sampling acak. Ketergantungan rumah tangga terhadap sektor primer masih sangat besar terutama sektor pertanian. Mata pencaharian utama warga adalah rumput laut, dan juga mengelola lahan pertanian untuk menghasilkan bahan pangan seperti padi, jagung dan kacang hijau. Ketersediaan pangan lokal warga masih sangat rendah terutama beras.Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat produktivitas lahan seperti kurangnya persediaan air sehingga petani masih sangat bergantung pada curah hujan agar bisa menanam padi. Pendapatan rata-rata rumah tangga masih dapat digolongkan rumah tangga miskin. Hal ini disebabkan rendahnya produktivitas lahan pertanian maupun rumput laut serta kurangnya modal usaha sehingga tidak ada alternatif sumber pendapatan yang bisa diakses oleh rumah tangga miskin. Serta masih rendahnya pengetahuan gizi dan sanitasi rumah tangga (RT) yang disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan anggota RT.

Page 1 of 10 | Total Record : 92