cover
Contact Name
Lativa Qurrotaini
Contact Email
qurrota29@umj.ac.id
Phone
+6285646497123
Journal Mail Official
holostika@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikann UMJ Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
ISSN : 25796151     EISSN : 26148242     DOI : https://doi.org/10.24853
Core Subject : Education,
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018)" : 9 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK Swatika, Priantari
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan gadget merupakan hal yang umum dikalangan masyarakat, dari orang tua sampai anakanak.Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengganggu berbagai macam fungsi syaraf karena dalam gadget umumnya terdapat radiasi yang dapat menggangu kesehatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget pada perkembangan psikologi anak khususnya di SDN Cempaka putih 01 yang berdomisili di Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Banten.Metode Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey yang mengambil sampel siswa SDN Cempaka Putih 01 sebanyak 80 orang. Dengan hipotesis Gadget dapat merusak psikologi seorang anak walaupun tidak signifikan. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi.Dengan hasil hitung korelasi Person Product Moment sebesar 0,2 yang berarti terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikologi walaupun sangat rendah.Sedangkan hasil regresi sebesar 0,43. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan orang tua dan guru selalu dapat mengawasi anak dan siswanya dalam menggunakan gadget.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU IDENTIFIKASI Khaerunnisa, Khaerunnisa; Harumiasari, Ratna
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan siswa tunarungu dalam memahami kalimat, sehingga siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Seringkali siswa tunarungu tidak mengerti apa yang mereka ucapkan, dan apa yang diucapkan sesuai dengan makna dari ungkapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Melalui media permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami kalimat pada siswa tunarungu kelas 1 SLB B Raisya Puri. Hasil penelitian kemampuan siswa pada siklus 1 yaitu 57% dan mencapai kriteria keberhasilan pada siklus 2 yaitu 80%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan kartu identifikasi dapat meningkatkan kemampuan memahami siswa kelas 1 SLB B Raisya Puri
MEDIA PEMBELAJARAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES Ramadhanti, Maharani; Edwita, Edwita; Sumantri, M. Syarif
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan media pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan di MI Plus kota Tangerang Asy-Syukriyyah dengan 14 siswa dari kelas 1 B sebagai subjek penelitian. Alasan untuk subjek yang dipilih adalah karena kelas yang unik dan memerlukan penanganan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk metode penelitiannya mengikuti aliran penelitian secara bertahap progresif dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan analisis data terdiri dari: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan tema analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran BCCT berdasarkan multiple Intelligence di MI Plus Asy-Syukriyyah membangun tujuh kecerdasan, antara lain: kecerdasan linguistik, logika-matematic, spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan natural.
PEMBELAJARAN LUAS BIDANG DATAR BERBASIS KONTEKS ANYAMAN TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR Ariani, Yetti
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan penalaran siswa dari konsep pengukuran luas dasar. Pada awalnya, konsep dadar penhgukuran diajarkan di sekolah dasar. Penelkitian ini didesain menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia (PMRI) yang digunakan adalah kerajinan tradisional Indonesia yaitu anyaman. Konteks ini menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran untuk mendukung prose pembelajaran pengukura. Desain metodologi penelitian menggunakan design research yang terdiri siklus harian desain, percobaan mengajar, dan analisis retrospektif terapan. Penelitian ini akan menjelaskan konteks sebagai awal mengajar dan belajar tentang pengukuran luas bidang datar yang akan diadakan di SDN 20 Kurao Kota Padang. Hasil percobaan mengajar akan disarankan sebagai pertimbangan penting dalam mengeksplorasi konteks sebagai awal pembelajaran pengukuran luas bidang datar.
PENGARUH PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 10-12 TAHUN Suteguh, Zarkhoni Imam
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh asumsi yang mengatakan bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar seseorang harus memiliki IQ yang tinggi juga, padahal sesungguhnya kecerdasan emosional juga diperlukan dalam melakukan proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang pengaruh permainan sepakbola terhadap kecerdasan emosional anak usia 10-12 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuanti tatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey dan kuesioner. Hasil penelitian dapat terlihat dari uji F yang diperoleh yaitu F hitung sebesar 1,395 dan F tabel 4,11. Hasil uji F tersebut menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh permainan sepakbola terhadap kecerdasan emosional anak usia 10-12 di sekolah sepakbola Persada Lima FC, hal ini dikarenakan faktor keluarga dan faktor adrenalin dapat menghambat kecerdasan emosional anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak pihak terkait seperti sekolah sepakbola, pelatih dan peneliti selanjutnya.
KONDISI SANITASI DI TIGA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DAERAH TANGERANG SELATAN Santi, Apri Utami Parta; al Bahiij, Azmi
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi di tiga Sekolah Dasar Negeri di daerah Tangerang Selatan. Objek dari penelitian ini berupa kondisi sanitasi sekolah yang meliputi sumber air bersih, jamban, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), tempat cuci tangan dan sarana pembuangan sampah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung di lingkungan Sekolah. Teknik analisa data menggunakan teknik prosentase berdasarkan pedoman teknis pemeliharaan sanitasi mengikuti peraturan pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan 93,3 % sumber air bersih sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kondisi jamban 83,3 % telah memenuhi standar. Dari kondisi SPAL, 92,9 % sesuai standar, cuci tangan 80% sudah memenuhi standar dan dari sarana pembuangan sampah 88,9 % sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan.
PERAN GURU DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA Wahyudhi, Aden; Iswan, Iswan
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya peredaran gelap narkoba sangat mudah sekali masuk dilingkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, serta hambatan dan solusi yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sawah 03 Ciputat, mulai dari bulan Agustus 2017 hingga Januari 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mencegah penyalahgunaan bahaya narkoba pada siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, dan pembangun kerjasama. Hambatan yang dihadapi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada siswa yaitu latar belakang keluarga siswa, keterbatasan waktu, dan perbedaan karakteristik individu siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa, serta peneliti.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI ALAT PERAGA MAKET GERHANA DAN VIDEO PEMBELAJARAN Rahmawati, Myrna; Khaerunnisa, Khaerunnisa
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi gerhana matahari dan gerhana bulan masih menggunakan cara metode ceramah, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara mengetahui hasil belajar IPA tanpa mendengarkan saja dengan menggunakan media alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meniliti perbandingan hasil belajar IPA melalui alat peraga maket gerhana dan video pembelajaran pada materi gerhana matahari dan gerhana bulan. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana dengan hasil belajar melalui video pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari perbandingan antara Thitung (2,80) lebih besar dari T tabel (2,00) pada  = 0,05, Artinya hasil belajar melalui video pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar melalui alat peraga maket gerhana. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar melalui video pembelajaran sebesar 51,67 lebih besar dari rata-rata nilai hasil belajar melalui alat peraga sebesar 50,33. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihakpihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa dan penilliti selanjutnya.
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD Zulfitria, Zulfitria
Jurnal Holistika Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelelitian ini dilatarbelakangi oleh hipotesis penelitian yang adanya pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelas IV yang berjumlah 48 siswa, teknik sampling menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik uji chi-square. Hasil penelitian ini dapat dikatakan signifikan, diketahui maka X²hitung > X²tabel (36,2 > 16,9) pada taraf signifikasi 5% . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Perigi 03. Semakin tinggi pendidikan orang tua semakin tinggi juga prestasi belajarnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9