cover
Contact Name
Winston Pontoh
Contact Email
-
Phone
+6285240839556
Journal Mail Official
tsss.lppm@unsrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus UNSRAT
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Studies of Social Sciences
ISSN : 26863111     EISSN : 26863103     DOI : https://doi.org/10.35801/tsss
The master plan of research of Sam Ratulangi University is to produce human resources based on research culture which can run the national industrial system and infrastructure development of science, technology, art and culture, social science and humanity. In objective to actualize that master plan of research, The Institution of Research and Community Service of Sam Ratulangi University (or Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sam Ratulangi) publishes The Studies of Social Sciences. The Studies of Social Sciences starts since 2019 and publishes articles for twice a year both written in Indonesian and English. The Studies of Social Sciences welcome for contributions of academicians and practitioners. The articles which submitted to The Studies of Social Sciences are never been published or under review to other publishers.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA TV KABEL DAN INTERNET PADA PT. MALANG MULTIMEDIA MANDIRI Aditama, Roni Angger
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.1.25017

Abstract

In this globalization era, the development of information technologcy and communication have raised too, and become an important need by the society. It was becoming a trigger of high competition between cable television and internet service providers. Several ways are done for improving the service quality toward customers. The dimension of services quality are such as tangibles factor, reliability factor, responsiveness factor, assurance factor, and empathy factor. To measure the level of service quality, this research was done in PT. Malang Multimedia Mandiri by taking 100 respondents. Questionnaire was used to collect data and analyzed by descriptive quantitative method. The result of validation test state that the whole attributes are valid by r count > r table that is more than 0.195. By using reliability test stated that the result was reliable with the score of cronbach’s alpha > 0.60. Then,continue with frequency distribution analysis by using IBM SPSS Software version 25 and the result shows that the service quality are good.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KAYAWAN PADA PT. BANK SULUTGO CABANG MANADO Lumintang, Genita G.; Pandowo, Merida H.; Samadi, Reitty
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.2.26892

Abstract

Lingkungan kerja yang baik dapat berguna untuk mencegah kejenuhan kerja dan kerugian pada perusahaan, sehingga dengan lingkungan kerja yang mendukung dan memenuhi kebutuhan karyawan dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.Tujuan utama suatu perusahaan adalah mencapai keuntungan yang maksimum, keuntungan ini akan tercapai bila adanya produktifitas kerja yang tinggi. Sedangkan hal tersebut akan tercapai apabila adanya kepuasan kerja dari karyawan dalam bekerja. Untuk itu diperlukan adanya lingkungan kerja yang baik. Lingkungan kerja bagi karyawan akan mempunyai dampak yang tidak kecil bagi jalannya operasi perusahaan karena secara langsung dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab menurunnya keefektivitasan dalam bekerja ada pada keadaan sekitar lingkungan kerja baik lingkungan kerja fisik dan non fisik. Dengan demikian sudah sewajarnya perusahaan menyediakan fasilitas yang memadai,suhu udara ditempat kerja, kebisingn, luas tempat kerja yang berhubungan dengan lingkungan kerja sekitarnya, dan mempunyai hubungan kerja yang baik antara atasan dan bawahan. Dengan tenaga manusia dan tentunya ketersediaan fasilitas lingkungan kerja yang menarik dan menyediakan suasana yang tenang dan betah akan sendirinya kepuasan kerja karyawan akan terpenuhi dan perusahaan dapat exist dalam bekerja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsungdari karyawan Bank SulutGo Cabang Manado dan data sekunder adalah yang ada kaitannya dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan variabel yang digunakan adalah Lingkungan Kerja Fisik variabel X1, Lingkungan Kerja Non Fisik X2, dan kepuasan Karyawa variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank SulutGo Cabang Manado 94 orang, dan sampel adalah 49 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Hal ini  dapat dilihat dari persamaan hasil regresi sebagai berikut: Y = 8,928 + 0,579X1 + 0,212 X2
TATA KELOLA USAHA TANI DALAM PERSPEKTIF KELOMPOK TANI KAROONG DESA TALIKURAN KECAMATAN SONDER Pio, Riane Johnly
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.1.25013

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengetahui pandangan petani tentang tata kelola usaha tani yang mereka lakukan saat ini dan prospek pengembangannya di masa yang akan datang. Kegiatan ini  dilakukan dalam bentuk focus group disccusion, wawancara dan pengisian kuesioner kepada 25 orang anggota kelompok tani. Hasil kegiatan ini mengindikasikan mayoritas anggota kelompok tani belum pernah mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan tata kelola usaha tani. Namun demikian, mereka ingin menjadi petani yang sukses, dengan berani mengambil resiko sebagai modal dasar keberhasilan memulai suatu usaha. Berbagi pengetahuan untuk memanfaatkan sumber daya alam disekitar lingkungan merupakan wujud keberhasilan dalam mengelola usaha tani. Namun demikian, keterbatasan modal menjadi kendala utama dalam mengembangkan usaha tani dan memulai suatu usaha. Karena itu, informasi tentang akses pembiayaan, persyaratan dan prosedur mendapatkan modal usaha dari lembaga keuangan harus dibuka seluas-luasnya. Dalam rangka memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kemampuan petani dalam mengelola usaha, maka perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan yang intensif agar kemampuan usaha tani meningkat dan memiliki produk  dengan nilai jual yang tinggi.
KEPUTUSAN INVESTASI PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH Pontoh, Winston; Budiarso, Novi Swandari
The Studies of Social Sciences Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2020.2.1.27583

Abstract

Aktivitas investasi merupakan faktor penting dalam mengembangkan sebuah usaha bisnis yang dijalankan. Aktivitas investasi yang dilakukan pada umumnya dihasilkan dari keputusan investasi yang mempertimbangkan berbagai faktor. Pelaku UMKM secara umum sering tidak memperoleh pengetahuan dan informasi yang cukup dalam menjalankan kegiatan manajerial terkait dengan keputusan investasi. Penerapan ipteks dalam melakukan keputusan investasi menggunakan metode nilai waktu sekarang atau present value method (NPV). Metode ini diharapkan pelaku UMKM dapat memperoleh pemahaman terkait keputusan investasi sehingga dapat mempertahankan keberlanjutan bisnisnya.
PKM KELOMPOK TANI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI DESA LAIKIT KECAMATAN DIMEMBE Sumual, Jacline I.; Lapian, Agnes L. Ch. P.
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.2.26888

Abstract

Peningkatan Perekonomian masyarakat desa merupakan suatu proses dalam meningkatkan suatu usaha ekonomi guna memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu bentuk system pemberdayaan guna memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber Daya yang ada. Sumber Daya alam yang dimiliki  masyarakat pedesaan merupakan potensi yang ada untuk dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Potensi Budidaya ikan air tawar jika dikembangkan dan di kelola dengan baik maka akan mendatangkan hasil yang besar seiring dengan peningkatan pemenuhan kebutuhan  masyarakat. Menjamurnya rumah makan dengan sajian menu Ikan bakar air tawar saat ini banyak tersebar, termasuk di wilayah minahasa utara. Meningkatnya permintaan Ikan Air Tawar juga di barengi dengan peningkatan supply Ikan menimbulkan Persaingan diantara petani dalam penyediaan Ikan.. Begitu juga dengan kelompok tani budidaya Ikan air tawar di Desa Laikit Kecamatan Dimembe, Banyaknya anggota masyarakat yang memiliki usaha budidaya ikan air tawar membuat para petani ikan bersaing memperebutkan pangsa pasar. Kemampuan sebagai petani ikan yang dimiliki dalam usaha budidaya ikan tidak diragukan lagi, akan tetapi kemampuan dalam mengelola usaha sehingga tetap berkesinambungan bahkan meningkat diperlukan tambahan pengetahuan manajemen usaha yang baik terutama menyangkut manajemen pemasaran  dan pengelolaan keuangan dalam budidaya ikan air tawar. Adapun sasaran khalayak dalam pengabdian ini adalah Kelompok Tani Budidaya Ikan air tawar di Desa Laikit kecamatan Dimembe. Pengabdian ini berusaha menjawab permasalahan mengenai manajemen usaha yg baik terutama menyangkut manajemen pemasaran,serta pengelolaan keuangan .Melalui kegiatan PKM ini Target Luaran yang akan dihasilkan yakni peningkatan pengetahuan dan pemahaman Kelompok Tani Budidaya Ikan air tawar di Desa Laikit Kecamatan Dimembe dan Publikasi artikel dalam Jurnal. Metode yang akan dipakai dalam program PKM yakni penyuluhan .
KELOMPOK PENJUAL MAKANAN SECARA ONLINE DI PERUMAHAN GRIYA PANIKI INDAH (GPI) KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO PROPINSI SULAWESI UTARA Karuntu, Merlyn Mourah; Mandey, Silvya Lefina
The Studies of Social Sciences Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2020.2.1.26893

Abstract

Griya Paniki Indah (GPI) housing is one of the largest housing estates in North Sulawesi. With more than 7,000 houses built, this housing has become one of the relatively large residential locations. This condition provides an opportunity for the emergence of online food selling businesses in this housing in an effort to meet the needs of the people in the housing. This PKM elevates the community of online food seller groups which are micro, small and medium enterprises (MSMEs) which increase from time to time but often experience dissatisfaction from consumers due to product quality that is not in accordance with what is described in online media, lead time for food delivery is usually more from 1 hour and the inconsistency of the quality of the product produced. The online Food Seller group is an economically productive target audience. This service seeks to address the problem of customer dissatisfaction with online food vendors by making training to provide knowledge and understanding of quality management concepts, especially those related to performance, features, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetic, and perception. As  well  as strategies for overall quality improvement through TQM elements, namely customer focus, obsession with quality, long-term commitment, teamwork, continuous system improvement, education and training, unity of purpose, and employee involvement and empowerment.
PENGELOLAAN ASET PEMERINTAH DAERAH DALAM PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE Setiabudhi, Donna Okthalia
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.1.25014

Abstract

Tujuan penelitian  adalah  mengetahui  peran pengelolaan asset pemerintah kabaputen Kepulauan Sangihe terhadap pembangunan  dan  mengetahui konstruksi hokum yang ideal pengelolaan asset pemerintah sehingga dapat mencerminkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Penelitian ini diarahkan pada kekhasan ilmu hukum yang sifatnya normatif sehingga tipe penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang mengkaji ketentuan hukum positif  tertulis secara sistematis terkait dengan pengelolaan asset pemerintah daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Barang Milik Daerah adalah untuk menghasilkan keuntungan melalui beberapa kontribusi sesuai dengan metode pemanfaatan asset, memaksimalkan manfaat dari sumber daya barang milik daerah  agar tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah tercapai.  Konstruksi hukum yang ideal pengaturan pengelolaan asset daerah yang mencerminkan asas pemerintahan yang baik adalah substansi hokum yang harmonis dengan Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2014 dengan tidak mengesampingkan kondisi khusus dari daerah setempat sehingga Peraturan Daerah yang dibentuk adalah peraturan daerah yang memenuhi dua kedudukan yaitu sebagai local legislation dan subordinary legislation.
PKM SOPIR MIKROLET DI KELURAHAN BATU KOTA MANADO TENTANG MANAJEMEN USAHA Rotinsulu, Debby Ch.; Sumual, Jacline I.; Uhing, Yantje
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.2.26889

Abstract

Perkembangan ekonomi suatu daerah tidak terlepas dari pengaruh perkembangan sarana dan prasarana yang mendukung termasuk didalamnya sarana transportasi. Persaingan dunia usaha saat ini membawa para pengusaha jasa transportasi ke persaingan yang sangat ketat dalam rangka memperebutkan konsumen. Berbagai pendekatan dilakukan untuk mendapatkan simpati masyarakat. Semakin banyak jasa transportasi yang beroperasi dengan berbagai produk/jasa yang ditawarkan  membuat masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Kemajuan jasa transportasi saat ini ditandai dengan hadirnya Bisnis Jasa Transportasi Online. Kehadiran jasa Transportasi online ini mempengaruhi keberadaan angkutan Kota antara lain Mikrolet. Pendapatan Sopir Mikrolet yang menurun akibat persaingan dengan angkutan Online disebabkan menurunnya jumlah masyarakat pengguna jasa  angkutan kota Mikrolet. Adapun sasaran khalayak dalam pengabdian ini adalah masyarakat yang produktif secara ekonomi yaitu para sopir mikrolet yang ada di Kelurahan Batu Kota. Pengabdian ini berusaha menjawab permasalahan persaingan usaha jasa transportasi. Dengan meningkatkan manajemen usaha jasa transportasi sebagai solusi yang ditawarkan melalui kegiatan PKM nantinya akan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan motivasi sesuai profesi yang dijalani. Melalui pengabdian ini diharapkan para sopir mikrolet memiliki pengetahuan mengenai cara memanajemen usaha mereka agar bisa menjamin kesinambungan usaha dan tentunya berdampak secara positif terhadap kesejahteraan hidup mereka.
PERAN PEREMPUAN DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI KECAMATAN BUNAKEN KOTA MANADO PROVINSI SULAWESI UTARA Timban, Jean Fanny Junita; Tangkere, Ellen Grace; Lumingkewas, Jelly Ribka Danaly
The Studies of Social Sciences Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2020.2.1.26894

Abstract

Stunting in under-five children is a reduced growth rate primarily caused by chronic undernutrition that leads to a child having height much less than is normal for age. This condition manifests mostly after two years old. The definition of stunting according to the World Health Organization (WHO) is for the "height for age" value to be less than two standard deviations of the WHO Child Growth Standards median. Indonesia has been plagued recently with stunting. In 2015, the World Bank indicates that stunting has cost 3 to 11 percent of the gross domestic product. Previous research works have documented that mothers play an important role in preventing stunting through antenatal care and child nursing. The objective of this study is to explore the role played by the mothers in Bunaken, Manado, in antenatal care and child nursing that prevent stunting. Samples are drawn using purposive sampling and data are analysis descriptively. The results show that the mothers’ roles include taking antenatal check up to four times during pregnancy, daily use of FE 90 pill, participating in pregnancy counseling and care, delivery by health professionals, attending integrated service post (posyandu), visiting health professionals for postnatal care, completing universal immunization on child over 12 months old, and participating in educational activities for under-five nursing and nutritional fulfillment at least once a month. Of these eight recorded roles, however, there are merely 20% mothers indicate they regularly taking part in pregnancy counseling and care. Furthermore, only one percent (n = 3) respondents that report they attending educational activities for under-five nursing and nutritional fulfillment.
PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BAGI WANITA GBI MARINA PLAZA MANADO Tewal, Bernhard; Rimper, Joice Rinefi Tavrita S.L; Pandowo, Merinda Herrari Ch.
The Studies of Social Sciences Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35801/tsss.2019.1.1.25015

Abstract

Wanita GBI Marina Plaza merupakan suatu perkumpulan para isteri dan wanita dewasa yang belum menikah dan mereka ini terdiri dari bermacam-macam profesi. Penghasilan yang tidak menentu, inflasi dan kecenderungan pola hidup yang konsumtif menyebabkan banyak diantara mereka mengalami kesulitan ekonomi dan keuangan. Pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini bertujuan : untuk memotivasi para wanita agar mencari sumber-sumber pendapatan tambahan keluarga dengan bekerja atau berwirausaha melalui pemanfaatan keahlian dan hobi yang dimiliki, untuk mendidik peserta agar berperilaku hemat dalam penggunaan keuangan keluarga, dan untuk melatih peserta agar mencatat semua penerimaan dan pengeluaran uang keluarga dalam Buku Kas Harian secara bulanan. Metode pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan, diskusi dan tanya jawab.  Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah : 1) Para ibu atau istri peserta penyuluhan ini sangat antusias mengikutinya, terlihat dari aktifnya mereka dalam sesi diskusi dan tanya jawab. 2) ada sekitar 58% peserta mulai mencatat semua penerimaan dan pengeluaran keluarga setiap bulannya dalam Buku Kas Harian (sesuai hasil monitoring pada minggu kedua November 2018), dan 3) adanya kemauan yang kuat untuk mulai menentukan prioritas pengeluaran uang dengan memahami mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40