cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING) KELAS XI SMA NEGERI 1 SILANGKITANG Rahma Muti'ah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) kelas XISMA Negeri 1 Silangkitang, dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian di ambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SoftwareAutograph UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI Laili Habibah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1304

Abstract

ABSTRAK
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA KOMPETENSI DASAR MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK KOTA BATU TAHUN AJARAN 2016/2017 Irma Yanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1295

Abstract

Pada topik menyelesaikan
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTAHUN AJARAN 2016/2017 Eva Julyanti
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1300

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: untuk mengetahui meningkatnya motivasi dan prestasi belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning pada siswa. Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK).Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Wasliyah Sukarame Kualuh Hulu, dengan jumlah populasi sebanyak sejumlah 25 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL Islamiani Safitri
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaarning dengan pembelajaran konvensional di SMK Swasta Indonesia Membangun Rantauprapat T.P 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random samping,yaitu kelas XI TKJ sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan kelas XI TKR sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Desain penelitian ini menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada kelas eksperimaen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, kemudian dilakukan tes terhadap kedua sampel dengan tes yang sama. Teknik analisis data dengan melihat pada hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari perhitungan data pre-test siswa diperoleh taraf nyata 5%, dan diperoleh ttabel = 2,003 dan thitung = 0,3288. Karena thitung < ttabel (0,3288<2,003) maka kemampuan awal siswa sama. Sedangkan berdasarkan perhitungan post-test siswa diperoleh pada dk 50 dan taraf nyata 5% dan diperoleh ttabel = 1,6810 dan thitung = 2,372. Karena
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA POKOK BAHASAN FUNGSI LINEARDI KELAS XI SMK SWSTA DWI GUNA TAHUN PEMBELAJRAN 2015/2016 Rohani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pokok Bahasan Fungsi Linier dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penlitian adalah siswa kelas XI SMK Swasta Dwi Guna Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang.Subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase perolehan nilai siswa pada siklus awal hasil dari 40 orang siswa 15 orang siswa dinyatakan tuntas atau 37,5%, dan yang belum tuntas sebanyak 25 orang siswa atau 62,5% dengan rata-rata 61,25. Hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 73,75 dimana 21 siswa (52,5%) memperoleh ketuntasan, 19 siswa (47,5%) yang belum tuntas. Pada siklus 2 rata-rata kelas siswa meningkat 86,75 dimana 35 siswa (87,5%) memperoleh ketuntasan, 5 siswa (12,5%) yang belum tuntas. Dari hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus tersebut diketahui bahwa hanya pada siklus 2 saja dapat dinyatakan bahwa
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA SWASTA AEK NABARA lily Rohanita
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1297

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar matematika siswa terhadap model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dalam pokok bahasan Trigonometri di kelas XI SMA Swasta Aek Nabara, untuk mengetahui implementasi kreativitas dan hasil belajar matematika siswa terhadap model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dalam pokok bahasan Trigonometri di kelas XI SMA Swasta Aek Nabara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Aek Nabara dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED Suriyani M.Pd
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1302

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki dunia kerja.Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan berpikir kreatif juga menjadi penentu keunggulan suatu bangsa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIIIdengan mengambil sampel empat kelas (dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol) melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatn Open-Ended lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajar konvensional jik. Berdasarkan temuan penelitian pendekatan Open-Ended
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA MATERIRUANG LINGKUP BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAHSWASTA ISLAMIYAH SUBULUSSALAMSUMBEREJO T.P 2017/2018 Siti Suharni Simamora
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1298

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X pada Materi Ruang Lingkup Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah total 67 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini merupakan populasi penelitian. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, yaitu: kelas pertama diajarkan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang berjumlah 37 siswa, dan kelas kedua diajarkan dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah-tanya jawab jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berjumlah 36 soal pilihan berganda yang telah valid. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dengan melihat perbandingan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Terdapat terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X pada Materi Ruang Lingkup Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018, yaitu: hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 78,85 lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 71,08.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching And Learning) TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TORGAMBA Nurlina Ariani
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v3i2.1303

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif CTL terhadap penalaranmatematika pada materi komposisi fungsi dan

Page 1 of 1 | Total Record : 10