cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2017): June 2017" : 9 Documents clear
PENGARUH PLANE PLAYING LEARNING MODEL (MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PESAWAT TERBANG) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi) jusaini, Asep Irfan
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Playing Plane Learning Model (Model Pembelajaran Bermain PesawatTerbang) dan Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (StudiEksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi). Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Perbedaan hasil belajar antara kelompoksiswa yang belajar dengan Playing Plane Learning Model dan Metode Ceramah padapelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi; 2)Pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan disiplin belajar terhadaphasil belajar pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya VKota Bekasi; 3) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memilikidisiplin belajar tinggi pada kelompok Playing Plane Learning Model dan MetodeCeramah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V KotaBekasi; 4) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memiliki disiplinbelajar rendah Menggunakan Playing Plane Learning Model dan Metode Ceramahpada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik Multistage Randaom Samplingdari populasi terjangkau 100 siswa didapatkan sampel 78 siswa yang tersebar pada duakelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol denganmasing - masing kelas 39 siswa, dimana kelas disiplin belajar tinggi dan rendah diambil27% dari skor tertinggi dan 27% dari skor terendah, maka pada kelas eksperimendidapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11 siswa dengan disiplin belajarrendah dan pada kelas control didapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11siswa dengan disiplin belajar rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan rata– rata hasil belajar yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model danMetode Ceramah (α 0.048<0.05), dimana rata – rata hasil belajar Pendidikan AgamaIslam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model ( 72.51) lebihtinggi dari pada rata – rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yangdibelajarkan dengan Metode Ceramah ( ); 2) Secara keseluruhan terdapat pengaruhinteraksi antara model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajarPendidikan Agama Islam (α 0.034<0.05); 3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplinbelajar tinggi lebih baik daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramah memiliki disiplin belajar tinggi (α 0.021<0.05) dimana Playing PlaneLearning Model disiplin belajar tinggi memiliki 87.73 Metode Ceramah disiplinbelajar tinggi memiliki 80.00 dan; 4) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswayang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplin belajarrendah lebih rendah daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramahmemiliki disiplin belajar rendah (α 0.137>0.05) dimana Playing Plane Learning Modeldisiplin belajar rendah memiliki 60.82 Metode Ceramah disiplin belajar rendahmemiliki 69.09. Berdasarkan penelitian ini, bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VSDN Mustikajaya V dapat ditingkatkan melalui penggunaan Plane Playing Learning model yang sesuai dengan disiplin belajar siswa
METODE PEMBINAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DENGAN MEDIA KARTU KWARTET TAJWID Ali Maksum, Umi Hani
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Baca tulis Al-Qur’an adalah salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) dan diajarkan dari jenjang sekolah dasar sampai jenjangmenengah atas. Cakupan materi dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)terdiri dari 5 unsur pokok, yaitu: Al-Qur’an, keimanan atau aqidah, akhlak, fikih danbimbingan ibadah, serta tarikh atau sejarah Islam. Isi dari materi Al-Qur’an adalah ayatayatA-Qur’an beserta terjemahnya dan ilmu tajwid. Faktanya ketika peserta didikduduk di sekolah menengah atas mereka belum menguasai tata cara merangkai hurufhijaiyah. Dari segi bacaan Al-Qur’annya pun tidak menguasai ilmu tajwid baik dalamteori maupun praktik. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis AlQur’an,tidak cukup hanya dengan mengandalkan 2 jam pelajaran dari mata pelajaranpendidikan agama Islam (PAI) saja. Harus ada pembelajaran diluar jam pelajaran formalagar guru lebih leluasa dalam pembelajarannya. Selain itu harus ditunjang juga denganmedia yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik. Salah satu media yang dapatdigunakan dalam pembelajaran tajwid adalah kartu kwartet tajwid, kartu kwartet tajwidini adalah hasil modifikasi dari kartu kwartet mainan anak-anak. Satu set kartu kwartettajwid terdiri dari 32 buah kartu, didalamnya terdapat 8 himpunan kartu yang berisicontoh-contoh bacaan hukum nun sukun atau tanwin dan mim sukun. Satu himpunan kartu terdiri dari 4 buah kartu.Dengan digunakannya kartu kwartet tajwid kemampuan peserta didik dalam membacadan menulisAl-Qur’an meningkat, proses belajar dan mengajar pun terasa lebihmenyenangkan. Selain itu banyak manfaat yang dapat diambil dari permainan kartukwartet tajwid ini, yaitu:1) melatih konsentrasi dan ingatan, 2) mengasah kemampuanbersosialisasi, 3) menjalin kedekatan, 4) belajar mematuhi aturan, 5) belajar sportif, 6) mengasah kemampuan kognitif, 7) menambah wawasan.
PERAN ALUMNI MADRASAH AL-JAUHAROTUNNAQIYYAH CIBEBER DALAM MEMBENTUK HOMOGENITAS KARAKTER KEAGAMAAN DAN TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT PEDESAAN DI KOTA CILEGON Ahmad Sujai
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

adrasah sebagai lembaga pendidikan Islam tertua setelah pondok pesantrentelah diakui memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap perilaku keberagamaanmasyarakat Islam di Indonesia. Begitu pula dengan madrasah Al-JauharotunnaqiyyahCibeber yang telah berdiri sejak tahun 1924 tersebut telah banyak melahirkan alumnialumniyangberkompetendalam bidang agama yang tersebar di wilayah Banten dansekitarnya. Pada penelitian ini penulis mencari tahu, apakah ada peranan alumnimadrasah Al-Jauharotunnaqiyyah cibeber dalam membentuk karakter homogenitaskeberagamaan dan budaya masyarakat pedesaan di wilayah kecamatan cebeber kotacilegon tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di masyarakatpedesaan Kecamatan Cibeber Kota Cilegon yang terdiri dari 6 desa, yaitu: DesaCibeber, Kedaleman, Karangasem, Kalitimbang, Bulakan dan Desa Cikerai, dapatdisimpulkan bahwa, alumni madrasah Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber sangat berperandalam membentuk homogenitas keberagamaan dan budaya masyarakat pedesaantersebut. Cara dan metode yang digunakan alumni dalam membentuk homogenitaskarakter keagamaan dan budaya masyarakat pedesaan adalah mengajarkan,mendakwahkan, dan mencontohkan ajaran/nilai-nilai agama terhadap masyarakat pedesaan Cilegon
Kontribusi disiplin Belajar Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 11 Kabupaten Tangerang Banten evni nuraeni
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat disiplin dan hasil belajar PAI, 2) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar, Metode penelitianadalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasi dan regresi. Populasi berjumlah180 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional.Sampel sebanyak 72 orang siswa. Data variabel disiplin belajar diperoleh melalui angket, data hasil belajar menggunakan dokumen hasil ulangan harian. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumenmenggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, tingkat hasil belajar 83,58% termasuk dalam kategori sangat baik; sedangkantingkat disiplin belajar 86,22% termasuk dalam kategori sangat baik; . Kedua, terdapatkontribusi positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar, kontribusinyasebesar 24%. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melalui peningkatan disiplin belajar
Manfaat Mempelajari Psikologi Perkembangan Hasbullah Hasbullah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Psikologi perkembangan pada prinsipnya merupakan cabang dari psikologipengetahuan mengenai psikologi perkembangan akan dapat menimbulkan kesadaranterhadap diri sendiri, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangan anakdengan baikHambatan perkembangan dapat juga berupa keterlambatan perkembangan, di manatidak tercapainya tugas perkembangan pada waktu yang ditentukan.
EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI FISIKA BERDASARKAN TEKNIK UJIAN SECARA OPEN BOOK PADA MAHASISWA PGMI UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN gut windarsih
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengajaran Fisikaberdasarkan pemberian tes essay dalam pelaksanaan ujian harian secara Open Bookdengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalam selembar kertas. Penelitiandilakukan dengan pemberian ujian harian berupa tes essay pada pembelajaran Fisikamengenai Bab Gerak dan Gaya. Perlakuan yang diberikan berupa teknik pelaksanaanOpen Book pada saat ujian harian yaitu mahasiswa diminta untuk membuat ringkasanrumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas. Sebagai kontrol, mahasiswadiminta mengerjakan kembali soal-soal ujian dengan membuka semua bahanperkuliahan berupa buku, handout, dan akses internet. Data yang diperoleh dari keduakelompok, yaitu kelompok perlakuan teknik Open Book dan kelompok kontrol,selanjutnya dianalisis secara statistik berdasarkan uji-t berpasangan (paired-samples ttest)dengan Program SPSS 15.0 untuk membandingkan nilai rata-rata dari masingmasing kelompok perlakuan.Namun, apabila data tidak terdistribusi normal maka uji-t berpasangan diganti dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa padapelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas sebesar, diperoleh nilai rata-ratasebesar 41,67 (skala 100), lebih rendah dibanding secara Open Book dengan membukabahan perkuliahan (buku, handout, akses internet) yaitu sebesar 48,26. Nilai signifikansiantara pelaksanaan ujian secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumuspenting Fisika dalam selembar kertas, dan dengan membuka bahan perkuliahan (buku,handout, akses internet) lebih besar dari 0,05, yaitu sebesar 0,359, artinya tidak terdapatperbedaan antar kelompok perlakuan. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak adapengaruh teknik Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalamselembar kertas terhadap pembelajaran Fisika yang dilakukan. Dengan demikian,pelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasanrumus-rumus penting pada selembar kertas sudah cukup efektif digunakan sebagaimetode/alat evaluasi pembelajaran Fisika.
METODE PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI NILAI PENYUCIAN JIWA DI SMA AL-MUTTAQIN TASIKMALAYA misbah muhamad
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya yangberakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional Indonesia, belum sepenuhnyatanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Hal demikian, didasarkan kepadapengamatan terhadap metode pembelajaran PAI di SMA Al-Muttaqin, yang masihkonvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan praktik. Walaupun metodepembelajaran sudah bervariasi, namun metode pembelajaran ini belum sepenuhnya bisamenurunkan pesan-pesan moral secara signifikan dari nilai-nilai spiritual Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran PAI ceramah,tanya jawab, dan praktik, yang digunakan di SMA Al-Muttaqin, menjadi metodepembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa dengan pendekatan tasawuf Islam danpsikologi Islam secara terintegrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitumodel penelitian yang mengembangkan metode pembelajaran yang sudah ada kepadametode pembelajaran baru secara sistemik dan terukur. Adapun disiplin ilmu yangdijadikan basis analisis adalah tasawuf Islam dan psikologi Islam secara terintegrasi. Kemudian, untuk mempertajam penelitian digunakan juga discourse analysis, yangmenganalisis teks dengan cara menghubungkannya dengan konteks atau fenomena,sehingga menjadi satu kesatuan teks dan konteks. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran PAI di SMA AlMuttaqinmasihkonvensionalyaitu terpaku kepada metode pembelajar ceramah, tanyajawab, dan praktik. Selain itu, terdapat kesalahpahaman teori yang digunakan yangterdapat di dalam RPP, yaitu metode pembelajaran praktik hanya dipahami sebatasmempraktikan materi pembelajaran di ruang belajar. Padahal, hakikat metodepembelajaran praktik tidak boleh dibatasi di ruang belajar yang sempit. Setelahdikembangkan kepada metode pembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa, metodepembelajaran qishah (cerita), al-tarbiyah bi al-ahdats (studi kasus), dan tafakkur(berpikir) lebih efektif dari pada metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan praktik
PENDIDIKAN VALUE DI NEGARAMULTIKULTURAL GURU PAI DI SMPN 1 TANARA KABUPATEN SERANG BANTEN H jaimudin
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Australia merupakan negara yang multikultural yang memiliki berbagai macam suku bangas , bahasa dan budaya. salah satu permasalahan yang di hadapai Austarlia adalah menyangkut identitas warga asing yang tinggal di Austarlia. Austarlia sedang mengembangkan pendidikan yang mengarah kepada penggunan berbagai bahasa. nilai nilai yang dikembangkan negara Australia Agama dan ideologi
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (Studi di MAN 2 Serang ) Moch. Subekhan
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2017): June 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan tawaran yang positif dalam mengatasi krisis moral yangtengah melanda generasi muda khususnya kalangan pelajar. Generasi muda sekarangakan menjadi tumpuan harapan generasi tua sekarang yang masih mensisakan banyakpersoalan bangsa. Diantara persoalan bangsa yang melanda sekarang adalah masalahkorupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang merajalela, terjadinya konflik antarkomponen bangsa yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatnyakriminalitas dan etos kerja yang buruk lebih-lebih di kalangan aparatur negara. Olehkarena itu, tumpuan harapan masa depan bangsa ada di tangan kalangan muda sekarang.Kalangan muda harus betul-betul mendapatkan pendidikan yang memadai dan baikyang pada akhirnya akan menjadi pemuda yang berkarakter. salah satu yang bisadijadikan media alat transformasi dan penanaman nilai-nilai karakter adalah lembagapendidikan. Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di lembaga pendidikan merupakan suatukeharusan. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesiamerupakan salah satu solusi cerdas dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter baik melalui kurikulum formal maupun non formal, karena sejak awal berdirinya Madrasah sudah menunjukkan ciri khasnya yang berbeda dari lembagapendidikan pada umumnya, dimana penanaman nilai karakter sudah terintegrasi dalammata pelajaran agama yang memiliki porsi cukup besar. Tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakteryang terdapat di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Serang Banten, Model pendidikankarakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang Banten, dan Bentuk-bentuk pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah Negeri 2 Serang Banten.Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, untukmengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi mendalam yangberkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukanmelalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Temuanpenelitian di lapangan bahwa Pendidikan Karakter terimplementasi melalui 2 bentukyaitu melalui kurikulum formal dan kurikulum non formal/ekstrakurikuler. Kurikulumformal bisa dilihat dari porsi pendidikan agamanya yang lebih banyak dibandingkandengan pendidikan umum yaitu mencakup Al-Qur'an-Hadits, Akidah-Akhlak, Fikih,dan Sejarah Kebudayaan Islam. Semuanya itu mengarahkan pada pencapaiankedalaman spiritual dan akhlakul karimah sebagai komponen dari dasar nilai-nilaipendidikan karakter. Pengambilan nilai-nilai karakter atau core character values darinilai-nilai moral, nilai-nilai etika, nilai-nilai budi pekerti dan agama. Implementasi pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuleryaitu melalui Paduan Suara, Nasyid, Teater, Akustik, Marawis, Pencak Silat, Futsal,Basket, Taekwondo, Bulu Tangkis, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR),Karawitan, Angklung, Tenis Meja dan Jurnalistik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9