cover
Contact Name
Lutfi Ali
Contact Email
lutfi.muharom@unmuhjember.ac.id
Phone
+6282231308136
Journal Mail Official
justindo@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia)
ISSN : 25025724     EISSN : 25415735     DOI : http://dx.doi.org/10.32528/justindo
JUSTINDO is a scientific journal managed by the informatics engineering study program at the university of muhammadiyah jember as a publication media for research articles in the field of systems and information technology which covers the following topics: Software engineering, Games, Information Retrieval, Computer networks, Telecommunication, Internet, Wireless technology, Network security , Multimedia technology, Mobile Computing, Parallel / Distributed Computing, Development, management and utilization of Information Systems, Organizational Governance, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture Planning, e-Businness, e-Commerce, e-Learning, Data mining, Text mining, Data warehouse, Online Analytical Processing, Artificial Intelligence, Decision Support System, and Mathematics. JUSTINDO is issued twice a year in February and August. The editor invites research lecturers, reviewers, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal. JUSTINDO provides a platform for scientists and academics throughout Indonesia to promote, share and discuss new issues and the development of information systems and information technology. JUSTINDO aims to achieve the theory and application of this sophisticated field. In 2017, JUSTINDO already has an ISSN both printed and online, for ISSN (Print) is 2502 - 5724 and for ISSN (Online) is 2541 - 5735.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO" : 18 Documents clear
Penempatan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Menggunakan Teori Bilangan Dominasi Saifudin, Ilham; Umilasari, Reni
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.212 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1047

Abstract

Untuk setiap graf G = (V,E),S ? V (G) dapat dikatakan himpunan dominasi dari G jika setiap simpul u ? V (G) bertetangga dengan S. Dengan demikian untuk setiap simpul u ? V (G), ada simpul v ? S dimana jarak antara u dan v maksimal satu. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi di graf G disebut dengan bilangan dominasi. Pada paper ini akan ditentukan himpunan dominasi jarak dua pada graf G yang didefinisikan dengan S_2 ? V (G), dimana untuk setiap simpul u ? V (G) ada simpul w ? S_2 dimana jarak antara u dan w maksimal dua. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi jarak dua di graf G disebut dengan bilangan dominasi jarak dua. Pada Paper ini akan dicari bilangan dominasi jarak dua pada graf hasil operasi Shackle dengan subgraf sebagai penghubung (linkage), diantaranya : Shack(C_n,P_m,k), Shack(C_n,P_m,k), dengan m?n/2 dan Shack(C_n,P_m,k) dengan m=2n. Serta akan dibahas studi kasus bilangan dominasi jarak dua pada penempatan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dikarenakan penempatannya sembarang dan tidak menjangkau wilayah di sekitar Kecamatan Sumbersari.
Mengevaluasi Tingkat Kematangan Domain DS 9 (Manage The Configuration) pada Implementasi Keamanan Wi-fi Lusiana, Dewi
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.967 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1052

Abstract

Salah satu bidang yang sangat pesat kemajuannya adalah Information Technology (IT) atau Information Systems (IS). Berkembangnya IS membawa dampak yang cukup signifikan bagi perusahaan ( Fenny dan Johanes Fernandes Andry, 2017). Dalam penelitian ini akan memperbaiki wifi yang sudah diterapkan. Dimana wifi yang sudah diterapkan hanya bisa diakses dengan login menggunakan username dan password. Beberapa pertanyaan sebagai kuisioner dilakukan juga tes wawancara kepada konsumen pengguna wifi. Dengan adanya penelitian pada wifi dengan menggunakan DS9 ini dapat meningkatkan keamanan jaringan untuk dapat mengakses internet yang digunakan. Nilai akhir pada quisioner yang sudah dihitung yaitu 2,57655 dibulatkan menjadi 3. Pada level ini arti dari hasil kuesioner tersebut yaitu Prosedur sudah distandarisasi dan didokumentasikan kemudian dikomunikasikan melalui pelatihan. Juga diamanatkan bahwa proses yang sudah dilakukan harus tetap dijalankan.
Bilangan Dominasi Jarak Dua Pada Graf Hasil Operasi Shackle Umilasari, Reni
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.03 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1048

Abstract

Himpunan dominasi S pada graf terhubung G=(V,E) adalah subset dari V(G) sedemikian setiap simpul G yang bukan elemen S terhubung dan berjarak satu terhadap S. Kardinalitas minimum diantara himpunan dominasi pada graf G disebut bilangan dominasi dari graf G dan dinotasikan ?(G). Sedangkan himpunan dominasi jarak dua yang dinotasikan dengan S_2, yaitu subset dari V(G) sedemikian simpul G yang bukan elemen S_2 terhubung dan memiliki jarak maksimal 2 terhadap S_2. Bilangan dominasi jarak dua ?_2 (G) adalah kardinalitas minimum dari himpunan dominasi jarak dua S_2. Graf shackle dinotasikan dengan Shack(G1,G2,· · · ,Gk) merupakan suatu graf shackle yang dibentuk dari k salinan graf G dinotasikan dengan Shack(G,k) dengank ? 2 dan k adalah bilangan asli. Operasi shackle pada penelitian ini terdiri dari shackle titik dan shackle sisi. Operasi shackle titik dinotasikan dengan Shack(G,v,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan v sebagai lingkage vertex. Sedangkan operasi shackle sisi dinotasikan dengan Shack(G,e,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan e sebagai lingkage edge. Dalam penelitian ini diperoleh bilangan dominasi jarak dua pada graf komplit dengan operasi shackle titik dan sisi adalah ?_2 (?Shack(K?_n,v_i,s))=?s/4?,jika s?2,n?3 dan ?_2 (?Shack(K?_n,e_i,s))=?s/5?,jika s?2,n=3,4 dan?s/4?,jika s?2,n?5. Bilangan dominasi jarak dua pada graf bintang dengan operasi shackle adalah ?_2 (?Shack(S?_n,v_i,t))=?t/4?,jika t?2,n?3,?_2 (?Shack(S?_n,e_i,t))=?t/2?jika t?2,n?3. Sedangkan graf komplit berpendant mempunyai bilangan dominasi jarak dua ?_2 (Shack(K_(n,n),v_i,m))=?_2 (Shack(K_(n,n),e_i,m))=t,untuk m?2,n?3.
Pengembangan Sistem Deteksi Kesesuaian Dokumen Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Dengan Metode Extended Weighted Tree Similarity Suharso, Wiwik; A`yun, Qurrota; Arifianto, Deni
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.252 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1044

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas proposal dan kuantitas perolehan dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Tim seleksi internal di Perguruan Tinggi mengevaluasi kesesuaian dokumen digital proposal usulan mahasiswa dengan dokumen pedoman PKM yang berlaku. Evaluasi tersebut seringkali tidak optimal karena ketidakseimbangan jumlah anggota tim seleksi dan jumlah proposal yang ditangani serta perubahan ketentuan dalam setiap tahun pedoman baru. Proposal usulan mahasiswa umumnya memiliki kesalahan dalam sistematika penulisan, uraian isi, ketentuan kriteria dan persyaratan pengusul dalam skema yang dipilih sehingga upaya perbaikan membutuhkan banyak waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu tujuan jangka panjang penelitian ini adalah tersedianya perangkat lunak sistem pendeteksian otomatis dokumen digital yang mampu mengidentifikasi kesalahan sistematika, isi dan ketentuan sesuai dokumen pedoman PKM yang berlaku. Target khusus yang akan dicapaia dalah ditemukannya model pendeteksian dokumen digital format pdf yang memiliki tingkat presisi dan akurasi tinggi sehingga dapat digunakan oleh tim seleksi internal sebagai alat bantu koreksi awal. Pemodelan ini memanfaatkan operasi text mining untuk mengidentifikasi isi dokumen dengan melibatkan serangkaian metode yaitu tokenizing, stoplist/wordlist, stemming, pembobotan kata TF-IDF dan kemiripan antar bagian dokumen dalam struktur tree dengan metode cosine measure yang dinyatakan dalam bentuk nilai bobot label node tree. Perhitungan kemiripan total rata-rata antara dua buah tree dokumen dengan metode Extended Weighted Tree Similarity menggambarkan hasil kesesuaian sejauh mana proposal mahasiswa telah menerapkan pedoman PKM. Prototipe perangkat lunak telah menghasilkan nilai auto matching antar bagian (sub tree) yang sama dan scoring antara dokumen proposal dan dokumen pedoman PKM. Data pelatihan dari proposal yang lolos pendanaan tidak selalu memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan data pengujian, sehingga kepatuhan terhadap pedoman harus diikuti oleh kualitas dari proposal yang diusulkan. Sebagian besar data pelatihan memiliki nilai tertinggi pertama dan kedua, sehingga kepatuhan terhadap pedoman menjadi pertimbangan dalam menentukan proposal yang didanai.
Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D Saurina, Nia
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.543 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1049

Abstract

Dunia animasi 3D di Indonesia sedang berkembang, namun software-software animasi komersial yang ada di pasaran biasanya sangat mahal dan tidak terjangkau oleh sebagian masyarakat. Hal ini adalah salah satu faktor penghambat perkembangan animasi di Indonesia, padahal masih banyak bakat-bakat yang belum terpoles namun berpotensi maju dalam bidang animasi. Game edukasi sebagai media pembelajaran menggunakan animasi 3D yang dibuat untuk menjelaskan alat bantu ajar mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika dengan menggunakan teknologi animasi 3D. Mengubah materi dan ilustrasi berupa animasi 3D yang menarik sehingga siswa lebih mudah mengerti. Data yang di jadikan sebagai kebutuhan pembuatan aplikasi didapatkan dari wawancara kepada guru wali kelas dan guru pengampu mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika di SDN Banjarsugihan II Surabaya. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Rapid Aplication Development. Dengan teknologi yang digunakan, tools pembuatan 3 Dimensi blender dan Blender Game Engine untuk membuat aplikasi interaktif.
Pengaruh Preprocessing Data pada Metode SVR dalam Memprediksi Permintaan Obat Prakoso, Bakhtiyar Hadi
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.877 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1045

Abstract

Stock out merupakan permasalahan yang sering muncul pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Kondisi ini disebabkan karena permintaan obat lebih banyak dari stok obat yang ada. Upaya untuk mengatasi stock out dengan mengelola persediaan obat dengan benar salah satunya adalah dengan cara memprediksi permintaan obat. Pada penelitian ini akan digunakan metode SVR. Dalam perhitungan SVR melewati proses sebuah preprocesing data yang berfungsi untuk meningkatkan akurasi hasil. Penelitian ini akan membandingkan metode preprocessing linear scaling dengan z normalization. Hasil MAPE menunjukkan preprocessing dengan linear scaling  menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan z-normalization. 
Analisa dan Perancangan Sistem Pengendalian Material Wahyuningtyas, Emmy
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.953 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1050

Abstract

Dalam perusahaan manufaktur, ketersediaan bahan baku merupakan salah satu kunci keberhasilan operasionalnya. Penelitian ini mengambil studi kasus di salah satu perusahaan yang berlokasi di Gresik yang merupakan produsen tepung bahan baku pakan ternak. Hasil produksi terdiri dari empat macam yaitu tepung bulu ayam, tepung rajungan, tepung tulang dan tepung ikan. Seringnya terjadi salah prediksi mengakibatkan terhambatnya operasional produksi, sehingga hal tersebut menimbulkan biaya serta menunda revenue. Untuk itu dibutuhkan system pengendalian bahan baku yang mampu membawa perusahaan pada kondisi yang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini dilakukan analisa yang menghasilkan proses bisnis serta kebutuhan pengguna terhadap sistem, serta perancangan system berupa diagram aliran data, rancangan basis data beserta rancangan antar mukanya. Hasil perancangan menunjukkan bahwa nantinya system akan mampu menghasilkan output berupa informasi pengingat pengadaan bahan baku serta laporan-laporan yang sesuai dengan pengguna berdasarkan tingkat manajerial di perusahaan. 
Analisis Aturan Asosiasi Data Transaksi Supermarket Menggunakan Algoritma Apriori Abdurrahman, Ginanjar
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.833 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1046

Abstract

Di satu sisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia. Namun di sisi lain secara tidak langsung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi meningkatkan persaingan dalam kehidupan. Salah satunya adalah persaingan dalam memasarkan barang dagangan oleh supermarket. Supermarket tentunya menginginkan target penjualan tercapai. Alternatif yang ditawarkan sebagai pertimbangan penataan barang dagangan yakni aturan asosiasi (association rule). Untuk mempermudah pekerjaan berkaitan dengan banyaknya dataset yang ada, diperlukan suatu program aplikasi untuk membantu penentuan aturan terkait dengan penempatan barang yang ada dalam supermarket. Dalam hal ini, digunakan aplikasi Weka 3.6 untuk menganalisis dataset yang ada pada supermarket, sehingga aturan terbaik untuk penempatan barang dagangan nantinya dapat ditemukan. Penelitian ini menggunakan support 2% dan 10 confidence yang berbeda yakni: 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, dan 100%. Dari hasil penelitian ini diperoleh untuk confidence sebesar 10% - 90% menghasilkan 10 aturan, sedangkan untuk confidence sebesar 100% tidak dihasilkan aturan asosiasi.
Rancang Bangun Robot Pemindah Barang Berdasarkan Warna Berbasis Mikrokontroller Paralax BS2P40 Nugroho, Aji Brahma; Lantikawan, Fahmi Hafid
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.623 KB) | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1051

Abstract

Dalam dunia industri proses pemindahan barang masih menggunakan tenaga manusia yang mana membutuhkan  waktu yang lama, maka pada penelitian ini  dirancang sebuah alternatif solusi untuk membuat robot  berbasis mikrokontroler untuk mengatasi masalah diatas. Robot yang telah dibuat menggunakan sensor pasangan LED dan photodioda untuk mengenal barang (merah,hijau,biru), perangkat sensor LED dan LDR untuk mengenal lintasan yang dilewati, motor servo untuk memutar roda dan motor servo yang lain untuk menggerakan gripper (penjepit). Robot ini akan berjalan mengikuti garis hitam menuju tempat pengambilan barang, robot akan mengambil dan mendeteksi warna barang lalu memindahkan pada tempat yang sudah ditentukan. Hasil pengujian robot menunjukan bahwa dari sepuluh kali percobaan memindahkan barang ke tempat lain melalui garis, prosentase keberhasilan mencapai 100 %.
Bilangan Dominasi Jarak Dua Pada Graf Hasil Operasi Shackle Reni Umilasari
JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): JUSTINDO
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/justindo.v2i2.1048

Abstract

Himpunan dominasi S pada graf terhubung G=(V,E) adalah subset dari V(G) sedemikian setiap simpul G yang bukan elemen S terhubung dan berjarak satu terhadap S. Kardinalitas minimum diantara himpunan dominasi pada graf G disebut bilangan dominasi dari graf G dan dinotasikan γ(G). Sedangkan himpunan dominasi jarak dua yang dinotasikan dengan S_2, yaitu subset dari V(G) sedemikian simpul G yang bukan elemen S_2 terhubung dan memiliki jarak maksimal 2 terhadap S_2. Bilangan dominasi jarak dua γ_2 (G) adalah kardinalitas minimum dari himpunan dominasi jarak dua S_2. Graf shackle dinotasikan dengan Shack(G1,G2,· · · ,Gk) merupakan suatu graf shackle yang dibentuk dari k salinan graf G dinotasikan dengan Shack(G,k) dengank ≥ 2 dan k adalah bilangan asli. Operasi shackle pada penelitian ini terdiri dari shackle titik dan shackle sisi. Operasi shackle titik dinotasikan dengan Shack(G,v,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan v sebagai lingkage vertex. Sedangkan operasi shackle sisi dinotasikan dengan Shack(G,e,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan e sebagai lingkage edge. Dalam penelitian ini diperoleh bilangan dominasi jarak dua pada graf komplit dengan operasi shackle titik dan sisi adalah γ_2 (〖Shack(K〗_n,v_i,s))=⌈s/4⌉,jika s≥2,n≥3 dan γ_2 (〖Shack(K〗_n,e_i,s))=⌈s/5⌉,jika s≥2,n=3,4 dan⌈s/4⌉,jika s≥2,n≥5. Bilangan dominasi jarak dua pada graf bintang dengan operasi shackle adalah γ_2 (〖Shack(S〗_n,v_i,t))=⌈t/4⌉,jika t≥2,n≥3,γ_2 (〖Shack(S〗_n,e_i,t))=⌈t/2⌉jika t≥2,n≥3. Sedangkan graf komplit berpendant mempunyai bilangan dominasi jarak dua γ_2 (Shack(K_(n,n),v_i,m))=γ_2 (Shack(K_(n,n),e_i,m))=t,untuk m≥2,n≥3.

Page 1 of 2 | Total Record : 18