cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2022): June 2022" : 10 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 6 SINDANGSUKA CIBATU KABUPATEN GARUT Siti Rochmah Dirgantini; Asep Tutun Usman; Iman Saifullah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6235

Abstract

Abstrak;Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media pembelajaran audiovisual di SDN 6 Sindangsuka Cibatu Garut pada bidang studi pendidikan agama islam yang memiliki tujuan untuk melihat penggunaan media audio visual, untuk melihat motivasi belajar siswa, untuk melihat pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap Motivasi Belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Deskriptif. Pada penelitian ini teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, juga dokumentasi. Analisiss data pada penelitian ini menggunakan uji validitas , Uji Reliabilitas, Uji Korelasi, Uji Hipotesis, uji Determinasi dan Uji Epsilon. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan perolehan nilai T hitung (13,146) dan nilai T tabel (0,683). Hal ini memiliki arti T tabel lebih besar daripada T hitung dengan kriteria Tinggi dengan persentase 67%. Hasil tersebut dikuatkan dengan pernyataan siswa yang merasa bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan Media pembelajaran audio Visual di dalamnya, mereka lebih antusias dan ikut serta dalam proses pembelajaran, tidak merasa bosan ataupun mengantuk. Penggunaan media audio visual tidak hanya menjadi satu satunya yang memperngaruhi motivasi belajar siswa. Tetapi juga karena penyebab lainnya yang tidak diteliti. Hal tersebut sebagaimana hasil uji epsilon yang menunjukan persentase sebesar 33%.
PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19 Efira Andiyani Batubara
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6230

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul digital Evaluasi Pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam di era pandemic covid-19 yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan design penelitian dan pengembangan dengan subjek uji; 2 ahli pembelajaran, 2 teman sejawat, dan 30 mahasiswa untuk validasi uji produk. Data dikumpulkan melalui kuisoner, dengan hasil penelitian: (1) skor rata-rata uji validasi oleh ahli materi sebesar 3,72 dan ahli media sebesar 4,29 dengan kualifikasi sangat baik dan beberapa revisi ringan, (2) skor rata-rata uji oleh 2 teman sejawat dosen sebesar 4,66 dengan kualifikasi sangat baik dan beberapa revisi ringan, (3) Skor rata-rata asil validasi produk oleh 30 mahasiswa sebesar 4,41 dengan kualifikasi sangat baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa modul digital Evaluasi Pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam dikategorikan layak dan mudah digunakan
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING PASCA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA Rahma Sabara; Abdulloh Hamid
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.5641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan implementasi model pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Surabaya pasca pandemi covid-19. Menganalisa pengembangan model pembelajaran PAI berbasis blended learning di SD Muhammadiyah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif maka sumber data disebut juga dengan responden. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Surabaya hanya dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk strategi pembelajaran menggunakan media Discovery learning. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah. Cara guru menjelaskan ketika pembelajaran juga jelas, spesifik dan terkadang juga diselingi dengan humor sehingga pembelajaran dianggap unik. Pelaksanaan blended learning khususnya fasilitas pembelajaran online, pendidik dapat memanfaatkan berbagai layanan sistem pembelajaran yang menggunakan Learning Management System (LMS). Menurut Ellis, LMS adalah aplikasi perangkat lunak untuk administrasi, dokumentasi, pelacakan, pelaporan, dan penyampaian kursus pendidikan atau program pelatihan. LMS dapat dikatakan sebagai manajemen pembelajaran yang disiapkan bagi peserta didik dan pendidik dalam melakukan pembelajaran melalui perangkat lunak, antara lain: moodle, canvas, google classroom, edmodo, kelas digital rumah belajar, blog, dan lain-lain. Berbagai layanan LMS ini dapat digunakan oleh para pendidik secara gratis maupun berbayar, tinggal dipelajari dan digunakan untuk mempermudah pembelajaran secara online
EFEKTIVITAS MODIFIKASI PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK DENGAN GANGGUAN TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAY) Nora Adi Anna Harahap
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6231

Abstract

Masalah keterlambatan bicara pada anak merupakan masalah serius yang harus segera ditangani karena merupakan salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Keterlambatan bicara dikatakan terlambat apabila tingkat perkembangan bicaranya di bawah tingkat kualitas perkembangan anak yang seusia yang dapat diketahui dari ketepatan penggunaan. anak dengan gangguan keterlambatan bicara menggunakan modifikasi perilaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk melihat perubahan perilaku yang terjadi pada subjek. Subjek penelitian adalah laki-laki, umur 4 tahun 2 bulan. Peneliti menggunakan beberapa teknik dalam modifikasi perilaku seperti token economy, imitation, dan modeling. Intervensi dilakukan dalam 7 sesi, setiap sesi membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam. Intervensi dilakukan selama tujuh minggu. Hasil intervensi menunjukkan adanya peningkatan bahasa dan komunikasi subjek. Subjek cukup mampu mengucapkan beberapa kosakata dengan jelas dan tepat. Ada penambahan kosakata baru yang belum familiar dengan pokok bahasan. Subjek menyebutkan kata tanpa menghilangkan awalan atau akhir kata dan subjek telah mampu menyusun 2 sampai 3 kata sederhana dalam 1 kalimat. Berdasarkan intervensi yang telah diberikan kepada subjek dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi modifikasi perilaku dengan menggabungkan teknik token economy, imitasi dan modeling cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi subjek. Subjek menunjukkan perubahan dalam kemampuan berkomunikasi.
PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL REM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL REMAJA PADA MODEL PEMBELAJARAN FIQIH KONTEKSTUAL: Penelitian di MTs Al-Fathaniyah Serang, Banten Itoh Masitoh Masitoh; Muhajir Muhajir; Hasbullah Hasbullah; Teguh Fachmi; Ade Adriadi
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.5517

Abstract

The objectives of the research are sex education material in fiqh lessons and efforts to prevent adolescent sexual violence through contextual fiqh learning models. Descriptive qualitative research design, the object of research for class VII students. Primary data: head of madrasa, waka for student affairs and curriculum, teachers, students. Secondary data: books, journals, articles. Instruments of observation, documentation, interviews, FGD. Data analysis techniques are data reduction, data display, inference and verification. The result of the research is that the taharah material includes the procedures for taking a janabah bath, the characteristics of puberty, menstruation and using the Safinatun Nazah book. As well as MA XI's fiqh adultery material. Also material harassment and sexual violence. Efforts to prevent adolescent sexual violence are carried out by teaching material on fiqh taharah, adultery which is included in sex education material using a contextual approach. And it has a negative impact on the perpetrators in terms of religion, medical, social, and at MTs Al-Fathaniyah there is a PIK-R training that focuses on discussing health in adolescence. The conclusion of the study is that there is a prevention solution through sex education materials in fiqh subjects.
PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN IKLIM KOMPETITIF DI SMP IT SITI HAJAR MEDAN Robin Sirait; Neliwati Neliwati
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6232

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan anak didik. Untuk mendapat anak-anak yang hebat tentu dibutuhkan guru-guru yang hebat, dan untuk mendapatkan guru yang hebat maka tidak bisa terlepas dari pola kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki komunikasi yang baik kebawahannya. Pendidikan dalam hal mencapai tujuan yang diinginkan maka diperlukan kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru dan siswanya. Keberadaan kepala sekolah sebagai figur pemimpin yang diibaratkan sebagai mesin penggerak sebuah organisasi atau lembaga. Manakala mesin penggerak tersebut memiliki kualitas yang tidak cukup bagus, maka pengaruhnya akan menjalar pada kinerja sistem sehingga tidak mampu menghasilkan sesuatu yang optimal dan berkualitas. Sementara itu, seringkali hadirnya figur pemimpin yang kharismatik mampu menghidupkan dan memajukan sebuah organisasi atau lembaga yang sebelumnya mengalami stagnansi. Di lembaga pendidikan, kehadiran pemimpin memiliki peranan yang dapat mengarahkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Peran yang diemban oleh pemimpin tersebut umumnya dapat dilihat dan diukur dari perkembangan kualitas lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Kepala sekolah yang baik mampu menghadirkan iklim kompetitif yang baik sehingga sekolah yang dibina akan menghasilkan guru yang berkualitas dan anak siswa yang berprestasi
PENGARUH SELF-EFFICACY, KONSEP DIRI, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SANTRI PONDOK PESANTREN ASSA’ADAH Teguh Fachmi
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6238

Abstract

Abstrak; Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, konsep diri dan dukungan sosial terhadap school engagement. Sampel penelitian adalah 213 santri kelas 1&2 SMA Pondok Pesantren Modern Assa’adah yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data digunakan Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan self-efficacy, konsep diri dan dukungan sosial terhadap school engagement. Proporsi varians dari school engagement yang dijelaskan oleh semua independent variable sebesar 97.9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji hipotesis minor menunjukan bahwa delapan dari sebelas variabel memiliki pengaruh yang signifikan diantaranya initiative, persistence, effort, evaluasi diri, attachment, guidance, reassurance of worth and social integration. Sedangkan variabel lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap school engagement.
PERANAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PELAKSANAAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DUSUN KARANG SARI DESA TANJUNG PUTUS KECAMATAN PADANG TUALANG KABUPATEN LANGKAT Neliwati Neliwati; Samsu Rizal; Hemawati Hemawati
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6233

Abstract

Abstrak: Minimnya pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaan keagamaan menjadi permaslahan yang dihadapi tokoh agama di Dusun Karang Sari Desa Tanjung Putus Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Oleh karena itu, maka dibutuhkan peranan tokoh agama setempat dalam meningkatkan motivasi kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan Islam. Tujannya penelitian ini untuk mengetahui peran tokoh agama dalam meningkatkan pelaksanaan keagamaan masyarakat dan faktor yang mendukung dan menghambat peran tokoh agama dalam meningkatkan pelaksanaan keagamaan pada masyarakat.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan analisis deskriptif. Menggambarkan tentang peranan Tokoh Agama dalam meningkatkan motivasi pelaksanaan keagamaan masyarakat di Dusun Karang Sari Desa Tanjung Putus Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Hasil penelitiannyamenunjukkan bahwa Peran tokoh agama menyampaikan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk melakukan hal-hal positif, meningkatkan sikap keagamaan masyarakat, memantau kondisi keagamaan masyarakat, mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan, mengadakan pertemuan tokoh masyarakat, membimbing dan pengarahkan masyarakat, memberikan nasehat dan arahan dan mengajak masyarakat untuk melakukan shalat jama’ah dan kegiatan keagamaan lainnya. Faktor yang mendukung peran tokoh agama adalah pengetahuan masyarakat tentang agama masih awam dan sistem kegotong royongan yang dibentuk dalam masyarakat, Keuletan tokoh agama yang sangat baik, rasa ingin tahu masyarakat yang tinggi dan masyarakat mempunyai kesadaran kurangya pengetahuan keagamaan. Sementara faktor yang menghambat peran tokoh agama adalah ketika menyampaikan pendapatnya, tokoh agama terkadang ada masyarakat yang kurang mendukung, dalam menjalankan perannya masih sangat sulit karena kurangnya ekonomi dari masyarakat tersebut, masyarakat kurang menghayati makna keagaman yang sebenarnya, kebiasaan lingkungan kurang agamis, sebagian besar masyarakat berpendidikan rendah, masyarakat bertani dikebun sampai sehari penuh sehingga kurang memperhatikan hal-hal yang berbaur keagamaan dan minimnya bantuan pemerintah tentang dana untuk melaksanakan kegiatan keagamaan.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAN DAN MODERASI BERAGAMA Gilang Ardela Mubarok; Eneng Muslihah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6616

Abstract

Guru memberikan pengaruh begitu besar dalam membentuk sikap, karakter pribadi peserta didiknya, salah satu dari beberapa sikap peserta didik yang menjadi sorotan akir-akhir ini adalah sikap keberagamaan dan moderasi beragama, merupakan tujuan dari penelitian ini adalah meneliti sejauh mana peran seorang guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap tersebut serta menyeimbangkannya dalam prilaku. Dengan menggunkan pendekatan kualitatif, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Peneliti menyimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam sangat berperan dalam membentuk sikap keberagamaan dan moderasi beragama. Hal ini dibuktikan dengan langkah dan upaya konkrit para guru dalam membentuk sikap tersebut pada peserta didiknya melalui dua pendekatan secara internal maupun eksternal, diantara upaya yang paling siginifikan pengaruhnya adalah adanya pendampingan para guru terhadap peserta didiknya dalam mengakses sumber keilmuan, adanya program dialog dan diskusi beragama. Indikasinya para siswa yang dominan para remaja ini lebih berhati-hati dalam bersikap, berprilaku, beragama dan lebih menghargai kemajemukan. Hal ini mengindikasikan bahwa guru Pendidikan agama Islam sangat berperan atas hal tersebut
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMP NAHDLATUL ULAMA MEDAN Wahdi Wahdi; Neliwati Neliwati
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 9 No 1 (2022): June 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v9i1.6234

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: bolos belajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan prilaku islami di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10