cover
Contact Name
Wayan Ordiyasa
Contact Email
wayanordi@gmail.com
Phone
+628122721205
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Respati
ISSN : 19072430     EISSN : 25803891     DOI : -
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi RESPATI ialah Jurnal Nasional bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Elektronik. Jurnal terbitan berkala ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta. Tujuan diterbitkannya Jurnal RESPATI adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah dari hasil penelitian-penelitian di Indonesia serta ikut mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian bagi akademisi dan peneliti dalam bidang komputer dan informatika.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 30 (2015)" : 7 Documents clear
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KELAYAKAN REKONSTRUKSI RUMAH MISKIN (Studi Kasus: Kabupaten Klaten) Parjono, Parjono; Winarno, Wing Wahyu; Luthfi, Emha Taufiq
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.063 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.129

Abstract

ABSTRACTThis decision support system is a web-based system, which can help decision makers to use data from a variety of models to problems tersetruktur. In this thesis, has constructed a decision support system poorhouse reconstruction using AHP method (Analytical Heirarchy Process) which aims to help provide alternative solutions / proposals in decision-making, in this case that would be the Head of Social Service Klaten. Decision support systems are built based on 14 criteria poor from BPS (Central Bureau of Statistics) and giving preference value weighted interest where the total value of the weight should not be more or less than 100 (100%).Keywords: SPK, Reconstruction, AHP.
ANALISIS INFORMASI FISIS RADIOGRAF PANORAMIK DIGITAL UNTUK DETEKSI TUMOR JINAK PADA RAHANG Lestari, Sri
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.872 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.130

Abstract

INTISARIAplikasi instrumen medis yang menggunakan sinar-X telah mengalami perkembangan yang pesat untuk penegakan diagnosiskhususnyadalamkedokterangigi. Evaluasi radiologis yang tepat terhadap suatu lesi dapat memberikan dampak yang signifikan dalam proses diagnosis dan perawatan yang tepat bagi pasien.Secara radiografis, kondisi patologis tercitrakan sebagai sebuah lesi yang ditemukan pada tulang rahang.Penelitianinibertujuanuntukmemperoleh metode pengenalan pola yang efektif untuk menampilkan karakteristik kondisi patologis rahang, khususnya untuk menyajikan informasi bentuk dan gambaran tepi lesinya.Analisis terhadap citra radiograf panoramik telah dilakukan untuk mendeteksi adanya lesi jinak pada rahang bawah (mandibula)menggunakan surface plot dan plot profile. Pemilihan data radiograf dilakukan dengan bantuan dokter gigi. Sampel penelitianadalahradiograf panoramik digital yang telah melalui proses quality assurance (QA) oleh dokter gigi.Berdasarkanhasil yang diperoleh, analisis surface plot dan profile plot terhadap Region of Interest (ROI) radiograf panoramik digital dapat digunakan sebagai metode pengenalan pola lesi jinak pada rahang.Kata kunci: panoramik, tumor jinak, rahang, surface plot, plot profil
PENGGUNAAN KONSEP AUGMENTED REALITY DALAM PROMOSI SITUS PURBAKALA LEMBAH BADA SULAWESI TENGAH Sofyawati, Siti; Utami, Ema; Amborowati, Armadyah
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1184.273 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.125

Abstract

ABSTRAKSNegara Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, khususnya tinggalan situs cagar budaya. Diantaranya situs megalitik purbakala yang terletak di daerah Lembah Bada kabupaten Poso propinsi Sulawesi Tengah. Namun belum dimanfaatkan secara maksimal karena kurangnya informasi tentang situs disebabkan lokasi situs yang sulit dicapai.Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah konsep augmented reality berbasis website yang dijalankan melalui perangkat mobile untuk mempromosikan situs purbakala Lembah Bada tersebut.Pembuatan prototype sistem dalam penelitian ini menggunakan teknik markerless dan natural feature tracking untuk menampilkan informasi dari situs purbakala tersebut. Media Peta Propinsi Sulawesi Tengah digunakan sebagai image marker dan multimedia interaktif sebagai hasil dari pelacakan marker.Pada penelitian ini, ujicoba dilakukan menggunakan teknik blackbox. Ujicoba difokuskan pada pelacakan marker dan fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada prototype. Untuk pelacakan marker, dilakukan dua tahap pengujian, tahap pertama pengujian terhadap tingkat kecerahan warna dan kontrast marker dengan skala persentase kecerahan (0%-100%) berbanding kontrast (0%), tahap kedua perbedaan warna marker mulai dari warna asli (original),sephia,greyscale,washout, dan black and white. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa sistem masih dapat melacak marker dengan tingkat kecerahan (brightness) 0%-45% serta kontrast warna (contrast) sebesar 0%. Sedangkan mulai tingkat 50% - 100%, sistem sudah tidak dapat melacak marker, karena pola serta bentuk marker sudah menghilang. Pelacakan berdasarkan perbedaan warna marker menunjukkan bahwa sistem masih dapat melacak marker dalam mode greyscale (abu-abu) dan sephia. Sedang ketika marker dalam mode washout dan black and white, sistem tidak dapat melacak marker. Tombol-tombol dalam prototype sistem dapat berfungsi dan menampilkan informasi tentang situs purbakala Lembah Bada.Kelebihan dari sistem yang dikembangkan, dapat diakses dari manapun karena berbasis website dan mobile device, dikembangkan menggunakan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh user. informasi yang ditampilkan berupa foto, informasi serta video tentang situs purbakala Lembah Bada. Sistem belum menampilkan informasi dalam bentuk objek 3D, serta belummenampilkan semua objek yang ada dilokasi situs purbakala Lembah Bada.Kata kunci: Augmented Reality, Situs Purbakala Lembah Bada, teknik markerless, natural feature tracking
PENERAPAN FRAMEWORK DENGAN ARSITEKTUR MODEL-VIEW-CONTROLLER PADA PENGELOLAAN DATA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Sumiyatun, Sumiyatun; Astuti, Femi Dwi; Windarti, Syamsu
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.306 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.127

Abstract

ABSTRAKTeknologi web yang saat ini sedang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah dengan menggunakan framework.Framework merupakan kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman.Penelitian ini mengimplementasikan framework dengan arsitektur model view controller untuk mengelola data penelitian dan pengabdian pada masyarakat di STMIK AKAKOM. Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah Code Igniter. Code Igniter merupakan salah satu framework yang dibangun menggunakan konsep MVC (Model-View-Controller) development pattern.Aplikasi pengelolaan data penelitian dan pengabdian pada masyarakat menjadi lebih mudah dikelola, lebih terstruktur dan memiliki standar pemrograman yang jelas setelah dibangun dengan menggunakan konsep MVC.Kata kunci :Code Igniter, Framework, MVC, Penelitian, Pengabdian
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI Farozi, Mohamad; Suyanto, M.; Lutfi, Emha Taufiq
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.131

Abstract

ABSTRAKKualitas sumber daya manusia dalam perusahaan banyak ditentukan oleh sejauh mana sistem yang ada diperusahaan tersebut mampu menunjang, memberikan motivasi dan memuaskan keinginan baik dari pegawai maupun dari organisasi perusahaan. Sistem yang mampu memberikan motivasi, kesenangan dan hal menarik lainnya agar sumber daya manusia didalam perusahaan menikmati suasana kerja yang nyaman dan terikat (engagement) pada aktivitas pekerjaan walaupun dilakukan secara berulang – ulang dan sama.Rancangan sistem informasi penilaian kinerja SDM dengan metode gamifikasi ditampilkan melalui website dan memungkinkan challenge (tugas dan tanggung jawab) karyawan menjadi lebih menyenangkan untuk dikerjakan, user (karyawan) akan diberikan point dan badge (reward) ketika berhasil menyelesaikan challenge dan user (karyawan) lain dapat melihat performa dari masing-masing user (karyawan) melalui leaderboard.Metode gamifikasi yang digunakan mengacu pada prosesuntuk memperkenalkan, mengubahdanmengoperasikansistempelayanan serta interaksi antara manusia dan komputer yang banyak mengambilinspirasi dari mechanic game yangmembuatproses bisnislebihmenyenangkandenganmemasukkanunsur– unsur permainandidalamnya serta memastikanproduktivitas dan semangat kerja karyawan.Kata kunci :engagement, leaderboard, mechanic game
AUDIT KEAMANAN SISTEM INFORMASI KANTOR BAPPEDA KABUPATEN SLEMAN Putra, Andriyan Dwi; Winarno, Wing Wahyu; Huizen, Roy Rudolf
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.126

Abstract

ABSTRAKPencegahan dapat menghindarkan dari timbulnya kejahatan, kerugian yang besar, atau biaya yang besar dalam upaya melakukan deteksi terhadap sistem informasi yang rentan terhadap celah keamanan (security hole) sistem informasi. Untuk mengelola risiko yang mungkin terjadi terhadap sistem informasi BAPPEDA Kabupaten Sleman, perlu dilakukan audit sistem informasi dalam konteks risiko, guna mengurangi kerugian kerugian yang mungkin terjadi pada sistem informasi BAPPEDA Kabupaten Sleman. Metode OCTAVE-S digunakan dalam penelitian ini karena metode tersebut mampu mengelola risiko dan mengenali tingkat risiko yang mungkin terjadi pada sebuah sistem informasi. Dan berdasarkan analisa OCTAVE-S maka mendapatkan hasil bahwa masih ada beberapa praktek keamanan yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu sistem crash dan kode berbahaya pada bagian sistem 22,67% faktor kesengajaan pada akses fisik rata- rata 21% , akses jaringan rata- rata 24,51%, dan masalah pihak ketiga pada faktor lainnya sebesar 15,17%. Dengan hasil tersebut, maka dibuatlah saran/ rekomendasi pengamanan rekomendasi/ saran pemantauan dan audit keamanan fisik, rekomendasi/ saran pengamanan sistem informasi, rekomendasi terkait akses jaringan dan kebijakan masalah pihak ketiga. Dengan harapan dapat membantu pihak BAPPEDA mengurangi tingkat resiko yang dihadapi.Kata Kunci— Audit, BAPPEDA Sleman, OCTAVE-S
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO PADA BANK MANDIRI GOMBONG Fajri, Ika Nur; W, Bambang Soedijono; Syahdan, Syamsul A
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 10, No 30 (2015)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35842/jtir.v10i30.128

Abstract

ABSTRAKKetepatan dan kecepatan dalam mengambil keputusan menjadi suatu keharusan pada proses penentuan kredit sehingga akan banyak nasabah yang akan menerima hasil, apakah diterima atau ditolak pengajuan kreditnya, karena semakin banyak nasabah yang mengajukan kredit.Penelitian ini mengimplementasikan algoritma naïve bayes untuk membantu menentukan siapa yang berhak mendapatkan kredit khususnya Kredit Usaha Mikro. Algoritma Naive Bayes merupakan salah satu algoritma yang terdapat pada teknik klasifikasi. Bayesian classification adalah pengklasifikasian statistik yang dapat digunakan untuk memprediksi probabilitas keanggotaan suatu class. Bayesian classification didasarkan pada teorema bayes yang memiliki kemampuan klasifikasi serupa dengan decission tree dan neural network. Bayesian classification terbukti memiliki akurasi dan kecepatan yang tinggi saat diaplikasikan ke dalam database dengan data yang benar. (Kusrini dan Luthfi, 2009).Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat akurasi naïve bayes dalam memecahkan masalah pengajuan kredit sebesar 85,33 %.Kata kunci :SPK, Naive Bayesian, Klasifikasi

Page 1 of 1 | Total Record : 7