cover
Contact Name
Wisnu Yuwono
Contact Email
wisnu@uib.ac.id
Phone
+6281227273978
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Universitas Internasional Batam, Jl. Gajah Mada, Baloi, Sei ladi, Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Prosiding National Conference for Community Service Project
ISSN : -     EISSN : 27148599     DOI : -
Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) merupakan wadah bagi para akademisi maupun masyarakat umum dalam mendesiminasikan artikel ilmiah hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang pengabdian, terutama kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan juga pihak swasta/business, pemerintah dan community (masyarakat) dalam rangka menyelesaikan permasalahan di masyarakat menuju terwujudnya kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di masyarakat. Prosiding ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menumbuhkan ide-ide inovatif dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan langsung di masyarakat sehingga akan melahirkan pemikiran dan gagasan bagi peningkatan tri dharma perguruan tinggi untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 149 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021" : 149 Documents clear
Strategi Promosi Dan Membangun Brand Image Pada Media Digital Di Toko Lipo Batam Andrew Cen; Valenteeno Bong; Dean Mervyn; Steven Steven; Rahel Rahel; Jody Martin Ginting
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5881

Abstract

Pemasaran digital pada saat ini sangat di perlukan demi kelangsungan suatu usaha baik usaha besar maupun usaha kecil. Berdasarkan hasil observasi mitra “Toko Lipo” belum di terapkannya pemasaran digital apapun. Dalam kegiatan ini, kelompok ini berinisiatif untuk membantu mitra ini dengan mengenalkan dan memberi pelatihan terkait pemasaran digital sebagai strategi untuk keberlangsungan usaha toko tersebut. Adapun beberapa metode dalam upaya pemasaran digital seperti membuat akun media social yang meliputi: instagram, shopee, dan facebook marketplace, dan membuat desain menarik untuk postingan produk. Kegiatan ini dapat mengenalkan kepada masyarakat luas khususnya Batam sehingga berguna untuk meningkatkan penjualan dan omset toko tersebut. Dengan adanya pemasaran digital yang telah di buat, di harapkan supaya toko tersebut dapat melanjutkan strategi tersebut demi perkembangan dan keberlangsungan mitra “Toko Lipo”. Tanggapan mitra terkait implementasi yang telah di buat yaitu, mereka senang dan puas dengan adanya pelatihan dan pengajaran mengenai pemasaran digital demi melancarkan dan meluaskan usaha tersebut.
Mengupayakan Dan Mengusulkan Kegiatan Bercocok Tanam Melalui Media Hidroponik Serta Menyediakan Alat Dan Bahan Untuk Membangun Media Hidroponik Di Panti Asuhan Gappi Filadelfia Gladies Imanda Utami Rangkuty; Senna Abdi Cahyo; Wui Ching; Nova Rahmayani; Helen Helen
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5871

Abstract

Panti Asuhan GAPPI Filadelfia merupakan sebuah Yayasan yang telah berdiri dari tahun 2008 dan masih aktif sampai sekarang. Masalah yang sedang dialami Panti Asuhan GAPPI Filadelfia tidak jauh dari masalah terbesar yaitu Permasalahan ekonomi yang mereka alami saat ini sedang tidak stabil. Permasalahan lain yang sedang terjadi akibat dampak dari Pandemi Covid-19 di Panti asuhan GAPPI Filadelfia yaitu kurangnya aktif dan kurangnya produktifitas yang terjadi pada anak-anak di Panti Asuhan. Tim Pengabdian melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk membantu Permasalahan mitra terhadap Perekonomian yang tidak stabil dan kurangnya produktifitas anak-anak. Hasil Wawancara langsung dengan mitra, menghasilkan sebuah proyek dengan judul “Mengupayakan dan Mengusulkan Kegiatan bercocok tanam melalui Media Hidroponik serta Menyediakan alat dan bahan untuk membangun Media Hidroponik di Panti Asuhan GAPPI Filadelfia”. Untuk membantu mitra, Tim Pengabdian memutuskan untuk melakukan Kegiatan bercocok tanam melalui media hidroponik. Tim pengabdian juga mengedukasi Pengurus Panti dan anak-anak untuk mengembangkan wawasan dasar bercocok tanam dengan menggunakan metode Hidroponik. Hasil Pembuatan media Hidroponik ini dapat digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama sehingga mitra dapat manfaatkannya dengan baik berupa mengkomsumsi atau menjualnya. Rekomendasi Pengabdian Kepada Masyarakat selanjutnya dari Tim Pengabdian adalah Mitra dapat melakukan budi daya tanaman hidroponik di Panti asuhan GAPPI Filadelfia guna menyebarluaskan ke masyarakat untuk memanfaatkan keuntungan dari bercocok tanam melalui hidroponik.
Pelatihan Dan Edukasi Pentingnya Pembukuan Dan Pengelolaan Keuangan Yang Efektif Pada Authentics Store Muhammad Ardiansyah; Jackson Jackson; Natalis Christian; Oda I.B. Herryanto; Jecelyn Jecelyn; Rio Putra; Santikawati Santikawati; Veronica Oktavia
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5862

Abstract

Pada zaman perkembangan teknologi yang pesat, sehingga segala sesuatu dapat kita lakukan dengan digital, seperti pembukuan dan perhitungan keuangan bisnis yang dapat kita lakukan melalui sebuah aplikasi keuangan digital. Dari hasil observasi dan wawancara yang kami dapat melalui mitra “Authentics Store”, karena kurangnya keterampilan dalam menggunakan teknologi digital, sehingga selama ini pemiliknya masih melakukan pembukuan dengan metode secara manual. Metode ini juga dinilai sangat tidak efektif, karena pemiliknya kerap kali merasakan kendala seperti kesalahan dalam perhitungan transaksi, dan kehilangan dokumen pembukuannya. Sehingga melalui kesempatan pelaksanaan kegiatan Society Empowerment Program (SEPORA) yang diadakan oleh Universitas Internasional Batam, maka kami melaksanakan sebuah kegiatan pelatihan mengenai cara menggunakan aplikasi keuangan digital. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa dengan cara pelatihan dalam bentuk mengajari serta mempraktikkan secara langsung kepada mitra mengenai cara penggunaan aplikasi keuangan digital, serta membantu mitra dalam menerapkan aplikasi tersebut untuk pembukuan sehari-hari UMKM-nya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini berupa untuk meningkatkan keterampilan mitra dalam menggunakan aplikasi digital sehingga mitra dapat dengan mahir untuk menerapkan aplikasi tersebut untuk membantu dan memudahkan mitra dalam pembukuan UMKM-nya. Hasil dari implementasi pelatihan dan penerapan aplikasi digital pada mitra menunjukkan permasalahan yang dihadapinya dapat dituntaskan dengan baik, karena mitra sudah tidak lagi merasakan kendala serta menghemat sangat banyak waktu dalam pembukuan keuangan UMKM-nya.
Perancangan Scan Qr Menu Sebagai Upaya Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Usaha Kuliner Ditengah Masyarakat Hendi Sama; Kelvin Kelvin; Agnes Fitrian; Putri Melati; Rizky Wardhana; Anisa Susmita
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5920

Abstract

Sejak Badan kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan bahwa virus Corona Covid-19 sebagai pandemi, pemerintah Indonesia juga menyatakan masalah virus Corona sudah menjadi bencana nasional non alam. Oleh sebab itu, Presiden Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah beserta jajarannya saling bahu membahu membuat beberapa langkah taktis sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona salah satunya adalah meneggakan protokol kesehatan ditengah masyarakat. Dimana, kapan dan bersama siapa pun kita perlu sekali untuk menerapkan protokol kesehatan terutama penggunaan masker dan menjaga jarak dengan orang sekitar ketika berada diluar rumah. Oleh karena itu, untuk menghindari pyshical touch ditempat makan, kami membuat daftar menu yang dapat dilihat melalui gadget yaitu dengan scan barcode. Kami menerapkan hal ini di sebuah tempat makan yang ada di penuin yaitu Kedai Kopi Sate Hong. Sebelum pandemi, UMKM ini termasuk salah satu UMKM yang diminati oleh masyarakat setempat. Hanya saja, saat pandemi ini menyebar, kondisi ekonomi dari UMKM ini mulai menurun, dan sehingga tidak banyak yang datang untuk makan di UMKM tersebut. Oleh karena itu, pentingnya menerapkan protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak. Agar tidak menyentuh daftar menu, kami menyediakan scan barcode menu ini. Hanya dengan scan barcode yang sudah dibuat, maka masyarakat yang makan di tempat tersebut hanya perlu scan barcode dan dapat melihat daftar menu yang ada pada Kedai Kopi Sate Hong tanpa harus menyentuh buku menu. Scan barcode ini disediakan dikasir dan tiap meja makan, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya
Pembuatan Video Promosional Pada Sma Ananda Batam Yessy Christanti Silaban; Leonardo Leonardo; Sudiana Sudiana; Mahaputri Mellya Hussy; Eric Eric; Raymond Raymond
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5877

Abstract

Salah satu dampak Pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan adalah penurunan jumlah pendaftaran murid baru di beberapa sekolah dan instansi. Hal ini menjadikan promosi melalui media sosial berupa gambar dan video satu-satunya cara agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan. Kelompok penulis diberi kesempatan untuk membantu mengurangi penurunan angka pendaftar murid baru di SMA Ananda Batam melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Bentuk bantuan yang diberikan adalah dengan membuatkan sebuah video promosional sebagai luaran atau produk akhir kegiatan tersebut. Implementasi kegiatan dilakukan dengan mengunggah video promosional tersebut pada akun Instagram resmi @smaananda, dan juga pada akun YouTube milik penulis sendiri dengan bantuan Google Ads. Berdasarkan hasil evaluasi implementasi luaran kegiatan ini, dengan waktu implementasi yang relatif singkat, diketahui bahwa video tersebut berhasil mengurangi penurunan angka pendaftar murid baru yang bergabung dalam SMA Ananda Batam sebanyak 5 murid lebih sedikit. Saran untuk ke depannya yang ingin melakukan kegiatan pengabdian yang serupa dengan kegiatan penulis, yaitu untuk menyiapkan banyak dana dan mengimplementasikan luaran dengan waktu paling lama dua minggu sebelum batas akhir pemulaian kegiatan baru (seperti tahun ajaran baru sekolah atau sejenis)
Pengaruh Perkembangan Dan Peningkatan Gerakan Indonesia Sehat Bagi Lingkungan Sekolah Sukiantono Tang; Natasya Sapitri; Shofiy Shofiyah; Farah Fakhirah Suganda; Yang Songsen Samuel; Edmund Edmund
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5867

Abstract

Menjaga kebersihan sekolah merupakan kewajiban yang harus dibangun dalam diri setiap siswa dan warga sekolah. Kebersihan lingkungan di SD Al-Madinah adalah tanggung jawab bersama seluruh penghuni sekolah yaitu siswa, guru, juga staf sekolah. Lingkungan sekolah yang nyaman dapat meningkatkan kerja otak dan akan membawa dampak yang lebih baik bagi prestasi siswa di sekolah, termasuk pula kebersihan lingkungan sekolah yang dapat mendorong semangat belajar para siswa. Rendahnya persepsi siswa pada kebersihan lingkungan sekolah dalam rangka menumbuhkan pemahaman terhadap menjaga kebersihan lingkungan di sekolah, masih terdapat banyaksiswa yang kurang menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, dan rendahnya partisipasi siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk kenyamanan dalam menyerap ilmu pengetahuan agar lebih baik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dan informasi yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Setelah data dan informasi terkumpul, implementasi yang dilakukan berupa pendidikan masyarakat, konsultasi terkait strategi kebersihan lingkungan sekolah tersebut, pelatihan atau penyuluhan tentang Gerakan Indonesia Sehat, dan pendampingan terhadap pihak SD Al-Madinah. Hasil dari pelaksanaan dan implementasi tersebut yaitu lingkungan SD Al-Madinah mengalami perkembangan yang sangat baik dan termotivasi untuk selalu menjaga keasrian lingkungan sekolah yang sebelumnya tidak terlaksana kini menjadi hal utama yang harus ditekankan guru kepada siswa. Segala peraturan sekolah terkait kebersihan sudah mulai dijalankan kembali dan diterapkan sesuai jadwal yang dibagi dengan adil. Pemahaman terkait pentingnya menjaga lingkungan sekolah sudah sepenuhnya dimengerti oleh siswa
Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Di Umkm Salon Novena Edy Yulianto Putra; Aqnes Yurian Jayana; Angelina Chang; Kevin Alexander; Lucky Aprianto; Michelle Caroline Setijograha
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5916

Abstract

Tepat di penghujung tahun 2019, dunia dikejutkan dengan fenomena wabah Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). Di Indonesia wabah ini masih minim perhatian oleh sebagian masyarakat untuk mencegah penyebaran lebih lanjut yaitu dengan memperketat protokol kesehatan. Kurangnya penerapan protokol kesehatan yang melatarbelakangi penulis untuk mengedukasikan lebih dalam kepada masyarakat Salon Novena tentang protokol kesehatan. Metode yang kami gunakan untuk pelaksanaan ini ada dua yaitu dengan Pendidikan Masyarakat dengan pergi ke lokasi pelaksanaan dan menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan yang lebih dalam.Kegiatan pengabian kepada masyarakat ini sangat penting karena banyak masyarakat masih minim denga pengetahuan tentang virus Covid-19 ini,dengan adanya kegiatan ini dapat diharapkan kepada masyarakat bisa lebih tahu tentang virus Covid-19 yang berbahaya ini dan cara pencegahannya dengan protokol kesehatan yang baik dan ketat. Hasil dari pelaksanaan ini berhasil karena masyarakat Salon Novena telah menerapkan protokol kesehatan yang lebih baik dan bisa mencegah penularan wabah covid-19, Salon novena dapat menerapkan protokol 5M; Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jaarak, Menjauhi kerumunan, Menjaga mobilitas, kami juga memberikan edukasi bagaimana sikap kita untuk menghadapi Coronavirus Disease-2019 secara ilmiah.
Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dame Afrina Sihombing; Intan Bahtera Pertiwi; Finy Marvelyn; Ellysabeth Ellysabeth; Nur Sazwani Ismail Putri; Viony Viony
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5872

Abstract

Cilok Pak De Ragil telah beroperasi dari 2007 sampai dengan sekarang 2021. Usaha yang didirikan oleh Bapak Agus Susilo dan keluarga terletak di perumahan komplek, sehingga penjualan dari tahun ke tahun hanya diketahui oleh masyarakat sekitar saja. Hal tersebut menjadi kesempatan untuk melakukan strategi pemasaran melalui media sosial. Mengingat lokasi tersebut tidak diketahui masyarakat diluar perumahan, maka menjadi alasan yang kuat dalam perkembangan pemasaran. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan lebih luas dan dapat dijangkau dimana saja oleh masyarakat Kota Batam. Metodologi penelitian dimulai dari pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Luaran yang dihasilkan berupa pembuatan logo, akun media sosial, pendaftaran aplikasi pesan antar makanan dan buku panduan. Buku panduan diharapkan dapat digunakan dalam proses pengaplikasian media sosial dan pendaftaran aplikasi pesan antar makanan di masa yang akan datang
Penggunaan Media Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Umkm Bidang Kuliner Windy Graciela Wang; Karen Kho; Robin Sunjaya; Jerry Jerry; Wesley Zhang; Muhammad Ardiansyah
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5863

Abstract

UMKM memiliki peran penting di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yaitu untuk perluasan kesempatan kerja dan ketenagakerjaan. Semenjak pandemi COVID-19 melanda, UMKM khususnya dibidang kuliner mengalami permasalahan dimana terjadi penurunan dalam penjualan dikarenakan upaya untuk memutuskan rantai penularan virus. Oleh karena itu, dibutuhkan penyelesaian terhadap masalah ini. Tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah untuk mempromosikan mitra dan membantu mitra dalam meningkatkan penjualan. Mempromosikan sebuah bisnis merupakan cara terbaik untuk menarik para pelanggan, dengan memberikan diskon, hingga menawarkan voucher belanja. Metode yang dilakukan adalah dengan membuat akun sosial media Instagram, poster promosi, kartu voucher, dan spanduk promosi untuk mitra. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah menghasilkan peningkatan jumlah penjualan secara efektif melalui inovasi yang masih jarang diterapkan pada UMKM kedai kopi dan meningkatkan popularitas mitra Seng Liy melalui media online.
Menciptakan Brand Image Dan Strategi Pemasaran Pada Umkm Rumah Malicha Mahfuz Hudori; Titan Martinus; Dewi Ratnasari; Jefry Tan; Christopher Christopher; Dicky Dicky
National Conference for Community Service Project (NaCosPro) Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/nacospro.v3i1.5938

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu aktivitas ekonomi yang dimana usaha tersebut didirikan oleh sebagian besar pengusaha yang berada di Indonesia. Sering kali UMKM tersebut ditemukan di sepanjang jalan. Banyaknya UMKM yang tidak beroperasi sementara bahkan ada yang tidak beroperasi selamanya dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19. Penurunan jumlah pelanggan pada UMKM Rumah Malicha dikarenakan adanya pandemi Covid-19 dan kurangnya branding pada UMKM tersebut. Berkurangnya jumlah pelanggan yang berada di dalam Rumah Malicha disebabkan masa pandemi yang kian hari meningkat sehingga banyak keluarga dan komunitas semakin membatasi diri untuk berkumpul di Rumah Malicha. Melalui kegiatan Society emPOwerment progRAm (SEPORA) yang merupakan tugas proyek mata kuliah Pancasila dalam bentuk pengabdian masyarakat yang memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas UMKM Rumah Malicha dengan cara menciptakan brand image dan strategi pemasaran. Kegiatan SEPORA dilaksanakan dengan tujuan agar UMKM Rumah Malicha dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang datang dan meningkatkan pendapatan yang dihasilkannya. Metode pelaksanaan kegiatan yang akan digunakan yaitu menggunakan metode content planning yang dimana penulis bertujuan untuk meningkatan pengetahuan pemilik UMKM dalam mendesain, merencanakan serta mengembangkan teknik pembuatan konten pada Instagram Rumah Malicha. Penulis juga ikut dalam mengembangkan brand image pada UMKM serta menjadwalkan postingan Instagram agar pemilik UMKM Rumah Malicha dapat melanjutkan feeds pada sosial media Instagram. Melalui pelaksanaan proyek ini dapat meningkatkan daya tarik para pelanggan terhadap UMKM Rumah Malicha.

Page 1 of 15 | Total Record : 149