cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Gle Gapui-Sigli, Kabupaten Pidie
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Sigli
ISSN : 26153688     EISSN : 27160270     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan dua nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019" : 11 Documents clear
TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERANAN PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN REHABILITASI HUTAN MANGGROVE Suhaibah, Armiwal
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurnal Sosial Humaniora Sigli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.851 KB)

Abstract

Dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya bahwa "sistem penyangga kehidupan merupakan satu proses alami dari berbagai unsur hayati dan non-hayati yang menjamin kelangsungan kehidupan makhluk". Pasal 43 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 yang menyatakan "bahwa setiap orang yang memiliki, mengelola, dan atau memanfaatkan hutan yang kritis atau tidak produktif, wajib melaksanakan rehabilitasi hutan untuk tujuan perlindungan dan konservasi". Hal tersebut dapat dilakukan dengan di dampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang kehutanan dan di fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi. Hasil hutan berupa kayu maupun hasil hutan ikutan dapat diekspor ke luar negeri, sehingga mendatangkan devisa bagi negara. Ditinjau dari segi kepentingan manusia yang dapat merasakan manfaat hutan secara tidak langsung dapat dibagi dua, yaitu: manusia sebagai individu (butir a sampai g) dan manusia sebagai warga negara. Manfaat hutan tersebut diperoleh apabila hutan terjamin eksistensinya sehingga dapat berfungsi secara optimal. Fungsi­fungsi ekologi, ekonomi dan sosial dari hutan akan memberikan peranan nyata apabila pengelolaan sumber daya alam berupa hutan seiring dengan upaya pelestarian guna mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan. Kata Kunci: Peran Pemerintah Dalam Rehabilitasi Hutan
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PADA KANTOR CAMAT DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR Syamsul Akmal, Mahrizal
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.203

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Camat Darussalam Kabupaten Aceh Besar dengan objek penelitiannya adalah kinerja pegawai sedangkan subjeknya adalah berupa faktor yang mempengaruhi Disiplin yaitu; faktor kehadiran, faktor ketaatan pada aturan kerja, faktor ketaatan pada standar kerja, faktor tingkat kewaspadaan yang tinggi, dan faktor bekerja etis, dengan mengambil sampel adalah seluruh pegawai yang 25 orang yang akan menjadi respoden dalam penelitian ini.Dari penelitian yang dilakukan dengan metode input data memakai kuesioner kepada responden dan data tersebut dianalisa dengan memakai skala likert, pengolahan data dipergunakan program SPSS versi21, maka dari hasil output hasilnya dimana pengujian regresi adalah faktor yang mempengaruhi disiplin pegawai secara partial adalah dengan uji t yaitu thitung> ttabel, variabel Disiplin mempunyai 11.899< ttabel2.064 berpengaruh secara siqnifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Darussalam Kabupaten Aceh Besar.Pengujian tingkat hubungan (pengujian korelasi) dimana tingkat hubungan antara faktor-faktor disiplin dengan kinerja pegawai 0,933 atau sebesar 93.3% pada tingkat koefisien korelasi (R) mempunyai hubungan yang sangat kuat sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,871 atau 87.1% bahwa perubahan pada variabel terikat dapat dijelaskan oleh variabel yang diteliti dan hanya 12,9% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kuncinya adalah : Faktor Kehadiran, Ketaatan pada aturan kerja, Ketaatan pada standar kerja, Tingkat kewaspadaan yang tinggi, Bekerja etis, dan Kinerja
PENGARUH MASA KERJA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN PIDIE Herizal, Muhammad Nur
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.166

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie. Objek dalam penelitian ini berhubungan masa kerja, pendidikan, dan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie.Tujuan tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh masa kerja, pendidikan dan pelatihanterhadap kinerja pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie.Jumlah responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang responden / pegawai.Peralatan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan hasil sebagai berikut :Y= 1,898 + 0,383X1+ 0,457X2+0,407X3. Variabel yang dominan berpengaruh adalah variabel pendidikan dengan nilai 0,457 atau 47,5%. Secara simultan / bersama-sama di peroleh Fhitung 248,129 Ftabel 2,8216, artinya bahwa variabel masa kerja (X1), dan pendidikan (X2), dan pelatihan (X3) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie.Sedangkan Secara parsial variabel masa kerja (X1) diperoleh thitung 6,026 ttabel 2,0167, variabel pendidikan (X2) diperoleh thitung5,501 ttabel 2,0167, variabel pelatihan (X3) diperoleh thitung 3,868 ttabel 2,0167. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.Jadi hasil uji t ini dapat disimpulkan bahwa variabel semua variabel independenmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie. Kata Kunci :Masa Kerja, Pendidikan, Pelatihan dan Kinerja
ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP BAHASA ARAB DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR Maimunsyah Rosalinda
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.171

Abstract

The cities of Banda Aceh and Aceh Besar, the province of Aceh on the western tip of the Sumatra, is one of the halal tourism destinations in Indonesia. Development or promotion that is certainly not inseparable from several important elements, including elements of language. The purpose of this study is as an initial step to find out the need for Arabic in developing Halal tourism sector in Banda Aceh and Aceh Besar, knowing the need for Arabic for halal tourism promotion and services in Banda Aceh and Aceh Besar and knowing the steps for tourism development Halal taken by the Tourism office. Data collection techniques in this study were conducted by interview and questionnaire. The results of this study are that Arabic is needed in efforts to develop halal tourism in Aceh and Aceh Besar. . Keywords: Language; Arab; Tourism; Halal
PENERAPAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP Junaidi, Taufiq
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.167

Abstract

Untuk dapat mencapai tingkat ketuntasan siswa SMP Negeri 1 Simpang Tiga, guru perlu memperhatikan model yang digunakan dalam mengajar. Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dipilih menentukan tingkat keberhasilan siswa yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan pembelajaran pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka saling mendiskusikan masalah-masalah dengan teman-temannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan X-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes sedangkan teknik pengolahan dan analisis data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil pengolahan data Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Kata Kunci: Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Berpikir Kritis.
SISTEM INFORMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH BERBASIS WEB Yuswardi Husaini
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.172

Abstract

Mempercepat proses pelaporan data program perencanaan pembangunan daerah, untuk itu di perlukan suatu sistem informasi perencanaan pembangunan daerah pada Kabupaten Pidie berbasis web dengan mamanfaatkan Database untuk penyimpanaan datanya. Dengan adanya system dapat mempermudah serta mempercepat Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Pidie dalam mendata dan menginformasikan data-data program pembangunan daerah di Kabupaten Pidie kepada Bupati khususnya dan kepada masyarakat luas umumnya. Sistem ini menghasilkan informasi-informasi berupa laporan data program pembangunan daerah per tahun, laporan pagu indikatif per tahun, dan laporan jumlah dokumen menurut program/kegiatan per tahun. Key Words : Sistem, Informasi, Pembangunan, Berbasis Web
TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERANAN PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN REHABILITASI HUTAN MANGGROVE Armiwal, Suhaibah
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.168

Abstract

Dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya bahwa "sistem penyangga kehidupan merupakan satu proses alami dari berbagai unsur hayati dan non-hayati yang menjamin kelangsungan kehidupan makhluk". Pasal 43 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 yang menyatakan "bahwa setiap orang yang memiliki, mengelola, dan atau memanfaatkan hutan yang kritis atau tidak produktif, wajib melaksanakan rehabilitasi hutan untuk tujuan perlindungan dan konservasi". Hal tersebut dapat dilakukan dengan di dampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang kehutanan dan di fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi. Hasil hutan berupa kayu maupun hasil hutan ikutan dapat diekspor ke luar negeri, sehingga mendatangkan devisa bagi negara. Ditinjau dari segi kepentingan manusia yang dapat merasakan manfaat hutan secara tidak langsung dapat dibagi dua, yaitu: manusia sebagai individu (butir a sampai g) dan manusia sebagai warga negara. Manfaat hutan tersebut diperoleh apabila hutan terjamin eksistensinya sehingga dapat berfungsi secara optimal. Fungsi­fungsi ekologi, ekonomi dan sosial dari hutan akan memberikan peranan nyata apabila pengelolaan sumber daya alam berupa hutan seiring dengan upaya pelestarian guna mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan. Kata Kunci: Peran Pemerintah Dalam Rehabilitasi Hutan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA Nurul Ulfa, Zuraida, Zufahmi
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.201

Abstract

Peneltian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 SimpangTiga”. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019SMP Negeri 1 SimpangTiga. Metode penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil dari hasil pre-test seluruh kelas VII, kemudian dipilih sebanyak dua kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas yang mendekati, kemudian dipilih secara acak untuk dijadikan yang mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-A dengan jumlah siswa 28 orang, sedangkan kelas kontrol adalah kelas VII-B dengan jumlah siswa 28 orang. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan Analisispeningkatanhasilbelajar Gain yang dinormalisasi (N-gain) dan pengujian hipotesis  uji independent sample t-test ( Uji-t). Peningkatan hasil belajar menunjukkan Skor N-Gain berkategori sedang sebesar 0,68 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Skor N-Gain berkategori rendah dengan skor rerata 0,21.Hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh nilai t = 6,90, jadi t hitung > ttabel yaitu 6,90 > 1,67, dengan demikian Ha diterima dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajara pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Simpang Tiga.Kata Kunci: Penerapan,  kooperatif Tipe Take and Give, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil Belajar siswa
PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4.0 Mustakim Sagita; Khairun Nisa
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.169

Abstract

In this digital era or Industrial 4.0 revolution, technological advances become things that cannot be solved in human life. Teachers must learn better in learning, need to utilize optimal learning resources, this is important, because the effectiveness of learning is also included by the willingness and ability to utilize learning media, such as the web (google class). In this era students are required to have certain skills, besides those educators are also required to have several competencies that must be possessed so that the e-learning program that they run can run well. An educator or teacher must be able to learn to be there to learn, be creative and fun. Keywords- Digital Era, Education, Usefulness of E-Learning, Teacher
PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SD NEGERI U GADENG KABUPATEN PIDIE Heri Fajri, Suria Setiawan
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v2i2.202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengamati serta menganalisis dan mendeskripsikan upaya dalam peningkatan pengembangan kompetensi profesional, salah satunya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar pada SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie, yang meliputi: (1) penyusunan program pengembangan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah pada SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie; (2) proses pelaksanaan pengembangan kompetensi profesional melalui PTK; (3) kendala yang dihadapi kepala Sekolah Dasar dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah Dasar, dan dewan guru SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menujukan bahwa upaya kepala Sekolah Dasar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dapat dilihat dari: (1) adanya upaya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan profesional baik yang dilakukan oleh kepala Sekolah Dasar maupun oleh guru sendiri, (2) adanya pemberian layanan supervisi klinis oleh kepala Sekolah Dasar, (3) meningkatkan motivasi kerja, (4) melakukan pengawasan kinerja guru, (5) pembinaan secara rutin, (6) mengadakan rapat, (7) membentuk forum KKG dan MGMP, (8) memberikan kesempatan untuk mengikuti diklat dan pelatihan serta, (9) melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.Kata Kunci: Pengembangan, Kompetensi Profesional, Guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 11