cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar" : 8 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA DI KELAS V SD PERMATA AMANDA MEDAN Amir Danis
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencari pasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dan kinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Permata Amanda Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencari pasangan (Fhitung = 4,65> Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik (Fhitung = 7,97 >Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47> Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaran mencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar. Kata kunci : Strategi Pembelajaran,Gaya Belajar dan Hasil Belajar IPS
MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWAKELAS V SD PANGERAN ANTASARI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020 Sri Ramadhani Ramadhani
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 123 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang diajarkan dengan model pembelajaran Sinektik dan CTL pada  siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan,(2) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan kosakata rendah pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan. Kata kunci : Sinektik, CTL, Penguasaan Kosakata, Keterampilan Menulis Puisi,  
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE KECAMATAN KAWAY XVI Mira Safrida; Agus Kistian
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Peureumeue sebanyak 18 (delapan belas) siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data : observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Peureumeue. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44,44% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria tidak baik dan pada siklus II sebesar 94,44% berada pada kriteria baik. Jadi kesimpulan  pembahasan adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat kita lihat dari nilai siswa yang semakin meningkat setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau. Kata Kunci : Penerapan model Problem Based Learning (PBL), Pelajaran IPA, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN t.a. 2019/2020 Saut M Simamora
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa guru  cenderung belum memaksimalkan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru masih jarang memberikan LKS kepada siswa, LKS yang ada hanya siap pakai dan sangat minim proyek/kegiatan siswanya, guru cenderung belum menggunakan pendekatan berbasis proyek, aktivitas siswa dalam pembelajaran tergolong monoton, dan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Swasta Pangeran Antasari Medan kelas V. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa, menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.  Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Sifat - Sifat Cahaya
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI UJONG FATIHAH NAGAN RAYA Nova Wardah; Febry Fahreza; Cut Eva Nasryah
Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Kebanyakan dari siswa kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah cara penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih monoton, sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak jarang siswa yang jatuh nilainya pada saat diadakan evaluasi hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) adalah 79,2% atau 19 siswa yang sudah tuntas, sedangkan yang tidak tuntas hanya ada 5 siswa atau 20,8% dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 76,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya pada tema indahnya kebersamaan. Kata Kunci :Efektifitas, Know Want to Know Learned, Hasil Belajar Siswa, Indahnya Kebersamaan.
Peningkatan Kreativitas Menulis Siswa Menggunakan Problem Centered Learning (PCL) di Kelas V SD Pangeran Antasari Medan T.A 2020 Siti Rahmadhani Siregar
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pemantauan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki di SD Kelas V Pangeran Antasari Medan. Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Laporan Pengamatan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes formatif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data observasi pada siklus I diperoleh data peningkatan kreativitas menulis siswa yaitu 21 orang siswa tergolong kreativitas rendah atau 70% dan 4 siswa tergolong kreativitas sedang atau 13.3% dan 5 siswa kreativitas tinggi atau 16.6%. Dan pada siklus II persentase kreativitas menulis siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas menulis siswa, yaitu:  terdapat 25 orang siswa berkreativitas tinggi atau 83.3%, 3 siswa berkreativitas sedang atau 10%  dan 2 siswa berkreativitas rendah atau 6.67%  dari jumlah 30 siswa  keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata kelas kreativitas menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Pangeran Antasari Medan  Kata Kunci : Problem Centered Learning, Kreativitas, Menulis Hasil Laporan Pengamatan
ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SUAK TIMAH KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT Nurjannah Nurjannah; Agus Kistian
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penerapan Kurikulum 2013 tersebut dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yang meliputi tingkat ketercapaian perencanaan pembelajaran, tingkat ketercapaian pelaksanaan pembelajaran, dan tingkat ketercapaian penilaian dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru dan siswa di SD Negeri Suak Timah. Sampel yang diambil dari populasi adalah sepuluh orang guru PNS yang menerapkan Kurikulum 2013 dan 14 siswa kelas IV. Data diperoleh melaluiangket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala Likert. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan hasil wawancara dianalisismenggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan kurikulum 2013 dengan nilai rata-rata 72 dan pada kurikulum KTSP dengan nilai rata-rata 60,5. Pada penelitian ini juga menunjukan bahwa semua guru SD Negeri Suak Timah sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan sangat baik. Pada aspek perencanaan pembelajaran, guru sudah menyusun RPP secara mandiri yang dikembangkan dari silabus Kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian berdasarkan hasil angket rata-rata nilainya sebesar 70%, 80%, dan 90% yang dikategorikan sangat baik. Pada angket siswa peneliti menemukan hal yang sangat menarik, Ketika peserta didik merasa senang di dalam sebuah pembelajaran maka hal tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, bukannya siswa jarang merasa tidak menarik dan membosankan tetapi sebaliknya, siswa lebih dominan merasa tertarik belajar menggunakan Kurikulum 2013 yang ditunjukkan pada nilai sebesar 92,85% . Kata kunci :  Analisis , Kurikulum 2013, Hasil belajar.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR Sugito Sugito
Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan analisis studi pustaka tentang implementasi pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan dasar. Sumber pengambilan materi dalam penelitian ini adalah dengan menganalisa literatur primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan dasar adalah terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif dikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi terhadap perbedaan yang ada dan muatan kurikulum multikultural terintegrasi dengan pembelajaran seperti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Implementasi Pendidikan Multikultural dilakukan dengan memberikan contoh teladan dari guru tentang saling menghargai. Adapun metode yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa adalah dengan cara mengajar dengan bahasa yang santun dan tidak pernah menyinggung isu sensitif yang berkaitan dengan perbedaan agama dan suku. Dengan demikian maka pendidikan multikultural berdampak positif bagi sikap toleransi siswa.   Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Dasar

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue