cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/je
Core Subject : Education,
Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016)" : 5 Documents clear
MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPS SISWA SEKOLAH DASAR Fitri Yulianti Purnama Lestari
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i2.1641

Abstract

pada era globalisasi, informasi semakin mudah didapatkan dan ilmu pengetahuanpun berkembang dengan pesat, semua orang dapat menerima informasi termasuk Siswa sekolah Dasar.  guru harus mempersiapkan siswa untuk dapat memilah dan memilih informasi karena tidak semua informasi dapat diterima dengan baik. dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan model pembelajaran yang interaktif , menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif, mencari, menemukan, menggali informasi dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, sehingga siswa dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh guru melalui penemuannya. Guru harus menanamkan keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat peka terhadap suatu maslah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pembelajaran IPS  yang didalamnya terdapat suatu pembelajaran mengenai disiplin ilmu-ilmu sosial. Pembelajarn IPS bertujuan memecahkan suatu permasalah pada kehidupan sehari-hari yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. sehingga siswa dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.
PENGGUNAAN PENDEKATAN ¬CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Nuryani Rifani
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i2.1642

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dan memiliki ciri khas tersendiri terutama dengan adanya kelompok kontrol. Agar dalam hasil penelitian sesuai dengan yang diharapkan maka perlu dipehatikan urutan eksperimen. Adapun urutan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)Mengidentifikasi masalah dan rumusan masalah. (2) Mengkaji landasan teoritis dan perumusan hipotesis. (3) Menyusun rencana penelitian. (4) Melaksanakan penelitian. (5) Mengolah dan menganalisis data, dan (6) Membuat laporan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data melalui dua cara yaitu (1) tes dan (2) observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan hasil analisis, dimana pada siklus I mempunyai nilai ketuntasan 62,50% dengan nilai rata-rata 62,50 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan 87,50% dengan nilai rata-rata 76,50. 2) Bahwa aktivitas siswa dari siklus ke siklus mengalami peningkatan, ini dilihat dari nilai rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 60,16% untuk pertemuan I dan pertemuan II sebesar 66,41% sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 76,56% dan pertemuan II sebesar 80,03%. 3) Untuk aktivitas guru juga mengalami peningkatan dimana dari kategori cukup aktif menjadi aktif dengan nilai persentase untuk siklus I pertemuan I sebesar 43,33% dan pertemuan II sebesar 66,67%. Sedangkan untuk siklus II pertemuan I sebesar 70,00% dengan mengalami peningkatan sebesar 83,33% untuk pertemuan II.
PENGGUNAAN MEDIA DAKOTA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Lusi Andiyani
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i2.1643

Abstract

Dalam pesatnya  kemajuan teknologi ini pendidikan sangatlah penting karena pendidikan merupakan proses pembelajaran , pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekumpulan manusia yang di wariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Untuk meningkatkan manusia yang lebih baik. Dan salah satu bidang studi yang harus di kuasai dalam bidang pendidikan yaitu matematika karena bidang studi matematika sangat di perlukan dan pasti akan ada di setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Matematika adalah bidang ilmu yang membahas tentang angka dan perhitungan yang menjadi dasar berhitung di semua pelajaran, tetapi hampir setiap jenjang pendidikan merasa takut pada bidang studi matematika terutama jenjang sekolah dasar karena mereka berfikir matematika itu sulit dan terlalu abtrak untuk di pelajari. Namun jika pembelajaran matematika di buat lebih menarik dan menyenangkan dengan cara menerapkan media cocok dan di anggap menyenangkan oleh siswa seperti penerapan media dakota untuk pelajaran matematika materi FPB dan KPK di sekolah dasar mereka akan merasa senang terhadap matematika.media dakota sangat cocok di gunakan untuk mata  pelajaran matematika materi FPB dan KPK karena dakota adalah salah satu mainan anak-anak yang bisa di jadikan media pembelajaran. Jadi dengan penggunaan media dakota anak menjadi  senang dalam belajar dan tidak merasa takut dan jenuh dan itu dapat bepengaruh terhadap  penonsgkatan hasil belajar.
A POLITENESS STRATEGIES IN SPEECH ACTS OF DIRECTIVES IN A MOVIE ENTITLED “PRINCESS DIARIES” BY GARY MARSHALL. rahma ilyas
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i2.486

Abstract

A POLITENESS STRATEGIES IN SPEECH ACTS OF DIRECTIVES IN A MOVIE ENTITLED “PRINCESS DIARIES” BY GARY MARSHALL.Rahma Ilyas, S.S, M.HumUNIVERSITAS MAJALENGKA  ABSTRACT The research conducts a research of politeness strategies used in the movie entitled “Princess Diaries” by Gary Marshall. This movie tells about a freak girl, Mia, Who surprisingly knows that she is a princess. Therefore, her grandma, Queen Clarisse, has to teach her how to act and speak in front of people or in other word how to behave politely. Consequently, there are varieties of politeness strategies used in the movies. Based on the research background above, the major problem of the researchis to study Politeness strategies in the movie “Princess Diaries” This problem is then separated into:What kinds of politeness strategy are exploited by the characters in “Princess Diaries, How is the politeness strategy employed by the characters in “Princess Diaries, Why is the politeness strategy chosen by the characters in “Princess Diaries”?Finally, dimension of sociolinguistics will be used to describe the speaker’s reason in using certain politeness strategy.From the movie, 71 data containing variety of politeness strategies are found and they are transcribed into 33 dialogues. From the total data, 10 data are taken to be analyzed based on the consideration of form, social dimension, tone and domain. Since a dialogue can contain more than one politeness strategy, the data are transcribed into 10 dialogues. The researcher finds Five types of politeness strategies in the movie. They are bald on record, positive politeness, negative politeness, off record and say nothing strategy.     This research can also be dug up more by adding the analysis of different address from in the politeness strategy. Nevertheless, there are many areas of the Politeness strategies which have not been studied yet. Keywords: directivesspeech acts, strategy, accuracy, acceptability, readability.
EFFECTIVENESS OF JIGSAW ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN MAJALENGKA UNIVERSITY Afief Fakhruddin
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i2.488

Abstract

EFFECTIVENESS OF JIGSAW ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN MAJALENGKA UNIVERSITY Afief Fakhruddin.S.S.M.PdMajalengka UniversityMajalengka, Indonesiaafief_sa@yahoo.com AbstractThe research is entitled “The effectiveness of Jigsaw on students’ Speaking skill. The purposes of this research are (1) the levels of the speaking skill of the students   (2) to find out the effectiveness of jigsaw in students speaking skill, (3) the factors that influence the effectiveness of using Jigsaw in improving the speaking skill. This research belongs to experimental research and quasi experimental design. It describes about a study that cast about the effect of giving treatment of using Jigsaw in students speaking skill to an experimental group. The test result of posttest in experimental class showed that the students’ average is 72.06. It can be seen in proficiency level of speaking, majority of the students who got mark in the level of 3. The result of this study showed that the students in the experiment group got better development in the average scores than the control group in speaking test. The difference of the development of the average scores is statistically significant at the (0.5) alpha level of significance. It was found that there was significant difference for those who were taught using Jigsaw and those without it. The difference is shown by the development of the average scores. The group that used Jigsaw as medium in Jigsaw got better improvement in the average scores (15.39 ) than those without Jigsaw (0.684) Keywords – jigsaw, students speaking skill

Page 1 of 1 | Total Record : 5