cover
Contact Name
Afis Pratama
Contact Email
afistama@gmail.com
Phone
+6285669613344
Journal Mail Official
afistama@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Published by Universitas IVET
ISSN : 26219484     EISSN : 26208415     DOI : https://doi.org/10.31331/joined.v1i1
The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics field.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)" : 9 Documents clear
Rancang Bangun Sikola (Sistem Website Sekolah dan Pembelajaran) Berbasis Framework Bootstrap untuk Efisiensi Pembelajaran Jarak Jauh SMK Sultan Trenggono Alfan Ishaqi; Adi Nova Trisetiyanto
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1846

Abstract

Menurut (Putri Kartika Sari, S. Pd.) ketua jurusan rekayasa perangkat lunak mengatakan bahwa website resmi SMK Sultan Trenggono yang digunakan saat ini belum maksimal, dan belum adanya sistem pembelajaran daring yang dapat mempermudah pembelajaran siswa di SMK Sultan Trenggono, dikarenakan kurangnya programmer di SMK Sultan Trenggono, demikian kemampuan dari website maupun sistem pembelajaran daring di SMK Sultan Trenggono masih mampu untuk ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mengetahui kualitas sistem website dan pembelajaran jarak jauh yang telah dirancang (2). Mengembangkan sistem website dan pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan secara efisien. Penelitian RnD dengan mengunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall yang meliputi: analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan program dan perawatan program. Kemudian sistem yang telah dirancang diuji mengunakan instrumen functionality. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, admin yang berjumlah 5 orang. Sekaligus menjadi responden pengujian functionality. Hasil penelitian ini adalah (1). Sistem website sekolah dan pembelajaran ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai informasi terbaru sekolah dan juga dapat memberikan informasi mengenai pembelajaran yang telah di upload oleh guru yang bersangkutan. (2). Sistem website sekolah dan pembelajaran jarak jauh ini telah melalui uji functionality yang memperoleh hasil persentase 78.8% (Baik). Dalam membanatu informasi sekolah dan pembelajaranya. Kata Kunci: Website sekolah, pembelajaran jarak jauh, framework bootstrap.
Pengembangan Tes Elektronik Animasi pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 2 Mandau Kabupaten Bengkalis Reza Safira Putri
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1914

Abstract

In the implementation of the learning evaluation process, several potential errors can slow down and reduce the effectiveness and efficiency in viewing student learning outcomes. This is because the learning evaluation process when the COVID-19 pandemic at SMAN 2 Mandau was still semi-computerized and the teacher was forced to comb through the student exam files one by one after being sent back by the students so that it prolongs the evaluation process, then because the system applied is still semi-offline, it makes it easy students in cheating during the evaluation process. This study aims to create an online computerized system to replace the current system to facilitate students and teachers in carrying out the learning evaluation process. This research was conducted using the R&D (Research and Development) or ADDIE (analyze, design, develop, implementation and evaluation) version of the research by Luther-Sutopo. This animation-based electronic test then went through a product test with a validity test with an average of 0.83, a practicality test of 0.87, and an effectiveness test of 0.69. Keywords: Test, Animation, Evaluation, Learning, R&D.
Pemilihan Guru Berprestasi menggunakan Metode Simple Additive Weighting dengan Rank Order Centroid Anang Faktchur Rachman; Sholeh Rachmatullah; Syaiful Bahri
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1988

Abstract

Guru sebagai pendidik professional hendaknya memiliki kemampuan edukatif serta kepribadian baik yang dapat dijadikan contoh untuk membentuk karakter siswa sehingga bisa menghasilkan manusia yang berakhlak mulia. Agar pendidik selalu termotivasi untuk selalu mengembangkan diri, dapat diberikan reward atau penghargaan. Salah satunya dengan jalan memberikan penghargaan yang dapat berupa pemberian predikat pendidik berprestasi. Berkaitan dengan hal tersebut, SMK Negeri 1 Sampang memberikan perhatian serius untuk dapat memotivasi pendidik untuk melakukan pengembangan diri, salah satunya dengan melakukan pemilihan guru berprestasi setiap tahunnya. namun proses penghitungan penilaian masih dilakukan secara manual yang menyebabkan beberapa pihak merasa dirugikan. Fokus penelitian dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Rank Order Centroid (ROC) untuk menghasilkan solusi dalam melakukan pemilihan guru berprestasi secara objektif. Ada beberapa tahapan aplikasi yaitu pengumpulan data penelitian, analisis sistem, pengembangan aplikasi menggunakan studi lapangan, dan studi literatur. Implementasi aplikasi berbasis Web menggunakan Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Flowchart, dan CDM PDM, Pengujian prototipe aplikasi menggunakan desain antarmuka pengguna. Penggunaan metode SAW dan ROC dalam proses penilaian guru berprestasi di SMKN 1 Sampang memberikan kemudahan dalam melakukan pengambilan keputusan secara lebih tepat dan cepat karena didasarkan pada bobot preferensi dan nilai kriteria yang telah ditentukan.
Board Game Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Partisipasi dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Muhammad Setiyawan; Ananta Dawam Rosidi
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1917

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat desain media pembelajaran yang berupa board game pengenalan sistem tata surya untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Board game adalah merupakan permainan tradisional yang menggunakan papan permainan sebagai media utamanya, permainan ini dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan dapat mengurangi ketergantungan siswa terhadap gadget. Walaupun bukan berupa permainan berbasis digital, board game tetap masih mengutamakan unsur fun, serta tetap menonjolkan unsur edukasi yang ada dalam permainan. Dengan menggunakan board game pembelajaran tentang sistem tata surya ini diharapkan nantinya siswa lebih menikmati pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa yang merupakan tolok ukur dari ketercapaian tujuan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah berupa metode deskriptif, strategi linear, dan pendekatan kombinasi dengan 5 tahapan penelitian, yaitu pengumpulan data, analisis data, perancangan, pengujian dan implementasi. Hasil dari penelitian ini berupa produk board game sistem tata surya
Aplikasi Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Sampang Berbasis WEB dan Android Muhammad Yasir Zain; Nirwana Haidar Hari; Beny Himawan
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1984

Abstract

Duta pemuda adalah salah satu progam pemerintah sebagai upaya menyiapkan bekal kepada pemuda yang ada di Indonesia. Diharapkan dari adanya pemilihan duta pemuda, mampu menjadikan pemuda Indonesia yang kreatif, inovatif, mampu berpikir kritis dan mampu memberi solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kabupaten Sampang Mengadakan seleksi untuk mendapatkan putra-putri terbaik untuk menjadi duta pemuda sesuai dengan kriteria. Proses yang tergolong manual membuat proses seleksi menjadi lama dan kurang efisien. Sistem seleksi menggunakan aplikasi ini membantu pihak panitia dan juri dalam proses penyeleksian untuk mendapatkan 42 putra dan 42 putri dari 14 kecamatan di kabupaten sampang. Oleh karena itu penulis mencoba membuat perancangan Aplikasi Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Sampang Berbasis Android Dan Web. Dimana pada seleksi menggunakan aplikasi ini peserta di setiap desa hanya mengupload link video yang sebelumnya sudah diupload di youtube sesuai dengan kriteria penilaian yang sudah ditentukan dan juri dapat melakukan penilaian dari video yang di upload oleh peserta. Dengan adanya aplikasi ini panitia penyelenggara tidak perlu datang ke setiap kecamatan untuk melakukan seleksi secara langsung dengan peserta. Diharapkan dengan adanya aplikasi seleksi duta pemuda ini bisa mempermudah, cepat dan akurat dalam melakukan seleksi dan mendapatkan pemuda-pemudi yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan.
Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Pelayanan Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum di Indonesia Menggunakan Seleksi Fitur Information Gain dan Support Vector Machine Reja Saptari
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1925

Abstract

Sentiment analisis adalah proses penggunaan text analytics untuk mendapatkan berbagai sumber data dari internet dan beragam platform media sosial fokus utamanya adalah menganalisa dokumen teks untuk memperoleh opini dari pengguna yang terdapat pada beragam platform media sosial. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentiment postingan opini masyarakat terhadap pelayanan unit gawat darurat rumah sakit umum di Indonesia pada twitter yang nantinya menghasilkan informasi opini sentimen masyarakat berupa sentimen positif, negatif dan netral. Dalam penelitian ini dilakukan seleksi fitur menggunakan Information Gain dan Support Vector Machine sebagai algoritma klasifikasi text untuk mengklasifikasi sentiment opini masyarakat pada tweet twitter. Pada penelitian ini menunjukan nilai Prediksi yang diapat dari hasil Implementasi metode Support Vector Machine dengan menggunakan Seleksi Fitur Information gain adalah AUC 0.993, CA 0.980, F1 0.980, Precision 0.981 dan Recall 0.980. Kata kunci: Seleksi fitur, Information gain, SVM, Analisis sentiment, Unit gawat darurat, twitter.
Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Learning Manajemen System R Irlanto Sudomo; Afis Pratama
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.2010

Abstract

Perkuliahan mata kuliah Learning Manajemen System (LMS) saat ini masih bersifat konvensional. Belum tersedianya bahan ajar bagi mahasiswa untuk mata kuliah LMS sehingga diperlukan media yang dapat mempermudah proses perkuliahan menjadi kendala bagi dosen dalam mengajar pada mata kuliah LMS. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video tutorial belum dimanfaatkan pada mata kuliah LMS. Padahal penggunaan media video tutorial dapat membantu menuntun mahasiswa dalam menguasai meteri LMS. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial akan lebih membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan (R and D). pengembangan media meliputi 1) analisa Potensi dan masalah, (2) Studi Literatur dan Pengumpulan data, (3) Desain Media Pembelajaran, (4) Validasi desain media oleh ahli media apabila ada kekurangan maka peneliti melakukan tahap revisi, (5) Revisi desain, (6) Uji Coba Terbatas Media Pembelajaran, pada tahap ini peneliti melakukan ujicoba pada mahasiswa dan dinyatakan baik, (7) Revisi Media Pembelajaran, (8) Uji Coba Media Pembelajaran, dan (9) Revisi Media Pembelajaran Pada uji media dengan ahli dilakukan 2 kali uji uji pertama karena dirasa ada beberapa video dirasa kurang bagus direvisi sehingga video layak dinyatakan layak untuk dikembangkan dan digunakan sebagai referensi perkuliahan. Pada hasil gambar tersebut terdapat 56% video dinyatakan sangat baik dan 44% dinyatakan baik.Pada aspek pemrograman ada 10 aspek yang dinilai. Pada proses ini mengikuti pada uji aspek tampilan yakni setelah dilakukan validasi peneliti segera melakukan perbaikan sehingga media dinyatakan layak digunakan. Pada hasil uji pemrograman tersebut hasilnya adalah 50% media sangat baik dan 50% baik.
Mangrove PEMETAAN MANGROVE DALAM BENTUK WEBGIS (STUDI KASUS : MUARA GEMBONG) Fawaz Fawaz
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1915

Abstract

Muara Gembong is one of the areas located in Bekasi Regency, West Java which has a huge mangrove potential and spread on its coast. But in reality the mangrove forest in Muara Gembong is degraded from year to year. In order to know how much of the impact of degradation caused by residential land, cultiva-tion ponds are needed mapping first to further overcome the problem. The most appropriate way to map the process is to use remote sensing and webgis. The purpose of this study is to produce applications in the form of mangrove mapping webgis that users can access in internet browsers with pages (www.upi.asia). Using mangrove mapping websites can display maps of bekasi city areas and mangrove mapping over the internet without the need for the help of GIS applications. This application can display information about mangrove mapping, bekasi city mapping, information about the makers of mangroves, information to zoom the entire city of Bekasi, information about legends available, can also download bekasi maps and mangrove mapping for free and literature menu in the form of blogs so that users know general information about mangroves. Webgis creation uses several methods and applications such as utilization of the Google Maps API. Utilization of Leaflet.js, utilization of CodeIgniter and utilization of MySQL as a form of database. To do the mapping process used latitude and longitude information based on Google Maps, this serves to facilitate coding in the webgis creation process. The app was successfully run using either a computer or smartphone, and tested the stability of 10 respondents who discussed the effectiveness of the application, user ease and user satisfaction. Based on the results of questionnaires that have been done, mangrove mapping webgis application is quite effective and easy to use by users.
Pemilihan Pelanggan Potensial Dengan Melakukan Pemetaan Area Dengan Metode Algoritma K-NN dan K-Means Di Yamaha Nusantara Motor Purwokerto Diwahana Mutiara Candrasari
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i2.1942

Abstract

This study proposes a clustering of potential customers at Yamaha Nusantra Motor Purwokerto based on consumer characteristics. Clustering is one of the processes of data mining that aims to partition existing objects into one or more clusters of objects based on their characteristics. The method used in this study is K-Nearest Neighbor as a determination of the feasibility of the data while K-Means is used as customer clustering. The value of the Davies Bouldin Index was examined using rapidminer while the purity validation was using Microsoft excel. The results show that the K-Means training data of the Davies Bouldin Index is 0.266 and the Purity validation is 1.3351. In the K-Means data testing the results show the Davies Bouldin Index value of 0.298 and the Purity validation of 0.6631.

Page 1 of 1 | Total Record : 9