cover
Contact Name
Juster Donal Sinaga
Contact Email
donalsinaga@usd.ac.id
Phone
+6285228753500
Journal Mail Official
solutionJCPD@usd.ac.id
Editorial Address
Program Studi Bimbingan dan Konseling,Universitas Sanata Dharma Kampus III, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55282
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
ISSN : -     EISSN : 26847655     DOI : -
Core Subject : Education,
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan berbagai hasil penelitian dan tinjauan literatur di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi dan pengembangan diri. Artikel-artikel dalam jurnal ini diharapkan mampu menjadi gagasan-gagasan baru yang berdayaguna bagi guru, dosen, peneliti, dan praktisi bimbingan dan konseling, serta praktisi pengembangan diri.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022)" : 16 Documents clear
Pedagogi Ajrih Asih Sebuah Pemikiran Indigenous dalam Pengembangan Diri Siswa-Siswi SD Mangunan Budi Sarwono
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pedagogi ajrih asih adalah sebuah konsep indigenous dalam praksis pengembangan diri siswa siswi Sekolah Dasar. Konsep ini diinisiasi oleh Mangunwijaya seorang budayawan, novelis, arsitek sekaligus praktisi pendidikan dasar  di SDKE Mangunan Yogyakarta. Sekolah tersebut menjadi salah satu model pengembangan diri dalam persekoahan di Indonesia. Tulisan ini membahas pemikiran pemikiran dasar yang digunakan Mangunwijaya dalam mendampingi generasi muda, untuk merangsang pemikiran pemikiran indigenous lainnya dalam mengembangkan kepribadian individu anak didik.  
Tingkat Peyesuaian Diri Mahasiswa Angkatan 2020 Tahun Pertama Kuliah (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2020) Margareta Tessa Carolina; Prias Purbaning Tyas
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020/2021 tahun pertama kuliah (2) mengidentifikasikan item instrumen tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan yang capaian skornya rendah dan sangat rendah (3) mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 dengan jumlah responden 88 orang. Pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dengan 38 item yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0.840. Skala disusun berdasarkan 2 aspek yaitu penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah.  Hasil penelitian: (1) berdasarkan skor mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu 50% dengan kategori sedang, 6,9% dengan kategori sangat tinggi, 29,5% dengan kategori tinggi, 13,6% dengan kategori rendah dan 0% dengan kategori sangat rendah.(2) dari hasil perhitungan skor item, diperoleh 5 item kategori rendah dan 2 item kategori tinggi yang digunakan sebagai dasar untuk merumuskan usulan topik-topik bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 (3) faktor yang paling mempengaruhi dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu kemauan dan kemampuan, lingkungan sekitar, dan keadaan psikologis.
Kepercayaan Diri Mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma Ag Krisna Marheni
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma; (2) membuat usualan topik-topik pendampingan guna meningkatkan dan memperbaiki kepercayaan diri mahasiswa/i Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma.Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner Kepercayaan Diri, yang terdiri dari 40 item. Kuesioner dibuat berdasarkan aspek kepercayaan diri; (1) keyakinan kemampuan diri; (2) optimis; (3) objektif; (4) bertanggung jawab; (5) rasional dan realistis. Nilai koefisien reliabilitas instrumen menggunakan pendekatan Alpha Cronbach (α) sebesar 0,800. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kategorisasi, yaitu sangat baik, baik, sedang, buruk dan sangat buruk. Subjek penelitian berjumlah 94 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) 43 mahasiswa (46%) Mahasiswa/i dari Kabupaten Mappi memiliki tingkat kepercayaan diri sangat baik, 36 mahasiswa (38%) memiliki tingkat kepercayaan diri baik, dan 15 mahasiswa (16%) memiliki tingkat kepecayaan diri sedang. (2) Berdasarkan hasil perhitungan skor item yang teridentifikasi masih rendah sejumlah lima item, diusulkan topik-topik untuk pendampingan guna meningkatkan dan memperbaiki kepercayaan diri Mahasiswa/i Mahasiswa/i angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma sebagai berikut: (1)menjadi pribadi yang positif dan optimis,  (2) penyesuaian diri.
Tingkat Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Sanata Dharma) Monica Bianca Damarkos; Yohanes Heri Widodo
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (2) Mengetahui butir item yang dapat dipakai untuk mengetahui tingkat kemampuan mengelola emosi mahasiswa yang terindikasi rendah yang dapat diusulkan sebagai topik bimbingan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 sebanyak 80 mahasiswa. Pengumpulan dan data menggunakan skala pengelolaan emosi dengan item 29 yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0.885. Kuesioner disusun berdasarkan 4 aspek kemampuan mengelola emosi yaitu (1) Kemampuan mengatur emosi positif maupun emosi negatif dengan baik, (2) Kemampuan menyadari emosi, mengendalikan emosi secara sadar dan otomatis, dan (3) Kemampuan menguasai tekanan akibat dari masalah yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan jenjang sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan mengelola emosi pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling angkatan 2018 dan angkatan 2019 diperoleh 33 (41%) masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan skor item capaian pengukuran kemampuan mengelola emosi mahasiswa, terdapat 1 item yang terindikasi rendah. 1 item ini akan digunakan sebagai usulan topik bimbingan untuk meningkatkan mengelola emosi mahasiswa.
Pet attachment dan Self Esteem Pada Mahasiswa yang Memiliki Hewan Peliharaan Patricia Novita Hasibuan; Pankrasius Olak
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: 1) Mengetahui adakah hubungan antara pet attachment dengan self esteem pada mahasiswa yang memiliki hewan peliharaan; 2) mengidentifikasi seberapa tinggi tingkat pet attachment; 3) mengidentifikasi seberapa tinggi tingkat self esteem; 4) mengidentifikasi butir item skala pet attachment mana saja yang teridentifikasi tidak optimal yang dapat diusulkan sebagai topik bimbingan; 5) mengetahui butir item skala self esteem mana saja yang teridentifikasi tidak optimal yang dapat diusulkan sebagai topik bimbingan.      Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang memiliki hewan peliharaan di Univeristas Sanata Dharma berusia antara 18-22 tahun yang berjumlah 98 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan survei yang dilakukan secara online dengan link google form. Item valid pada skala pet attachment berjumlah 26 item, sendangkan pada skala self esteem item yang valid berjumlah 21 item. Pengujian koefisien reliabilitas instrumen pada penelitian ini menggunakan teknik alfa cronbach. Hasil uji reliabilitas instrumen tingkat pet attachment senilai 1.000 dan pada instrumen tingkat self esteem senilai 0.808. Kedua instrumen tersebut teruji reliabel dan layak digunakan.      Hasil analisis hipotesis korelasional diperoleh nilai r Spearman sebesar 0.248 dengan nilai ρ 0.014 (ρ 0.05) . Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pet attachment dengan self esteem pada mahasiswa yang memiliki hewan peliharaan. Hasil capaian pet attachment yaitu cenderung tinggi dan hasil capaian self esteem cenderung tinggi. Item pet attachment pada mahasiswa yang terindikasi sedang berjumlah 2 item, sedangkan item self esteem pada mahasiswa yang terindikasi  rendah berjumlah 1 item. Adapun topik usulan bimbingan yaitu 1) Mengelola emosi: kontrol amarahmu 2) Build up your confidence with a great public speaking.
Penerimaan Diri pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Alexandra Amanda Rizal; Bernardinus Agus Arswimba
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Topik yang dipilih dalam Jurnal ini dibahas setelah melihat berbagai hal  yang penulis lihat dan dengar dari lingkungan di sekeliling subjek. Dari hasil perbincangan dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memilki dugaan bahwa siswa-siswi di sekolah tersebut memiliki masalah dalam hal Penerimaan Diri. Peneliti memilih menggunakan metode Deskriptif  Kuantitatif  dan setelah dilakukan penelitian ternyata hasilnya ditemukan bahwa ada  25 siswa (36%) dengan tingkat penerimaan diri pada kategori sangat tinggi, 36 siswa (51%) pada kategori tinggi, 9 siswa (13%) pada kategori sedang, dan tidak ditemukan siswa pada kategori rendah dan sangat rendah. Dari hasil analisi capaian skor item Tingkat penerimaan diri pada siswa-siswi kelas VIII SMP Pangudiluhur Wedi Klaten teridentifikasi 16 item (33%) dengan capaian skor sangat tinggi, 26 item (54%) dengan skor tinggi, 6 item (13%) dengan skor sedang dan tidak ditemukan item dengan capaian skor rendah dan sangat rendah. Berdasarkan analisis capaian skor item Tingkat penerimaan diri tersebut diusulkan topik-topik bimbingan yaitu, (1) Diriku yang berharga, (2) Aku menjadi lebih baik karena kritik, (3) Focus on the Goal, (4) All control is on me, (5) Me and my strengths. (6) Diriku yang apa adanya.  
Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta Evelynta br. Bukit; Yohanes Heri Widodo
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to: (1) Describe how high the level of anxiety  in compiling  a thesis on nomadic students domiciled in Yogyakarta, (2) Knowing the item of the anxiety scale item in compiling a thesis identified as not optimal (high) can be proposed as a topic of guidance. This type of research is descriptively quantitative. The subject of this study were nomadic students domiciled in Yogyakarta, totaling 70 people. The data collection used an anxiety scale in the face of a thesis with 52 valid items and had an Alpha Cronbach reliability index of 0.957. The scale is structured based on aspects of anxiety, namely: (1) Physical; (2) Behavior; (3) Cognitive. The data analysis technique used in this study is descriptive statistics that refer to the norms of categorization with: very high, high, medium, low, very low levels. Study results: (1) based on the description of the anxiety level score in compiling a thesis on nomadic students domiciled in Yogyakarta, it was obtained 54,2% with very high category, 35,7% with high category, 7,1% with medium category, 1,4% with low category, and 1,4% with very low category; (2) The results of the item analysis showed 10 items had very high scores. The proposed topics of classical guidance are (1) Rest assured and Believe in yourself, (2) Healthy to succeed, (3) The importance of self-preparation, (4) Understand what is being done, (5) Self-confidence, (6) Managing anxiety, (7) Self-readiness, (8) Stay calm face challenges,  (9) How to stay productive, (10) The importance of concentration.
Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Stres Akademik Mahasiswa KMPKS Yogyakarta Theresia Syarli Nurfitriani; Anatasia Setyandari
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purposes of this research are; 1) to know the level of self-regulated learning on Catholic Students of Southern Sumatra Community in Yogyakarta; 2) to know the level of academic stress of students on Catholic Students of Southern Sumatra Community in Yogyakarta 3) to find out the relationship between self-regulated learning and academic stress at Catholic Students of Southern Sumatra Community in Yogyakarta.This is a descriptive correlation research. The subjects in this study were 50 students from The Catholic Students of Southern Sumatra Community) who were studying in Yogyakarta. Data collection used: 1) The Self-Regulated Learning Questionnaire with 16 valid items and has a Cronbach Alpha reliability index of 0.733; 2) The Academic Stress Questionnaire with 18 valid items and has a Cronbach Alpha reliability index of 0.887. The data analysis technique operated descriptive categorization technique and Pearson Product Moment correlation technique.The results showed that 3 students (6%) had the the highest level of self-regulated learning, 20 students (40%) high, 23 students (46%) moderate, 4 students (8%) low and there were no students (0 %) in the lowest category. Then 1 student (2%) had the highest level of academic stress, 12 students (24%) high, 33 students (66%) moderate, 4 students (8%) low and there were no students in the lowest category. Pearson Product Moment correlation coefficient value is r = -0.389 with ρ =0.005 (ρ0.05). The result indicates that there is a significant negative relationship between self-regulated learning ability and student academic stress.
Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta Evelynta Br. Bukit; Yohanes Heri Widodo
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

: This research aimed to: (1) Describe how high the level of anxiety in compiling a thesis on nomadic students domiciled in Yogyakarta, (2) Knowing the item of the anxiety scale item in compiling a thesis identified as not optimal (high) can be proposed as a topic of guidance. This type of research is descriptively quantitative. The subject of this study were nomadic students domiciled in Yogyakarta, totaling 70 people. The data collection used an anxiety scale in the face of a thesis with 52 valid items and had an Alpha Cronbach reliability index of 0.957. The scale is structured based on aspects of anxiety, namely: (1) Physical; (2) Behavior; (3) Cognitive. The data analysis technique used in this study is descriptive statistics that refer to the norms of categorization with: very high, high, medium, low, very low levels. Study results: (1) based on the description of the anxiety level score in compiling a thesis on nomadic students domiciled in Yogyakarta, it was obtained 54,2% with very high category, 35,7% with high category, 7,1% with medium category, 1,4% with low category, and 1,4% with very low category; (2) The results of the item analysis showed 10 items had very high scores. The proposed topics of classical guidance are (1) Rest assured and Believe in yourself, (2) Healthy to succeed, (3) The importance of self-preparation, (4) Understand what is being done, (5) Self-confidence, (6) Managing anxiety, (7) Self-readiness, (8) Stay calm face challenges, (9) How to stay productive, (10) The importance of concentration.
Tingkat Peyesuaian Diri Mahasiswa Angkatan 2020 Tahun Pertama Kuliah (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Angkatan 2020) Margareta Carolina; Prias Hayu Purbaning
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020/2021 tahun pertama kuliah (2) mengidentifikasikan item instrumen tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan yang capaian skornya rendah dan sangat rendah (3) mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 dengan jumlah responden 88 orang. Pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dengan 38 item yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0.840. Skala disusun berdasarkan 2 aspek yaitu penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian: (1) berdasarkan skor mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu 50% dengan kategori sedang, 6,9% dengan kategori sangat tinggi, 29,5% dengan kategori tinggi, 13,6% dengan kategori rendah dan 0% dengan kategori sangat rendah.(2) dari hasil perhitungan skor item, diperoleh 5 item kategori rendah dan 2 item kategori tinggi yang digunakan sebagai dasar untuk merumuskan usulan topik-topik bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 (3) faktor yang paling mempengaruhi dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu kemauan dan kemampuan, lingkungan sekitar, dan keadaan psikologis

Page 1 of 2 | Total Record : 16