cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK" : 33 Documents clear
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI KEPUSTAKAAN) Nelly; Sayni Nasrah; Aman Simaremare
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.815 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.1

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi literatur, yang mana data diperoleh dengan cara mengkaji berbagai sumber literatur. Studi literatur yang dilakukan mencakup tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di era revolusi industri 4.0. Hasil dari studi literatur menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah pada era revolusi industri 4.0 dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi dalam menjalankan kepemimpinanya karena ini sangat mempengaruhi kualitas atau mutu sekolah dalam menghadapi perkembangan zaman. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era revolusi industri 4.0, salah satu unsur yang sangat penting untuk merealisasikannya yaitu terdapat peran penting kepemimpinan kepala sekolah dalam lembaga pendidikan yang mana kepala sekolah mampu menjalankan kepemimpinan yang efektif dan efesien, oleh karena itu artikel ini akan membahas mengenai “ Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0".
IMPLEMENTASI ADMINISTRASI AKADEMIK DI SDN 163080 KOTA TEBING TINGGI Desy Mayasari; H. Elfrianto; Sandy Mardian Damanik; Andriani Hasibuan; Ade Suarnizal; Erwita; Supinah
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.094 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan administrasi SDN 163080 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kesatu pelaksanaan administrasi kesiswaan berjalan dengan efektif. Semua kelengkapan administrasi siswa lengkap dan disusun dengan baik. Kedua, dalam pelaksanaan administrasi tenaga kependidikan meliputi kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Ketiga, Kegiatan administrasi sekolah mampu berjalan dengan efektif berkat kerja sama antara kepala sekolah, guru dan TU. Keempat, pelaksanaan administrasi keuangan mengacu standar pembiayaan yang terdiri atas: biaya investasi, biaya operasi dan, biaya personal.
PENGARUH LATIHAN KONSENTRASI DAN IMAGERY TRAINING TERHADAP KETEPATAN TENDANGAN A T C PADA SISWA PENCAK SILAT PSHT RANTING DESA MEKARSARI KABUPATEN MUSI RAWAS Wayan Sadiko; Yeni Asmara; Wawan Syafutra
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.615 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak pengaruh latihan konsentrasi dan imagery training terhadap ketepatan tendangan A.T,C pada siswa pencak silat PSHT ranting desa mekarsari kabupaten musi rawas. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik prngambilan datanya menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pencak silat ranting desa mekarsari kabupaten musi rawas yang berjumlah 16 siswa. Subjek dibagi menjadi dua kelompok menggunakan true experimental desain, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Teknik analisis data menggunakan Uji-t melalui uji persyaratan uji normalitas dan uji homogonitas. Hasil penelitian rata-rata pada kelompok eksperimen 65,88 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 60,13, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih besar 5,75 atau meningkat 0,58%. Dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh (p) < 0,05 maka Ho ditolak, dan Ha diterima atau Ha diterima jika Thitung< Ttabeldan nilai signifikansi yang diperoleh (p) > 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima atau Ho diterima bila Thitung> Ttabel. Berdasarkan hasil paired samples test keluaran SPSS.Pair 1 nilai sig. (p) 0,000 < dari 0,05 dan nilai Thitung (8,775) > Ttabel (1,894) sedangkan Pair 2 nilai sig. (p) 0,000 < dari 0,05 dan nilai Thitung (12,979) > Ttabel (1,894). Dari hasil diatas menunjukkan bahwa Ha : diterima dan Ho : ditolak karena sesuai dengan aturan keputusan uji hipotesis.
IMPLEMENTASI ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SDN PANNARA KOTA MAKASSAR Uni Sulastri Syam; Jusmawati; R Supardi; Eka Fitriana HS
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.417 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan asesmen portofolio pada literasi sains kelas IV SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Pannara Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini memiliki variabel x (asesmen portofolio) dan variable y (literasi sains). Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil dari analisis deskriptif dimana aktivitas guru mendapatkan rata - rata 3,6 dan aktivitas siswa 3,7 dengan kategori sangat baik kemudian hasil dari analisis inferensial dimana uji normalitas 0.087, uji homogenitas 0.052 dan hasil uji T 0.001 dari hasil analisis yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan asesmen portofolio berpengaruh terhadap literasi sains siswa kelas IVA SD Negeri Pannara Kota Makassar.
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 3 KECAMATAN ADONARA BARAT KABUPATEN FLORES TIMUR Yosefina Emi Tolan; Maria Finsensia Ansel; Chatarina Novianti
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.874 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.8

Abstract

Permasalahn yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagimana motivasi kerja di sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur?. 2. Bagaimana kinerja guru di sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur?. 3. Apakah ada pengaruh motivasi kerj terhadap kinerja guru sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui motivasi kerja guru di sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur. 2. Untuk mengetahui kinerja guru di sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur. 3. Untuk mengetahui motivasi kerja dan kinerja guru di sekolah dasar gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Flores Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, Metode Penelitian Pendekatan kuantitaif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kusioner dan teknik dokumentas. hasil penelitian disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Dalam pembahasan hasil penelitian yang telah diuji antara motivasi kerja dan kinerja guru memiliki pengaruh yang positif, hal tersebut dibuktikan dalam perhitungan analisis regresi sederhana dengan koefisien determinasi (r) 0,516% dengan demikian menunjukan babhwa motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru di sekolah dasar Gugus 3 Kecamatan Adonara Barat Kabupaten Flores Timur sebesar 51,60% an sisanya 48,40% dipengaruuhi oleh faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA M.Teja Wibowo; Meriandani; Safna Yanti; Vania Nurhasana; Putri Dahlia; Erwan Efendi
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.978 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.10

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan suatu keharuasan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan), dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor didalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui: perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran di suatu pendidikan. Hasil belajar yang rendah dipengaruhi oleh kurangnya minta siswa terhadap suatu mata pelajaran, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, dan kurangnya kedisiplinan siswa. Cara meningkatkan hasil belajar siswa maka perlu sekali bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya, dan guru harus krearif dan inovatif didalam menggunakan metode, strategi, dan model pembelajaran.
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN MAN 1 LHOKSEUMAWE Nurmayuli; Belia Zuhra
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.204 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.11

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia terus-menerus dilakukan melalui pendidikan di dalam maupun di luar sekolah. Salah satu sarana yang strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam hal literasi adalah perpustakaan. Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe sudah tergolong kedalam salah satu perpustakaan digital, sistem pelayanan perpustakaan sudah memakai sistem digital atau disebut perpustakaan digital. Sistem peminjaman buku sudah memakai cara scanning barcode tidak lagi memakai cara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan selaku pembina klub literasi dan peserta didik MAN 1 Lhokseumawe. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Perencanaan yang dilakukan pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN 1 Lhokseumawe, sebagai berikut. Pertama, tahap pembiasaan membaca al-quran dan juga membaca buku, Kedua, pembentukan klub literasi. Dan ketiga, mengadakan kegiatan - kegiatan atau program kegiatan yang berkaitan dengan literasi. (2) pelaksanaan strategi perpustakaan yang dilaksanakan yaitu; Pertama, membuat program kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan literasi. Kedua, mengorganisasikan pertanggungjawaban setiap program kegiatan yang sudah dibuat. Dan Ketiga, menjalakan program. (3) Kendala yang dihadapi pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik ialah kurangnya tenaga perpustakan (SDM) dan sarana prasarana yang masih belum memadai.
PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR Suciadrianti; Abdul Malik Iskandar; Mochammad Noer Alim Qalby; Waddi Fatimah
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.536 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap minat belajar siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah kelas VA SD Inpres Borong Jambu II yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket pengaruh lingkungan sosial sekolah dan angket minat belajar siswa. Setelah menganalisis data statistik deskriptif rata-rata minat belajar siswa mencapai 77,93 dalam kategori berminat. Adapun skor nilai rata-rata lingkungan sosial sekolah mencapai 75,40 dalam kategori berpengaruh. Analisis prasyarat hasil uji normalitas minat belajar 0,151 dan lingkungan sosial sekolah 0,079> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,740 > 0,05 ( homogen). Hasil uji linearitas adalah 0,981 > 0,05 dengan demikian terdapat hasil uji hipotesis menunjukan nilai sig 0,008, dengan kriteria sig ( 0,008 ) < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap minat belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar.
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS I SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL Nindhita, L. N; Andaryani, E. T; Astuti, T; Yulianto, S
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.178 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas 1 di SD Tunas Hidup Harapan Kita Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dan satu kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Setiap kelas terdiri dari 17 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket motivasi belajar yang diberikan pada siswa setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-T test SPSS V23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (0,000 < 0,05), dengan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran ini dalam proses pembelajaran di kelas.
ANALISIS INTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS V TEMA 6 EDISI REVISI 2017 Meiliani, R; Supriyanto, T; Astuti, T; Yulianto, S
Jurnal Binagogik Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.938 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v10i1.15

Abstract

Penilaian dalam Kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik. Penilaian autentik meliputi tiga aspek, yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Ketiga aspek tersebut harus termuat dalam instrumen pengukuran hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas instrumen pengukuran hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor, (2) menganalisis distribusi jenjang ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Metode penelititan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah buku referensi pendalaman materi. lokasi penelitian dilingkup Gugus Dr. Wahidin Sudirohusoso Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan indeks validitas isi pada ranah kognitif berkategori tinggi. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal pilihan ganda tidak merata dengan persentase jenjang mengetahui (C1) 53,33%, memahami (C2) 38,33%, dan jenjang menerapkan (C3) 8,3%. Distribusi jenjang ranah kognitif pada soal uraian jenjang mengetahui (C1) 33,33%, memahami (C2) 46% dan jenjang menerapkan (C3) 20%. Indeks validitas isi pada ranah afektif berkategori tinggi dengan distribusi jenjang ranah afektif tidak merata. Indeks validitas isi pada ranah psikomotor berkategori rendah dan distribusi jenjang ranah psikomotor yang tidak merata.

Page 1 of 4 | Total Record : 33


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue