cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019" : 13 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X 4SMANEGERI 1 SUNGAI TARAB MELALUI METODEDISKUSI KELOMPOK DISERTAI LDS Zelfia Zelfia
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.714 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1343

Abstract

Permasalahan yang penulis hadapi sebagai guru Biologi di SMA Negeri 1  Sungai Tarab adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah dengan melalui metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS. Dengan adanya metode diskusi dengan memberikan LDS kepada siswa diharapkan akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena itu penulis perlu melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri1Sungai Tarab Melalui Metode Diskusi Kelompok disertai LDS”.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penerapan metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS?Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa  dapat ditingkatkan melalui pemberian kuis, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal siklus I  34 % , siklus II 48,3 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I 22,25%, pada siklus II 32,2 %, siswa yang aktif mendengarkan uraian siklus I  48,3 %, siklus II 54,3 %, siswa yang mengemukakan pendapat siklus I 32,2 %, siklus II 43,5 %, dan siswa yang mengerjakan soal kuis siklus I 41,9 %, siklus II 54,3 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil berlajar  siswa.Kata Kunci: Aktivitas belajar, metode diskusi, LDS
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X6 SMAN 1 SUNGAI TARAB Enamita Enamita
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.802 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1334

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti khususnya dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, terdapat beberapa fakta yang tidak memuaskan dalam pembelajaran berupa rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh aktifitas belajar peserta didik yang rendah dimana sebahagian besar peserta didik malasmembaca buku dan dalam pembelajaran banyak pasif serta tidak mau bertanya ataupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru apalagi memberikan gagasanatau ide dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus, ternyata peneliti berhasil meningkatkan kemampuan belajar geografi siswa kelas X ,dan berdasarkan perhitungan akhir penilaian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran melalui penggunaan media visual dua dimensi, diperoleh berupa peningkatan indikator aktifitas belajar dan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus satu yaitu 36,11%   menjadi 83,33%   pada siklus dua. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa penyajian media visual mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didikKata kunci : Media Visual, aktivitas
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DI KELAS XI IPA3 SMAN 1 SUNGAI TARAB Herawati, Netti
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.345 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1339

Abstract

Aktivitas belajar siswa rendah dalam bertanya, menjawab dan mengerjakan latihan dan PR sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Metode guru dalam mengajar tidak bervariasi (monoton) sehingga siswa menjadi bosan dan malas belajar matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAIPenelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan dua siklus, sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Sungai Tarab yang berjumlah 26 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dalam bentuk lembaran observasi aktivitas siswa, kuesioner dan tes hasil belajar.Aktivitas siswa mengalami peningkatan ke arah yang baik, nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus 1 adalah 70,5 yang tuntas 11 orang atau 42 % sedangkan pada  siklus 2 meningkat menjadi 77,7 yang tuntas 18 orang atau 69 %. Berdasarkan  hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMAN  1 Sungai tarab.Hasil angket memperlihatkan banyak mamfaat dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu siswa menjadi lebih senang, aktif dan lebih berhasil dalam belajar matematika.Kata kunci : Aktivitas, Kooperatif, Matematika, Hasil Belajar, TAI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Herianti Herianti
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.858 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1335

Abstract

Pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungai Tarab melahirkan fakta baru yang tidak memuaskan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil pengamatan menemukan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran ekonomi. Pendekatan pembelajaran konvensional memberikan tingkat pemahaman terhadap materi yang masih rendah, hal ini terlihat pada rendahnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan perbaikan dalam pemilihan metode pembelajaran yang penelitiannya dilakukan dalam dua siklus dalam rentang waktu empat kali pertemuan dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setelah penelitian dilaksanakan, ternyata  diperoleh peningkatan hasil belajar siswa. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci : Kontekstual, Hasil Belajar
LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KONSELING MEMUDAHKAN SISWA/I MEMILIH PERGURUAN TINGGI DAN PROGRAM STUDI SESUAI MINAT DAN KEMAMPUAN PADA SISWA/I KELAS XII IPA3 SMAN 1 PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA Ramadhanis Ramadhanis
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.78 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1340

Abstract

Action Research This service leads more to career guidance and counseling, aimed at facilitating the development, exploration, aspiration and career decision making throughout the life span of students / counseling. The research subjects were students of class XII IPA 3 at SMAN 1 Pulau Punjung using an open questionnaire in which respondents gave freedom in giving choice answers according to knowledge. In the first cycle of counseling information services carried out 3 students the same or 15% of 20 students / i the condition is quite good level (11-15), and 14 students or 70% of 20 students / i are in poor condition (> 10), 3 students or 15% of 20 students / conditions are in a good level (16-20). In the second cycle, the results of 16 people were drawn or 80% of the 20 students were at a level capable of making decisions to choose universities and study programs in accordance with their interests and abilities with good quality. In the second cycle of the results of the observation the average value of students achieve good quality. In the second cycle the results of reflection III showed a success rate of 18 people or 90% of the 20 students / conditions were at a level capable of making decisions to choose colleges and study programs according to their interests and abilities with good quality (16-20), and 2 people or 10 % of 20 students / i, are very capable of making decisions to choose universities and study programs with good quality.Keywords: Election decision making, universities and study programs, information services
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XII IPS 4 SMA N 1 PULAU PUNJUNG Asmiar Asmiar
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.597 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1330

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa  menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIG SAW.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus diadakan dua kali pertemuan.  Tiap pertemuan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw (Tim Siswa Kelompok  Asal dan Ahli).  Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi yang diisi oleh observer, dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus.Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan Tipe JIGSAW telah mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil aktivitas positif belajar siswa yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 61,25 % dan pada siklus kedua terjadi kenaikan aktifitas positif belajar sebesar 16,25 %, sehingga pada siklus kedua sebesar 77,50 %. Untuk kedua hasil aktifitas negatif belajar siswa yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 14,58 % dan pada siklus kedua terjadi penurunan aktifitas negatif belajar sebesar 10,41%, sehingga pada siklus kedua aktifitas negatif sebesar 4,17 %. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS XII. IPA. 2 SMA NEGERI 1 SUNGAI TARAB Hildawitri Hildawitri
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.009 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1336

Abstract

The problem in this study is the lack of reading skills of students' understanding so that a strategy that is able to improve reading comprehension is needed. The purpose of this study was to describe an increase in reading comprehension using classroom student inquiry learning strategies 12 sains 2 high school number 1 sungai tarab. Relating to the theoretical problems used in this study are (1) the nature of reading, (2) the nature of reading comprehension, (3) inquiry learning strategy.Research data in the form of written learning outcome test results of the student observation sheet on learning reading comprehension skills by using student inquiry learning strategies 12 sains of high schoo number 1 sungai tarab. Procedure The study was conducted in 2 cycles consisting of 4 elements namely is (1) planning, (2) action, (3) observation or observation, and (4) reflection.The subject of this study was class students 12 sains 2 high school number 1 sungai tarab 32 people.Keywords read : reading, reasing comprehension, and inquiry learning.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MUSIK NONTRADISIONAL NUSANTARA SISWA KELAS XII SMAN 1 SUNGAI TARAB MELALUI METODA DEMONSTRASI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 RITA DELNAITI
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.999 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1341

Abstract

Metode dalam proses belajar mengajar merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum guru menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XII A4 pada pembelajaran Seni Vokal melalui menerapkan metode demonstrasi alat musik gitar pada musik non-tradisional nusantara di SMA Negeri 1 Sungai Tarab tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, subyek penelitiannya adalah siswa kelas XII A4 SMA Negeri 1 Sungai Tarab, kabupaten Tanah Datar dengan jumlah siswa 25 siswa.Berdasarkan hasil observasi penilaian minat siswa yang telah dilakukan oleh peneliti seperti yang ditunjukan pada hasi penelitian di atas, pada tahap prasiklus minat belajar siswa masih sangat rendah, dari 25 siswa presentase minat siswa hanya 52% yang berarti banyak siswa yang mempunyai minat rendah. Setelah dilakukan metode pembelajaran demonstrasi, prosentase minat siswa menjadi naik dari yang semula 52% di Prasiklus menjadi 62% di Siklus I. Dari pelaksanaan Siklus II maka dapat ditarik kesimpulan yaitu minat belajar siswa dari Siklus II sudah mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 74% yang dicapai oleh 25 siswa yang berarti sudah melebihi kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 70%, sehingga penelitian tidak perlu dilanjutkan lagi ke siklus berikutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi alat musik gitar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII A4 SMA Negeri 1 Sungai Tarab Tahun Pelajaran 2018/2019Kata Kunci : Minat Belajar, Musik Nontradisional, Metode Demonstrasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII SMAN 1 SUNGAI TARAB MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH Bulkarnaini Nur
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.578 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1331

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya partisispasi  dan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran di kelas, masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar.Perlunya dikembangkan metode pembelajaran yang dapat membangun keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sebagai alternatif pembelajaran yang berpusat kepada siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas XII IPS 3 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan partispasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu di pra siklus  rata-rata kelas 42,31,  siklus 1 rata-rata kelas 74,96 dan siklus 2 rata-rata kelas 80,77. Berdasarkan angka-angka tersebut memberikan gambaran bahwa  metode pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keywords: metode make a match, hasil belajar
PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI MIPA 1 SMA N 1 PULAU PUNJUNG Juni Desti
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol. 6. No 1, Jilid 2, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.457 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1337

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI.MIPA.1 SMAN 1 Pulau Punjung  yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data berdasarkan lembaran obsersvasi untuk mengetahui aktivitas Peserta Didik dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase, metode grafik, dan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan  dapat dikemukakan dua hasil utama dari penelitian ini. Pertama, secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan Discovery Learning telah mampu meningkatkan aktivitas Peserta Didik dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan semua aktivitas belajar Peserta Didik pada 5 aspek yang diamati pada siklus pertama dan siklus kedua. Kedua, hasil aktivitas positif belajar Peserta Didik yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 61 % dan pada siklus kedua terjadi kenaikan aktifitas positif belajar sebesar 20 %, sehingga pada siklus kedua sebesar 81 %. Untuk kedua hasil aktifitas Negatif belajar Peserta Didik yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 13,67 % dan pada siklus kedua terjadi penurunan aktifitas negatif belajar sebesar 3,67 %, sehingga pada siklus kedua  aktifitas  negatif sebesar 10 %.Kata Kunci: Aktifitas Belajar, Discovery Learning

Page 1 of 2 | Total Record : 13