cover
Contact Name
Muhammad Reza Fadil
Contact Email
mrezafadil@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285268087177
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Kampus Zawiyah Cot Kala Jl. Meurandeh Langsa Lama Kota Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis
ISSN : 26213559     EISSN : 26213559     DOI : https://doi.org/10.32505/al-bukh
Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis menerima, menyeleksi, dan menerbitkan karya tulis ilmiah dalam fokus dan ruang lingkup kajian Hadis dan Ilmu Hadis.
Articles 108 Documents
جبر الأحاديث المرسلة بتعدد طرق أحاديث كتاب فضائل القرآن في مصنف عبد الرزاق نموذجا Cut Linda Marheni
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i1.1129

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk menguatkan hadis mursal dengan syawāhid dan mutāba‘āt. Yang dimaksud dengan al-jabr dan al-tarqiyah di sini adalah mendatangkan jalur periwayatan lain untuk hadis mursal yang hukumnya lebih kuat. Para ulama hadis sepakat bahwa hadis dhaif, yang kelemahannya ringan, seperti sū’ ḥifz perawi, atau terputusnya sanad, seperti hadis mursal yang hilang seorang perawi sesudah sahabat, atau hadis yang diriwayatkan oleh perawi yang tidak diketahui ‘adālahnya dapat di naikkan derajatnya menjadi hasan li ghairihi. Alasan memilih kitab Faḍāil Qurān adalah karena banyak sekali hadis-hadis yang berhubungan dengan topik tersebut adalah dhaif, terlebih lagi dari kumpulan hadis Muṣannif ‘Abd al-Razzāq yang tidak mensyaratkan keshahihan dalam hadis- hadis kompilasinya. Dalam tulisan ini, penulis akan mendatangkan jalur periwayatan lain dari hadis mursal yang mursal juga dari jalur lain. Hal ini karena, hadis mursal sendiri saling menguatkan jika diriwayatkan dari jalur selain jalur mursil. Penulis juga akan mendatangkan riwayat yang bersambung dari jalur mursil, guna mengetahui perawi yang jatuh sesudah sahabat, adakah ia sahabat saja, atau sahabat dan tabiin. Sebagaimana penulis juga akan mendatangkan jalur periwayatan lain yang bersambung atau periwayatan sahabat lain. Dengan bantuan syawāhid dan mutāba‘āt ini, penulis akan menentukan mana saja hadis yang dapat naik derajat kepada hasan li ghairihi dan yang tetap mursal, karena terlalu parah kedhaifannya atau ketidak tersediaan syawāhid yang kuat.
EPISTEMOLOGI HADIS PERSPEKTIF SYI‘AH Lenni Lestari
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i1.1130

Abstract

Salah satu hadis Nabi –hadis S|aqalain-, yang diakui shahih oleh semua ulama hadis, telah membuat umat Islam terpecah menjadi dua aliran besar, yaitu Syi‘ah dan Sunni. Perbedaan ini berimplikasi pada pemikiran hadis dari kedua aliran ini. Tulisan ini akan membahas pemikiran hadis perspektif Syi‘ah dari aspek epistemologi, meliputi sumber dan hakikat hadis perspektif Syi‘ah, metodologi kajian hadisnya, serta validitas otentisitas hadis dalam tradisi Syi‘ah. Di akhir pembahasan, penulis juga memberikan salah satu contoh hadis dari kitab hadis Syi‘ah. Ditinjau dari aspek epistemology, sumber utama hadis Syi‘ah tidak hanya dari Nabi saw semata, melainkan diperluas kepada imam-imam yang ma’shum yang berjumlah 12 imam. Metode yang digunakan Syi‘ahdalam memperoleh hadis adalah melalui jalur riwayat. Terkait hal ini, golongan Syi‘ah membagi hadis menjadi dua macam, yaitu mutawatir dan ahad. Cara yang digunkan ulama Syi‘ah dalam validitasi otentisitas hadis adalah memeriksa riwayat yang sanadnya bersambung dengan yang ma’sum, seluruh periwayat dalam sanad bersifat adil dan seluruh periwayat dalam sanad bersifat ḍabit
WANITA ANTARA POSISI DEPAN DAN PINGGIRAN Syarifah Mudrika; Dian Yusri
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i1.1131

Abstract

Kehidupan umat Islam dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan, termasuk dalam persoalan nilai yang di jadikan ukuran atau standar. Akibat dari perubahan ini, terutama era pengetahaun dan teknologi segala sesuatu selalu di nilai dengan akal. Oleh sebab itu, banyak produk hukum Islam termasuk dalam hal politik kenegaraan tidak bisa di terima begitu saja, karena tidak sesuai dengan akal, salah satu contoh kepemimpinan perempuan. Hadis yang di jadikan landasan bagi ketidak bolehan pemimpin perempuan di pandang sudah tidak relevan lagi dengan perubahan kondisi struktur sosial, ekonomi dan teknologi. Menurut Jumhur Ulama', salah satu syarat yang harus di penuhi bagi seorang Khalifah (kepala negara) adalah laki-laki. Hal tersebut di dasarkan pada respon Nabi SAW mendengar berita bahwa masyarakat Persia telah memilih putri Kisra sebagai pemimpin, kemudian Nabi bersabda (tidak akan beruntung suatu kaum manakal menyerahkan urusannya kepada seorang wanita). Hadis tersebut dipahami sebagai isyarat bahwa perempuan tidak boleh dijadikan pemimpin dalam urusan pemerintahan
TEOLOGI BENCANA PERSPEKTIF HADIS Wendi Parwanto
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i1.1132

Abstract

Ragam bencana yang terjadi di permukaan bumi menyebabkan lahirnya sejumlah asumsi, mulai dari asumsi yang bersifat rasional, irasional bahkan sampai pada asumsi yang menyelahkan personal dan sosial.Berdasarkan sejumlah asumsi tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji tema ini lebih jauh. Adapun langkah analisis yang akan dilakukan, yaitu: analisis leksikal-linguistik, analisis asbab al-wurud mikro dan makro, analisis intratekstualitas dan analisis intertekstualitas. Dan kesimpulan dari penelitian ini adalah ada dua tipologi pemaknaan dalam memaknai hadis-hadis tentang bencana: pertama, golongan yang cenderung memaknainya secara normatif-tekstual, yaitu menganggap bahwa bencana terjadi karena ulah perbuatan dan dosa manusia, dan kedua, golongan yang kontekstual, mereka beranggapan bahwa bencana bagi orang yang gemar melakukan dosa maka itu sebagai teguran bagi mereka, sedangkan bagi orang-orang yang beriman, maka hal itu menjadi pengkualifikasian keimanan, peninggi derajat dan pengampunan dosa. Dan pesan moral dari bencana yang terjadi adalah sebagai bahan evaluasi diri dan sosial agar lebih ingat kepada Allah Swt
HADIS IDEOLOGI PERSPEKTIF HIZBUT TAHRIR Ahmad Zainal Mustofa Zainal
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i2.1158

Abstract

Hizbut Tahrir is an Islamic ideology based on the Qur'an, hadith and ijma of the companions. This party was established in 1953 in Palestinian al-Quds with Taqiyuddin an-Nabhani as first leader. They want to establish an Islamic state that is based on the Qur'an and hadith regarding the rules of the syariat law. There are three foundations for their movement to uphold the khilāfah, namely: philosophical foundation, normative foundation and historical foundation. They argue that khilāfah is not an idea or an idea, but a product of history that has existed in the world. This study focused on the history, ideology and literature hadith as quoted by Hizbut Tahrir to legitimize their arguments for establishing an Islamic state. There are many weaknesses in their understanding of the hadith of the hadith, so impressive that Hizbut Tahrir is an inconsistent and often subjective party in interpreting a hadith.
الإشكاليات في حديث "الشؤم في ثلاث؛ المرأة والدّار والفرس" وحلولها Nurul Badriyah Ali
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/v2i2.1160

Abstract

هناك الأحاديث الصحيحة الّتي تحتاج إلى بيان مفاهيمها لأنّها تشكّل بعض الإشكاليات في نظر بعض الناس، إمّا من جهالتهم بمفهومها الحقيقي أو من سوء ظنّهم إليها، وذلك قد يكون محال للطعن في السنّة والأحاديث النّبوية، وخصوصًا عند منكري السنّة والمشركين بالله. ومن أمثلة هذه الأحاديث: حديث "الشؤم في ثلاث". ولهذا، يتحدّث هذا البحث عن الإشكاليات الّتي تتعلّق بهذا الحديث، ومنها: ظاهر الحديث متعارض بالعقيدة الإسلامية، وتعارض الحديث بالأحاديث الصحيحة الأخرى، والادّعاء برفض عائشة هذا الحديث، والقول أنّ الحديث منسوخ بالآية والأحاديث الصحيحة الأخرى، والطعن في صحيح البخاري لحمل الحديث يشتمل على شرك صريح. ويستخدم البحث المنهج التحليلي والاستقرائي، والذي يتوصل بهما إلى حلول مطروحة، منها: الشؤم المذكور لا يدخل ضمن الطيرة المحرّمة، والأمور الثلاثة مِن أكثر ما يتطير بها الإنسان لطول ملازمتها، والشؤم في الثلاثة جاء على معناه الخاص، وقول عائشة في أبي هريرة كذب من باب الغلظ والمبالغة في الغضب، وما يثبت من خلال تأويل العلماء أنّ هذا الحديث منسوخ بالآيات القرآنية أو الأحاديث الصحيحة الأخرى، فيبقى على صحّته مع الحمل بالمعنى الخاص له.
IMPLEMENTASI HADIS CAMBUK DI ACEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP QANUN ACEH: Fitri Wardani Munir
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/v2i2.1159

Abstract

Aceh is a majority of Muslim always be a discussion which was discussed by academics, researcher, and also historian. One of factor in backs is because Aceh is the only city officially establish Islamic science in daily activity. This execution is marked by the imposition of a canning sentence to violator of Islamic rules and also the Aceh’s culture. But, how the implementation of the canning punishment in Aceh and how is the relation with Aceh’s Qānūn? And also how the implementation of canning punishment which refers to the hadith about the canning punishment to the all adulterer both men and women? And what is the background of Aceh’s government to establish the canning punishment? In this case many people oppose to this punishment, because this punishment considered human rights abuses. In fact, establish Islam rules in Aceh is not chopping the human rights, which is agreed upon by the authorities.
MAKNA TRADISI “NGAPATI” Nurul Huda
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/al-bukhari.v2i1.1225

Abstract

Indonesia is famous for a country full of diverse customs and cultures from various regions. One of the famous customs and cultures in Javanese society is the Ngapati Tradition. A tradition that develops in society is sometimes motivated by a number of factors, whether influenced by the environment, culture and conditions of the community Likewise with the attitude of tradition that exists in the community, sometimes in certain societies the tradition is rejected outright, but in other communities it can be well received. This article will try to explore the meaning of the Ngapati tradition in Deresan Village, Ringinharjo, Bantul, Yogyakarta through the study of living Hadith approaches. The context of the community of Deresan Village is a friendly and open society with a variety of traditions, including the Ngapati tradition, that is practiced in the village is the tradition carried out in descending manner with the intention of praying for the fetus when the fetus is four months old in the womb. For the Deresan community, the tradition was also carried out because it was based on the traditions of the hadith. The Ngapati tradition has become a legacy of generations in human history. The practice of the Ngapati tradition is the result of social construction based on the interpretation of the knowledge of the people who then experience the transmission process.
STUDI KRITIK MATAN HADIS: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati; Ali Yasmanto
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/v2i2.1163

Abstract

To determine whether a hadith is ṣāḥīḥ or not is not enough if the research is carried out only to focus on aspects of its sanad, but research on content (al-matn) of ḥadīth is also a step that should not be abandoned, because there is no guarantee that if sanad of a ḥadīth is ṣāḥīḥ (ṣāḥīḥ al-isnād), so the matn of ḥadīth is ṣāḥīḥ (ṣāḥīḥ al-matn) too. However, the studies of critics on matn al- ḥadīth have so far still tend to be few. For that reason, through this paper, the authors tried to examine about the critique of matn al- ḥadīth as an attempt to test the validity of the ḥadīth of Rasulullah Saw. from the side of its content (al-matn). A Hadith is declared as ṣāḥīḥ al-matn if it fulfills two criteria, which is avoiding syādz and free from ‘illat. The steps that can be taken to critique the content of ḥadīth are: compiling ḥadīth that are intertwined in the same theme, conducting research on content of ḥadīth with ṣāḥīḥ ḥadīth approach and approach of the Qur'an, conducting research on content of ḥadīth with language approach, and research content of ḥadīth with a historical approach.
SALAH PAHAM AL-MADAD DALAM AL-KUTŪB AL-SITTAH: Nur Raihan; Ishak Suliaman
Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis Vol 2 No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/v2i2.1162

Abstract

The word Al-Madad in the Al-Kutub Al-Sittah is defined as help, that is, help given by Allah in the form of assistance from angels and help from living humans. However, the Habaib created a poem in the Qasidah "Madad Ya Rasulullah" which was understood as asking for help from the Messenger of Allah, and was charged with an element of shirk in it. The main objective in this study is to examine the various meanings and understandings of the word al-Madad and the concept of Al-Madad in the Al-Kutub Al-Sittah. This study also provides answers to the intentions of Al-Madad in the qasidah "Madad Ya Rasulullah" as well as looking at various controversy issues in the practice of Habaib's dhikr. To achieve these objectives, this study uses a qualitative approach methodology with data collection techniques from interviews and observations at the Habaib dhikr activities in Jakarta. The results of this study found that the word Al-Madad can only be addressed to people who are still alive and able to provide help, not to people who have died. This case became one of the issues of controversy in terms of Tawāṣul and Istighatsah. Because basically the Habaib believe that the word Al-Madad in question is the meaning of hissy or not the true meaning of asking for help from people who have died. Finally, it can be concluded that caution is needed in understanding the purpose rather than recitation of remembrance and qasidah, because it can lead to things that are contradicted shari'ah.

Page 1 of 11 | Total Record : 108